Hasil Penjurian (Review Penilaian)

FYI, sekitar bulan agustus kemaren aku ikutan lomba FF, tanggal 22 kemaren pengumumannya dan aku sama sekali ga menang. entah menjadi juara, ataupun pemenang favorit ataupun 10 teratas. kecewa sih, tapi aku sadara karya aku itu emang jelek banget, jadi aku merasa wajar aja kalau aku ga menang, tapi sebenernya dalam lubuk hatiku aku penasaran tingkat tinggi, berapa sih point aku sebenarnya? penilaiannya tuh gimana?

ternyata pertanyaan aku terjawab hari ini. terakhir aku buka e-mail yang hanan.hnfh@gmail.com, sekitar beberapa minggu yang lalu, mau ngambil e-mail dari temen yang ngasih bahan tugas akpi. pas tadi malem aja, aku buka e-mail ini gara-gara mau ngirim e-mail ke senior (walaupun akhirnya enggak jadi sih gara-gara filenya kegedean) pas ngeliat inbox tiba-tiba ada e-mail dari indofanfict k-pop dengan subjet REVIEW PENILAIAN. DEG! jantung mendadak berdegup kencang, muka terasa panas, aliran darah terasa deras. namun secara otomatis, tanganku langsung mengklik mouse untuk membuka e-mail itu rasanya itu nano-nano. takut, tegang, penasaran. aku pun menunggu e-ail itu terbuka, dan ternyata jalannya koneksi modemku ini seperti kura-kura. argh rasanya kesal bercampur takut, dan penasaran. ternyata ini toh rasanya menunggu keputusan juri yang kayak di tipi-tipi macam x factor,dkk :|. finally akhirnya terbuka juga. dan isinya adalah……..

Behind the Case of Amnesia Soul – IpehKim

1) Sasphire
Hallo, aku juri di genre Mystery
Judul : 7,8 (mungkin bisa dipersingkat lagi)
Ide Cerita : 8,4
EYD : 6 (Karena kamu menggunakan kata gak baku)
karakterisasi : 8
Genre : 7,8
Total : 38
Average : 7,6
Good Luck!

By,
Sasa

2) andrivalerian
Saya juri di genre Supernatural..
Judul: 7
Ide: 8
EYD: 6,5 (kamu banyak menggunakan diksi yang tidak baku dan beberapa kesalahan mendasar)
Karakter: 7
Genre: 7

Total: 35:5: 5= 7,1

Total Nilai: 7.35

hasilnya? ternyata aku masih harus banyak belajar lagi. ternyata total nilaiku cuman 7,35. mungkin kalau diibaratkan di kuliah aku dapet B. ya mayanlah cukup bagus, ga jelek. mayan bisa sedikit ngebantu IP kalau 3 sks. diibaratkan kalau aku dapet segitu di fisika itu tuh udah bagus banget, karena aku ga bisa fisika. seharusnya aku ga sedih, tapi kok aku jadi ga mood ya? terselip rasa kecewa. ada perasaan ego dan angkuh. terlintas kata-kata “aku ini kan udah biasa bikin FF, aku udah biasa nulis. ini kan bidangku, kok cuman dapet nilai segitu?”

well, dibalik itu semua pasti ada hikmahnya. aku tahu letak kekurangan aku dan aku bisa memperbaiki diri lebih baik lagi. aku harus belajar bahasa indonesia lagi. nilai paling jelek aku di EYD. kalau dikuliah itu tuh C, dan itu bikin jatuh IP. di EYD ada catatan kalau aku banyak pake bahasa ga baku dan kesalahan mendasar. huh… i realize that, mainly basic error like typo :|. aku ga sempet buat ngedit karena FF itu baru beres berapa jam sebelum batas pengumumannya.

untuk masalah judul aku akui emang jelek, karena jujur, aku bingung banget mau kasih judul apa, dan waktu berpikirnya mepet banget. aku ampe nanya ke hun buat ngasih judul ke FF ini.

aku masih harus belajar lagi gimana membuat karakter yang kuat, dan harus banyak mencoba bikin tulisan dengan genre yang ga umum, biar lebih terlatih lagi.

untuk ide cerita ternyata ide ku not bad, cukup menarik πŸ™‚ terbukti dapet 8. it means A in college. wow mayan banget kalau 3sks naikkin IP banget, namun sayang yang lainnya B dan ada satu C jadi aja 😐 ya gapapa deh penilaian tulisanku seperti ini asal jangan nilai kuliahku yang kayak begini, naudzubillah *ketuk meja tiga kali*

intinya, sebenarnya ide cerita aku udah bagus, tapi eksekusinya kurang berhasil, so hasilnya jadi ga maksimal. thats fine. it’s okay, aku harus belajar lagi.

terimakasih buat indofanfict kpop. terima kasih untuk juri-jurinya yang udah mau baca FF aku, dan kasih reviewnya. makasih banget. dengan adanya lomba ini aku bisa memperbaiki lagi tulisan aku. tahun depan insya allah aku ikut lagi lombanya yaaa dan moga aja aku menang. hihhihi. aamiin ><

sekarang aku udah asuk kuliah dan udah banyak tugas. makalah, lapak, soal, kuis, menjadi makanan harian. alhasil aku sibuk dan ga sempet buat berkarya. jangankan berkarya, rm aja ga ke tonton-tonton :(. biasanya aku sebulan sekali mengusahakan nulis cerita minimal satu, namun bulan september kemaren gagal. jadi oktober ini pun belum tentu ada. kalau sempet insya allah aku nulis deh. jadi buat pembacaku harap bersabar ya πŸ™‚ *kayak yang punya pembaca aja -,-*

aku masukin review mereka kesini biar aku selalu inget aja apa yang udah mereka nilai dan aku bisa memperbaki diri lagi.

well, kegagalan adalah awal kesuksesan. gagal adalah sukses yang tertunda. kalau gagal coba lagi ampe berhasil. kalau berjalan di jalan yang lurus dengan tujuan pasti sampai. ayo nan semangat πŸ˜€ Keep smile πŸ™‚ and fighting (^_^)9.

N.b : semangat juga kuliahnya, pasti bisa naikkin IP dan IPK πŸ™‚

sampai bertemu ditulisan selanjutnya. sorry for typo ^^

Tinggalkan Balasan

