[REVIEW] DESCENDANTS OF THE SUN & COMEBACK MISTER

Setiap slot waktu drama tayang pasti terjadi persaingan tersendiri, namun beberapa bulan kemarin, persaingan yang terjadi pada slot tayang rabu-kamis dimenangkan telak oleh sebuah drama hits yang memecahkan rating dalam 10 tahun terakhir. Namun efeknya drama yang memiliki jadwal tayang sama memiliki rating kecil, padahal mungkin ceritanya juga tak kalah menarik. Bukan bermaksud membandingkan, karena kedua drama ini genre berbeda, tapi menurutku tak ada salahnya menonton kedua drama ini.  Jangan cuman salah satunya saja. Oke let’s go!

Descendants Of The Sun

Genre : Romance, Mellodrama, Military, Medical

Why I Watched : Aku menonton drama ini sih bukan lain karena Song Joongki,finally he comeback after military! Nyaris empat tahun ga main drama, jelas ku rindu. Ditambah ada Onew bias di SHINeeku, aku penasaran dooong. Lalu ada Kim Jiwon juga, I love her since the heirs. Ditambah penulisnya Kim Eunsook, walau terkadang suka ga realistis, aku cukup menikmati kedua drama dia sebelumnya The Heirs dan juga A Gentleman Dignity.

Kesan : Sorry to say for all fans DoTS, but I think this drama just too overrated. Yes this drama deserve got high rating, but it just too overrated. You can say my taste is low, but I don’t get the hype from this drama. Drama ini tuh Kim Eunsook banget. Selalu second couplenya lebih menarik dibanding main couple. Rame sih jarang-jarang ada drama dengan tema macam gini, tapi serius aku merasa ini terlalu overrated. 8 episode pertama menarik bikin nagih, tapi selanjutnya geunyang rame.

The interest thing : sudut pandang yang diangkat. Jarang banget drama korea ngangkat cerita tentang tentara, di daerah konflik pula. Kita jadi tahu sulitnya menjadi tentara yang harus patuh pada negara, tapi disisi lain dia juga punya sisi kemanusiawi. Aku juga suka cerita mengenai dokter di daerah konflik dan bencana. Betapa hecticnya, ditambah wabah penyakit. Perbedaan sudut pandang antara dokter dan tentara jelas berbanding terbalik. Adegannya pun tak hanya tentang cinta, tapi juga ada kemanusiannya, dan juga action.

The Bad Thing : Serba nanggung karena banyak cerita yang dimasukkn jadi nanggungnya aja si genrenya. Alur ceritanya juga enggak begitu jelas, si konfliknya tuh mau dibawa kemana? Konfliknya yang mana? Ku kira di 8 episode pertama konfliknya mengarah ke si Argus. Iya sih memang ada konflik dengan Argus, tapi hanya begitu saja. Myeon diculik, diselamatkan Argus meninggal. Sudah aja? Mungkin Kim Eunsook lebih ingin menonjolkan kehidupan tentara makanya konfliknya enggak begitu jelas. Kisah cintanya menurutku terlalu cheesy. I like something cheesy, but its’ too cheesy… eneg liatnya. Mereka tuh orang dewasa, tapi kok begitu ya romance yang dibangun. Karakter Yoon Shijin terlalu sempurna untuk menjadi the most wanted boyfriend. Ya tapi siapa juga yang kuat digodain tentara seganteng doi. at least konflik cinta mereka enggak ada yang rumit.

Chemistry & Akting : Chemistry kedua pasangan terbangun amat baik, sampai bermunculan SongSong Couple. Sampai mereka digosipkan berpacaran. Sampai pas di Baeksang Awards datang berdua, mana song Hyekyo pake gaun putih, macam pernikahan mereka berdua saja itu mah K. Bikin sirik dan minta di ship =(, tapi aku pribadi enggak sampai ngeship mereka di real life. Entah kenapa, mungkin karena aku enggak dapet hypenya, dan juga aku lebih suka Joongki saat dia menjadi Kang Maru dibanding Yoo Shijin. Memang sih aku belum bisa move on dari Kang Maru dan Seo Eungi, tapi aku enggak ngeship Joongki dan Moon ChaeWon juga sih. Aku lebih ngeship pasangan Seo Daeyoung dan Yoon Myungju. Sayangnya Jingoo sudah menikah jadi enggak bisa ngeship dia dengan Kim jiwon, jadi tetap ku ngeship Kim Jiwon dengan Kang Haneul muahahaha *Go Yoo Rachel-Lee Hyoshin!*. akting sih overall fine, jelas pemain utamnya kelas hiu semua, apalagi Song Hyekyo super sunbaenim. Untok Onew segitu bagus kok untung pemula karena ini drama pertamanya. Banyak yang memuji akting menangisnya, tapia ku terganggu saat dia akting selain menangis seperti bermanja dengan istrinya. Sama sekali aneh, also awkward.

Second lead syndrome : Patut disyukuri enggak ada pihak yang tersakiti karena sepasang insan manusia yang saling mencinta.

Ending : Ya jelas sih, happy ending. Setiap pasangan bisa kembali bersama, tapi kurang dramatis. Kayaknya lebih menarik kalau ada yang mati muahahahaha. Buat aku sih cukup akhir ceritanya. Aku pribadi sih enggak ingin ada tambahan season 2. Sudah cukup soalnya. Makanya saat ada kabar mau ada musim kedua dengan fokus pada kisah Daeyoung dan Myungju, ku tak tertarik karena takutnya malah jadi jelek.

Rate : 3 ¾ bintang dari 5 bintang

Verdict : Jangan tertipu dengan rating *tapi drama ini bagus kok. Tonton saja*

 

Comeback Mister

Genre : Romance, Comedy, Fantasy, Family

Why I Watched : Awalnya enggak niat, Karena enggak ada aktor yang menarik. Aku jadi tertarik karena melihat komentar di dramabeans dan netizenbuzz yang mengatakan kalau drama ini kocak banget dan bagus. Ku jadi penasaran dan memutuskan menonton.

Kesan : contratry with DoTS. This drama it just too underrated. Comeback mister is good drama with bad luck. If this drama slot have different slot with DoTS, I think comeback mister rating will increase. At least it should double digit or minimum reach 8%. After you finished this, you will feel heartwarming. This is so lovely and heartwarming drama.

The interest thing : Komedinya jelas kekuatan yang besar di drama ini. Adegan komikalnya dibawakan sangat baik oleh Rain dan Oh Yeonseo. Cerita mengenai kesempatan kedua mengenai keluarga dan orang yang kita sayangi yang tentu tak boleh disia-siakan. Perjalanan mereka menggunakan kesempatan kedua itu amat menyentuh hati. Betapa cinta seorang pria bisa kuat pada orang-orang yang disayanginya. Serius aku tersentuh saat menonton drama ini. The Best part from this drama is Oh Yeonseo comical acting. Really jjang.

The Bad Thing : Agak makjang sih dengan cerita rahasia kelahiran Kim Hana dan juga Ibunya Shin Dahye, episode satunya agak membosankan, tapi setelah itu menarik kok. Sayang aja alurnya agak lambat dan juga setiap episodenya enggak begitu banyak bikin penasaran. Walau begitu keinginan untuk menyelesaikan amat besar karena ingin tahu nasib dua Ahjussi tersebut.

Chemistry & Akting : Chemistry Rain dan Lee Minjung bagus, begitu juga Oh Yeonseo dan Honey Lee. Sistmancenya berasa banget. Aku juga jadi ngeship karakter Hang hongnan dengan salah satu anak buah Han Gitak, Lee Seungjae. Walau dalam tubuh hongnan adalah Gitak, tapi aku ngeship mereka, berharap ada Hongnan baru dan loveline dengan Seungjae. Akting Rain dan Yeonseo jinja daebak! Mereka bisa akting sangat konyol dan memerankan dua orang yang berbeda. Rain sebagai Kim Youngsoo dan juga Lee Haejoon asli. Yeonseo benar-benar bisa engeluarkan karakter Gitak yang emosi dan juga maskulin. Kocak banget liat hongnan yang cantik tapi maskulin banget. Seperti yang kukatakan tadi, Akting komikal Yeonseo adalah bagian terbaik dari drama ini. Aku jadi menyukai dia, dan penasaran dengan akting dia di drama lain. Netizen korea sana pada enggak suka dengan akting Lee Minjung, api aku pribadi ga tralu masalah. Akting dia enggak sejelek itu. Adegan menangisnya pun baik, hanya saja dia saat menanti bagian dia ngomong ekspresinya agak kosong. Sedikit terlihat sedang menunggu. Tapi overall semua cast bermain dengan baik, bahkan Lee Re pemeran Hana bermain dengan apik.

Second lead syndrome : hm… second leadnya siapa ya? Mungkin si Jung Jihoon rekan kerjan Youngsoo dan juga mantan kekasih Dahye, tapi aku tak merasakan second lead syndrome. Alhamdulillah….

Ending : Kaget sih saat Gitak memutuskan untuk mengungkap jati diri dia kalau selama ini dia berada dalam tubuh Hongnan. Hal ini berarti dia memilih dilupakan kecuali oleh Youngsoo. Terlupakannya Gitak tentu mengubah kehidupan orang-orang sekitarnya. Song Yiyeon menjadi tak bercerai dengan Cha Jaeguk. Eh btw kalau menurutku Jaeguk ini memang mencintai Yiyeon, buktinya dia menjadi ayah yang baik untuk anaknya, tapi cara mencintai dia yang amat salah. Rasa cemburu pada Gitak menutupi itu makanya saat Gitak hilang, Jaeguk pada Yiyeon baik-baik saja. Agak bingung juga sih ama adegan terakhir saat Haejoon asli bertemu dengan rang yang bertubuh Hongnan. Entah siapa wanita itu, yang jelas mungkin nanti akan ada cerita mengenai mereka *dalam khayalan penonton pastinya wkwkwk*. Untuk keluarga Dahye mereka bisa melanjutkan hidup dengan tenang karena Youngsoo tidak bunuh diri. So it’s happy ending for me but its open ending too. Happy karena semuanya dapat kebahagian masing-masing, kan ga mungkin dua ahjussi itu hidup lagi. Hana tetap mendapat kasih sayang ayah dari ayah kandungnya. Open karena siapa kah sosok asli tubuh Hongnan? Gimana kelanjutannya dengan Haejoon? Apakah Dahye akan bersama dengan Jihoon? Tapi kayaknya enggak deh. Mereka sudah berbeda jalan, yang jelas Jihoon tetap bisa menjadi ayah untuk Hana.

Rate : 3 ¾ bintang dari 5 bintang

Verdict : Jangan tertipu dengan rating (2)

So, kesimpulannya jangan terlalu menjadikan rating sebagai patokan sih. Memang rating bisa dan juga merupakan salah satu acuan dalam memilih drama, tapi rating bukan segalanya. Cobalah baca komntar dari orang-orang yang menonton drama tersebut, lihat plotnya cocok enggak dengan selera kita, dan mungkin coba mengintip beberapa episode, karena bisa jadi drama rating kecil tak selamanya drama yang jelek.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s