[REVIEW] You’re All Surrounded

“Kalian Semua Terkepung!!”

Kurang lebih itulah terjemahannya dari drama yang satu ini, You’re All Surrounded (YAAS). YAAS ini merupakan sebuah drama bergenre action, crime, comedy, romance yang pastinya aku rekomendasikan untuk menonton. Drama ini menceritakan seorang detektif muda yang baru saja lulus dari akademi kepolisian, Eun Daegu. Dia bersama tiga orang lainnya, Park Taeil, Jigook, dan Uh Soosun. Mereka semua masuk ke tim 3 distrik gangnam dimana distrik tersebut merupakan distrik bencana karena banyak sekali terjadi kejahatan. Mereka semua dipimpin oleh detektif Seo Pansuk yang terkenal legendaris. Dari mereka berempat tak ada yang benar-benar ingin menjadi detektif. Jigook menjadi detektif karena pendaftaraan menjadi polentas sudah ditutup, Soosun menjadi detektif karena gajinya yang tinggi, Taeil menjadi detektif karena menarik, dan Daegu dia menjadi detektif karena alasan pribadi. Ia ingin menjadi detektif karena ingin mengungkap kasus pembunuhan yang terjadi pada ibunya 11 tahun lalu, dimana kasus itu ditangani oleh ketua timnya, Seo Pansuk, dan Daegu mencurigai Pansuk terlibat dalam kasus itu karena pelaku pembunuhan yang mengejar-ngejar Daegu dan Daegu mendengar nama detektif Seo disebut-sebut oleh pembunuh tersebut!

Alasan aku ingin menonton ini karena salah satu actor favoritku menjadi lead male, LEE SEUNGGI! Selain itu jajaran pemainnya menggoda iman banget. Ada Go Ahra dimana setelah Repply 1994 aku makin tertarik, ada Ahn Jaehyun gara-gara Chun Songyi aku juga jadi tertarik dengannya. Lalu ada Cha Seungwon actor lawas yang tetap kece, dan Park Jungmin yang lumayan kece. Selain itu aku tertarik dengan tema detektifnya. Aku sangat suka cerita yang berbau detektif dari dulu karena aku suka detektif conan sehingga kalau ada film atau drama yang berbau detektif biasanya aku tertarik.

Drama ini bagus. Aku suka. Tak hanya menampilkan cerita cinta antara noona-dongsaeng, tapi juga kasus-kasus yang menarik dan juga kisah persahabatan yang terjadi pada P4. Awalnya Daegu yang dingin karena kematian ibunya bersikap cuek dan tak peduli pada teman-temannya, bahkan hingga mereka bertiga pun terkadang merasa eneg dengan Daegu, namun saat Daegu terluka parah di rumah sakit, mereka mau merawat dan membantu Daegu, sehingga disitu daegu sadar dan mau lebih terbuka. Lalu bagaiamana Taeil yang snagat baik dan mengerti Gook, dan juga Soosun yang walau dijudesin sama Daegu tetap saja baik bahkan sampai jatuh cinta. Kerja sama tim mereka juga bagus. Walau Daegu sempat suudzon dengan Pansuk tapi dia tetap bekerja dengan baik, begitu juga dengan taeil karena menyukai mantan istrinya, Sakyung.

Kasus-kasus yang disajikan cukup menarik untuk diikuti walau tidak dibahas terlalu dalam. Kasus utama dari drama ini juga menarik walau endingnya agak menyebalkan. Untuk kasus yang tak begitu mendetail agak sayang juga, hanya saja itu wajar karena drama ini berfokus pada perjuangan P4 menjadi detektif yang sesungguhnya, menjadi detektif yang layak dihadapan Pansuk.

Kekocakan dan kekonyolan yang terjadi pada P4 menurutku menjadi salah satu kekuatan drama ini. apalagi saat diawal-awal episode aku selalu tertawa ngakak melihat kelakuan mereka. Aku paling suka adegan yang mereka mencari permen karet ditumpukan sampah. Saat mereka lempar-lempar sampah, itu bener kocak banget =)) seruuu. Hanya saja makin kesini apalagi saat kasus utamanya, yaitu kematian ibu Daegu mulai terungkap, humornya mulai berkurang bahkan sampai tak terasa lagi. Suasana menjadi begitu serius. Ya seperti drama korea umumnya, awlanya humor tapi kesini-sini menjadi serius bahkan kadang cenderung angst, namun untungnya walau serius tidak membuat bosan.

Drama ini juga bikin nagih. Setiap episode kita selalu berhasil dibuat penasaran akan apa yang terjadi pada episode selanjutnya. Pemotongan ending yang pas yang selalu membuat kita kepo dan tak sabar menunggu minggu depan.

Kekuatan yang lainnya menurutku adalah pada karakter-karakter pemerannya yang menarik, yuk kita korek!

  1. Eun Daegu atau yang bernama aslikan Kim Jiyoung, merupakan seorang anak dari ibu tunggal dimana ayahnya sudah meninggal *dan tidak diceritakan damn!* sebelum ibunya meninggal dia seorang anak yang baik, cukup hangat walau agak jutek dan juga dia sangat keras memperjuangkan cintanya. Dia rela bertengkar dengan anak sma yaitu Soosun untuk membela noonanya. Namun saat ibunya meninggal ia berubah menjadi sosok yang dingin, tak percaya pada orang bahkan terkesan tak peduli. Walau begitu ia tetaplah Jiyoung yang peduli. Akhirnya Ia luluh juga karena persahabatannya dengan P3, Pansuk, dan Eungdo.
  2. Uh Soosun. Karakter yang menyenangkan. Selalu ceria dan seenaknya. Terkesan dominan tapi dia seseorang yang baik hati dan care. Dia tak suka jika temannya merasa tersakiti, dia juga tak suka melihat keadilan. Terkesan bodoh dan konyol, namun dia selalu berusaha dengan keras dan juga gigih. Mudah merasa bersalah, dan luluh akan berondong muda macam Daegu.
  3. Park Taeil. Taeil yang detail muahahaha, iya dia emang detail. Memperhatikan hal-hal kecil. Ia berasal dari keluarga kaya, terlihat high class dan terkadang menyombong. Dia sebenarnya merupakan anak kedokteran yang telah menjalani magang selama setahun, tapi karena alasan pribadi akhirnya Ia banting stir. Dia orangnya sangat baik dan perhatian, dan dia merupakan partner yang baik bagi Gook sehingga sempat disangka gay hahaha. Untuk masalah cinta, dia sadar diri kalau dia enggak mungkin dapetin Sakyung, tapi tetap saja flirting-flirting sedikit mah selalu. Dia juga pandai tebar pesona.
  4. Karakter yang paling kocak diantara P4. Dia penetralisir suasana. Orangnya sangat ramah dan selalu berpikir positif walau untuk masalah cinta tidak. Dia menyukai Soosun, tapi tidak begitu memperjuangkannya lagipula saat Soosun dengan Daegu dia tidak terlalu memperlihatkan kesedihannya. Solidaritasnya tinggi. Terkadang ceroboh, tapi dia juga pantang menyerah.
  5. Seo Pansuk sang detektif legendaris. Merupakan sosok detektif yang ideal. Demi mengumpulkan bukti dia rela memunguti puntung rokok satu per satu dari 21 lantai. Orangnya sangat gigih dan berdedikasi tinggi untuk semua kasus yang dia tangani. Saking dedikasinya Ia secara tidak langsung menyebabkan anaknya meninggal. Saat kasus pertamanya, yaitu kematian bu Daegu tak bisa terpecahkan ditambah anaknya meninggal ia benar-benar frustasi dan merasa bersalah. Galak dan tegas pada anak buahnya, tapi saat anak buahnya melakukan hal yang benar ia akan benar-benar bangga dan memujinya.
  6. Lee Eungdo. Peredam marah Pansuk kalau lagi meledak sama P4. Dia berada ditengah-tengah, tak membela Pansuk tapi juga tak membela P4. Orangnya baik dan juga gigih. Dia punya enam orang anak yang masih kecil-kecil wow!
  7. Kim Sakyung. Mantan istri Pansuk yang kini menjadi kepala tim orang hilang. Ia dahulu membenci pekerjaan detektif karena suaminya yang detektif membuat anaknya meninggal. saat anaknya meninggal ia sangat begitu sedih hingga bercerai, tapi kini Ia mau kembali bersama Pansuk karena Ia masih mencintai Pansuk, bahkan kini Ia sangat mngerti dnegan pekerjaan Pansuk. Ia tak mau menganggu Pansuk yang sedang sangat sibuk. Setia ya dia?
  8. Kang Seoksoon. Kepala polisi distrik gangnam. Chief Kang ini adalah wali dan sponsor Daegu selama Daegu di panti asuhan. Chief Kang tahu identitas Daegu yang sebenarnya. Awalnya Ia menjadi wali Daegu agar Ia mempunyai kartu As, tapi lama-lama Ia menjadi tulus kepada Daegu. Daegu sudah menganggap Chief Kang seperti ibu keduanya, dan begitu juga Chief Kang. Chief Kang ini merupakan sosok polisi ideal dan bener juga. Menegakan peraturan dengan baik. sayang saja masa lalunya yang agak tercela hingga membuat Daegu merasa terkhianati membuatnya agak minus nih, tapi dia melakukan itu semua pun demi keadilan polisi yaitu hak investigasi.
  9. Cha Taeho. Kepala detektif di distrik gangnam. Orangnya kocak banget! Hiburan banget ada tokoh ini tuh. Dia itu galak banget, tapi konyol. Ngehukum orang sekepolisian gara-gara mobilnya rusak. Ia percaya ada yang ngerusak, padahal dirusak sama kucing muahahaha XP. Dia sering ribut sama Pansuk, dia juga menebar kacang korea karena tim 3 kena sial mulu hahahaha =)) tapi dia sebenarnya orang baik. saat tahu Daegu adalah Jiyoung, Detektif Cha mengizinkan tim 3 untuk menyelidiki kasus itu, bahkan Ia sampai turun tangan. Dia juga detektif yang hebat sebenarnya makanya diangkat menjadi chief. Setelah menjadi chief dia menjadi lebih baik dan tak marah-marah lagi.
  10. Yoo MoonBae. Kongres Yoo ini merupakan mantan atas chief kang. Ia juga pernah menjadi kepala kepolisian distrik gangnam. Sumpah orang ini nyebelin banget! Pengen aku tonjok. Gila uang, gila kekuasaan sampai menghalalkan segala cara, bahkan menipu dan mengorbankan anaknya sendiri. Asli benci banget sama peran ini. sosok politikus yang ish… muka dua demi karirnya! Asli pemeran ini perannya nyebelin mulu. Pas jadi ayah Tan pun begitu -_-
  11. Yoo Aeyun. Anak dari kongres Yoo. Like father like daughter, she’s so annoying! Kasar dan temperamental banget. Entah berapa penyiksaan yang sudah Ia lakukan -_- wajar dia menjadi seperti itu karena Ia tumbuh dikeluarga yang begitulah, bapaknya saja macam kongres Yoo. Namun lama-lama aku kasihan juga sama dia karena ditipu sama ayahnya sendiri, bahkan sampai dimasukkan ke rsj. Hanya saja tindak kekerasannya benar-benar tidak dibenarkan, walau semarah apapun enggak usah sampai membunuh orang keuleus….
  12. Shin Kijil. Suami Aeyun. Teman relawannya ibu Daegu saat masih menjadi relawan. Katanya sih ibu Daegu dan bapak ini pernah tertarik satu sama lain, tapi CEO Shin lebih memilih menikah dengan Aeyun dengan alasan harta dan tahta. Ia tak mencintai istrinya. Tersuspect sebagai bapaknya Daegu.
  13. Shin kijae. Anak Aeyun dan CEO Shin. Anaknya kocak dan seru. Dia kagum denagn DAegu karena berani melawan kejahatan ibunya. Bahkan menyebut Daegu sebagai jjang jjang man. Walau begitu Ia anak yang sayang ibu. Dia menangis saat ibunya menghilang dan dibawa polisi.

 

Karakter-karater yang menarik bukan? Aku sempat berpikir drama ini akan makjang karena penyebab kematian ibu Daegu karena Daegu adalah anak dari CEO Shin, eh ternyata itu hanyalah tipu muslihat congress yoo. Menyebalkan. Jadinya kan ibu daegu mati sia-sia. Mati akibat keserakahan seseorang. Padahal akan jadi lebih dramatis kalau daegu memang anak CEO Shin. Itulah kekurangan drama ini. selain itu kenapa ayah biologisnya Daegu benar-benar misterius??? Kalau meninggal lihatkanlah makam atau tempat abunya -,-. Lalu pemecahan kasus akhirnya di episode 20 terasa begitu mudah. Mungkin mengejar durasi kali yaaa, jadi dicepetin. Lalu juga munculnya Aeyun terasa lambat menurutku. Harusnya Dia di episode 8 atau 9 dimunculkan, sehingga penyelesain kasusnya tak terasa cepat dan mudah. Selain itu loveline antara Soosun dan Daegu kurang begitu terasa. Wajar sih mereka hanya bumbu saja, bukan fokus utama. Jadi janga berharap banyaaaak! Adegan so sweetnya hanya semenel.

Ya terlepas dari kekurangan dan kelebihan, buat kalian penggemar kdrama, drama YAAS ini layak untuk ditonton dan dinikmati. Ceritanya segar, beda, dan juga menarik. 3,3/4 bintang dari 5 bintang untuk drama ini. selamat terkepung dalam drama ini!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s