[REVIEW] HEALER

Se rapi apapun kau menyembunyikan kejahatan, pasti akan terkuak juga. Ya lagi-lagi hadir drama mengenai kebenaran suatu cerita masa lalu yang dapat merugikan orang banyak. kebenaran yang terkubur selama 22 tahun akan terungkap dalam drama satu ini, Healer. Mumpung baru banget beres nonton tadi siang, dan aku masih ada waktu untuk menulisnya, jadi langsung saja kita kupas drama satu ini.

Healer merupakan drama yang bergenre thriller, romance, comedy, drama yang menceritakan seorang kurir gelap yang bersandikan Healer yang dapat melakukan apapun kecuali membunuh untuk kepuasaan kliennya. Ia dapat mencuri, berlarian diatas atap, meretas data, dan Ia juga sangat handal berkelahi. Suatu hari Healer mendapat klien seorang reporter terkenal Kim Moonho untuk mendapatkan DNA dari seorang gadis yang bekerja sebagai reporter hiburan di media online kelas 2 Somedays News, Chae Youngshin. Setelah mendapat DNA gadis tersebut, Healer mendapat tugas tambahan untuk mencari tahu orang seperti apa Youngshin itu. Demi melaksanakan tugasnya itu, Healer yang bernama asli Seo Junghoo menyamar sebagai Park Bongsoo bekerja di Somedays News. Ternyata Junghoo, Youngshin, dan Moonho memiliki keterikatan masa lalu, mereka bertiga harus menghadapi itu dan mengungkap kebenaran dari sebuah kejadian di tahun 1992.

Awalnya aku tak berniat menonton drama ini. Saat membaca 2 episode pertama kesanku pada drama ini hanya, ya rame, just that, tapi setelah membaca episode 3, aku mulai merasakan keseruan yang berbeda. Sesuatu yang menarik. Alhasil aku memutuskan untuk menonton ini sampai selesai, dan u know? Aku tak menyesal mengikuti drama ini. Gilaaaa drama ini seru banget! Mungkin diawal episode agak pusing karena pengenalan tiga tokoh sentral dan juga misteri-misteri yang ada dalam drama ini masih berupa potongan puzzle yang tersebar dimana-mana sehingga agak kebingungan dengan arah tujuan drama ini. Hanya saja saat episode 3, berasa ada titik cerah dimana disitu kita tahu jika Moonshik berperan dalam hilangnya Jian, dan juga Healer yang dituduh membunuh orang, disitu aku mulai ngeh arahnya mau kemana, dan disitulah ketegangan-ketegangan dimulai.

Kisah mengenai siaran radio illegal di tahun 1980 dan kejadian di tahun 1992 itu menjadi dasar cerita drama ini. Kejadian tahun 1992 terjadi karena mereka (5 sekawan+Moonho) pernah melakukan siaran radio illegal sehingga jiwa pers bebas mereka meluap, dan terbawa lah di kejadian 1992 sehingga membuat salah satu dari mereka Oh Gilhan, tewas, dan temannya Seo Junseok dituduh membunuh, dan diduga bunuh diri. Istri Gilhan yang juga dari 5 sekawan itu hoi Myunghee mengalami kecelakaan dan harus kehilangan anaknya Oh Jian. Jian yang hilang akhirnya diadopsi oleh Chae Chisoo dan berubah identitas menjadi Chae Youngshin. Seo Junseok yang terbunuh membuat istrinya meninggalkan anaknya Seo Junghoo sehingga Junghoo diasuh dan dilatih mejadi Healer oleh teman ayahnya yang juga tergabung dalam 5 sekawan, Ki Youngjae. Moonho yang merupakan adik Moonshik tahu jika Moonshik berbohong, dan berperan dalam segala kekacauan menjadi marah pada Moonshik. Kejadian 1992 itu membuat Moonshik menjadi seorang yang tak tertutup matanya karena bekerja pada Tetua. Tetua itulah yang menyebabkan semua kekacauan dan dibalik orang-orang yang terbunuh.

Dalam healer ini ada beberapa kasus yang diliput oleh Somedays news. Kasus pertama adalah kasus Ju Yeonhee. Awalnya aku kira kasus Yeonhee ini enggak penting, dan agak membingungkan, tapi setelah terungkap bahwa Hwang Jaeguk terkait dengan Kim Euichan dimana Kim Euichan ini bekerja pada tetua. Dsitu aku baru mengerti jika kasus itu akan menambah daftar kejahatan Tetua. Lalu ada beberapa kasus lagi, dimana kalau kita melihat dari permukaan tidak ada hubungannya, tapi dibalik semua kasus itu ada sang Tetua yang memerintah agar bisnisnya dapat berjalan lancar. Potongan-potongan kasus itu lah yang menyatukan potongan puzzle yang awalnya tersebar, saat diakhir episode menjadi benar-benar menyatu, dan terungkaplah kebenaran dan kejahatan sang Tetua. Selain itu setiap tokoh pendukung juga ada kisah masa lalu tersendiri, dan ternyata itu terhubung dengan si Tetua itu. Seperti cerita Bibi Minja saat masih menjadi detektif. Aku kira mereka menceritakan masa lalu bibi Minja hanya sebagai bumbu saja, ternyata diakhir episode kita tahu jika kasus terakhir bibi Minja berhubungan dengan perusahaan si Tetua.

Secara alur, menurutku terasa pas. Enggak kecepatan, tapi enggak lambat juga. Misteri-misteri yang terbongkar disaat yang tepat, ya paling yang agak lambat itu saat Youngshin tahu jika Bongsoo itu adlaah Healer yang selalu melindunginya. Lalu yang aku suka semua misteri itu terbongkar dengan lancar, tanpa ada gangguan, atau terlambat menyadari, walaupun ada sih yang telat seperti terlambat menyadari kalau sang guru, Youngjae diracun, lalu Myunghee mengetahui anaknya masih hidup, tapi secara keseluruhan semua misteri terbongkar disaat yang tepat, perlahan namun pasti sehingga cukup membuat perhatian kita terus tertuju pada drama ini. Rasa penasaran terus bergentayangan diakhir episode, sehingga kita merasa ketagihan akan episode selanjutnya. Sekalinya kamu menonton satu episode, dijamin enggak bisa berhenti! Bahkan diakhir episode 20 pun aku masih ingin ada kelanjutannya. Rasanya enggak rela pisah sama drama ini.

Drama ini menariknya juga karena proporsi Antara romance dan thriller seimbang. Tidak ada yang saling mendominasi. Masing-masing menjadi bumbu tersendiri untuk drama ini. setiap adegan berperan penting terhadap genre yang ada di drama ini. Mungkin untuk romance drama ini tak sebanyak drama lain, tapi adegan romantisnya tak terasa useless atau terasa kurang greget. Adegan romantisnya terasa manis banget apalagi di episode 15, saat Youngshin merawat Junghoo, serius itu manis banget. Mungkin banyak yang merasa kurang adegan romantis mereka diepisode terakhir karena lebih berfokus untuk menyelamatkan nama Junghoo dan juga untuk menangkap Tetua, tapi adegan terakhirnya cukup mengobati karena terasa manis. Adegan menegangkannya sangat keren, apalagi kalau sudah melihat Healer beraksi. Enggak kuku ><.  Adegan thrillernya tidak membuat adegan romantisnya tertutupi, bahkan dapat disatukan dengan baik, seperti saat Junghoo sedang bergelut dengan preman-preman sembari menelepon Younghsin, atau saat Junghoo melindungi Youngshin dari kekerasan. Adegan komedinya tak begitu banyak, tapi cukup membuat otot dan hati kita rileks setelah adegan-adegan yang bikin hati deg-deg ser. Adegan komedinya selalu ditempatkan ditempat yang pas, jadi kita tetap enjoy nonton drama ini. Tawa yang dibawa sangat menghibur, seperti saat di episode terakhir, disaat-saat terakhir, dimana kita kaget saat Junghoo tertembak dan rubuh, namun ternyata itu hanyalah sebuah drama penangkapan Tetua. Kocak banget saat Junghoo membuka matanya, dan Moonho memaksa Junghoo untuk menutup matanya, dan berkedip pada detektif Yoon. Serius itu antiklimaks banget! Tapi itu hal yang menjadi daya Tarik sendiri untuk drama ini. Ah pokoknya suka banget dengan cara penyampaian ceritanya!

Banyak yang membandingkan drama ini dengan drama tetangga Pinocchio. Sama-sama mengusung reporter sebaai latar belakang cerita, sama-sama ingin membersihkan nama orang tua, sama-sama berhadapan dengan orang yang punya uang yang bisa menundukkan kekuasaan, tapi menurutku kedua drama ini berbeda. Cerita yang dibawa keduanya amat berbeda, yang satu tentang terbunuhnya orang tak bersalah, dan pengusaha gila yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, dan juga berbicara mengenai dunia hacker, kalau Pinocchio lebih menceritakan perjuangan untuk membersihkan nama-nama orang tak bersalah dan juga membuktikan campur tangan pengusaha dalam perubahan alur berita. Healer sampai membawa nyawa orang, kalau Pinocchio membawa kebersihan nama seseorang. Serta untuk dunia jurnalistiknya, Pinocchio lebih menekankan hal tersebut dibanding Healer. Healer hanyalah sebagai latar belakang, kalau Pinocchio benar inti ceritanya dan memperlihatkan bagaimana cara kerja reporter. Kalau disuruh milih, hm… berhubung aku masih belum bisa move on dari Pinocchio, dan Pinocchio amat berbekas dihatiku jadi….. ya tahu lah jawabannya. Eits… tapi bukan berarti Healer enggak menarik. kalian salah kalau menyangka seperti itu karena aku lebih memilih Pinocchio.  Jadi jangan pernah membandingkan keduanya, karena keduanya sangat berbeda. Dua-duanya sama-sama keren!

Enggak seru kalau cuman bahas mengenai dramanya saja, kita tentu saja harus membahas karakternya doong. They are….

  1. Seo Junghoo. Seorang kurir gelap bersandikan sebagai Healer. Saat Ia bekerja, benar-benar rapi. Dia orangnya antisosial karena sejak kecil ditinggal orangtua. Dia diasuh saat remaja oleh Youngjae, karena jarang bertemu orang dan tidak membentuk pertemanan, dia merasa aneh saat harus makan bersama orang lain dan juga saat mendapat perhatian dari orang lain. Youngshin lah yang berani memberi Junghoo perhatian yang besar, sehingga Junghoo jatuh hati pada Youngshin. Saat dia menyamar menjadi Park Bongsoo, kita mungkin awalnya mengira jika Junghoo berubah menjadi orang lain, tapi sebenarnya tidak sama sekali. Dia tetap menjadi Seo Junghoo. Saat dia menjadi Bongsoo dia hanya menampilkan sisi lainnya. Bongsoo merupakan sosok yang kaku, gugupan, panik, serta penakut itu bertolak belakang dnegan Junghoo yang pemberani, dan tenang, namun sosok Bongsoo akan keluar saat ia bertemu dengan sang calon mertua, Chae Chisoo! Hahaha! Dia amat ketakutan saat ditanya mengenai hubungannya dengan Youngshin di episode 18. Lalu sifat kekanakan Bongsoo juga akan muncul dihadapan Youngshin saat Junghoo ingin bermanja-manja. Hal ini membuktikan jia Bongsoo itu sebenarnya sisi lain dari Junghoo. Junghoo ini cowok idaman banget lah. Ia akan terbuka pada orang yang Ia percaya, dapat melindungi, protektif banget, manisnya juga dapet, dan kalau cemburu lucu banget hahaha.Gara-gara sosok Healer ini aku jadi jatuh hati pada Ji Changwook. aaah dia keren banget! >< nambah lagi deh list aktor favoritku. Uugh!
  2. Chae Youngshin. Seorang reporter hiburan di Somedays News. Dia bermimpi dapat menjadi reporter sesungguhnya seperti Kim Moonho yang memberitakan kebenaran dan keadilan, tak seperti dirinya menjadi reporter gosip murahan. Akibat trauma masa lalunya, Youngshin tak bisa melihat dan terlibat dalam kekerasan. Saat melihat dan terlibat kekerasan dia akan mengalami gangguan panik yaitu sesak nafas, walau begitu Youngshin cenderung nekat. Demi mendapat berita dan ingin mengetahui hal yang benar Ia berani menerjang bahaya, walau Ia tahu mungkin Ia akan mengalami gangguan. Seperti saat Ia dicegat preman dari Double SS bersama Bongsoo, Youngshin ini berusaha melindungi hoobaenya yang terlihat lemah, padahal Ia amat ketakutan, tapi Ia melawan ketakutannya itu. Aku suka karate Youngshin itu tak lemah sebagai seorang wanita, tapi karakter dia cukup manusiawi. Saat dia sedih dan terluka dia akan menangis, dan tidak berusaha sok tegar. Dia orangnya cukup konyol apalagi kalau sudah bersama sang ayah.Dia pun amat perhatian dan juga pengertian.
  3. Kim Moonho. Seorang reporter yang terkenal selalu berani memberitakan kebenaran dan keadilan. Amat menjunjung tinggi kebebasan pers. Tak bisa melihat sesuatu yang ‘kotor’ terjadi, dan Ia langsung ingin membersihkannya dengan beritanya. Saat kecil ia sering ikut kelima sekawan untuk siara radio illegal yang selalu menyiarkan berita kebobrokan pemerintah. Masa kecilnya itulah yang membuat Ia menjadi seorang reporter yang berani bicara apa adanya. Hanya saja Ia tak seberani bicara yang terlihat. Ia tahu fakta jika Jian tidaklah mati, dan ia tahu jika Moonshik bekerja untuk tetua, tapi yang Ia lakukan hanyalah diam, karena dulu Ia tak bisa berbuat apa-apa. Oleh karena itu saat ini Ia berani mengungkapkan fakta dibalik 1992 dan bertekad untuk menemukan Youngshin untuk menebus rasa bersalah pada cinta pertamanya Myunghee dan diamnya itu. Moonho sempat dianggap sebagai pembual oleh bibi Minja dan Junghoo karena berbohong tentang identitas asli Youngshin, tapi Ia seperti itu karena Ia tak ingin ada yang terluka. Btw, masalah cintanya pada Myunghee, walau Myunghee itu cinta pertama Moonho, tapi cinta yang Moonho rasakan bukanlah cinta dimana nafsu terlibat layaknya Gilhan dan Moonshik atau Junghoo pada Youngshin, tapi cintanya pada Myunghee adalah cinta platonic, cinta kasih tanpa nafsu. Myunghee yang amat keibuan penuh kasih membuat Moonho nyaman, sehingga moonho tak mau jika Myunghee tersakiti. Oleh karena itu Ia amat marah pada Moonshik padahal mereka adik-kakak.
  4. Kim Moonshik. Seorang CEO surat kabar Jaeil. Dia merupakan kakak dari Moonho. Dulu dalam siaran radio illegal dia berperan sebagai supir yang tangguh dapat menyetir kemudinya dengan handal dan cepat. Dari dulu Ia sudah amat mencintai Myunghee, namun Myunghee lebih memilih Gilhan. Dulu Ia seseorang yang setia kawan, dan memiliki pemikiran yang idealis, namun karena kejadian 1992, Ia tertangkap oleh Tetua, dan Tetua mengancam dan jika Ia mau bergabung dengan Tetua, amka Tetua akan membiayai pengobatan Myunghee yang mengalami kecelakaan. Awalnya Moonshik tak mau, tapi rasa cintanya pada Myunghee yang besar, bahkan cenderung obsesi, menjadikan Ia rela melepaskan rasa pertemanannya. Sesuai perintah Tetua “Tutup matamu sekali dan bukalah, kau akan melihat sesuatu yang baru”. Ya begitu Moonshik menutup mata dan membukanya kembali, Ia berubah menjadi orang baru yang tak punya rasa bersalah, dan itu terus berlangsung sampai sekarang. Jika ada yang menghalanginya, dengan bantuan sekretaris Oh, dia akan melibasnya. Aku awalnya masih berharap jika Moonshik tak sejahat yang dikira. Aku masih berharap kalau Moonshik sadar dan mau melawan Tetua karena Myunghee atau karena adiknya, Moonho, atau karena rasa persahabatannya dengan 5 sekawan, tapi pada akhirnya dia tetap enggak sadar juga bahkan cenderung gila saat akhirnya Myunghee meninggalkanya. Awalnya seperti kata Tetua kelemahan Moonshik adalah Myunghee, Moonho, dan Jian, tapi ternyata dugaan itu salah. Kelemahan dia hanyalan Myunghee. Myunghee benar-benar segalanya bagi dia.
  5. Jo Minja. Hacker andalan kita. Dia merupakan bos sekaligus partner dari Healer. Dulunya Ia merupakan seorang detektif, tapi karena sebuah kasus Ia memutuskan untuk berhenti. Walau dia terlihat galak, cerewet layaknya ahjumma-ahjumma pada umumnya, money oriented dan juga seenaknya, tapi dia merupakan seseorang yang perhatian pada anak buahnya. Dia tak membiarkan anak buahnya terluka baik secara fisik maupun hati. Bibi Minja sempat menyuruh Junghoo untuk menjauh dari Youngshin, karena takut Junghoo terluka akan fakta dibalik masa lalu mereka. Dia juga sosok yang pintar dan mengagumkan, sehingga anak buahnya dulu di kepolisian detektif Yoon, naksir padanya hahaha.
  6. Choi Myunghee. Istri Moonshik dan Gilhan. Myunghee ini orangnya amat lembut dan keibuan. Dai pun penuh perhatian. Saat masih muda, dia layaknya ibu pada Moonho, sehingga Moonho merasa nyaman. Dia penuh pesona sebagai wanita, sehingga wajar lah jika Moonshik juga jatuh hati padahal Myunghee sudah bersama dengan Gilhan. Sosok Ibu yang baik dan amat terpukul saat kehilangan Jian. Myunghee ini orangnya baik bangeeeet, walau tahu Moonshik berbuat kejahatan, tapi Myunghee masih berterima kasih kepada Moonshik karena mau merawat dan menampungnya. Kalau aku sih pasti sudah ngamuk tingkat internasional. Dia punt ternyata berusaha jatuh cinta dengan Moonshik yang sudah baik banget sama dia, tapi tetap enggak bisa. Memang feeling seorang wanita itu tak bisa dianggap remeh.
  7. Tetua alias Park Jungdae. Dia merupakan CEO dari Omega Holding. Perusahaan ini untuk meraup keuntungan dengan cara mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang ia buat bangkrut dengan cara membahayakan manusia, seperti membuat cat agar jembatan cepat keropos, bahkan menyebarkan bakteri berbahaya agar perusahaan itu bangkrut dan dapat Ia kuasai. Dengan menguasai banyak perusahaan, Ia dapat menguasai Negara ini sesuka hatinya demi keuntungan pribadi. Mereka menyebut diri mereka petani, yang menghalalkan segala cara untuk membunuh hama di lahan garapannya. Kehadirannya tak banyak, tapi Ia merupakan tokoh yang berperen dalam drama ini.
  8. Chae Chisoo. Ayah Youngshin yang bekerja sebagai pengacara dan mengelola sebauh kafe. IA merupakan sosok pengacara yang membela kliennya dengan baik, sehingga para kliennya benar-benar berterima kasih padanya, sehingga Ia berteman baik dengan banyak napi. Para napi itupun berteman baik dengan Youngshin dan mengajarkan Youngshin untuk membuka pintu tanpa kunci dan juga mencopet. Chisoo ini sosok yang penuh perhatian, dan benar-benar memperlakukan Younghshin seperti anaknya. Dia amat sabar membuat Youngshin mau memilihnya. Oleh karena itu Youngshin dapat tumbuh dengan baik karena memiliki ayah yang hebat. Dia protektif dengan putrinya itu. terbukti betapa marahnya Dia saat Junghoo mencium Youngshin dihadapannya.
  9. Detektif Yoon Dongwon. Detektif divisi kejahatan cyber. Dulunya merupakan junior dari bibi Minja. Amat terobsesi dengan Healer, dan sosok polisi pada drama umumnya, polisi yang menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan. Dia bernafsu untuk mengungkap semua kejahatan. Saat tahu jika bibi Minja merupakan partner dari Healer, dan ternyata Healer bukanlah pembunuh, pada akhirnya dia mau bekerja sama dengan Healer untuk memburu Tetua.
  10. Sekretaris Oh Taewon. Sekretari Oh ini creepy Dia merupakan salah satu tangan kanan Tetua, sehingga ia juga banyak melakukan kejahtan dan membunuh orang tanpa sepengetahuan Moonshik, padahal sekretaris Oh merupakan sekretarisnya. Wajahnya seperti joker, menyeramkan, apalagi kalau sudah tersenyum dan menutupnya dengan tangannya. Kelemahan dia adalah OCDnya, sehingga jika ingin membuatnya tak tenang dan panik, berantaki saja barnag-barang yang ada diruangan.

Sebenarnya masih ada tokoh pendukung yang tak dapat terlewatkan seperti mantan napi yang bekerja di kafe Chisoo *aku lupa namanya*, CEO double SS Bae Sangsoo, si yoyo, Kang Minjae, Daeyeong atau manager Ahn,dan peran-peran lainnya, tapi karena kemunculan mereka tak banyak walau ada yang berperan cukup penting seperti manager Ahn yang merupakan dalang pembunuhan, tapi aku tak terlalu dapat melihat karakter mereka seperti apa. Kehadiran mereka walau tak besar tapi tetap menambah warna-warni dari drama ini.

Perkembanga hubungan Junghoo dan Youngshin terhitung lancar dan aman damai. Aku suka, tak ada kesalahpahaman yang tak berarti yang terjadi diantara mereka yang dapat memperumit keadaan. Paing saat Younghsin tahu jika Bongsoo adalah healer, dan saat Youngshin melihat Junghoo berlumuran darah saat Park Dongchul terbunuh, sehingga junghoo menyangka Youngshin berpikir Junghoo membunuh, namun Youngshin dia tak menghubungi hanya karena bingung, karena Ia menunggu Junghoo yang mengatakan yang sebenarnya. Masalah kesalahpahaman hanya berlangsung sesaat. Dalam satu episode juga mereka sudah baik lagi, tak berlanjut di episode lain. Tak ada waktu untuk salah paham yang enggak penting layaknya drama korea pada umumnya. Youngshin ini percaya banget sama Junghoo. Dia mengenal Junghoo dengan baik sehingga Ia tahu Junghoo takkan membunuh orang. Selian itu Youngshin orangnya amat pengertian. Dia memang khawatir saat Junghoo tak menghubunginya, tapi dia berusaha mengerti keadaan Junghoo, ditambah Youngshin adalah sosok yang perhatian. Wajar saja Junghoo yang tak pernah menyukai seorang gadis, bisa jatuh cinta dengan Youngshin. Junghoo memang harus punya pacar seperti Youngshin yang percaya, perhatian, dan juga pengertian mengingat pekerjaannya sebagai kurir gelap yang berbahaya. Selain itu tak adanya kesalahpahaman diantara mereka karena sifat Junghoo yang terbuka. Dia menceritakan pada Youngshin apa yang sebenarnya terjadi, sehingga Youngshin mau mengerti keadaan mereka. Ah hubungan yang sehat, dewasa, serta tentram.

Adegan romantis mereka walau tak banyak, tapi setiap adegan terasa berarti dan penuh keromantisan. Adegan favorit sih tetap yang di episode 15 awal saat pertahanan Junghoo sakit dan Youngshin merawatnya. Junghoo yang terus menempel pada Youngshin sukses bikin ktia yang nonton sirik dan senyum-senyum sendiri. Adegan kencan dengan healer juga terasa manis padahal mereka kencannya berjauhan, tapi aku dapat merasakan perasaan bahagia mereka saat berkencan. Aaah aku juga mau kencan dengan Healer ><. Cuman yang aku sayangi kalau Youngshin itu jatuh cinta dengan Junghoo karena sosok Healernya bukan sosok Park Bongsoo. Padahal aku berharap jika Ia menyukai Junghoo karena sosok Bongsoo. Youngshin pada Bongsoo hanya sebatas tertarik sejenak dan senior-junior saja, tapi enggak apa-apa yang penting Youngshin sama Junghoo. Chemistry Antara Park Minyoung dan Ji Changwook bagus banget. Kerasa banget alami, wajar saja mereka mendapat best couple di KBS drama awards 2014. Padahal saat penghargaan itu Healer baru tayang 7 episode. Walau baru 7 episode chemistry mereka memang sudah terasa kuat. Hati-hati park minyoung pernah cinlok, siapa tahu disini juga bisa cinlok *ehh… mulai kan delulu hahahaha*

Sayangnya drama ini tidak menggambarkan bagaimana Myunghee dan Youngshin sama-sama tahu jika mereka adalah Ibu dan Anak. Hanya digambarkan Myunghee akhirnya tahu Youngshin anaknya, tapi Dia enggak bilang dengan Youngshin, tapi pada akhirnya Youngshin bisa membaca itu karena Youngshin ini pintar sama seperti ibunya. Padahal bakalan lebih drama banget kalau ada adegan mengharukan mereka saling menangis berpelukan menyadari status mereka, tapi dengan berakhir seperti itu akan terasa klise. Penulisnya pintar nih memilih ending untuk mereka berdua. Lalu tidak digambarkan juga apakah Moonshik mendapatkan hukuman secara hukum karena perbuatannya? Tapi sebenarnya tak digambarkan juga cukup sih karena dia sudah menerima hukuman yang jauh lebih berat baginya dibandingkan tersandung kasus hukum. Hukumannya yang pasti akan menjadi titik balik dia. Myunghee yang pada akhirnya meninggalkan dirinya membuatnya stress bahkan cenderung gila. Moonshik yang terobsesi Myunghee takkan bisa hidup tanpa Myunghee. Begitu tahu Myunghee terluka karenanya dan pergi meninggalkan dia, hancur sudah kehidupan Moonshik. Penulisnya juga tampaknya lupa menceritakan kekerasan apa yang dialami Jian sampai membuat dia takut kekerasan, bagaimana cara Jian dittemukan oleh orang-orang Tetua dan dapat bebas dari mereka. Sayang itu tak diceritakan, tapi untungnya tidak mengurangi esensi cerita sih.

The Ending so nice for me. Kalau aku sih puas dengan akhirnya, dimana Junghoo hidup normal seperti orang biasa, karena yang dibuat mati adalah Park Bongsoo. Youngshin dan Junghoo meneruskan pekerjaan orangtua mereka sebagai rekan jurnalis, dimana Junghoo seperti ayahnya menjadi fotografer, dan Youngshin seperti ayah kandungnya yang menjadi penulis. Moonho balik lagi sama Minjae. Walau tak diceritakan bagaiamana kelanjutan bisnis Healer yang dipandu Bibi Minja, mungkin dapat diasumsikan jika Daeyeong yang menjadi Healer generasi ketiga dan juga tak digambarkan lagi hubungan ibu-anak Myunghee, tapi itu tak membuat akhir cerita menjadi datar. Akhir ceritanya tetap sesuatu untukku.  Ah beautiful ending.

Ah sebelum penutup, aku mau mengomentari tentang hubungan Moonho dengan orang-orang. Hubungan dia dengan Moonshik tampaknya dari awal memang tak begitu dekat, padahal mereka adik-kakak. Moonshik kadang memarahi Moonho, dan yang lebih banyak memberi perhatian pada Moonho adalah Myunghee, walau begitu Ia tetap menyayangi Moonshik. Saat tahu Moonshik bergabung dengan tetua dan menjadi kotor, Moonho benar-benar marah dan memutus persaudaraan mereka karena tak terima akan hal yang Moonshik lakukan. Dia menyukai Myunghee karena perhatian Myunghee layaknya seorang Ibu, tapi ya itu cintanya hanya sebuah cinta kasih, bukan cinta nafsu, makanya tak data terlupakan, sehingga karena rasa bersalahnya ia menolak lamaran kekasihnya dulu, Kang Minjae padahal Moonho mencintai gadis itu juga. Terbukti saat semuanya selesai, rasa bersalahnya terobati dia kembali bersama Minjae. Aku asumsikan seperti itu karena kita lihat di terakhir dia menunggu Minjae dan memberinya satu gelas kopi dan merangkul Minjae. Saat ditengah cerita, aku lupa saat adegan mereka minum kalau enggak salah, disitu aku melihat interaksi mereka, dan merasa kalau mereka cocok, dan Moonho memang masih menyimpan perasaan dengan Minjae. Disitu aku berharap “Udahlah sana, balik lagi aja ama Minjae! Pokoknya diakhir harus balik lagi ama Minjae!” dan Alhamdulillah SWnim nya punya pemikiran yang sama. Lalu hubungan paman-keponakan yang dijalin Moonho dengan Youngshin dan Junghoo ternyata amat kuat. Mereka disaat dewasa pada akhirnya saling melindungi dan tak mau saling meninggalkan. Saat Moonho meminta Junghoo membawa Youngshin yang jauh, Junghoo enggan karena berat untuk meninggalkan Moonho berjuang sendiri. Walau Junghoo sulit memanggil Moonho paman, tapi pada akhirnya Dia mau memanggil Samchon, walau sekali. Kan biasanya dia memanggil sajangnim. Moonho berhasil membuat keponakannya tetap menyayanginya padahal mereka lama tak berjumpa. Moonho remaja yang mau merawat mereka dengan baik itulah yang membuat ikatan batin mereka kuat. Btw, aku baru sadar, Moonho tipe idaman juga nih. Pria sukses, baik hati, pengayom, dewasa, dan amat menghargai perasaan orang. penjunjung kebenaran iya, setia iya. Aaah. Most wanted nih Moonho, beruntunglah kau Minjae dapat mendapatkannya kembali hahaha.

Drama ini highly recommended. Kalian harus nonton, apalagi kalau enggak mau nonton drama yang biasa saja, wah drama ini harus ditonton karena luar biasa. Pesan yang disampaikan bagus, kalau melihat ketidakadilan, janganlah diam! Bicarakanlah agar tak banyak korban berjatuhan. Selain itu uang bukanlah segalanya, dan jangan terlalu terobsesi dengan apapun karena akan kehilangan itu semua. Moonshik dengan obsesi Myunghee, dan Tetua dengan obsesi uang dan kekuasaan pada akhirnya raib begitu saja dari mereka. Berhubung aku belum bisa move on dari Pinocchio, drama ini belum bisa menggeser posisi Pinocchio dihatiku, tapi drama ini cukup bikin aku goyah, makanya aku kasih 4 ¼ bintang dari 5 bintang dari drama ini. Drama yang keren, seru, menengangkan, sekaligus kocak yang wajib kalian tonton!. Puas lah sama drama ini.

Mau dong di sembuhin penyakit hati sama Healer hehehe XP

Iklan

3 thoughts on “[REVIEW] HEALER

  1. WAaaaaahhhhhhhhhhhhhhh untung aku cek dulu, padahal sebelumnya aku mo komen ini di post-an DS :3
    “By the way kangen author nih haha. Eh mau nanya uda nonton Healer? Itu drama keren. Aku uda nonton beberapa minggu lalu thor. Awalnya aku sih biasa aja tapi setelah liat ceritanya mulai mengangkan terus aku tonton ni drama. Drama ini juga ngebuat aku jatuh cinta ke Ji Chang Wook Bang Healer kurang ajaaarrr gilaaakkkkkkkkkkk semua aktor favorit terhempassssssss dan ji chang wook jadi nomor satu sekarang xD aku sampe follow semua akun dia, ikutin daily aktivity dia ah pokoknya ngebuat gila ni orang thooor. Bener deh kalo belum nonton mending author nonton. Ceritanya ngga se-greget Pinocchio, tapi masih bagus banget kok. pokoknya nonton aja thor.
    p.s : perlu di ketahui kalo nonton tu drama harus siap jiwa dan raga, kalo uda mulai pas gakuat pause aja dulu. Gantengnya Ji Chang Wook a.k.a bang healer ini NGGA MANUSIAWI!!! XD /ini lebay/ intinya nonton aja deh :D”

    Hahahaha itu sebenernya komen aku tapi ternyata post-an Healer uda ada :3 kenapa masih ada? Karna kalo komen panjang aku pasti kopi dulu, takut ga masuk jadi bisa dikirim lagi :3

    Ah oke. Ternyata author uda nonton jadi kita bisa nyambunnngggggggggg yeeeeeee 😀
    Bener banget! Uda beberapa di sebutin sama author diatas. Aku juga suka banget eps 15 gila! Berapa hari aku ulang adegan itu. Ulang lagi ulang lagi hahaha aku kalo uda suka sama beberapa scene drama ga bakalan bisa di diemin pasti aku ulangin lagi :3 bukan cuma eps 15, tapi eps 12 pas Jeong Hoo marah ke moonho itu akting dia kurang ajar banget. Eps 17 pas bang healer nangis karena gurunya meninggal, pas ketakutan ke bapaknya yeong shin itu lucu banget hahaha dan masih banyak lagi. Aku beneran jatuh cinta ke akting dia thooor T.T aktingnya ga lebay, greget banget pokoknya. Bisa merengek, nangis, marah top deh! Nyesel aku baru suka dia gegera healer padahal dulu bachelor vegetables story uda di tayangin di indonesia tp aku abaikan 😦 ah lupakan.
    Intinya drama ini keren banget. Bisa ngebuat aku benci banget sama satu orang “Tetua” ih! Aku sempet khawatir pas jeong hoo pingsan karna dupa itu inget ga thor? Aku takut itu mempengaruhi jeong hoo tp ternyata cuma ngebuat pingsan. Endingnya aku juga suka walopun ada beberapa yang masih belum di jelasin juga. Ciuman di atas gedung wuuhh greget abiiiisssss hahahaha. Sama nyebutin hal yang aku suka dan hal yang aku benci itu plis banget xD
    Healer ratingnya naik turun dan endingnya ada di peringkat kedua kalo gasalah. Tapi akting aktor aktrisnya banjir pujian. Emang keren banget akting mereka sih. Dan akting juga yang ngebuat aku jatuh cinta sama Ji Chang Wook hahahaha. Sekarang malah nungguin project dia selanjutnya. Dia masih di musikal sih kegiatan akhir2 ini. Kalo di bandingin sama Pinocchio sih aku milih pinocchio. Karena dari segi cerita pinocchio itu beneran luar biasa. Tapi kalo Ji ato Jong aku pilih Ji xD Oke ini kepanjangan xD

    p.s : Ji Chang Wook. Akting keren, muka luarbiasa, suara bagus, kepribadian juga lucu, dan yang paling terkenal dari dia itu jujur. Ah sempurna /plak hahahaha

    • Halo betty ^^ ya ampun ampe di copas komen yg di DS hehehehe,
      asliiiii ji changwook ga kuat bgt disini, ganteng bgt, aktingnya bagus, kece beraaat, gara2 ini dia jadi masuk list aktor favorit aku dan aku jd penasaran sma akting dia yg lain, dan aku jga kepo tntg dia hahahaha. pas kepo dia ternyata dia jdi LM udah d banyak drama, nah dan salah satunya bachelor vegetable story itu! dulu temen aku suruh nonton di antv, soalnya ada kwangsoo dan kta dia rame, tpi berhbung waktu itu aku lgi persiapan snmptn berhbung sebulan lg wktu itu, jadi aku abaikan, dan aaah aku nyesel, tau klo LM drama itu kece kan aku tonton. klo udh nonton itu pasti aku udh lbh dlu kesengsem Ji changwook >< *maapin curcol*
      ih iya pas yg dupa itu aku takut junghoo malah kyk moonshik pas awal2 ditangkap tetua, untungnya enggak. fiuuh.
      aah aku jg pas nulis ini ada yg krg puas dgn endingnya, msh ada yg bingung, tp ternyata sebenernya SWnim nya ngelakuin wawancara gitu buat ngejelasin ending healer kyk gimana, dan aku baru tau setelah tulisan ini diposting. setelah baca itu aku jd ngerti dan puas bgt. andai aja semua penulis drama ngelakuin wawancara gini, jd gada yg dibingungin lg hehehehe
      pastinya aku jg next projectnya ji changwook bakal aku nanti bgt. wah dia org yg jujur? bagus laaah. makin nambah kece diaa
      makasih ya betty udah mampir ama komen-komennya yg seru hihihi 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s