Napak Tilas Kdrama 2015

Tahun 2015 sudah berlalu 3 hari yang lalu. Euphoria 2015 masih terasa sampai hari ini. Mumpung euforianya masih terasa, sedikit bahas yuk drama-drama yang tayang di tahun 2015. Drama-drama korea tahun 2015 ini diisi dengan beragam genre yaaa, genre yang selalu pasti ada sih komedi romantis, ada juga genre yang tentang sekolahan, mellow. Sayangnya drama korea tuh kayaknya ikut tren juga. Ada beberapa drama yang menceritakan masalah kejiwaan mulai dari kepribadian ganda sampai seorang psikopat. Drama tentang hukum dan detektif menghiasi layar drama dari awal pertengahan hingga akhir tahun. Drama saeguk dan makjang pun tentu saja masih menghadiri kancah drama korea.

Dari berbagai tema dan genre, untuk tahun ini aku hanya menonton 12 drama ditambah 2 webdrama. Dibandingkan dengan tahun kemaren aku menonton 14 drama. Dari 12 drama itupun 2 diantaranya ada yang aku tonton skip skip. Tahun 2015 lalu memang tahun yang cukup sibuk untukku. Tahun dimana kuliah cukup padet, ditambah organisasi yang megang adalah angkatan aku. Kuarter awal 2015, aku masih suka baca sinopsis, masih bisa sering kepo, tapi semenjak memasuki kuarter akhir, tepatnya saat KKN, aku jadi kehilangan kesempatan itu semua. Apalagi memasuki semester 7, hidupku hanya untuk karamba weh jeung ekotok muahahaha *but I really enjoy that!*. drama-drama yang tayang dari Juli sampai Awal desember kemaren aku ketinggalan banget. Enggak tau apa-apa, enggak tau drama yang lagi ongoing apa. Makanya awalnya aku mau bikin jepretpress drama awards 2015 seperti tahun 2014 lalu, tapi ya berhubung drama yang aku tonton enggak sebanyak kemaren, dan juga ada drama yang masih ongoing aku tonton, aku memutuskan untuk mereview saja drama-drama yang sudah aku tonton selama 2015. so check this out..

  1. Healer. Salah satu drama yang berkesan untuk aku. Jalan ceritanya yang beda. Action dan romance berpadu jadi satu. Drama ini menceritakan seorang kurir gelap dengan nama sandi Healer yang rela melakukan pekerjaan apapun kecuali membunuh. Lalu ada reporter gossip yang penasaran dengan Healer, yaitu Chae Youngshin. Ternyata mereka berdua memiliki keterikatan masa lalu yang menjadi takdir mereka. Drama ini menarik karena jalan ceritanya yang beda, alurnya pasti, dan juga karakter-karakter yang sangat hidup. Misteri-misteri yang terungkap dengan perlahan dan pasti. Chemistry antar pemainnya pun sangat baik, apalagi Youngshin dan Jungho. Rasanya pengen melihat Park Minyoung dan Ji Changwook di real life wkwkwkwk.
  2. Kill Me Heal Me. drama yang happening banget diawal tahun 2015 ini mnceritakan mengenai Cha Dohyun yang memiliki masalah dengan kejiwaannya. Dia memiliki 7 kepribadian yang berbeda. Agar dapat bertahan di keluarganya, Ia menyewa psikiater pribadi bernama Oh Rijin. Ternyata Rijin dan dohyun pun memiliki keterkaitan masa lalu mereka yang cukup kelam. Drama ini tuh ya konfliknya bikin gereget! Gilaaaa!!!! Alurnya yang pas dan plot yang rapi, ditambah akting Jisung yang memukau. Makanya aku seneng banget dia dapet daesang di MBC Drama Awards 2015 kemaren. He deserve it! Enggak semua actor bisa memerankan 7 orang sekaligus di dalam satu drama!
  3. Hogoo’s Love. Drama yang berjudul lai a pushover love ini bercerita mengenai Kang Hogoo seorang komikus yang tak bisa melupakan cinta pertamanya Do Dohee yang seorang atlet renang. Suatu hari mereka bertemu di acara reunian SMA dan menghabiskan malam bersama di sebuah pantai. Beberapa bulan setelah itu Dohee menghilang, dan saat Hogoo bertemu lagi dengan Dohee, Ia menyangka Dohee telah menikah karena Dohee sedang hamil. Siapa coba ayah bayinya??? Wkwkwkwk. Aku suka drama ini karena ceritanya simple banget, enggak ribet konfliknya, dan komedinya yang amat menghibur. Hogoo yang bodoh, ditambah acting Seulong yang ciamik abis. Pengacara narsis yang berpikir dirinya gay Chemistry Choi Woosik dan UEE pun sangat bagus. Sebagai teman dapet, sebagai pasangan pun dapat.
  4. The Producer. Drama ini menawarkan banyak bintang bertaburan, baik sebagai pemain utama ataupun cameo. Drama ini menceritakan lika-liku kehidupan seorang produser acara variety di KBS. Bagaimana caranya mempertahankan rating, bekerja sebagai junior, mendapatkan artis, dan sebagainya. Drama ini tuh sebenarnya secara ide menarik. Kita jadi tahu bagaimana cara kerja produser untuk membuat sebuah episode persiapannya butuh hingga 2 minggu sebelumnya. Menjelang hari H, bisa-bisa enggak tidur. Hanya saja eksekusinya kurang kalau menurutku. Banyak yang bolong, dan kita terlalu dipusingkan Tak Yejin berakhir dengan siapa. Diawal agak membosankan, tapi kesini-sini seru juga kok! Setidaknya kalian tidak akan kecewa dengan akting sekelas Gong Hyojin, Cha Taehyun, Kim Soohyun, IU yang diragukan pun menurutku bermain dengan sangat baik. Kocak Banget Cha Taehyun dan Kim Soohyun menang best couple. Bromance mereka emang lucu banget sih.
  5. Sensory Couple. Drama yang genrenya campur-campur ini menceritakan Choi Moogak yang mengalami “mati rasa” setelah kehilangan adiknya, Choi Eunseol. Dia pun menjadi polisi untuk menemukan pembunuh adiknya. Pekerjaan dia itu dibantu oleh seorang gadis yang meiliki kemampuan untuk melihat bau, Oh Chorim. Cerita ini tuh thriller sebenarnya, tapi kocaknya tetap dapet, apalagi kalau Moogak udah sketsa komedi. Ekspresi dia yang dingin malah bikin jadi koplak. Drama ini tuh seru di bagian gimana caranya menangkap si Jaehee Psikopat yang ganteng abis wkwkwk. Akting Nam Goongmin daebak Dapet banget sisi dingin psikopatnya. Sayangnya drama ini tuh melupakan detail yang bikin kita jadi bertanya-tanya.
  6. Warm and Cozy. Drama Hongsister ini menceritakan mengenai gadis bermana Lee Jungjoo yang ingin hidup mandiri di pulau Jeju. Jungjoo yang rajin bertemu dengan seorang pria pemalas Baek Geunwoo yang memiliki restoran bernama maendorong ttottot yang berarti warm and cozy dalam Bahasa Jeju. Suatu kesalahpahaman terjadi antara Geunwoo dan Jungjoo menyebabkan Jungjoo jadi baper. Drama ini tuh ringan dan manis, sayangnya Hongsister kali ini agak mengecewakan. Entahlah tim produksi yang kurang cocok atau SWnya lagi kacau. Drama ini tuh agak kurang jelas arahnya mau gimana, padahal pemainnya sudah bagus. Saying sekali. Chemistry antara Kang Sora dan Yoo Yeonseok mantap banget, minta diship banget! Dan di drama ini juga ku sedikitmengalami second lead syndrome. Pak Walikota!!!
  7. Falling For Innocence. Kalau kamu pengen nonton drama yang manis tapi dewasa enggak kekanakan, drama satu ini cocok. Kang Minho seorang pengusaha yang berobsesi membuat bangkrut perusahaan Hermia yang telah dibangun ayahnya untuk balas dendam pada CEOnya yang juga pamannya sendiri. Sayangnya, Ia memiliki penyakit jantung. Suatu hari Dia anfal, tapi hidupnya terselamatkan karena telah mendapat donor jantung yang sesuai. Semenjak Ia transplatasi jantung, Ia merasa ada yang berubah dalam dirinya, terutama saat melihat sekretarisnya, Kim Soonjung. Drama ini tuh rapih banget cara penyampaiannya. Bikin nagih dan penasaran. Drama ini memang enggak popular, tapi drama ini layak untuk kalian tonton per episodenya tanpa skip. Gemes banget sama Karakter Kang Minho, dan karakter Soonjung sangat loveable, yang bikin pingin cewek-cewek bisa kayak gitu.
  8. Who Are You : School 2015. Drama yang merupakan rangkaian school dari KBS. Setelah terakhir mengeluarkan School 2013, KBS kembali mengeluarkan rangkaian school lainnya. School kali ini berbeda dengan school lainnya. Walau sama-sama mengangkat tema bullying, School kali ini mengangkat kisah Lee Eunbi seorang yatim piatu yang mendapat perlakuan jahat di sekolahnya. Suatu hari Ia mengalami kecelakaan, dna lupa ingatan. Bangun-bangun dia sudah hidup menjadi Go Eunbyul yang ternyata kembarannya yang telah terpisah belasan tahun. Drama ini tuh aku tonton pas KKN dan agak ke skip-skip karena aku nonton ini kan bareng-bareng, jadi pas temen aku mulai tonton, akunya lagi ngapain. Drama ini menarik sih, agak beda gitu. Akting Kim Sohyun mantap gila, padahal doi masih muda. Saat dia menjadi Eunbi dan saat dia menjadi Eunbyul, beda banget. Apalagi matanya. Drama ini tuh endingnya saja saying. Jauh dari ekspetasi. Aku awalnya dukung Yian sama Eunbi, tapi lama-lama aku mulai menerima Taekwang dengan Eunbi. Skinship dan interaksi mereka tuh seolah mereka yang bakalan jadi pasangan, eh ternyata malah Yian yang jadi pasangan dia. Ternyata aku second lead syndrome lagi, tapi serius ini tuh enggak adil banget buat Taekwang. Hampir mirip dengan Soohyun di doctor stranger =(.
  9. Ex-girlfriend Club. Drama ini menceritakan tenang webtoonist yang akan membuat komiknya menjadi sebuah film. Sayangnya dia mengalami hambatan dana dan juga permsalahan dengan 3 mantannya yang menjadi kisah di webtoonnya itu. Dia bersama sang produser, Kim Soojin yang juga seorang wanita yang pernah dekat dengannya, berjuang agar webtoon tersebut terproduksi dan menghalau 3 mantannya yang cukup ‘gila’. Drama ini tuh sebenarnya kocak banget asli. Sayangnya karena rating kecil, jadi drama ini dipangkas 4 episode, dari 16 menjadi 12 episode saja. Berita pemangkasan itu saat episode 7 berjalan, sehingga ceritanya menjadi terburu-buru. Awalnya dirancang untuk 16 episode membuat episode 7-8 sebagai pertengahan, menjadi sebuah awal dengan tendesi yang tinggi. Tensi lagi tinggi-tingginya, harus dicut sehingga banyak yang bolong. Pada akhirnya jadi enggak sreg. Saying juga nih, chemistry Byun Yohan dan Song Jihyo kurang. Malah aku lebih suka melihat Jihyo dengan Do Sangwoo, makanya aku second lead syndrome banget disini L. Oh Jogwon!!!
  10. Drama ini memiliki rating paling bagus dari drama-drama yang aku tonton. Drama ini menceritakan seorang dokter bedah yang sedang mengambil intern, Kim Taehyun mengambil pekerjaan sampingan kunjungan ke rumah untuk mengobati para gangster dan penjahat yang mengalami luka/sakit demi mendapatkan uang besar untuk pengobatan adiknya. Pekerjaan ilegalnya diketahui atasannya, dan dia menjadi terjebak dalam sebauh konspirasi “putri tidur”, Han Yeojin yang telah dibuat tertidur selama 3 tahun akibat kecelakaan. Parah drama ini tuh nagihnya banget banget banget, setiap akhir episode sukses bikin kita penasaran, dan juga konfliknya gereget banget. Bikin syok. Sakit jiwa semua menurutku karakter-karakter di Yongpal tuh. Balas dendam ampe dia mati, negbunuh pelahan-lahan. Ah gila pokoknya! Adegan bedah-bedahnya juga lumayan dilihatin, lebih linu dibanding drama doctor stranger. Saying, entah kenapa kalau menurutku chemistry antara Kim Taehee dan Joowon terasa kurang. Entahlah tapi aku merasa ada yang jaga jarak diantara mereka berdua, entah siapapun itu.
  11. I Remember You. Drama ini baru saja kutamatkan kemaren wkwkwk. Drama ini menceritakan seorang profiler jenius, Lee Hyun yang kembali ke Korea untuk mencari adiknya dan pembunuh ayahnya Lee Joonyeong. Dia mengalami masa lalu yang sepi karena Ia dikurung di bawah tanah, karena ayahnya yang juga seorang profiler melihat ada “monster” dalam diri Hyun. Hyun dibantu oleh tim investigasi khusus untuk menangkap Lee Joonyeong. Drama ini tuh keren sebenarnya ide ceritanya, tapi eksekusinya agak musingin, dan titik-titik kasusnya agak sulit dihubungkan. Kurang dijelaskan saja gitu. Mungkin kita disuruh berpikir sendiri. Aku suka bromance Lee hyun dan Lee Min. Seo Inguk dan Park Bogeum mirip memang wkwkwk. Chemistry nuna dongsaeng antara Seo Inguk dan Jang Nara juga bagus. Jang Nara yang baby face dan style dia terlihat muda, membuatnya sperti seumuran dengan Seo Inguk. Cuman endingnya agak kurang, karena Joonyeongnya tetap enggak ketangkap, dan Min? entahlah, kita harus interprestasi sendiri. Drama ini juga aku second lead syndrome. Aaah uri ketua tim Kang Eunhyuk. interaksi ketua tim Kang dan Cha Jian terbangun tanpa sadar. Pas diawal-awal aku melihat tatapan ketua tim kang ke Jian, aku merasa ada romance nih, tapi ya Jiannya sama Hyun. Drama ini tidak berfokus pada romance, jadi jangan harap adegan manisnya banyak.
  12. Oh My Ghost. Na Bongsun seorang gadis yang bercita-cita menjadi chef memiliki indra keenam. Dia bekerja di restoran milik Kang Sunwoo seorang chef terkenal dan Bongsun menyukainya. Bongsun yang introvert merasa cukup senang hanya dengan bekerja dengan Sunwoo, sampai Ia akhirnya kerasukan setan yang tak bisa tenang karena masih perawan, Shin Sooae, Bongsun menjadi agresif kepada Sunwoo. Selain itu ternyata kematian Sooae memiliki misteri tersendiri. Ini drama gilaaaaaa, rame abis. Romancenya dapet banget. Suka, manis banget. Misterinya dapet dan tegangnya dapet banget! Gila karakter choi Sungjae yang diperankan Im Joohwan, creepy Cara penyampaiannya bagus banget, rapi. Enggak banyak yang bolong, dan alurnya pas banget. Chemistry antara Jo Jungsuk dan Park Boyoung juga minta diship banget! Padahal beda usia mereka lumayan jauh. Sedikit simpatik dengan si second lead, Seojoon. Untung interaksi mereka enggak begitu banyak, jadi aiu enggak second lead syndrome. Tapi aku simpatik sama Sooae, dia yang mmebuat Bongsun dekat dengan Sunwoo. Dia juga yang dapat perhatian dari Sunwoo, tapi saying Ia tak bisa memiliki itu. So sadly L
  13. Exo Next Door. Webdrama ini menjual nama EXO yang fangirlnya sejuta umat nan ganas *termasuk aku muahahaha*. Drama ini menceritakan Ji Yeonhee yang bertetangga dengan beberapa member Exo dan menjadi pembantu disana. Dia mendapat perlakuan kasar dari Chanyeol yang ternyata teman masa kecilnya, dan perlakuan manis dari D.O. mana yang Yeonhee plih? Second lead syndrome? Oh of course!O nya mempesona banget, udah mah manis banget ke Yeonhee. Kalau aku jadi Yeonhee sih milih D.O *karena bias juga sih*, tapi karena cinta pertama mah suka ngalahin segalanya, jadi dia milih Chanyeol. Sedih lihat D.O patah hati sama Yeonhee. Aaaah Yeonhee sama D.O saja dooong huhuhu. Drama ini tuh ringan, pastinya kocak dan remaja banget. Ya untuk ukuran webdrama sudah cukup bagus kok. Not bad.
  14. Ian. Webdrama ini menceritakan mengenai Lee Seodam yang mengalami patah hati karena dikhianati pacarnya. Hal itu diketahui seorang psikiater ahli hipnotis Mo Ian. Ian yang simpati pun berusaha menyembuhkan luka Seodam, ternyata Seodam pun tanpa sadar telah menyembuhkan Ian dari sakit hatinya pada mantan kekasihnya. Berhubung ini webdrama jadi, ceritanya sudah pasti simple, ringan, dan enggak belibet. Suka sih sama ide ceritanya, apalagi endingnya. Aaah manis bikin diabetes. Untuk ukuran webdrama, drama ini pun sudah cukup bagus kok.

Ya itulah drama-drama yang aku tonton, sebenarnya kalau dihitung yang benar hanya 12, karena School 2015 dan Ex-girlfriend Club tak benar-benar aku tonton. Dari 14 drama yang aku list, ada 4 drama yang masuk list favoritku, yaitu *suara drum bergemuruh* Healer, Kill Me Heal Me, Yongpal, dan juga Oh My Ghost! Kayaknya aku tuh suka sama drama yang konfliknya agak ribet dan menegangkan, makanya dua drama favoritku memiliki genre thriller,action. Drama yang paling ringan hanya Oh My Ghost. Walau ada sedikit misteri sih, tapi oh my ghost tuh overall ringan dan pastinya menarik banget. Jadi empat drama itu wajib banget kalian tonton!

Aku sebenarnya ingin membuat list siapa pemeran dan karakter-karakter yang menarik perhatianku, tapi berhubung waktuku dan moodku yang malas, aku tidak bisa membuatnya. Maafkan =(. Untuk sekarnag-sekarang aku lagi ongoing She Was Pretty *baru setengah episode sih, dan kalau kata temanku kemungkinan besar aku bakalan second lead syndrome, oh tidaaaaak!!!*. wacananya sih mau nonton Scholar who walks the night, reply 1988, remember : son’s war. Tapi.. tapi gatau juga sih, lihat waktu saja, yang pasti aku bela-belain nonton sih yang remember : son’s war. Secara itu drama comebacknya Yoo Seungho muahahaha. Dua drama yang itu, entahlah lihat nanti.

Aku juga mau minta maaf, walau kesibukkan ku sudah berkurang banyak, organisasi udah turun, udah enggak ada jadwal kuliah lagi, tapi aku tampaknya masih belum bisa untuk menulis setiap bulannya. Entah itu review ataupun fanfict. Sudah berapa bulan ini moodku untuk menulis entah lagi kabur kemana. Masalah waktu juga sih yang bikin mood aku kabur. Hanya saja aku ingin, lulus tepat waktu, cukup 8 semester aja gausah lebih. Aku ingin fokus untuk nulis yang menentukan masa depanku itu. Ya tapi semoga saja sih aku tetap bisa nulis review drama lah minimal, ya enggak? Jadi jangan bosan ya untuk mampir kesini. Dicek, siapa tahu aku nulis yang baru. Kasih komentar juga biar aku punya semangat buat nulis muahahaha *kode keras*. Untuk drama-drama 2015 yang sudah ku tonton dan belum direview, pengen sih…. Tapi… tapi…… ah sudahlah. Paling kalau pun aku jadi ngereview, cuman bisa 3 drama saja. Kita lihat saja nanti yaaaa.

Semoga 2016 menjadi lebih baik, dan banyak drama-drama yang menarik dengan pemain yang menarik juga! Btw, tahun ini juga jadi comeback beberapa aktor-aktris, macam Lee Young Ae yang terakhir main Jewel in the Palace, Song Joongki dan Yoo Seungho yang baru keluar wamil, Kim Woobin yang tahun kemaren di film terus. Aaah enggak sabar nunggu drama mereka semua! Semoga tahun ini aku masih bisa menonton drama-drama korea yang kece nan ciamik!

May Allah bless us, guys!

6 thoughts on “Napak Tilas Kdrama 2015

  1. Reply 1988 is a must watch drama kaaaaaak! Tapi yaaa gitudeh setelah liat kakak pasti tau kenapa aku bilang gitu :v luar biasa drama ini family friendship dan bikin gregetaaaaaaan! Sukaaaaaaaaakkkkkkk!

    • iya sih banyak yg rekomendasikanku drama itu, ktanya bagus, ratingnya juga tinggi kan…. ntar lah klo ada yg punya pasti aku minta drama itu dan aku tonton… waktuku juga skrg buat nonton berkurang banyak soalnya 😦

    • aku mau nonton drama ini dari episode 3 gak kelar2. ngantuk. gak selera. entah mengapa. mungkin karena settingnya tahun 1988, berasa jadul. hehehe.. tapi aku mau berusaha nonton drama ini, katanya bagus banget, bikin baper sepanjang masa hahahaha

      • ku udah nonton, tapi kalau menurutku ga bikin ngantuk kok. mungkin karena satu episodenya ampe 1,5 jam mungkin itu yg bkin kerasa lama dan bosen, tapi overall bagus kok drama ini, dan yep emang bkin baper

Tinggalkan Balasan

