[REVIEW] DRAMA : GAPDONG

Drama ini sudah beres dari bulan juli lalu, tapi aku baru menyelesaikannya awal bulan September kemaren. Aku malahan lebih menyelesaikan drama penggantinya –Marriage Not Dating– terlebih dahulu. Bukan karena aku bosan, atau malas, tapi karena aku menunggu pesenan drama ini dari orang lamanya minta ampun, sampai akhirnya aku enggak jadi pesen, dan pada akhirnya aku malah download sendiri. Jadi aku baru menyelesaikan drama ini awal September kemaren.

Gapdong merupakan drama bergenre crime, detective, mystery, thriller ini menceritakan seorang detektif Ha Muyeom yang sangat terobsesi dengan kasus gapdong yang merupakan sebuah kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Iltan 20 tahun yang lalu. Ia terobsesi karena ayahnya tertuduh menjadi tersangka, dan ayahnya mendapat ketidakadilan sehingga mati bunuh diri. Detektif yang bertugas saat itu adalah Yang Chulgon. Chulgon pun sangat terobsesi dengan kasus itu, sehingga di masa akhir baktinya sebagai polisi, Chulgon ditugaskan kembali ke Iltan untuk mengungkap kasus gapdong. Muyeom yang membenci Chulgon karena Chulgon merupakan salah satu penyebab kematian ayahnya, sangat tidak menyukai jika harus bekerja sama dan memiliki atasan seorang Chulgon. Begitupun Chulgon yang tak suka harus bekerja sama dengan “anak monster”. Saat Chulgon kembali, tiba-tiba saja terjadi kasus pembunuhan, dimana kasus tersebut terjadi di hari yang sama dengan kasus pertama gapdong, dan juga cara dan target pembunuhannya pun sama. Gapdong telah kembali! mau tak mau Muyeom dan Chulgon harus bekerja sama untuk mengungkap kasus ini.

Alasan aku menonton drama ini, ya seperti biasa karena pemainnya, ada Kim Jiwon. Semenjak The Heirs aku jadi suka Kim Jiwon. Dia sukses membawakan karakter Rachel dengan baik, sehingga aku terpesona akan kemampuan aktingnya. Lalu ada Lee Joon biasku di Mblaq, aaak gila ganteng banget dan akting da keren banget! Dan alasan lainnya karena aku tertarik dengan jalan ceritanya yang membahas tentang kriminal. Aku sangat menyukai cerita yang membawa detektif-detektif kriminal dan hukum seperti ini. aku menyukai sekali cerita seperti ini, mungkin karena aku suka Conan dari kecil, jadi aku tertarik dengan cerita yang seperti ini.

Drama ini seru menurut aku. Tegangnya dapet banget, penasarannya pun dapet banget dan juga logis kok. Bagaimana terobsesinya Muyeom dan Chulgon akan kasus ini sampai mereka membuat skenario dimana Chulgon harus merelakan jarinya karena Muyeom. Aku suka cara scriptwriternya menerka-nerka siapakah gapdong sebenarnya? Kita pun sempat dibuat tertipu dengan gapdong sebenarnya.

Pertama-tama kita akan dibawa seolah-olah gapdong sudah kembali untuk menyambut Chulgon, ternyata malah muncul gapdong peniru. Gapdong peniru ini diceritakan jika dia mengetahui siapa gapdong yang sebenarnya, sehingga membuat kita penasaran. Kita diberi petunjuk yang mengarah pada siapa gapdong sebenarnya, tapi sialnya yang kita duga orang itu adalah gapdong, ternyata bukan, dan gapdongnya merupakan orang yang tak terduga, dan itu *kalau aku* tak terbaca! Kampret emang! Tapi karena itulah aku suka! Karena dugaan kita ternyata ditwist. Memang umumnya cerita-cerita detektif seperti itu pelaku sebenarnya merupakan orang yang tak terduga, tapi aku suka cara pengungkapan pelaku sebenarnya. Tak tertudag karena kehadiran tokoh tersebut diawal-awal tak menonjol. Hanya selewat-lewat saja. Aku pun tak terpikir jika dia pelakunya. Scriptwriternya jjang nih :D.

Kekuataan dari drama ini selain dari jalan ceritanya yang menarik, tak lepas juga dari karakter drama ini yang menarik. setiap karakter memiliki peranan penting dan juga memiliki memori tersendiri terhadap gapdong. Berikut karakter-karakter yang ada :

  1. Ha Muyeom. Our Mad Monk. Dia memiliki tempramen yang tinggi. Terobsesi untuk memecahkan kasus gapdong. Detektif yang hebat. Intuisinya begitu tajam. Ia dapat merasakan sesuatu yang aneh pada seseorang. Tempramennya yang tinggi membuatnya cukup kasar bahkan terkadang bertindak sesuka hati, tapi itu Ia lakukan demi terungkapnya kasus yang ada. Kalau masalah cinta, dia care banget. Melindungi wanita yang Ia suka dengan caranya tersendiri. Muyeom ini dikejar-kejar oleh Jiul, dan Muyeom dengan tegas bahkan seringkali kasar menolak Jiul, tapi walau begitu dia tetap care terhadap Jiul, terbukti saat Jiul menghadapi bahaya, biksu gila ini akan seperti orang gila mencari Jiul kemana-mana. Ini membuktikannya bahwa Muyeom sebenarnya baik.
  2. Yang Chulgon. Atasan Muyeom ini merupakan detektif yang dulu pernah bekerja di Iltan, tapi pindah ke Seoul, diakhir masa baktinya Ia memutuskan untuk kembali ke Iltan untuk mengungkap kasus gapdong. Sama seperti Muyeom, Ia terobsesi dengan gapdong. Orang yang dingin dan kasar. Intuisinya juga tajam, tapi terlalu tajam. Saking ingin menangkap pelaku, terkadang Ia tak melihat sisi kemanusiaan dan sudut pandang lainnya. Dia benar-benar tak pandang bulu. Ia mendapat julukan harimau seram karena kemampuan dan keganasannya dalam menangkap pelaku.
  3. Ryu Taeoh. Seorang pemuda tampan yang berada di klinik penjara. Ia memiliki kelainan jiwa menurut aku. He is psycho! Dia tidak memiliki perasaan. Benar-benar dingin, seperti robot. Dia begitu memuja gapdong, sehingga memutuskan untuk menjadi penirunya. Dia tak bisa berhenti membunuh sampai Ia mati. Ia ingin berhenti tapi tak bisa, bahkan sampai Ia meminta bantuan Jiul untuk menjadi “Sonia”nya. Ia tak mengerti akan rasa simpati dan rasa cinta, sampai Jiul harus mengajarinya tentang perasaan. Dia tahu pesona dirinya sehingga dapat menjaring korban-korbannya dan dihabisi tanpa perasaan.
  4. Oh Maria. Seorang profiler alias psikiater *eh iyakan* yang bekerja di klinik penjara. Dia merupakan satu-satunya korban yang selamat dari kasus gapdong yang juga merupakan kasus terakhir yang terjadi yaitu kasus kesembilan yang terjadi sekitar 18 tahun lalu. Dia menjadi psikiater untuk mengobati dirinya yang masih saja trauma dan juga untuk menemukan sosok gapdong yang sebenarnya. Oleh karena itu dia sangat sensitif akan Taeoh. Saat berhadapan dengan gapdong asli maupun peniru dia tidak bisa bertindak professional. Dia selalu menjadi lebih emosi. Dia selalu saja terbayang-bayangi rasa bersalah terhadap kematian sahabatnya yang menjadi korban gapdong.
  5. Ma Jiul. Seorang siswi sma yang juga merupakan seorang webtoonist. Anehnya setiap cerita yang Ia buat sama seperti apa yang terjadi dengan kasus gapdong peniru dan gapdong asli. Dia merupakan seorang yang naïf menurutku. Dia mudah percaya terhadap seseorang, sehingga tak jarang Ia menjadi korban. Sudah tahu Taeoh psycho, tetap saja ia mau menemui Taeoh dan mengajari Taeoh mengenai perasaan dan simpati, tapi sikapnya seperti itu membuatnya terlihat lebih dewasa dibanding Taeoh. Dia sangat menyukai Muyeom yang merupakan penyelamat hidupnya. Walau sudah ditolak tetap saja Ia mengejar-ngejar Muyeom. *psst… btw adegan terakhir Jiul di drama ini, style dia saat mengunjungi makam Taeoh, stylenya Yoo Rachel banget ga sih?*
  6. Cha Dohyeok. Seorang detektif di kepolisian. Dia merupakan detektif yang hebat juga. Muyeom sangat mengagumi sosoknya. Dia merupakan sunbae favorit Muyeom sampai akhirnya Ia tahu fakta yang sebenarnya pada diri Dohyeok. Dohyeok yang dari luar tampak lembut, baik hati, tegas, dan juga seperti detektif pada umumnya ternyata dirinya merupakan sosok yang tak berbeda dari Taeoh, Dingin, tak berperasaan, dan juga sama-sama ketagihan membunuh orang. Ya dia gapdong sebenarnya, makanya gapdong enggak pernah ketangkap karena gapdong yang berusaha untuk menangkap gapdong. Persamaannya dengan Taeoh adalah sama-sama takut mati.
  7. Han Sanghoon, seorang profiler yang juga ayah tiri Maria. Dia lah yang melindungi Maria sebagai saksi. Dia yang membantu Maria untuk melupakan traumanya. Bersama-sama dengan Muyeom dan Chulgon, Ia pun berusaha untuk menangkap gapdong.
  8. Biksu Jinjo. Biksu yang merawat Muyeom setelah Muyeom kehilangan ayahnya. Sudah dianggap Muyeom orang tua sendiri sehingga gajinya pasti diberikan kepada biksu jinjo untuk kehidupannya dan juga untuk menghidupi para biksu kecil yang tak punya orang tua. Seperti biksu pada umumnya, dia baik hati dan santun, terkadang omongannya menusuk tapi ada benarnya.
  9. Lee Hyeong Nyeon. “istri” Muyeom. Detektif yang juga merupakan sahabat baik Muyeom. Dia sangat setia kawan dan begitu melindungi Muyeom. Dia tak mau “suami”nya ini kenapa-kenapa. Dia selalu membela Muyeom apapun yang terjadi.
  10. Ha Ilshik. Pasien klinik penjara. Mulanya Ialah yang disangka sebagai gapdong asli, sampai Taeoh pun tertipu olehnya, tapi ternyata Ia hanyalah seseorang yang terobsesi juga dengan gapdong. Dia mempelajari bagaimana cara gapdong membunuh, dan mencoba seperti dia, tapi sayangnya ia takkan pernah bisa menjadi gapdong. Saking obsesinya dia menganggap jika dirinya adalah gapdong sebenarnya.
  11. Oh Youngae. Polisi wanita yang terlibat juga dalam kasus ini. Dia merupakan polisi yang baik, tegas, dan menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh. Kelihatannya dia menyukai Muyeom tapi tak berbalas. Dia polwan yang keren menurutku.

Dan masih banyak karakter-karakter yang mendukung cerita ini. Gapdong memiliki kisah tersendiri bagi mereka. Dalam drama ini juga digambarkan sebuah realitas kehidupan dimana uang dan kekuasaan tetap bisa bermain dengan hukum. Ini terbukti pada Ryu Taeoh, dimana ibunya yang memiliki banyak uang menyewa pengacara mahal dan berusaha memanipulasi keadaan Taeoh sehingga Taeoh dapat terhindar dari hukuman mati.

Untuk kisah percintaannya, ya lumayan lah terselip sedikit sedikit walau bukan fokus utama, tapi setidaknya cukup terpuaskanlah kisah yang terjalin antara Muyeom dan Maria, kalau misalnya dibandingkan dengan Taekyung dan Bowon di three days yang perkembangannya dan kisahnya yang cuman secuil banget, yang cuman benar-benar bumbu pelengkap saja. Kalau di gapdong kisah Muyeom dan Maria tak hanya bumbu pelengkap, tapi mereka pun menjadi bumbu penyedap. Kehadiran kisah mereka membuat kita cooling down dengan situasi yang ada, ya lumayan jadi enggak tegang banget dan bisa membuat kita sedikit merasa lovey dovey.

Hanya saja aku kurang puas nih dengan hubungan Taeoh dan Jiul. Sebagai shipper mereka aku kecewa karena hubungan mereka tak berkembang. Hubungan mereka tak lebih dari sekedar teman. Padahal aku berharap ya adalah benih-benih mah ahahay, tapi boro-boro benih, bubuk benihnya pun tak ada -,-. Kami yang sudah berekspetasi kan kecewa, padahal momen mereka sangatlah bagus dan menarik untuk dikembangkan, tapi sayang Jiul terus saja melihat pada Muyeom, dan Taeoh pun tampaknya tertarik pada Maria. Sudah paing senang saja tuh adegan Taeoh sama Maria yang jalan-jalan seharian, apalagi pas Taeoh ngasih bunga, eh tapinya setelah itu Jiul malah disekap -,-, dan sebalnya lagi Taeoh sadar kalau itu salah dan dia sudah berniat dan mengetik pesan permintaan, tapi malah enggak jadi dikirim. SWnim kenapa kau seperti itu???? benar-benar mengecewakan kami para shipper Taeoh-Jiul. Padahal kenapa sih enggak dikirimin aja pesan itu? kan lumayan untuk menghibur kami huhuhu. Terus kenapa juga enggak dilanjutkan juga hubungan si reporter sama si detektif Nam Giri. Mereka juga menarik tuh, melihat Girinya yang Geer hahaha. Sayang mereka enggak diceritakan kelanjutannya, walau sedikit tapi itu bisa menambah bumbu cerita menjadi lebih sedap.

Aku agak sebal dengan endingnya. Kenapa Taeoh harus mati??? Aku enggak ridho Taeoh mati! Tapi sebenarnya itu memang hukuman yang setimpal untuk dia karena dia tak bisa dipenjara karena dia menyerahkan kewarganegaraan Koreanya dan memilih kewarganegaraan Amerikanya. Jadi ya dia mati dibunuh memang “reward” yang sesuai dengan hal apa yang telah Ia lakukan. Lalu dohyeok juga harusnya mati saja lah, jangan cuman dipenjara. Dia sudah membunuh banyak orang, kenapa dia harus diceritakan dia masuk penjara dan matanya ditusuk oleh penghuni penjara lainnya? Pfft… tapi walau begitu overall endingnya bagus sih. Setiap kejahatan pasti akan terungkap walau butuh waktu bertahun-tahun, pelakunya mendapatkan hukuman yang setimpal, dan juga pesan kemanusiaan dapat. Saat kita memiliki perasaan itulah yang disebut manusia. Jika dia tak punya perasaan, itulah monster yang sesungguhnya. Seperti kata Jiul, Taeoh secara harta memang kaya, tapi sebenarnya Dia miskin, dan Jiul jauh lebih kaya dibanding Taeoh. Itu semua karena Jiul mempunyai perasaan dan simpati yang besar sedangkan Taeoh tidak sama sekali.

Drama ini kurangnya menurut aku diawal-awal menarik memang tapi enggak tau kenapa aku merasa agak membosankan ceritanya, untung saja SWnim tetap bisa membuat kita penasaran, dan nagih, walau enggak nagih-nagih amat sih. Selain itu, ada yang aneh, kenapa seorang Maria yang merupakan seorang profiler yang mengenal dan belajar tentang kejiwaan dan psikologis harus mencari tentang penyakit kepribadian ganda di Wikipedia??? Sangat aneh bukan? Dia seorang professional loh! jika itu memang bukan bidang kajiannya, dia bisa kan baca dari buku atau menanyakan temannya? Kenapa harus Wikipedia? Oh mungkin karena dia panik dan biar cepat kali yaa *iyain aja*. lalu yang aneh lagi, kenapa cerita yang dibuat Jiul bisa sama persis dengan apa yang terjadi sebenarnya! Setiap adegan dalam webtoonnya, merupakan adegan yang telah dibuat gapdong. Kok bisa sih sedetail itu???? kenapa coba dia kepikiran buat bikin cerita tentang detektif yang ternyata adalah seorang penjahat? Dan bisa mengetahui masalalunya pula! Kenapa bisa??? Sebuah misteri yang tak terpecahkan. Oh mungkin untuk detail adegan mungkin karena dia mencari inspirasi pada si gapdongnya sendiri langsung yaitu Taeoh dan Dohyeok, dan mereka berdua dengan senang hati memberi ide yang sebenarnya itu adalah ide dan cerita pengalaman pribadi mereka masing-masing, tapi yang masih aneh itu, kenapa Jiul bisa terpikir untuk membuat certa detektif yang jahat disaat Dohyeok mulai dicurigai? Aargh!! Aneh!

Ada satu efek yang aku sebal dari drama ini. kenapa sih psikopatnya semuanya pada ganteng??? Kesel banget, asli! Lihatlah betapa tampannya Taeoh dan lihatlah saat Dohyeok muda begitu lucu dan kece, tapi sayangnya dibalik wajah tampan mereka, mereka ternyata manusia tak berperasaan. Aku kan jadi mikir yang aneh-aneh sekarang kalau ketemu cowok ganteng dan baik hati. Aku jadi berpikir jangan-jangan mereka menggunakan pesonanya untuk menjerat korban. Haduh kebanyakan nonton drama nih, jadi khayal babu!

But overall drama ini aku rekomendasikan kok, terutama bagi kalian penyuka genre thriller dan crime seperti ini. kalian akan terpuaskan dengan akting pemainnya yang apik sekelas Sung Dongil, Yoon Sanghyun, lalu pemain muda Kim Jiwon dan uri acting-dol, Lee Joon. Akting dia disini benar-benar keren, apik. Aaah Joon you are a great actor! You really acting-dol! Drama ini aku beri bintang 4 dari 5 bintang. Nice drama. selamat terhantui dengan gapdong yang kece~ muahahaha.

 

Iklan

2 thoughts on “[REVIEW] DRAMA : GAPDONG

  1. Kebetulan lagi nonton ini penasaran banget sama pelakunya, tapi yg asli udah keliatan dari tengah episode kayagnya dan ternyata beneran 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s