Opini : I Hear Your Voice

Di tengah minggu (ga) tenang ini, ternyata keburu juga buat nonton IHYV. Aku kebut itu nontonnya, dan aku berhasil move on dari the heirs :D. awalnya aku belum mau move on karena bakalan ada the heirs Christmas edition. Aku tunggulah, karena katanya bakalan ada kisah cinta karakter lainnya. Tentu saja aku sangat menantikanya, karena sebagai Rachel-hyoshin shipper, berharap banget akan adanya Christmas edition ini. ternyata, setelah aku mencari tahu di twitter dan di blog, the heirs special natal tersebut yang berdurasi 2 jam merupakan rekapan dari 20 episode. Terpaksa aku harus menelan pil kecewa. Akhirnya aku melepas the heirs, tapi itu bukan berarti aku melupakannya, tapi hanya melepas. Wapaper hapeku pun sudah bukan Rachel hyoshin lagi, tapi kaistal *tetep dari shipper ini aku enggak bisa move on, suka banget sih chemistry diantara mereka ><*. Aku hanya ingin move on ke drama lain, dan pilihanku jatuh pada I hear Your Voice.

Sebenarnya telat juga aku nonton drama ini. Drama ini sudah berbulan-bulan lalu, tapi aku baru nonton di akhir 2013. Ya sudah enggak apa-apa, daripada enggak sama sekali, hehehe. Drama ini bergenre komedi, romantis, dengan bumbu thriller dan fantasi, serta crime.

IHYV menceritakan seorang pelajar bernama Park Sooha yang memiliki kemampuan membaca pikiran. Kemampuannya itu didapat setelah Ia mengalami kecelakaan bersama ayahnya saat Ia berusia 9 tahun. Hanya saja kecelakaan tersebut bukanlah murni kecelakaan, tapi direncanakan oleh seseorang, yaitu Min Joonguk yang memiliki dendam. Sooha mengetahui hal itu dan merasa Shock. Sooha ingin membuktikan bahwa itu bukanlah kecelakaan biasa, namun tak ada yang percaya karena tak ada bukti. Beruntunglah ternyata pada saat kejadian, ada seorang gadis sma yang melihat hal itu dan bersaksi di pengadilan. Karena kesaksian gadis tersebut, Joonguk akhirnya di penjara, dan bersumpah akan membalas dendam pada gadis itu. gadis itu sangat ketakutan, dan Sooha melihat itu berjanji akan melindungi gadis itu, dan gadis itu menjadi cinta pertamanya.

10 tahun kemudian, ada Jang Hyesung merupakan seorang pengacara yang materialistis, cuek, berantakan, dan sopan santunnya buruk. Ia menjadi pembela umum hanya untuk mendapatkan uang. Ia tak pernah membela terdakwa lebih dari 20 detik. Kinerjanya buruk. Namun kinerjanya itu berubah semenjak Ia bertemu dengan Sooha, dan rekannya di pembela umum yang merupakan mantan polisi, Cha Kwan Woo. Semenjak itu hidup Hyesung berubah menjadi lebih waspada, karena Joonguk mencarinya. Ya, Hyesung lah cinta pertama Sooha yang memberi kesaksian di pengadilan. Sooha bekerja sama dengan Kwanwoo untuk melindungi Hyesung dari Joonguk.

Drama ini menarik ya. tema ceritanya tak hanya tentang roman, tetapi ada kisah-kisah criminal yang dihadirkan juga. Kasus-kasus yang ditangani oleh Kwanwoo dan Hyesung merupakan cerita tersendiri yang menarik. kasus-kasus tersebut menjadi bumbu penyedap dalam drama ini. adanya kasus itu membuat aku penasaran akan episode selanjutnya. Drama ini mengingatkanku pada drama Prosecutor Princess. Keduanya sama-sama cerita berlatar belakang hukum, dan sama-sama menyajikan cerita kasus-kasus yang menarik yang membuat drama ini lebih menarik, dan pada drama ini sama-sama menampilkan lee jongsuk. Jika di IHYV Jongsuk adalah lead male, sedangkan di prosecutor princess, dia hanya peran selewat saja sebagai Lee Woohyun, tapi sejujurnya aku juga lupa akan peran Jongsuk di prosecutor princess ini. Ah jadi ingin lagi nonton prosecutor princess

Yap, seperti drama korea pada umumnya, drama ini juga bikin ketagihan, dan yang aku suka dari drama ini adalah alurnya cepat dan tidak bertele-tele. Drama ini juga dapat merasakan emosi yang ada. Aku bisa tertawa dengan lepas, merasakan keseriusan saat persidangan, merasa sedih saat Hyesung kehilangan ibunya, sedih juga melihat masa lalu Joonguk, dan aku hampir menangis saat adegan Doyeon menangis karena ayah biologisnya akan dihukum, ikut terharu pula pada saat adegan Doyeon dan ayah biologisnya di rumah sakit, merasa penasaran juga akan rencana Joonguk, dan kelanjutan kasus yang ditangani Hyesung dan Kwanwoo. Feel ketegangan pun aku dapatkan saat adegan Sooha dan Joonguk. Ah benar-benar menguras emosi.

Kehadiran tokoh-tokoh lain pun menjadi bumbu pelengkap tersendiri. Aku sering tertawa karena kelakuan hakim Kim, yang tidak wibawa, padahal beliau hakim. Lalu kebijaksanaan pengacara Shin sebagai seorang pengacara. Hwang Daljoong terdakwa yang merasakan ketidakadilan hukum selama 26 tahun lamanya. Lalu ada ibu Hyesung yang sering memarahi Hyesung tapi begitu menyayanginya. Hakim Seo yang tidak mau mengakui kesalahannya, pada akhirnya Dia harus sendiri karena hal itu. Doyeon yang merupakan frenemy Hyesung. Pengacara Yoochang *eh dia pengacara bukan sih? Apa staff aku lupa-,-* yang harus terlibat perang dingin pengacara Shin dan Hyesung. Aku juga terkadang tertawa dengan kelakuan detektif yang menjaga Hyesung, serta pak polisi yang menyebalkan tak percaya pada Sooha, namun pada akhirnya fakta lah yang berbicara. Oh ya lalu ada Seungbin teman sekelas Sooha yang menyukai Sooha, serta Jinguk yang merupakan frenemy Sooha, karena wanita yang Ia sukai, menyukai Sooha.

Mungkin banyak juga yang kecewa dengan couple di drama ini. ya romansa cinta yang tercipta merupakan cinta noona-dongsaeng, sampai banyak juga yang malas menonton drama ini sampai akhir karena endingnya itu. tapi tak sedikit juga yang menyukai couple ini awalnya aku juga sempat merasa Argh tidaaaaak…. Kenapa harus noona-dongsaeng sih kisah cintanya? Kenapa enggak jadian sama kwanwoo saja? Tapi pada akhirnya aku malah jadi suka interaksi diantara Sooha dan Hyesung. Mereka cocok juga ternyata. Lagian sebenarnya aku dari awal sudah bisa menebak kalau mereka akan bersama. Hal itu sudah terbaca diawal-awal episode. Lagian menurutku mereka memang cocok. Sooha yang dewasa dapat menyeimbangi sifat kekanakannya Hyesung. Sebenarnya Hyesung dengan Kwanwoo juga cocok. Aku juga suka melihat interaksi mereka, tapi sayang kalau Kwanwoo dengan Hyesung. Kwanwoo terlalu baik untuk Hyesung hehehe :p

Penjabaran karakter utama di mataku :

  1. Park Sooha. Dia cukup dewasa untuk ukuran anak seusianya. Hal itu wajar, karena Dia memiliki masa lalu yang pahit. Menjadi yatim piatu, pamannya tak mau merawat dia, janjinya pada Hyesung untuk melindunginya, hal itu membuatnya tak seperti remaja pada umumnya. Dia merupakan anak yang pintar karena kemampuan membaca pikiran orang, sehingga dapat lebih mudah memahami pelajaran. Kemampuan membaca pikirannya itu membuat dunianya terasa berisik, makanya Dia menjadi lebih jutek. Sooha pun menjadi lebih dewasa dan ramah setelah kehilangan ingatannya. Hanya saja usia tak bisa berbohong. Sooha hanyalah seorang remaja, dimana pria pada usianya tersebut terkadang lebih mengutamakan emosi. Dia tetap tak bisa mengontrol emosinya saat bertemu dengan Joonguk. Kwanwoo pun mengingatkan agar Sooha bersikap lebih dewasa dan tenang. Pada akhirnya Sooha dapat menjadi lebih dewasa dan tenang saat menghadapi Joonguk. Pada drama ini akting Lee Jongsuk, bagus, memukau. Aku ikut sedih saat melihat Ia sedih. yang jelas di drama ini Jongsuk so hot, I think ehehe. Aku kira aku menonton Jongsuk pertama kalinya pada drama ini, ternyata tidak. Saat aku mencari tahu info tentang Dia, ternyata aku sudah melihatnya dua kali. Jadi inilah kali ketiga aku melihatnya. Pertama kali aku melihat Dia pada saat secret garden. Dia menjadi Han Taesun, didikan Oscar yang diperankan Yoon Sanghyun *pada drama ini mereka bertemu lagi ^^*. Aku saat melihat Dia menjadi Taesun sedikit tertarik, karena ya dia memang tampan, tapi aku menjadi tidak males karena peran dia sebagai Gay. Alhasil aku tidak aware kalau itu Lee jongsuk, dan kedua kalinya pada saat prosecutor princess. Hanya saja tampaknya dia hanya peran selewat sehingga aku tak aware. Ya intinya Jongsuk so hot in here~ dan yang jelas Park Sooha merupakan prai yang romantis. Ia bersikap selayaknya pria pada Hyesung, dan membuat puisi untuk Hyesung di diarynya. Aw~ wkwkwk
  2. Jang Hyesung. Aku merasa sifatnya terbalik dengan Sooha. Hyesung yang sudah dewasa, tapi tingkah lakunya tidak mencirikan usianya. Hyesung merupakan tipe cewek yang sebenarnya tidak most wanted. Dia materialistis, berantakan, cuek, serta jorok, tapi sikapnya terhadap hukum membuatku kagum. Ia tak mau mengakui kesalahan yang tak Ia buat. Sangat menjaga harga dirinya. Dan ternyata Hyesung ini orangnya cukup pintar, ia belajar dengan cepat. Aku suka perkembangan karakter Dia. Pada akhirnya Hyesung menjadi pembela umum, yang benar-benar pembela umum, bukan mencari uang, atau pembela 20 detik. Lee Boyoung memainkkan karakter ini dengan baik.
  3. Cha Kwanwoo. Penampilannya memang tidak semenarik Sooha, tapi sifatnya dan sikapnya itu mengagumkan. most wanted laaah. Pintar, selalu berpikir postif, dewasa, selalu tersenyum, berlapang dada, berbesar hati, teliti. Bagaimana tidak berbesar hati, walau Hyesung memilih Sooha, tapi Kwanwoo tidak membenci Sooha, malah membantunya. Menurutnya cara itulah yang bisa Ia lakukan untuk orang yang Ia cintai, Hyesung. Tetap tersenyum saat disiram air oleh korban terdakwa, tidak berpikir aneh-aneh. Ah pokoknya karakter ini tuh bikin cewek jatuh cinta. ini ketiga kalinya aku melihat akting Yoon Sanghyun. Pertama kali aku melihatnya di my fair lady, di secret garden, dan sekarang di IHYV.
  4. Min Joonguk. Selalu saja ada karakter yang dibenci disetiap drakor, dan di drama ini dalah dia. Aku benci sama dia, walau akhirnya aku kasihan juga dnegan dirinya, tapi tetap saja membencinya. Dia kehilangan orang yang dicintainya, tapi tak tah harus menyalahkan siapa, sehingga ayah Sooha lah yang terbunuh. Padahal jika ada orang yang mau mendengarnya, membimbingnya, mungkin hidupnya takkan menajd seorang pembunuh kejam seperti ini.
  5. Seo Doyeon. Lagi ada saja karakter yang awalnya aku benci, tapi makin kesini aku tak jadi membencinya, malah menyukainya. Dia orang yang ingin menegakkan hukum dengan benar. Memang terkesan menyeramkan dan tak kenal ampun sebagai jaksa, hanya saja ternyata Dia orang yang baik. ia cemas terhadap keselamatan Hyesung, Ia pun mau meminta tolong pada Hyesunng pada kasus si kembar, walau pada akhirnya Hyesung harus menelan pil amarah dari pengacara Shin, Ia pun mau menolong pada kasus Sooha. Aku sebal dengan dirinya karena dia tak mau mengakui kesalahannya, sehingga membuat kerugian terhadap hidup hyesung dan Ibunya. Hal ini wajar karena mengingat ayahnya pun bersikap seperti itu. tak mau mengakui kesalahannya sehingga mengakibatkan hidup seseorang menderita.

Overall, endingnya cukup memuaskan bagiku. Tak ada open ending. Hyesung akhirnya menjadi pembela umum yang sebenarnya. Ia bahkan sampai belajar bahasa isyarat agar dapat melayani terdakwa yang tak bisa mendengar. Sooha menjadi seorang polisi, hubungan Doyeon dan Hyesung membaik, bahkan Doyeon meminta maaf. Kwanwoo tetap sama, dan tetap bersikap baik. pengacara Shin pun bersikap baik terhadap Hyesung. Joonguk akhirnya tertangkap, dan dihukum seumur hidup, dan aku enggak kecewa. Jika tahu kisahnya rasanya kasihan juga jika Ia dihukum mati. Sooha dan Hyesung tetap tinggal bersama. Ah happy ending yang memuaskan. Enggak ada rasa penasaran setelah ending, dengan begitu aku pikir aku bisa cepat move on dari drama ini.

Bagi yang menyukai chemistry antara Jongsuk dan Boyoung berharap mereka akan menjadi pasangan sebenarnya, tap sayang Boyoung sudah menikah dengan Jisung (Protect the Boss). Banyak yang kecewa, tapi kalau aku tidak. Rasanya jarak usia mereka terlalu jauh, 10 tahun, sama seperti di drama. Cocoknya jadi noona-dongsaeng saja. Tapi jika melihat mereka di drama ini, perbedaan jarak usia mereka tak begitu terlihat jika Hyesung memakai baju santai. Sangat terasa perbedaannya itu saat Sooha memakai baju seragam, dan Hyesung memakai baju kerjanya. Namun jika tak memakai baju itu, tak begitu terlihat jauh. Memang tetap terlihat Hyesung lebih tua, tapi tak terlihat seperti 10 tahun. Ya hanya sekitar 4-5 tahun. Aku pun suka dengan chemistry mereka, dan mereka memainkan peran dengan baik, tapi aku juga menyukai chemistry antara Hyesung dengan Kwanwoo, serta frenemynya Hyesung dan Doyeon.

drama ini juga penuh pesan sarat moral. kita haruslah menjadi pendengar yang baik jika mau didengar dan ditolong. dengan menjadi pendengar yang baik kita dapat membantu hidup seseorang. kita harus mau mengakui kesalahan. lalu jika ada masalah jangan hanya melihat dari satu sudut pandang saja, coba lah lihat dari sudut pandang lain. itulah pesan yang dapat aku ambil dari drama ini.

Overall, I give 4 stars from 5 stars for this drama. Drama ini menarik, soalnya ceritanya tak hanya berfokus pada cinta, tapi melainkan pada kasus hukum, dan tambahan menarik laginya karena Sooha dapat membaca pikiran. Recommended drama deh pokoknya :).

Sorry for typo, tak terstruktur, EYD jelek. Thanks for reading, dan kalau berkenan silahkan tinggalkan jejak :). Annyeong~

Friday, December 27, 2013

5:49 PM

-HnnHnfh-

Tinggalkan Balasan

