JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2014 part 1

Halo semua apa kabar? Gimana nih tahun barunya? Resolusinya apa? Apa? Ngerjain resolusi tahun kemaren? Euh….sama kok aku juga muahahahaha. Sudah ah basa basi busuknya, langsung saja yuk.

Jadi setiap akhir tahun, ya menjelang perpindahan tahun baru, biasanya di Korea sana sering diadakan ajang penghargaan untuk industri hiburan baik musik, entertainment, dan juga drama. Nah sebagai seorang penggemar drama, dan pada 2014 kemaren aku cukup aktif menonton drama-drama dari negeri ginseng sana, aku juga mau sok sok bikin awards, tapi awardsya ala-ala aku. Aku takkan mencari yang terbaik karena aku tak mengerti tentang dunia akting dan produksi drama, tapi kategori dan pemenang yang aku pilih dalam award ini berdasarkan sesuatu yang telah menarik perhatianku. Jadi ya sebenarnya awards ini berdasarkan seleraku saja, jadi ya akalu kalian enggak setuju enggak masalah, karena selera orang kan berbeda. Aku iseng saja membuat awards ini.

Awards ini aku namakan JEPRETPRESS DRAMA AWARDS. Drama-drama yang masuk awards ini merupakan drama-drama yang tayang pada 2014 yang aku tonton. Dari sekian banyak Kdrama yang tayang pada 2014 ada 14 drama yang aku tonton. Drama-drama tersebut adalah, You Who Come From The Star, Emergency Couple, Mimi, Gapdong, Doctor Stranger, You’re All Surrounded, It’s Okay That’s Love, Marriage Not Dating, My Lovely Girl, God’s Quiz Season 4, Tomorow Cantabile, Liar Game, Pinocchio, dan Healer. Sebagian besar drama-drama yang aku tonton berasal dari tVN dengan slot tayang jumat-sabtu dan SBS rabu-kamis. Harus kuakui drama-drama dengan waktu slot tersebut biasanya memang menarik. Drama-drama diatas lah yang akan mendapatkan JEPRETPRESS DRAMA AWARDS kecuali Healer, karena selain di 2014 baru tayang sebanyak 8 episode, aku pun baru menonton episode pertama saja *belum sempet download T_T*. Untuk Pinocchio aku masukan karena jumlah episode yang sudah tayang selama 2014 sudah melebihi setengah dari total episode drama ini. di 2014 Pinocchio tayang sebanyak 14 episode dari 20 episode. Ya walaupun sekarang udah tahun 2015, ya enggak apa-apa ya aku sebut penghargaan 2014 karena dramanya berasal dari drama 2014. Kita buka secara resmi yuk.

Ladies and Gentleman, welcome to JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2014. This awards is appreciation form for dramas in 2014 which interested the writer. We have some categories with some nominees. So, here we go, first categories, Acting-dol.

Acting-Dol kategori merupakan kategori untuk para idol yang bermain drama dan peran dan aktingnya telah memukau diriku, bahkan sampai membuatku terheran-heran, apakah dia sang idol atau karakter dalam drama tersebut? dan nominasinya adalah…

  1. Lee Joon (MBLAQ) as Ryu Taeoh on Gapdong. Perannya sebagai psikopat ganteng yang dapat memikat wanita namun sadis. Sungguh aku tak melihat sosok Lee Joon. Aktingnya begitu meyakinkan. Lee Joon Dapat mengekspresikan seorang psikopat seperti apa. Ekspresi mukanya itulooh ga nahan. Serem tapi kosong.
  2. Shim Changmin (TVXQ) as Han Minwoo on Mimi. Changmin dalam drama ini memerankan karakter dalam dua waktu yang berbeda yaitu saat sma dan dewasa. Kesedihan karena tak bisa mengingat kejadian pahit dan kehilangan orang dapat tersampaikan dengan baik, dan kita penonton dapat merasakannya, walau pas meranin anak sma aku merasa dia ketuaan.
  3. Han Sunhwa (Secret) as Kang Seah on Marriage Not Dating. Disini Sunhwa cantik banget dan elegan. Karakternya sebagai dokter bedah plastik yang tajir nan pintar dapat banget. Sikapnya yang elegan, dan obsesi dia untuk dapat anak dan Kitae juga sukses sempat bikin sebal sama dia.
  4. Do Kyungsoo (D.O of EXO) as Han Kangwoo on It’s Okay, That’s Love. D.O disini berperan sebagai anak sma yang digambarkan merupakan fans dari lead male, Jang Jaeyeol. Walaupun ini drama pertama dia, tapi sukses mencari perhatian. Dia dapat memerankan anak sma yang polos dan tengil dengan apik, bahkan dia dapat menyampaikan rasa kepedihan dan kesedihan saat disiksa ayahnya dan harus berpisah dengan Jaeyeol.
  5. Jung Soojung (Krystal of f(x)) as Yoon Sena on My Lovely Girl. Peran Krystal disini berbeda dari drama sebelumnya. Perannya sebagai Sena jauh lebih kalem dan tenang. Perasaannya yang menggebu terhadap impiannya menjadi penulis lagu, dan kesedihannya atas kehilangan kakaknya cukup tersampaikan dengan baik.

Itulah nominasi untuk kategori Acting-dol. And the winner goes to…. *suara drum* LEE JOON for his character as Ryu Taeoh. Aku dibuat galau dengan kategori ini. aku menimbang-nimbang antara D.O dan Lee Joon, tapi aku memutuskan memilh Lee Joon, karena serius, aku melihatnya di Gapdong, ya sebagai Taeoh, bukan Lee Joon. Dia benar-benar bisa mengekspresikan bagaimana seorang psikopat yang tak bisa merasakan perasaan orang. karakternya sebagai Taeoh benar-benar membekas dan menempel pada dirinya.

Kategori kedua adalah Female Lead Had Just Seen In This Year Terciamik. Duh Panjang banget ya judulnya. Kategori ini merupakan kategori untuk para female lead yang aktingnya baru aku lihat pertama kali di tahun 2014 yang berhasil menarik perhatianku. Female lead yang membuatku mengantisipasi proyeknya selanjutnya. Nominees are…

  1. Jun Jihyun as Chun Songyi on You Who Come From The Star. Sebenarnya Jun Jihyun termasuk artis senior, tapi serius aku baru lihat akting dia di drama ini. selama ini dia aktif di film. Drama YWCFTS ini merupakan comebacknya setelah 14 tahun tidak muncul dalam drama pertelevisian. Berhubung dia sudah berkecimpung lama dalam dunia akting, maka dari itu tak diragukan lagi aktingnya. Dia benar-benar dapat memerankan Chun Songyi yang sangat berbeda dengan karakter dia, dan karakter Songyi begitu membekas pada diri Jun Jihyun. Wajar saja dia layak mendapatkan Daesang di SBS drama awards 2014.
  2. Mun Gayoung as Mimi on Mimi. Aku suka Mun Gayoung disini. Lucu banget. Perasaan malu-malu kucing dan sedikit terobsesi pada orang yang dia suka diekspresikan dengan sangat menarik. aktingnya sudah cukup baik, namun masih perlu dikembangkan sehingga pada proyek selanjutnya akan menjadi lebih baik.
  3. Jin Seyeon as Song Jaehee/Han Seunghee on Doctor Stranger. Pertama kali lihat Jin Seyeon di drama ini aku suka, cantik, apalagi senyumnya menarik banget, tapi setelah melihatnya beberapa episode, aku kurang sreg dengan aktingnya. Akting dia cukup bagus kok, tapi untuk ukuran Lead female kok rasanya kurang. entah karena karakter Seunghee kurang cocok dengannya atau karena hal lain. Aku mengantisipasi proyek dia selanjutnya karena aku ingin tahu perkembangan akting dia, tapi serius dia berbakat dan bisa mengembangkan karinya.
  4. Han Groo as Joo Jangmi on Marriage Not Dating. Suka banget sama dia di drama ini. Dia benar-benar masuk kedalam karakter Joo Jangmi. Sekarang kalau aku melihatnya, yang terlintas hanyalah Jangmi, bukan Han Groo. Lucu banget dia disini. The next aktris komikal nih Han Groo.

Pemenang untuk Female Lead Had Just Seen In This Year Terciamik adalah *durukduktak* Chukaedeurimnida Han Groo. Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa enggak Jun Jihyun? Karena Han Groo lebih menarik perhatianku. Perannya sebagai Joo Jangmi benar-benar apik dan aku suka banget. Kelucuan yang alami dan aktingnya yang bagus benar-benar menarik perhatianku sehingga aku penasaran

Kalau ada female lead, tentunya ada male leadnya dong. So, Male Lead  Had Just Seen In This Year Terciamik nominees are…

  1. Yeon Woojin as Gong Kitae on Marriage Not Dating. Sebenarnya sebelum melihatnya sebagai Kitae, aku pernah melihat aktingnya secara singkat di You Who Come From The Star sebagai Lee Hankyung, kakak Hwikyung yang dibunuh Jaekyung. Aku baru ngeh kalau dia mendapat peran tersebut, setelah aku menontonnya sebagai Kitae, dan aku mencari tahu mengenai dirinya. Hal ini membuktikan kalau aku penasaran banget sama akting-akting dia yang kece abis.
  2. Ryu Dukhwan as Han Jinwoo on God’s Quiz season 4. Ryu Dukhwan ini sebenarnya dramanya sudah lumayan banyak ya, ditambah dari series God’s quiz ini yang sudah mencapai 4 season. Peran dia disini kadang serius, kadang koplak dan konyol menghibur dan bikin aku tertarik nih sama orang ini.
  3. Lee Sangyoon as Ha Woojin on Liar Game. Lee Sangyoon juga sudah mempunyai banyak drama, dan aku pun baru ngeh ternyata dia pernah bermain di Angel Eyes dan My Daughter Seoyoung. Aku pernah mengintip kedua drama itu sedikit. Tampak beda sekali ya dia di kedua drama tersebut dengan di Liar Game. Aku sampai berpikir, apakah mereka oang yang sama?

Untuk Kategori Male Lead  Had Just Seen In This Year Terciamik pemenangnya adalah Selamat, Yeon Woojin-ssi!!! Dimata aku tuh dia itu ciamik banget. Kece abis. Suka banget lah pas dia jadi Gong Kitae, dan bikin aku ingin melihatnya di drama-drama lain.

Lanjut ke kategori selanjutnya yang masih serupa dengan dua kategori sebelumnya. Supporting Actor/Actress Had Just Seen In This Year Terciamik. Langsung saja ya. Nominasinya adalah…..

  1. Ahn Jaehyun as Chun Yoonjae on You Who Come From The Star. Lucu lihat dia disini. jad anak sma yang dingin dan berusaha terlihat dewasa, tapi tetaplah dia hanyak seorang remaja yang ditawarkan susu coklat mau dan berubah jadi anak kecil saat ketemu alien hahahaha. Padahal aslinya dia lebih tua setahun dari Kim Soohyun.
  2. Yoon Sohee as Nam Hyunhee on Marriage not Dating. Sebenarnya aku penasaran sama dia gara-gara dia anak SM C&C dan dia membintangi MV EXO – Wolf *ditambah diteaser dikecup manis Kai*. Lalu aku sempat mengintip dia di Let’s Eat *aku hanya baca rekapnya saja, tapi aku suka karakter dia di drama itu*, akhirnya aku penasaran dengan akting dia di Marriage Not Dating, dan tidak mengecewakan. Bagus. Telrihat dewasa dan terasa fresh dibanding peran sebelumnya di let’s eat. Aku jadi penasaran peran apalagi yang akan Sohee perankan?
  3. Go Kyungpyo as Yoo Ilrak on Tomorrow Cantabile. Seru lihat dia disini. Ilrak yang setia kawan dan kocak dia perankan dengan cakep. Perasaannya saat jatuh cinta juga amat menarik. Dia sangat cocok nampaknya dengan peran-peran yang konyol. Dia kan kelihatan konyol, Aku jadi penasaran, akankah dia bisa memerankan tokoh yang serius?

And the Winner goes to….. Ahn Jaehyun! Wae? Karena dia sukses bikin aku penasaran. Salah satu alasan aku menonton drama You’re All Surrounded adalah karena selain Lee Seunggi, karena dia terlibat dalam drama ini. aku ingin tahu bagaimana sih perkembangan karakter dia. Ah.. dan dia membuatku degdegser karena kekeceannya HAHAHAHA.

Next, we have The Sweatest Bromance. Kategori ini diberikan kepada para karakter pria yang memiliki hubungan persahabatan yang indah, kuat dan memiliki chemistry yang dibangun dengan baik. Bromance ini menarik ya untuk dinanti, karena persahabatan yang terjalin seringkali menambah manis bumbu drama. Nominasi untuk kategori ini adalah….

  1. Park Taeil – Jigook (Ahn Jaehyun – Park Jungmin) on You’re All Surrounded. Bermula dari rekan satu tim dalam menyelesaikan kasus, persahabatan mereka mulai terjalin. Taeil yang amat baik hati dan sering menolong Jigook membuat Jigook merasa nyaman, bahkan saking baik dan dekatnya Taeil hingga digosipkan sebagai seorang gay, namun Jigook tak percaya begitu saja dan mencoba menanyakannya. Persahabatan mereka sempat merenggang karena Jigook iri dengan latar belakang Taeil, tapi itu tak lama karena mereka kembali bersatu. Aah aku suka banget, chemistry sebagai sahabatnya dapat banget. Berharap diluar drama ini Ahn Jaehyun dan Park Jungmin tetap bersahabat layaknya Taeil-Jigook.
  2. Jang Jaeyeol – Han Kangwoo (Jo Insung – Do Kyungsoo) on It’s Okay That’s Love. Dipikir-pikir sebenarnya hubungan mereka berdua hanyalah sebuah imajinasi semata, tapi aku merasa hubungan yang mereka bangun sangat indah. Memiliki perbedaan usia yang cukup jauh, tapi mereka tetap bersahabat dan saling mendukung satu sama lain. Memiliki latar belakang yang sama membuat hubungan mereka makin erat. Chemistry yang mereka bangun terus berlanjut diluar drama. Buktinya Kyungsoo sudah menjadi teman minum Jo Insung. Wah~
  3. Han Jinwoo Han Shiwoo (Ryuk Dukhwan – Lee Donghae of Super Junior) on God’s Quiz season 4. Hubungan senior-junior yang lucu. Shiwoo yang merupakan junior dan sangat mengidolakan Jinwoo hingga Ia amat bersemangat. Jinwoo seringkali menenangkan Shiwoo jika Ia sudah terlalu bersemangat. Seru lihat mereka saling bercanda dan mencoba memecahkan misteri penyakit. Jinwoo amat menyukai Shiwoo karena Ia pintar. Jinwoo pun berusaha keras menolong Shiwoo yang dalam bahaya.
  4. Cha Yoojin – Yoo Ilrak (Joowon – Go Kyungpyo) on Tomorrow Cantabile. Awalnya Yoojin yang anti sosial kurang nyaman dengan kehadiran Ilrak yang menganggap Yoojin pahlawannya karen telah membantunya melewati ujian, tapi lama-lama kehadiran Ilrak *dan yang lainnya juga* membuat Yoojin menyadari pentingnya teman. Hubungan mereka sempat merenggang karena miskom, tapi akhirnya llrak sadar jika Yoojin takkan meninggalkan S Orkestra. Semenjak itu Ilrak amat mempercayai Yoojin.
  5. Choi Dalpo – Seo Bumjo (Lee Jongsuk – Kim Youngkwang) on Pinocchio. Hubungan ini tercipta karena mereka meiliki pekerjaan yang sama dan kesulitan yang sama sebagai reporter. Walau mereka suka ribut masalah Inha, dan sempat ada masalah karena Ibu Bumjo, tapi aku suka karena mereka untuk masalah kebenaran saling mendukung, terutama Bumjo yang polos. Dia amat mendukung dan membantu Dalpo saat berhadapan dengan Chaok. Aku harap kedepannya hubungan Dalpo dan Bumjo tetap baik dan tidak rusak akibat Ny Rosa dan Chaok.

Itulah nominasi untuk The Sweatest Bromance. Pemenang untuk kategori ini adalah *jeng jeng jeng* Cha Yoojin – Yoo Ilrak.  Aku suka perkembangan karakternya soalnya, dan persahabatan mereka yang manis dan saling mengenal karakter masing-masing, ditambah kepercayaan. Daebak.

Lanjut lagi ke kategori selanjutnya. Kategori ini dinamakan The Most Hated and Horror Actor/Actress. Tenang kategori ini bukan diberikan kepada pemain yang aku benci. Bukan…Kategori ini diberikan kepada aktor/aktris yang telah memerankan peran antagonis yang menyebalkan bin jahat sampai aku rasanya ingin menyakar-nyakar mukanya. Nominasinya adalah…..

  1. Shin Sungrok as Lee Jaekyung on YWCFTS and as Kang Doyoung on Liar Game. Walau perannya berbeda dan kejahatan yang dibuatnya berbeda, tapi ada satu kesamaan diantara mereka, gila! Psikopat! Enggak punya perasaan! Kayaknya kedua karakter tersebut sudah mati rasa. Untuk kejahatan sih lebih parah Jaekyung karena sampai membunuh orang, sedangkan Doyoung dengan manipulasi yang luar biasa pintar. Shin Sungrok dapat mengekspresikan karakter villain ini dengan hebat. Ekspresinya begitu seram, tanpa perasaan. Hii ngeri!
  2. Jinkyung as Sung Chaok on Pinocchio. Jinkyung tampaknya menjiwai sekali perannya sebagai Chaok. Sekarang kalau aku melihat dirinya di It’s Okay That’s Love sebagai Youngjin yang awalnya biasa saja, tapi sekarang bawaannya kesal. Begitu juga saat di red carpet SBS Drama Awards 2014 bawaannya melihat dia seperti Chaok. Ugh..
  3. Lee Joon as Ryu Taeoh on Gapdong. Sama seperti Jinkyung, sekarang bawaannya kalau lihat Joon berasa melihat Taeoh, jadi aku agak seram.

Ya sepertinya pemenangnya sudah dapat ditebak ya. ya tepat sekali tak lain dan tak bukan The Most Hated and Horror Actor/Actress is Shin Sungrok!!! Aku membuat kategori ini sebenarnya karena aku ingin memberi apresiasi pada Shin Sungrok yang sudah menjadi best villain in drama 2014. Aktingnya, ngeri kaka…. Lihat dia bawaanya jadi seram. Kenapa ku tak memasukkan Jung Ingi yang berperan sebagai Cha Dohyuk di Gapdong? Karena disetiap perannya, karakternya benar-benar masuk. Dia berperan sebagai Ki Hosang ayah Ki Hamyung di Pinocchio. Perannya yang menyenangkan menghapuskan suasana seramnya.

Kalau ada The Most Hated, harus ada The Most Loveable Character. Karakter yang masuk nominasi ini adalah karakter-karakter pendukung tapi yang memiliki karakter yang menyenangkan dan aku menyukai karakter tersebut. nominasinya adalah….

  1. Shim Jihye (Choi Yeojin) on Emergency Couple. Aku suka karakter dia yang profesional. Dia itu tegas tapi baik hati. Selalu memberikan saran terutama masalah cinta kepada dr.Gook. dia tak egois dan mau menekan egonya yang padahal dia pun masih memiliki harapan pada dr.Gook
  2. Seo Pansuk (Cha Seungwon) on You’re All Surrounded. Detektif satu ini juga memiliki karakter hero. Amat memperjuangkan kebenaran, bahkan rela mengorbankan jabatannya untuk mengungkap kebenaran. Care juga sama anak buahnya, terutama Daegu, karena merasa bersalah akan kasus 11 tahun lalu.
  3. Yoo Ilrak (Gong Kyungpyo) on Tomorrow Cantabile. Ilrak yang amat supel dan amat menghargai pertemanan. Dia pun sangat percaya pada sahabat-sahabatnya dan seallu menjadi penengah antara kubu S dan kubu A karena cintanya pada Shiwon hahaha.
  4. Jo Dalgoo (Jo Jaeyun) on Liar Game. Ahjussi satu ini walau rentenir tapi sebenarnya dia baik hati. Dia amat menyayangi Dajung seperti adik/keponakan sendiri. Dia takkan membiarkan Dajung terjerumus dalam kesedihan. Aku suka dia baik banget dan lucu.
  5. Ahn Chansoo () on Pinocchio. Saat SMA dulu, mungkin karena masih remaja, dia mudah sirik dan tak terima jika Dalpo mengalahkannya sehingga memfitnah Dalpo, tapi itu dulu. Saat dewasa, Ia sosok yang menyenangkan, mau membantu Dalpo. Bromance mereka juga cukup menarik dan lucu. Dia pintar, dan dia tak mau disalahkan padahal itu bukan salah dia. Tak peduli omongan orang, dan dia orang yang peduli menurutku.

The Most Loveable Character goes to…. dr. Shim Jihye! Suka banget deh serius sama dr. Shim. Dia itu dewasa banget, dan bukanlah sosok yang jahat pokoknya. Kedewasaannya itu membuatnya menjadi pendengar dan penasehat yang baik. dia pun dokter yang keren menurutku.

Waaduh ternyata kategorinya banyak juga ya. mulai lelah nih, tapi masih banyak kategori yang menanti. Ya seperti di acara-acara award, Jepretpress pun ada part part an dong. Kita lanjut lagi ya di part 2. Bocoran saja nih, part selanjutnya lebih fokus pada dunia Loveline in drama. Ada 7 kategori lagi yang belum disebutkan, seperti second lead syndrome, The Most PHP Couple, The Most Poison OST¸dan kategori lainnya. Oke kita penutupan resmi yaaa.

Ya itulah JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2014 part 1. Terima kasih bagi readers yang sudah membaca. Harap menunggu sabar untuk part 2 dari ajang penghargaan ini. Aku masih memiliki 7 kategori lagi yang harus aku sebutkan. Saya Hanan Hanifah undur diri dari part 1. Sampai jumpa di part 2, semoga bisa cepat aku selesaikan. Annyeonghi gyeseyo~.

Tinggalkan Balasan

