[REVIEW] Hogoo’s Love

Bodoh, naif, dan polos itu beda tipis. Saking tipisnya, susah banget untuk dibedakan, apakah orang ini bodoh, naif apa terlalu polos? Banyak kekonyolan yang seringkali timbul oleh orang seperti ini, tapi sering juga kita belajar banyak hal dari orang seperti ini. Itulah salah satu yang tersirat dari drama Hogoo’s Love.

Hogoo’s Love atau yang biasa disebut Fool’s love merupakan drama bergenre romance comedy yang menceritakan seorang pria Kang Hogoo yang amat minim pengalaman berkencan. Masalah kencan dia benar-benar nol besar. Oleh karena itu dia sering mengalami patah hati karena kenaifannya. Suatu hari saat alumni SMAnya, Ia bertemu dengan wanita yang Ia taksir saat zaman SMA, Do Dohee. Dohee yang sudah popular dari SMA, menjadi gadis impian para pria di SMAnya kini menjadi putri duyung nasional. Dia merupakan seorang atlet renang nasional, tapi Ia sering mendapatkan medali perak. Belum pernah sekalipun mendapat medali emas. Wajah cantiknya sering menjadikannya bintang iklan, sehingga Ia agak diremehkan. Dohee yang angkuh membuat Hogoo berpikir jika Dohee tak mengenalinya. Ternyata Dohee mengenali Hogoo bahkan mengajak Hogoo untuk ke laut di malam hari. Mereka pun menghabiskan satu malam bersama di laut. Setelah itu, Dohee meminta Hogoo untuk tak menghubunginya sampai hari natal tiba. Dohee pun menitipkan medali peraknya pada Hogoo. Hogoo yang sudah kepalang berbunga-bunga, galau karena Dohee tak bisa dihubungi, sampai akhirnya beberapa bulan kemudian, secara tak sengaja Hogoo bertemu Dohee di kereta, tapi sayangnya Dohee dalam keadaan hamil besar.

Alasan aku menonton drama yang memiliki judul lain a pushover’s love ini adalah karena aku ingin menonton drama yang ringan, simple, tapi menarik. Awalnya aku enggak begitu tertarik untuk menonton. Aku hanya tertarik untuk sekedar membacanya saja, tapi setelah membacanya…. Kok seru ya? Menarik. Full of lovey dovey! Kebetulan memang aku ingin menonton yang penuh warna-warni cinta jadi pilihanku jatuh pada drama ini.

Karakter Kang Hogoo menjadi magnet terbesar menurutku dalam drama ini. Hogoo yang polos tapi hatinya bagaikan malaikat. Dia masalah kencan memang tak tahu apa-apa, sampai harus selalu dibimbing kembarannya Kang Hokyung. Hanya saja, masalah perasaan yang menyangkut kemanusian, dia enar-benar juara. Dia selalu mau membantu orang,walau dalam keadaan sedih. Seperti saat Dohee mau melahirkan dia mau menemani. Emang sih didasari cinta, tapi disitu keadaan dia sedang sakit hati karena hogoo masih berpikir Dohee menikah. Saat tahu Dohee tak punya suami, dia langsung pasang badan menemani.

Magnet lainnya adalah ceritanya simple, bagaimana perkembangan Hogoo dalam membina cinta dan misteri siapa ayah Geumdong sebenarnya. Setiap adegan dibuat sederhana, mengalir begitu adanya kita tak usah capek-capek berpikir mengenai maksud setiap adegan. Selain itu drama ini juga mampu membawa emosi kita. Greget sendiri sama kebodohan Hogoo dan juga Kangchul! Selain itu kita pun dapat merasakan emosi sedih Dohee menjadi ibu tunggal yang ingin mencintai Hogoo.

Berhubung drama ini drama komedi, tentu saja komedinya pun sangat menarik dan segar kalau menurutku. Komedinya selain pada adegan-adegan yang kalau sudah lebay, backsoundnya suka ikutan lebay juga, sok-sok orchestra. Serius itu makin bikin lucu! Setiap karakter memiliki sisi konyolnya masing-masing, terutama Kangchul. Sudah keren-keren sebagai oang pintar, pengacara berdarah dingin, kelakuannya…. Narsis tingkat tinggi, hobi selfie, gila kebersihan. Image Seulong di drama itu hancur sudah gara-gara karakter Kangchul yang Ia perankan. Lalu Hogoo yang digambarkan layaknya cumi, Hokyung yang tanpa make up wajahnya beda sekali, lalu teman-teman Hogoo, Kim Taehee, Chungjae yang koplak banget.

Ah jadi ingat, kayaknya SWnimnya suka banget ngeplesetin sesuatu. Bukan plesetan sih, tapi kayak main-main gitu. Semcam parody mungkin. Ah gini deh aku jelaskan. Misalnya nih pas Dohee dan Hogoo dalam perjalanan ke laut mereka ketemu anak SMA yang kameonya adalah Dohee. Hal yang menarik adalah, karakter female lead bernama Dohee, dan kameonya adalah Dohee. Kehadiran Dohee sebagai kameo ini karakternya sama seperti karakter yang Ia perankan d reply 1994, Yoojin. Lalu saat Hogoo dan Dohee bertengkar dengan Yoojin *aku sebut begitu saja ya biar enggak bingung*, Hogoo mengalihkan perhatian Yoojin dengan berteriak “Ada Seo tae ji!”, Yoojin disitu tak tahu siapa Seo taeji, padahal di Reply 1994, Yoojin amat menggilai Seo Taeji. Selain itu dokter yang mau mengaborsi Dohee bernama Seo taeji, dan si dokter tak tahu siapa artis Seo taeji itu. Ha! Serius itu koplak banget. Aku ngakak gara-gara hal ini.

Ya tapi seperti kdrama pada umumnya, saat dipuncak-puncak episode komedinya menghilang, menguap begitu saja. Kita akan dibawa mellow. Galaunya Hogoo menanti Dohee. Untungnya hanya sebentar saja, karena episode selanjutnya adalagi kekonyolan dankekocakkan yang siap mengocok perut.

Btw, tentang misteri siapa ayah Geumdong, awalnya kita akan berpikir jika itu Kangchul. Percakapan yang di rumah sakit itu begitu meyakinkan jika Kangchul ayahnya. Ditambah sms dari Mr. X, yang akhirnya kita ketahui kalau itu hanyalah orang iseng, tapi saat Kangchul mengarah pada arah gay, disitu aku mulai ragu, dan ternyata memang bukan Kangchul. Lalu diperlihatkan Dohee mengunjungi makam, orang-orang akan berpikir bahwa itu ayahnya Geumdong, tapi aku erasa drama ini penuh kejutan, dan meamng benar bukan. Agak kaget plus shock juga tahu Dohee diperkosa sama teman agensinya sendiri, No Kyungwoo. Emosi pas tahu si Kyungwoonya santai saja, padahal akibat ulahnya, Dohee rugi besar. Seriu rasanya pengen nyakarnyakar muka Kyungwoonya uugh….

Kerennya drama ini juga, kita benar-benar diperlihatkan bagaimana perjuangan seorang ibu melahirkan. Kala biasanya saat melahairkan hanya digambarkan si ibu sakit, terus tiba-tiba lahir saja, Kalau disini benar-benar digambarkan bagaimana prosesnya. Butuh berjam-jam agar seorang ibu bisa benar-benar melahirkan. Dohee yang awalnya mengalami kontraksi harus berjuang menahan rasa sakitnya menunggu pembukaan. Dohee benar-benar terlihat kesakitan membuat Hogoo teringat bunya dan erasa bersalah karena membuat ibunya susah, padahal perjuangan ibunya untuk melahirkannya amatlah sulit. Kita harus berbakti nih pada ibu.

Hubungan kekeluargaan Hogoo pun sangat bagus. Keluarga mereka dapat saling mengerti dan juga saling mendukung. Saat Hogoo merenungkan proses melahirkan dohee, orangtua dan kembarannya mengira Hogoo sedang patah hati. Saking dekatnya mereka sambil makan dapat berkomunikasi dengan telepati dan beberapa gerakan, dan uniknya Hogoo pun mengerti itu. Dia sadar jika Ia yang sedang dibicarakan. Padahal maksud mereka berbicara seperti itu agar Hogoo tak tersinggung, tapi Hogoo pun ikut mengerti. Lalu ibu Hogoo menginginkan Hogoo tidak menikah dengan wanita yang sudah punya anak, tapi tahu Hogoo amat mencintai Dohee, tanpa usah ada drama, mereka pun menikah.

Berbanding terbalik dengan keluarga Kangchul yang sibuk dengan urusannya masing-masing. Sibuk dengan ponselnya masing-masing saat makan berama, bahkan orang tuanya tidur terpisah. Kangcul pun tak suka privasinya diusik, seperti tak mengizinkan orangtuanya masuk rumahnya seenaknya. Keluarganya cukup kacau jika dibandingkan keluarga Hogoo. Klise sih keluarga kaya tak bahagia, keluarga miskin bahagia.

Masalah romansanya Ya Alah tolong hati-hati baper! It’s so sweet but not cheesy. Suka banget sama romance drama ini. Perhatian yang dikasih Hogoo, Dohee yang angkuh padahal mendam rasa dari zaman kapan. Kita akan mengira Dohee menyukai Hogoo karena Hogoo sudah membantunya selama ini. Saat Dohee mencium Hogoo di episode 2 mungkin karena dia terbawa suasana, tapi ternyata tidak. Sama seperti Hogoo, dari SMA pun Dohee sudah tertarik dengan Hogoo karena Hogoo yang memperlakukannya sebagai manusia tak seperti yang lain menganggap Dohee sebagai dewi, tak pernah peduli pada perasaan Dohee. Berbeda dengan Hogoo yang memikirkan perasaan Dohee. Mereka pun sempat dekat, tapi karena kesalah pahaman yang menganggap Dohee berpacaran dengan Kangchul, mereka pun menjauh. Suka banget perhatian yang Hogoo kasih ke Dohee. Mau juga diperhatiin kayak gitu ><. Setiap adegan romantisnya juga sweet banget. Manisnya parah. Adegan favoritku yang mereka berciuman dizebra cross. Serius itu sweet banget!

Selain uri main couple, pasangan Kangchul-Hokyung juga menarik banget buat diikuti. Ternyata dibalik sikap playgirl Hokyung, dia seperti itu karena Kangchul. Dia benar-benar takluk dihadapan cinta pertamanya. Aku awalnya sempat agak males saat kita digeser mengarah jika Kangchul gay, untungnya langsung diklarifikasi mengapa Kangchul seperti itu. Ternyata Kangchul salah mengira Hokyung menjadi Hogoo. Saat itu Hokyung sedang memakai kostum Hogoo dan menutup wajahnya. Berhbung mereka kembar, tentu saja terlihat mirip dimata Kangchul. Anehnya Kangchul enggak sadar-sadar saat tahu Hokyung dan Hogoo saling mengenal. Dia tak tahu juga jika mereka adalah saudara kembar. Kepekaannya parah banget enggak peka. Greget banget menunggu mereka bersatu.

Kekuataan drama ini tak lepas dari para karakternya yuk kita bahas :

  1. Kang Hogoo. Seseorang yang polos, naif, saking polosnya dia tampak begitu bodoh. Namun hatinya amatlah lembut. Dia amat meikirkan perasaan orang lain. Selalu menolong orang. Tampak tak bisa marah, tapi jika emosinya sudah meluap, siap-siap mendapatkan serangan ledakan dari dirinya. Walau begitu dia mudah stabil kembali emosinya. Diawal episode kita akan diperlihatkan betapa bodohnya Hogoo. Pasti diawal kita merasa betapa malesinnya karakter Hogoo ini tapi makin lama kita pasti akan makin jatuh cinta dengan Hogoo. Semkain mengenal kita akan tahu betapa mengagumkannya Hogoo ini. Hogoo ini orang yang penuh kasih saying. Dia saying banget sama Geumdong, padahal bukan anak dia. Dia ini pria baik-baik. Maka dari itu Ia pun harus mendapatkan wanita baik-baik pula. Dari kebaikannya itu dia pun emmbuahkan hasil, mendapatkan wanita yang Ia impikan dari dulu. Cinta pertamanya
  2. Do Dohee. Perenang nasional yang berparas cantik. Dia sangat berambisi untuk mendapatkan medali emas. Dia juga angkuh, tapi dibalik keangkuhannya itu dia kesepian. Dia tak memiliki teman, kehilangan orangtua dari dulu. Hidupnya hanya untuk renang. Dia pun memiliki luka setelah diperkosa. Dia seperti wanita tak baik-baik, padahal Ia hanya wanita biasa. Memiliki impian, dan memiliki sisi rapuh. Diawalnya aku pikir Ia tak memiliki sifat keibuan, tapi ternyata ibu tetaplah ibu. Ia menyayangi Geumdong. Hogoo lah yang menyadarkannya, sehingga Ia berani untuk mengambil Geumdong yang sudah diadopsi orang yang tak benar. Dohee dan Hogoo saling melengkapi.
  3. Kang Hokyung. Kembaran Hogoo. Dia ini pintar sekali berdandan sehingga tampilannya di rumah dan keluar rumah berbeda sekali. Dia amat ahli dalam hal berkencan. Dia juga memiliki otak yang pintar sehingga disukai profesornya, prof Mok, sampai sang professor ingin menjodohkan Hokyung dengan anaknya, Kangchul. Walau kasar, tapi dia amat penyayang, dan menghibur Hogoo yang patah hati. Alasan dia merubah penampilan karena cinta pertamanya saat SMA dulu, Byun Kangchul.
  4. Byun Kangchul. Pengacara berdarah dingin, namun dibalik itu tingkat kepercayaandirinya tinggi sekali. Master of Selfie. Kelakuannya koplak banget. Dia mengira dirinya gay, karena hatinya berdebar-debar setelah dicium yang Ia kira Hogoo, padahal itu Hokyung. Kangchul ini egois banget, tak memikirkan perasaan orang lain. Berapa kali Hokyung terluka karena sikap Kangchul ini. Dasarnya dia bukan gay, walau dia belum tahu Hokyung yang mencumnya saat itu, saat sesi konsultasinya berakhir dengan hokyung, dia mulai merasa kehilangan. Disituah dia mulai tertarik dengan Hokyung. Saat tahu cinta pertamanya adalah Hokyung bukan Hogoo, makinlah senang Kangchul ini. Untung dia enggak beneran Gay.
  5. Kim Taehee. Teman Hogoo dari SMA. Sama seperti Hogoo minim pengalaman kencan, bodoh juga. Dia selalu menjadi tempat curhatnya Hogoo.
  6. Shin Chungjae. Bos Taehee dan Hogoo. Penulis utama webtoon sedangkan Taehee dan Hogoo adalah asistennya, walau padda akhirnya Hogoo menjadi penulis sendiri dengan cerita terinspirasi dari Geumdong. Fansnya Dohee. Minim pengalaman kencan juga. Awalnya menyukai Hokyung, tapi karena tak kunjung berbalas, begtu bertemu teman Hokyung, Gongmi, mereka menjalin kasih.
  7. In Gongmi. Teman Hokyung sekaligus sekretaris Kangchul cantik, tampak ramah, namun dia dapat mengumpat dengan baik karena kesal dengan sikap bos nya yang seenaknya. Selalu membantu Hokyung untuk menghadapi Kangchul. Saat berpacaran dengan Chungjae, ya allah tolong. Gaya pacaran mereka amt berlebihan bikin diabetes.
  8. No Kyungwoo. Atlet renang satu agensi dengan Dohee. Dia teman Dohee, tapi dengan teganya Ia memperkosa Dohee. Tanpa rasa bersalah pula. He is the bast*rd. so j*rk. Benar-benar tak punya malu mentang-mentang keluargnya berada.
  9. Anak Dohee. Lucu banget dia tuh. Kalau ibunya sedih, dia bisa merasakannya. Ini yang jadi Geumdong anak siapa sih? Lucunya pake overdosis ><

Drama ini kurangnya menurutku karena alurnya maju mundur, jadi sering sekali ada flashback. Nah flashbaknya itu enggak ada pemberitahuan terlebih dahulu. Tiba-tiba main flashback saja. Tak ada keterangan waktu. Begitu juga saat setahun kemudian Hogoo sudah menjadi penulis, Dohee berkarrir kembali di renangnya tak ada keterangan waktu. Aku asumsikan satu tahun kemudian karena melihat Geumdong yang sudah cukup besar. Lalu, adanya reuni SMA lagi. Lalu perkataan Kangchul pada hokyung mengenai kejadian saat sma dulu “enam tahun lalu.” Beberapa episode sebelumnya disebutkankejadian itu lima tahun yang lalu. Hal itu menandakan jika di episode akhir rentang waktunya telah bertambah satu tahun kemudian. Masalah waktu ini lah yang jadinya membingungkan penonton dan jadi agak pusing. Selain itu tak dijelaskan percakapan yang sebenarnya terjadi di rumah sakit Antara Kanghul dan Dohee. Pasti tak seperti yang Hogoo dengar kan?

Suka sama episode terakhirnya. Dimana kalau dulu hogoo yang mengejar-ngejar Dohee, jadi giliran Dohee yang mengejar-ngejar Hogoo, dan tak mau melepasnya. Hogoo jadi lebih agresif. Setiap orang punya kebahagian tersendiri. Taehee punya pacar, Chungjae sama Gongmi mau punya anak, Hokyung bersatu dengan Kangchul, dan yang terpenting Hogoo dan Dohee menikah! Mereka juga punya anak, dan Dohee pun mendapakan medali emas. Mungkin sedikit kurang puas dengan Kyungwoo yang enggak dipenjara karena dia punya backing yang kuat, serta malah Dohee yang disalahkan. Hal itu realisitis sih mengingat Dohee melahirkan anaknya, dan juga image Dohee yang angkuh membuat orang-orang berpikir kalau Dohee pun mau melakukan “itu”, tapi aku yakin Kyungwoo bakalan dapat ganjarannya.

Masalah acting. So far, enggak ada yang mengecewakan. Uee dapat memerankan Dohee dengan amat baik. Dia masuk kedalam karakter. Saat adegan melahirkan tuh begitu meyakinkan. Choi Woosik cocok memerankan karakter Hogoo. Selain wajahnya mendukung, karakter tersebut memang cocok dengan dirinya. Lee Sukyung, walau barru dapat bermain dengan baik mengimbangi para seniornya. Seulong? Tolong image dia hancur dimataku. Sekarang kalau liat Instagram dia, lihat dia selca, kebayangnya gaya selca ala Kangchul. Kangchul tampak mendarah daging dalam diri Seulong, hahahaha. Chemistry para pemainnya pun sangat bagus. Choi Woosik dan Lee Sukyung tampak seperti saudara sesungguhnya walau wajah tak mirip. Choi woosik dan Uee sudah seperti kekasih beneran saja. Cocok banget! Begitu juga dengan Seulong dan Lee Sunkyung.

Untungnya drama ini tak ada second lead, jadi sindrom itu takkan menghampiriku. Btw, sudah lama aku tak mengidap sindrom itu. Hahaha syukurlah. Aku berada di jalan yang tepat.

Aku kasih 3,5 bintang untuk drama dari 5 bintang. Drama yang nagih banget. Selesai satu episode pasti ingin terus dilanjut sampai beres. Kebayang-bayang terus scene romance Hogoo-Dohee. Ah suka pokoknya!

Siap-siap terpesona oleh Hogoo, dan kepincut Geumdong!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s