[REVIEW] DRAMA : MARRIAGE NOT DATING

Setelah selama tiga bulan mengikuti tiga drama yang genrenya cukup berat macam doctor stranger, you’re all surrounded dan juga gapdong (dan aku ini belum beres, karena belum beres donlotnya). Ketiga drama itu cukup menguras otak dan hati. Temanya agak berat jadi sometimes agak mikir,atau kadang malah suka emosi sendiri seperti saat menonton doctor stranger. Untungnya pengganti gapdong di TvN cukup ringan menarik untuk diikuti, Marriage Not Dating.

Marriage Not Dating alias taaruf *iya kan? Nikah tanpa kencan itu namanya taaruf* merupakan drama bergenre rom-com yang menceritakan seorang gadis Joo Jangmi yang merupakan seorang pegaawai department store. Ia berkencan dengan Hoondong, pemilik restoran prancis selama satu tahun. Suatu hari Jangmi berniat melamar Hoondong di kamar hotel, Hoondong yang hanya bermain-main dengan Jangmi jelas saja kaget dan ia tak berniat menikah. Ia pun meminta bantuan pada temannya yang merupakan seorang dokter bedah plastik yang tidak mau dan tidak percaya pernikahan, Gong Kitae untuk membantunya keluar dari situasi tersebut. akhirnya Kitae membantu Hoondong keluar dari situasi tersebut dengan cara mengacau. Setelah keluar dari situasi tersebut, Hoondong memutuskan Jangmi dengan cara “sipil” yang mana bisa dikategorikan pengecut,, yaitu menghilang tanpa kabar. Jangmi yang berpikiran positif tak sadar jika Hoondong ingin putus darinya. Jangmi sampai menguntit Hoondong dan Hoondong terus menghindar. Lagi-lagi Hoondong meminta bantuan pada Kitae untuk memberitahu Jangmi. Dengan terpaksa Kitae pun memberitahu Jangmi dengan cara yang cukup kasar karena Ia menuduh Jangmi hanya ingin uang dari Hoondong. Jangmi marah karena Ia benar-benar tulus pada Hoondong, Ia pun menyiram jus ke wajah Kitae. Kejadian tersebut dilihat Ibu dan bibinya Kitae. Mereka menyangka jika Jangmi adalah kekasih Kitae. Kitae yang senang hidup sendirian di apartemennya, dipaksa untuk membawa pacarnya kehadapan orangtuanya kalau Ia tak mau apartemennya itu dijual. Kitae awalnya kebingungan siapa pacar yang dimaksud ibunya itu, tapi kemudian Ia pun sadar jika itu Jangmi. Tak mau kehilangan rumahnya, Kitae pun memaksa Jangmi untuk menjadi pacarnya dengan harapan keluarganya akan menolak Jangmi sehingga Ia tak dipaksa lagi untuk menikah. Jangmi ditawari Kitae untuk balas dendam padaHoondong yang telah mencampaknnya. Darisitulah dimulai perkembangan hubungan antara Kitae dan Jangmi.

Aku suka banget sama drama ini! Romantis dan komedinya dapet banget nget nget. ceritanya memang klise, biasa saja, tapi pembawaannya bagus banget. Ceritanya ringan, komedinya setiap episode selalu ada. Biasa drama-drama korea yang bergenre romcom, komedinya hanya ada diawal-awal episode, makin sini akan makin serius, tapi drama ini tidak. Dari episode pertama sampai terakhir komedinya selalu saja ada! Bahkan dimenit-menit terakhir drama ini berakhir komedinya tetap saja ada. Disaat serius dan romantis, bahkan di adegan sedih pun komedinya selalu terselip.

Saat kita menonton drama ini, dijamin kita akan ketagihan sekaligus greget sama hubungan Kitae dan Jangmi. Aku sampai emosi jiwa saking geregetnya sama perkembangan hubungan mereka. Mereka itu saling peduli tapi gengsi, apalagi Jangmi yang merasa kalau Ia jatuh cintanya sama Han Yeoreum, dan tumbennya aku enggak kena 2nd lead syndrome! Aku berada di jalur yang benar! Adegan-adegan romantic di drama ini terasa pas tak berlebihan. Sweetnya dapet banget. Bagi kalian yang haus kasih sayang karena jomblo atau LDR, siap-siap merasa sirik dan mendadak bermanja-manja dengan pasangan. Kalau yang punya pacar sih tinggal bermanja-manja, peluk pacarnya, nah kalo yang LDR dan jomblo macam aku? Cuman bisa peluk guling hahaha *maapin curcol*.

Perkembangan hubungan Kitae dan Jangmi agak lambat sih kalau menurut aku. Mereka baru resmi dari episode 13, jadi cuman empat episode saja melihat mereka full so sweet. Meminta persetujuan ortu mereka yang kadung kecewa karena kepura-puraan hubungan mereka pun jadi terasa “semudah” itu, terasa kok cepat banget setujunya? Ya jadi endingnya agak terburu-buru. Harusnya mereka resmi itu dari episode 11 atau 12. Walau begitu, tetap saja terasa pas perkembangan hubungan mereka. Gangguan-gangguan orang ketiga dari dua belah pihak pun agak bikin emosi sih, tapi tak sampai sangat menyebalkan. Malah dengan adanya kehadiran orang ketiga itu yaitu Han Yeoreum dan Kang Seah malah membuat Kitae dan Jangmi menyadari perasaan masing-masing. Ah aku suka banget cara SW-nim ngetreat para karakternya!

Aku pun menyukai perkembangan hubungan masing-masing karakter. Jangmi dengan Hoondong, dimana mulanya Jangmi membenci Hoondong karena sakit hati, dan Hoondong yang akhirnya mengejar-ngejar Jangmi karena menyesal, namun pada akhirnya mereka tetap bisa menjadi sahabat dan saling bertukar cerita. Suka banget pas adegan mereka yang saling curhat terus nangis bareng, sweet tapi kocak! Seah dan Kitae yang tetap bisa professional walau mereka adalah mantan kekasih dan Seah yang sudah ditolak Kitae, masih mau membantu Kitae saat Kitae kesulitan. Jangmi dan Yeoreum yang sempat terlibat “affair” mereka pada akhirna bisa bersahabat dan rekan bisnis yang baik. Hyunhee dan Hoondong yang pada akhirnya ditakdirkan karena “kecelakaan”, dan tak lupa juga hubungan Kitae dan Yeoreum dimana awalnya Kitae tak menyukai Yeoreum karena Jangmi menyukai Yeoreum, begitu juga dnegan Yeoreum, tapi pada akhirnya Yeoreum sangat menyukai Kitae sebagai Hyungnya, dan Kitae pun menjadi welcome dengan Yeoreum. Ah lalu hubungan Jangmi dengan Ibu Kitae dimana awalnya Jangmi bukanlah merupakan tipe idaman menantu, tapi pada akhirnya berkat Jangmilah, ibu Kitae mendapat kebahagian dan bisa bersahabat dengan baik.

Aku sangat puas dengan endingnya. Puasnya tingkat dewa! Biasanya beberapa drama korea memiliki ending yang masih mengganjal, kurang memuaskan, bahkan ada yang mengecewakan, namun drama ini sesuai ekspetasi dari awal. Endingnya berakhir dengan bahagia, dan juga sesuai harapanku dimana mereka ending mengenakan baju pengantin! Yey! Finally they are getting married! Dan ini merupakan pernikahan terkacau, terkoplak, dan juga tersweet yang pernah ada di drama. walau ada pertengkeran sebelum mereka mengucap janji, tapi endingnya begitu manis. Ditutup dengan kesalahpahaman yang terselesaikan dan kissing scene yang terasa manis dan juga panas hahahaha.

Suatu drama tentu takkan lengkap jika karakternya tak hidup, so this is they are…

  1. Joo Jangmi. Ia berasal dari keluarga yang orangtuanya yang tinggal bersama tapi tidak saling berbicara. Jangmi sangat takut jika harus sendiri disuatu tempat oleh karena itu Ia sangat ingin menikah. Ia merupakan seseorang yang baik hati dan juga naïf. Tak merasa enak jika harus berbohong, makanya Ia awalnya menolak tawaran Kitae. Ia orangnya sangat apa adanya, dan jujur sehingga seringkali membuat kekacauan di keluarga Kitae. Ia pun sangat tak suka jika ada orang yang merasa tersakiti, makanya Ia sangat kasihan pada ibu Kitae. Ia ingin ibu Kitae melawan itu semua.
  2. Gong Kitae. Keluarganya kaya dan unik. Akibat orangtuanya yang tampak baik-baik saja diluar tapi dalamnya kacau, Ia menjadi tak percaya akan pernikahan dan senang hidup sendirian di apartemennya. Padahal awalnya Ia hampir saja akan menikah dengan Seah. Ia orangnya sangat percaya diri, dan cukup egois, tapi Ia juga agak kekanak-kanakan apalagi saat Ia cemburu. Hanya saja sebagai cowok dia lamban ah! Susah banget untuk mengungkapkan perasaannya pada Jangmi. Butuh waktu lama untuk mengakui itu semua! Awalnya Ia amat mencintai kesendiriannya di apartemen, tapi semenjak ada Jangmi, Ia merasa aneh jika harus sendirian di apartemennya. Ia ingin Jangmi hadir menemaninya disitu.
  3. Han Yeoreum. Pelayan di restoran Hoondong. Ugh tipe cowok idaman banget. Ganteng, baik, so sweet, jago masak pula. Terlihat playboy, tapi sebenarnya tidak. Ia hanya sangat percaya diri, dan tahu pesonanya apa. Kebalikan dari Kitae, Yeoreum dapat mengekspresikan rasa sukanya dengan baik. nyaris saja aku mengalami 2nd lead syndrome, untung aku bisa menghalau pesonanya. Aku sempat agak sebel soalnya dia ganggu banget momen antara Kitae sama Jangmi, tapi aku kasihan juga saat Dia sadar kalau Jangmi sukanya sama Kitae L tuh kan tetep da aku mah simpati mulu sama 2nd lead L
  4. Kang Seah. Dokter bedah plastic juga. Dia kenal Kitae dari kecil dan mereka pernah berpacaran bahkan sampai akan menikah, namun Kitae membatalkannya. Sesosok orang yang sulit dibaca ekspresinya. Sifatnya sama seperti ibu Kitae, makanya Kitae tak mau menikahi Seah. I think she is a crazy woman. She just want a baby from Kitae without marriage, tapi itu mungkin salah satu bentuknya agar bisa bersama Kitae, tapi akhirnya dia mendapatkan juga apa yang diinginkan dari dokter bule itu. Salah satu 2nd lead female yang aku enggak suka. Nyebelin! Penghancur momennya parah banget, dan perusak rencana, namun diakhir-akhir saat dia bisa menerima kalau Kitae tak menyukainya, Ia menjadi lebih baik dan tetap membantu Kitae sebagai seorang teman, dan pada akhirnya aku enggak jadi benci sama dia hehehe.
  5. Lee Hoondong. Karakter ini penghibur banget! Koplak banget, kocak lah pokoknya. Dia cukup pengecut untuk ukuran cowok, dan sangat manja pada ibunya. Kalau lagi mabuk, bisa sembarang melakukan ciuman ke SIAPAPUN ITU. Dia sangat kekanak-kanakan menurutku. Kocak banget yang dia diusir ibunya dan dia merengek-rengek di luar rumah hanya dengan menggunakan boxer. Dia sangat senang bermain-main dengan wanita, sampai-sampai Hyunhee bisa menjadi istrinya!
  6. Nam Hyunhee. Sahabat Jangmi yang juga bekerja di department store. Ceria orangnya. Dia itu karakternya abu-abu ya. Dia memang solid pada Jangmi, apapun masalahnya Ia ceritakan pada Jangmi. Dia juga selalu membela Jangmi, tapi untuk urusan asmara Dia dapat menghalalkan segala cara. Dia bahkan sempat sebal dengan Jangmi. Dia seperti rubah licik saat ingin mendapatkan Hoondong, makanya Ia mau tidur dengan Hoondong walau Hoondong mabuk, karena dengan itulah ia bisa menikah dengan Hoondong. Ia ingin menikah dengan Hoondong agar bisa memperbaiki kehidupannya. Lucunya usaha yang dibangun Hyunhee bersama Jangmi dan Yeoreum lebih maju dibanding usaha suaminya hahaha.
  7. Ibu Kitae. Dingin banget orangnya, tak berekspresi, namun dia menyimpan luka begitu dalam. Suaminya sudah berpuluh tahun mengkhianati dirinya. Dia selalu berusaha terlihat kalau keluarganya merupakan keluarga sempurna, hidup bahagia, tak ada konflik, tapi akibat itulah Dia menjadi amat terluka. Makanya Jangmi tak mau ibu Kitae seperti itu. Jangmi lah menyadarkna ibu Kitae untuk bercerai.
  8. Nenek Kitae. Tak seperti anggota keluarga lain saat bertemu Jangmi mereka kurang menyukai Jangmi, nenek Kitae malah langsung menyukai karena Jangmi sangat berbeda dengan Ibu Kitae hahaha. Menurut nenek Kitae, Jangmi sangat menyenangkan. Beliau merupakan tim pro nemo couple nomer 1! Bahkan saat tahu ini hanyalah akting, nenek tak membongkar rahasia itu karena dia yakin jika Jangmi dan Kitae saling menyukai.
  9. Bibi Kitae. Duh koplak banget ini orang! kocak asli! Dia merupakan mata-mata dari ibu kitae, kitae, dan juga nenek Kitae. Lucu banget saat dia menguntit Kitae dan Jangmi yang sedang “berkencan”. Sok-sok sembunyi tapi tetap saja ujungnya ketahuan hahaaha.
  10. Ayah Kitae. Cowok paling kurang ajar di drama ini. ternyata selama ini ayah Kitae lah yang tak ingin perceraian. Ia menganggap kehidupan pernikahan dan cinta adalah dua hal yang berbeda. Emang sableng ini orang! aku puas dengan endingnya karena Ia mendapatkan ganjarannya!
  11. Ibu Jangmi dan Ayah Jangmi. Mereka menikah karena cinta, tapi permasalahan ekonomi membuat mereka selalu saja bertengkar, bahkan sampai tak mau saling berbicara bertahun-tahun! Akibat pertengkaran mereka berdua, Jangmi mengalami trauma tinggal sendiri di rumah. Hubungan kedua orang tua ini membaik saat datangnya kehadiran Kitae. Jangmi sangat berterimakasih akan hal itu.

Duh aku bakalan kangen banget sama drama ini. tiap minggu aku dibikin galau dan penasaran sama kelanjutannya, dan sekarang enggak ada lagi deh yang aku tungguin tiap jumat dan sabtu. Aku bakalan susah move on dari drama satu ini *dan enggak pengen move on juga sih*

Drama ini pokoknya aku rekomendasikan sekali! Chemistry first leadnya dapet banget! Yeon Woojin dan Han Groo benar-benar kayak pasangan beneran, pacaran beneran aja dong :p hehehehe. Berharpa mereka nanti disatukan lagi dalam satu project lainnya. Our nemo couple ini so cute and sweet nya tingkat dewa ampe kegiungan dan diabetes. Untuk genrenya yang sesuai dan pembawaannya yang sungguh keren walau ini ceritanya klise aku berani kasih 4 bintang dari 5 bintang. Seru banget! Wajib tonton banget! Salah satu drama 2014 yang kece init uh! Selamat sirik dengan nemo couple! Nemo-ya~ annyeong! *ala Jangmi*

 

Iklan

17 thoughts on “[REVIEW] DRAMA : MARRIAGE NOT DATING

  1. halo kak, aku juga lagi ngikutin drama ini, baru sampe episode 6 huahahahhaha. emg keren dari awal, udah ngocok perut dr awal episode, oh iya udh nonton Fated to Love You belum ? yang main Jang Nara sama Jang Hyuk, recomended juga itu heheueeheh

  2. Hai kaka 🙂
    aku udah nonton sampe beres loh drama ini seru badaiii ngga ngerti lagi aku sampe ngga tidur buat namatin drama ini doang apa lagi pas scene mereka abis first kiss itu kocak abis :3

  3. Aduh kak bener bener deh ya, aku nonton drama ini bener bener bikin nguras emosi-_- bawaannya greget mulu, kitae sama jangmi sama sama oon ato gimana ya(?) Terus jangmi kayak cabe cabe an banget hahahaha, deket sama 3 cowok langsung pula apa gak bikin yg liat ngghh bgt(?) Efeknya jadinya ke hyunhee kan._. Baik nya kelewat baik jadi malah keliatan gampangan wkwkw, poor jangmi cup cup cup hehehe

  4. Semua yg km tulis sama bangeeett kyk yg aku rasain,dari kocak seneng gregetan sm mreka berdua,hubungan yg lambat,kadang emosi jiwa raga jg klo udah muncul pengganggu aaahh aku sampe g tidur jg nonton ini wkwk. Komenku telat bgt ya :’D

  5. Aku baru selesai nonton drama ini *telatbangetyak* 😂
    Review ini sama banget sama apa yg aku rasain pas nonton ini, merasa terwakilkan banget. Hahahaa
    Aku juga susah move on nih dari nemo couple ini, beneran dibikin baper sama mereka. 😍😄

    • gapapa telat daripada enggak, krn ini salah satu drama wajib tonton. pengen liat mereka ngedrama brg lgi siiih.
      fated to love you aku ga nonton yg taiwannya jdi gatau, bedanya dimana hehehe. tpi emg original suka lebih baik daripada remake

  6. Hai Hanan! Aku baru mau nonton drama ini malah hahaha. Awalnya baca-baca blog orang kalo ini salah satu drama tvN yang rekomendid *lagi ketagihan drama tvN sejak Reply 1988*

    Terus dua orang temen juga rekomendasiin drama ini. Karena lagi namatin drama Healer (telat juga hihi), makanya drama ini ketunda dulu dan baru mau ditonton pas Healer tamat.

    Tapi pas nyasar ke sini kok kayaknya lucu ya. Apalagi komedinya bisa sampai tuntas di episode akhir. Emang bener, tuh, drama rom-com biasanya lucu di awal-awal doang. Ke sini-sininya malah jadi serius, baper, dan gitulah bikin hati kacau-balau.

    Btw blog kamu seru-seru kontennya. Aku follow ya. Salam kenal Hanan:)

  7. Setuju ama reviewnya..emang lucu abis dri awal sampai ending..gk ad perubahan karakter pemain yg biasanya di drama korea lain. Pergerakan cinta mereka memang lambat tapi pasti. Dan aktiiingnyaaaa..bweeeehhh, natural banget. Sampe2 aku mikir aslinya yeon woo jin itu y kayak gituuu..caranya mengangkat alis, tersenyum, greget dgn jang mi, marah2..duuuh, bikin baper. Tapi, kayaknya ad perubahan kelopak mata yeon woo jin ketika dia main di introverted boss yaa..
    Tapi, tetap keren menurut aku siih..gara2 introverted boss, nonton ulang marriage not dating..n feelnya malah makin dalam. Tambah jatuh cinta sama oppa yang satu ini. Soriiii..komennya kepanjangan😁😉..Yang pasti i like your review👍👍

  8. Hi kak salam kenal, setelah baca review kakak aku jadi tambah penasaran sama episode episode selanjutnya, soalnya baru nonton sampe episode 6 (telat bgt tau drama ini -_-) sebenernya lagi ngikutin oh hae young juga (telat juga nontonnya -_-) tapi berhenti sampe episode 14 dan belum ada mood buat ngelanjutinnya hehe

    • hi salam kenal juga ^^ kalau belum ada mood sih jgn maksain terusin, tapi klo saran aku sih karena aku menyukai drama itu, jadi mending terusin krn worth it. dua duanya sama-sama seru sih buat aku. gapapa telat yg penting nonton hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s