[REVIEW] Emergency Couple

Selesai menonton langsung saja kutuliskan ulasanku tentang drama yang satu ini. drama ini sudah beres dari sekitar dua minggu yang lalu. Aku sudah punya drama ini dari zaman kapan, tapi baru bisa nonton pas kemaren malam sama hari ini episode terakhirnya. Aku marathon tuh dari episode 13 sampe 21 wkwkwkwk. Harusnya sih aku revision lapak dan mulai nyicil lapak otolith, tapi lagi gak mood, jadi aku selesaikan saja drama ini.

Emergency couple atau disebut juga emergency men and women merupakan drama tvn yang bergenre medical romance comedy  yang menceritakan oh jinhee dan oh changmin yang merupakan pasangan yang menikah muda, dimana saat itu changmin masih menjadi mahasiswa kedokteran dan jinhee baru saja menjadi seorang ahli gizi. Pernikahan mereka tak disetujui orang tua mereka. Mulanya pernikahan mereka terasa indah, tapi lama-lama mereka saling egois sehingga sering terjadi keributan dan tidak bisa memahami satu sama lain. Jinhee mendapatkan tekanan dari ibu mertuanya dan changmin mendapat tekanan karena pekerjaannya sebagai penjual obat sedangkan teman-temannya sudah mulai magang. Akhirnya setelah satu tahun menikah mereka cerai. 6 tahun kemudian mereka dipertemukan kembali oleh takdir. Jinhee dan changmin akhirnya menjadi seorang intern alias dokter magang di rumah sakit yang sama, dan mereka ditempatkan di tempat yang sama yaitu di UGD. Disanalah jalinan cerita kembali dimulai. Cerita bertambah menarik dengan kehadiran rekan kerja mereka seperti ahreum, dr.gook, dr.shim, dll.

Alasan aku menonton ini karena aku tertarik dengan ceirta dan teasernya yang tampak kocak, selain itu aku masih merasa euphoria the heirs, jadi aku ingin melihat choi jinhyuk berakting lagi. Alhamdulillaah tak kecewa lah. Drama ini cukup menarik dan kocak. Awal-awal episode terutama. Aku banyak tertawa karena kelakuan jinhee dan changmin.

Hal yang aku suka dari drama ini adalah drama ini tak hanya mengangkat cerita cinta, tapi juga mengangkat cerita pekerjaan mereka, yaitu tentang dunia kedokteran dan dunia UGD. Aku selalu suka dengan drama yang juga mengangkat sisi lain dari drama itu, seperti drama ihyv,dll. Aku menjadi tahu tentang beberapa istilah kedokteran, dan kehidupan mereka, walau agak ngeri juga pas adegan bedahnya. Setiap adegan bedah, darah-darah aku enggak berani melihat. Dari drama ini juga aku jadi mengerti tentang procedural kedokteran. Saat menonton ini aku jadi teringat kasus dokter  residen yang dituduh malpraktik saat mengoperasi lahiran seorang wanita yang di menado. Dia dituduh melakukan beberapa kesalahan seperti dia belum menjadi spesialis kandungan dan saat opreasi tak ada spesialis dan dia tidak melakukan sesuai prosedur. Aku sempat menuduh dokter itu pula, tapi setelah menonton drama ini aku sadar terkadang ada situasi dimana tak ada spesialis, tapi keadaan pasien sudah begitu terancam sehingga sebagai seorang residen/intern harus mengambil tindakan, tapi sayangnya mereka bukan tuhan, mereka sudah berusaha tapi tuhan yang menentukan, sehingga kita tak dapat menyalahkan dokter. Ya mungkin dokter yang di menado itu seperti itu, tapi entahlah. Ya intinya aku belajar lagi nih buat melihat sesuatu enggak cuman dari satu sisi saja, tapi harus dari sisi lain.

Untuk loveline storynya aku juga suka. Dari drama ini aku dapat pelajaran kita harus saling memahami dan jangan egois memikirkan perasaan masing-masing. Kita juga harus mau usaha dan berani ungkapkan perasaan, dan perjuangkan cinta kita. Pasangan favorit aku adalah dr.shim dan dr.gook dan juga younggyu dan ahreum. Aku suka changmin-jinhee, tapi kedua couple tadi lebih menarik perhatianku. Walaupun dr.gook sempat dengan jinhee, tapi aku lebih suka melihat dr.gook dengan dr.shim, chemistry mereka lebih daebak. Aku suka sih saat dr.gook dengan jinhee, sempat juga ingin jinhee dengan dr.gook, tapi aku untungnya sadar dan kembali ke jalan yang benar dimana jinhee bersama changmin dan dr.gook dengan dr.shim. *tumben banget aku enggak kena sindrom second lead fever*. Younggyu-ahreum aku suka karena younggyu sangat cute mengungkapkan perasaannya pada ahreum, dan ahreum yang sempat menyukai changmin, saat tahu changmin menyukai jinhee, Ia mau membuka hatinya untuk younggyu. Ah pokoknya suka dengan couple itu! ❤

Aku juga suka dengan karakter dari tokoh-tokoh drama ini. begitu manusiawi, enggak ada yang berlebihan ala-ala drama korea. Mereka kalau sebal ya sebal, tapi mereka juga punya sisi manusia dimana bisa saling memaafkan. Ya intinya sih enggak ada yang tokoh yang jahat banget, enggak ada tokoh yang sangat teraniaya. Pokoknya begitu realistis dan manusiawi para karakternya, jadi terasa benar-benar seperti ada kejadiannya. Suka, tak berlebihan.

Lalu bagaiamana dengan karakter masing-masing orang? check it out!

  1. Oh Jinhee. Dia orangnya pantang menyerah. Bagus, patut ditiru sifatnya yang ini. dia memang ceroboh, tapi dia cukup terampil. Dia ingin membuktikan bahwa dia bisa membanggakan dan dia adalah seseorang yang hebat, tapi aku agak sebal saat dia agak plin plan antara memilih changmin atau dr. Gook. Wajar sih, karena dia juga bingung dan takut saat mulai menyukai lagi changmin karena sebelumnya dia sudah pernah gagal. Aku juga ga suka kalau dia sudah agak genit. Awwww, tapi cocok sih sama changmin. Sama-sama genit.
  2. Oh Changmin. Orang yang pintar dan cukup gentle sih, tapi agak genit. Dihari pertama menggoda ahreum dengan mengatakan kalau dirinya adalah seorang residen. Dia juga orangnya pantang menyerah. Walau ditolak maju terus. gentle karena bisa melindungi jinhee dari amukan ibunya. Dia juga dapat memperlakukan ahreum dengan baik, dan tegas menolaknya. Namun dia agak kekanak-kanakan saat cemburu terhadap dr.gook dan jinhee.
  3. dr. Gook Chunsoo. Awalnya agak menyeramkan, tapi aku kagum sama dia. Dia dokter yang sebenarnya. Tak memikirkan prosedur, yang penting pasien selamat. Hatinya mulia sebenarnya, namun dia orang yang cukup galak,dingin dan kaku. Sayangnya dia enggak bisa mengungkapkan perasaannya, baik saat 6 tahun lalu saat Ia masih berpacaran dengan dr. Shim maupun sekarang saat Ia mengenal Jinhee. Karakter dia yang galak,dingin itu wajar terbentuk karena dia besar tanpa orang tua.
  4. dr. Shim Jihye. Karakter favorit aku! Cantik, pintar, ahli bedah, tapi pintar masak. Menurut Changmin tangan dr. Shim adalah tangan tuhan. Dia baik banget mau membimbing para residen dan intern dengan sabar. Dapat memutuskan keputusan dengan cepat, dan dia mau bebesar hati, dan malah mendukung dr. Gook dengan Jinhee, padahal dia masih ada rasa dengan mantannya itu. orangnya sabar dan pendengar yang baik pula. Suka!
  5. Han Ahreum. Karakter favorit aku juga nih. Awalnya Aku agak sebal dengan dia karena dia agak menyebalkan terhadap Jinhee dan gaya berpakaiannya saat tak menjadi dokter, tapi lama-lama ternyata dia orang yang baik. saat Younggyu menyukainya, Ahreum tak menolak dengan kasar, Ia malah tetap bersikap baik dan perhatian pada Younggyu padahal Ia menyukai Changmin. Ia pun mau berbesar hati dan mundur saat Changmin dengan Jinhee. Ia pun tak merendahkan Jinhee. Dia ini orang yang rendah hati sebenarnya, karena Dia tak ingin orang-orang tahu jika Dia adalah anak menteri. Dia ingin menjadi dokter karena usahanya sendiri, bukan karena orang tuanya. Good girl!
  6. Im Younggyu. Hahaha dia karakter penyegar. Orangnya jujur, tak malu mengungkapkan perasaannya pada Ahreum, walau berujung kesialan dan memalukan. Dia juga cukup kocak apalagi jika sudah bersama Changmin, suka koplak =)).
  7. Park Sanghyuk. Teman tim internnya jinhee dan changmin. Dia merupakan suami dari Youngae. Kehadirannya juga penyegar dia selalu ceria bersama istrinya, tapi dia sangat kesal saat istrinya tak jadi hamil, sedangkan istrinya bahagia karena dapat melanjutkan magangnya. Mereka nyaris bercerai, untung tak jadi.
  8. Lee Youngae. Teman tim intern jinhee dan changmin juga. Sama seperti suaminya, dia selalu ceria, namun dia sedih saat dirinya merasa hamil karena tak dapat melanjutkan magangnya, namun saat tahu dirinya tak jadi hamil Ia bahagia, tapi suaminya kesal.
  9. Ibu Jinhee. Ya tipe-tipe ibu korea lah. Berharap Jinhee mendapatkan lelaki yang baik, dan sempat berharap jika Jinhee bersama dr. Gook. Mulanya Ia tak setuju dengan Changmin, tapi akhirnya Dia membebaskan Jinhee untuk memilih orang yang mendampingi hidupnya.
  10. Ibu Changmin. Tipe ibu-ibu. Dia kesal karena suaminya menyueki dirinya demi penelitian, dia sempat ingin bercerai karena tak tahan suaminya tak perhatian padanya. Dia cukup mendikte hidup changmin. Dia menjodohkan changmin dengan ahreum. Sempat marah besar karena changmin menolak ahreum. Sempat berpikir jika Jinhee penghancur kehidupan anaknya, tapi saat suaminya meninggal, dia benar-benar terpuruk, namun disitu dia sadar jika Jinhee tak seburuk itu. akhirnya Dia membebaskan Changmin untuk memilih wanita yang diinginkan Changmin.
  11. Ayah Changmin, Oh Taesuk. Seorang doter juga namun berhenti dan memilih untuk meneliti kelangsungan ekosistem. Dia memang cuek dengan istri dan anaknya, tapi sesungguhnya dia sangat menyayangi keluarganya. Dia pun sangat baik. walau jinhee sudah bercerai, ayah changing ini masih welcome dengan jinhee, bahkan hingga membantu membayar kuliah kedokteran jinhee.
  12. Jinae. Adik jinhee. Penghibur juga. Dia merupakan pendukung changmin-jinhee nomor satu. passionnya adalah music walau agak sulit mendapat bayaran dari situ. Ibu yang sayang anaknya.
  13. Gwangsook. Suami Jinae. Sama seperti istrinya, dia pendukung changmin-jinhee, dia juga cukup kocak, terkadang melakukan hal-hal bodoh. Passionnya pun dimusik, dia suami yang bertanggung jawab, sehingga dia tak mengandalkan pekerjaan dari bermusik saja.
  14. Gook. Anak gwangsook dan jinae sekaligus keponakan jinhee. Aaah aku suka. Dia begitu cute. Dia bisa anteng saat orang-orang disekitarnya mengobrol, bahkan tampak seperti ikut memperhatikan. Dia juga tahu bagaimana harus bersikap di depan orang dewasa, kapan saatnya menangis, kapan saatnya tertawa. Cute banget!

Yang kurang dari drama ini adalah, entah mengapa kalau aku sih merasanya setiap ending episode, enggak begitu bikin penasaran dengan episode selanjutnya, enggak terlalu nagih. Lalu aku merasa di pertengahan episode agak membosankan, tapi selain itu sudah bagus kok dramanya. Akting para pemain tak usah diragukan, storylinenya pun cukup kuat. Aku suka banget sama episode terakhirnya. Setiap adegan dan momentnya terasa so sweet. Baik itu antara changmin-jinhee, dr. shim-dr.gook, dan juga younggyu-ahreum. Ending drama ini memang open ending, tapi enggak gantung, jadi aku merasa puas. Aku malah suka dengan ending. Terasa sempurna.

Drama ini aku sarankan untuk kalian tonton. Menarik kok, dan kalian enggak akan merasa rugi untuk nonton ini 3 ¾ bintang dari 5 bintang untuk drama ini. so interesting drama! so let’s wacth this drama guys!

Tinggalkan Balasan

