[REVIEW] 38 TASK FORCE ; MISSING NOIR M

Kali ini daku akan kembali membahas 2 drama sekaligus. Kedua drama ini memiliki tema yang serupa atau sama kurang lebih dan berasal dari salah satu TV kabel yang memang sudah dikenal akan tema seperti ini, yaitu OCN. Berhubung aku nontonnya sudah beberapa waktu yang lalu jadi aku cuman bisa bahas sedikit saja mengenai tanggapanku mengenai kedua drama ini. Worth to watch kok keduanya. Enjoy this review….

38 TASK FORCE

Genre : crime, drama, revenge *kata Wikipedia*

Episode : 16

Why I Watched : Para Beannies bilang kalau drama ini bagus, lagipula ini dari OCN yang biasa membuat drama kriminal yang menarik hatiku sebagai fans dari cerita kriminal, jadi kuputuskan untuk menonton saat salah satu temanku ada yang punya drama ini.

Kesan : Sukaaaa. Seru untukku, dan nagih. Penasaran akan selanjutnya gimana. Banyak kejutannya yang bikin greget.

The interest thing : cerita tentang dunia pajak sendiri cukup baru diangkat dalam kdrama. Ini konsepnya sama kayak drama Bad Guys sih, dimana melawan yang jahat dengan yang jahat juga. Disini menggunakan penipuan untuk menangkap para penunggak pajak yang enggak mau bayar. Cara penipuan yang detail dan kerjasamanya bikin penasaran akan renaca selanjutnya. Plot twistnya cukup mengejutkan sih buatku, tak terduga, bahkan setelah twistnya ada lagi twist. Setiap twist yang terduga sebenarnya ada kejutan lain yang menanti. Untukku sih cukup tak tertebak rencana-rencana penipuan mereka. Walau itu sesuatu yang buruk, tapi digunakan untuk kebaikkan. Aku kira penjahat alias penunggak pajaknya hanya ada 1 si Ma Jinsuk. Makanya aku sempat kaget saat di episode 6, hutang pajak Jinsuk sudah terbayar. Betapa mudahnya dia tertipu, ternyata masih ada penunggak pajak yang lebih besar menanti.

The Bad Thing : karena twist yang ditampilakn cukup banyak, jadi agak bertanya-tanya ini plot twist bukan sih? Saat aku menyangka itu plot twist ternyata bukan, jadi agak sedikit memusingkan. Lalu cara alurnya yang agak maju mundur bikin agak bingung, misalnya pasa lagi ngejelasin rencana mereka, tapi langsung ada visualisasinya alias langsung loncat ke waktu saat mereka beraksi, tapi setelah itu balik lagi ke adegan saat mereka diskusi, dan perpindahannya kurang rapi menurutku. Jadi aku sendiri agak pusing dan sedikit mengernyitkan dahi. Ya sebenarnya drama kayak gini wajar saja sih agak memusingkan, namanya juga genre criminal, pasti banyak cerita yang mengejutkan dan bikin pusing hahhaha. Sama kenapa sih lagi-lagi petinggi pemerintah kotor semua? Pffft…. Iya sih di realitasnya banyak yang gitu, tapi sesekali sosok petinggi jadi heroine kek hahaha, ya tapi enggak masalah sih. Walikota Chun yang kotor menambah cerita sendiri, bahkan dia pun jadi tertangkap.

Chemistry & Akting : bromance Seo Inguk dan Ma Dongsuk seru parah! Sempat kaget sih twist dipertengahan episode pas kasus Bang Pilgyu yang ternyata terbentuknya tim ini tuh hasil dari perencanaan matang Yang Jungdo dan sempat merasa kecewa, tapi aku merasa chemistry dan hubungan Baek Sungil dan Yang Jungdo untuk saling berkhianat terlalu sulit, dan benar akhirnya mereka baikkan lagi dan Jungdo merasa bersalah. Tim penipu juga rasa kekeluargaannya kuat. Rasa saling percaya dan khawatir tumbuh dengan sendiri dan itu membangun sekali chemistry diantara mereka. Untuk bagian romansanya ada kisah masa lalu Chun Sunghee dan Jungdo yang pahit, tapi ternyata Jungdo menyukai Sunghee sesungguhnya, bukan untuk penipuan. Romansa mereka sedikit terasa canggung karena wajar mereka putus enggak baik-baik, jadi chemistrynya kalau sebagai sesama mantan yang canggung dapat banget sih. Kalau cerita mereka dilanjutkan tampaknya akan menarik, karena terlihat Jungdo masih berharap dan ada rasa, lalu Sunghee tinggal disenggol dikit pasti balik lagi hahaha. Akting semuanya goodjob. Ma Dongseok sendiri dia sudah senior dan teruji lah untuk di drama-drama begini. Jadi orang jahat, orang baik, kasar, sampai disini yang agak diam dan pengeut awalnya terpotret dengan baik. Seo Inguk juga image dia sebagai actor semakin kuat disini daripada seorang penyanyi. Mereka berdua sih berakting dengan baik dan mengagumkan kalau buat aku. Pemain lainnya juga overall bagus, okeee. Untuk Sooyoung aku pertama kali lihat dia berakting dan I think she’s good. The best from SNSD. Kalau aku nonton ini lebih dulu, aku akan lebih memasukkan dia daripada Yoona *maaf yaaa yoona fans* di Jepretpress Drama Awards 2016 di kategori Acting-dol. Dia punya potensi sih walau masih agak kurang diekspresi sedih dan penyampaian emosinya, tapi sejauh ini enggak mengecewakan. Aku termasuk yang fine-fine saja dengan akting seseorang, yang aktingnya jelek kata orang-orang, aku suka masih merasa dia cukup baik tapi enggak wah, ya dapat dikatakan lumayan lah. Kalau aku bilang dia buruk, berarti memang cringeworthy setidaknya menurut orang banyak *ehem… JSY kalau artisnya, kalau idol ehem temennya Sooyoung*.

Second lead syndrome : ini mengenai kriminal pajak bukan kriminal cinta. Asoooy.

Ending : Akhirnya jelas sih enggak gantung segini mah untuk drama-drama OCN atau drama genre kayak gini yang biasanya akhirnya suka gantung. Di episode akhir banyak twist dan banyak kekhawatiran, akankah mereka berhasil mengambil pajak 100juta dolar milik Choi Chulwoo. Senang sih Jang Hakjoo yang sempat berkhianat tetap balik lagi ke timnya. Twist yang disajkian di episode 16 juga menarik, walau terduga sih twistnya tidak akan berbuah pengkhianatan, tapi tetap tak menduga cara mereka mendapatkan 100juta dolar dan cara oang-orang kotor itu tertangkap. Sedih sih Jungdo pada akhirnya tertangkap, tapi ya memang gitu seharusnya karena dia telah melakukan penipuan.Ya aku puas sih dengan endingnya. Terjawab semua pertanyaan dan enggak gantung. Ya kalau ada season 2 boleh… kalau enggak pun enggak masalah sih.

Rate : 3,85 poin dari 5 poin.

Verdict : Penipuan itu tak selamanya buruk. Ini sih penipuan cerdas hahaha

 

MISSING NOIR M

Genre : crime, drama, mysteri

Episode : 10

Why I Watched : Enggak Sengaja sebenarnya, pas di kotkem dvd Jewel In The Palace buat mamaku, biar pas beli 10 gratis 1, aku melihat ada drama ini. Aku pernah membaca rekapannya episode 1 dan 2, dan aku cukup tertarik, hanya saja rekapan itu tidak dilanjutkan. Aku jadi agak penasaran dan cukup tertarik. Akhirnya ku mengambil ini untuk melengkapi dan juga untuk mengobati rasa penasaranku.

Kesan : Keren parah! Drama ini kok bisa terlewatkan begitu saja?? aku merasa telat banget baru nonton ini sekarang. Salah satu drama kriminal terciamik sih.

The interest thing : berasal dari kasus sederhana, kasus orang hilang, berbuntut ke kasus lain yang lebih rumit, seperti penipuan atau pembunuha, ya walau sebagian besar beujung pembunuhan sih. Misteri-misterinya itu looh bikin mikir banget. Makanya kalau enggak suka yang berat atau enggak pingin yang berat bakalan kesulitan nonton ini, tapi kalau kalian suka banget sama drama misteri, kriminal harus banget nonton ini. Wajib! Cara pembunuhan dan kasusnya engak biasa. Problem solvingnya bagus banget. Gil Soohyun, Detektif Oh Daeyoung, dan Jin Seojoon merupakan tim yang cekatan dan berharap banget nih kepolisian kita bisa seperti mereka. Lalu ada beberapa kasus juga yang menyentuh hati, dan membuat menjadi kasus besar lainnya.hal menarik lainnya adalah dari drama ini tuh enggak sepet biasanya, yang jahat bisa menang. Biasanya kejahatan sesempurna apapun bakalan kalah, kalau disni kejahatan bisa saja menang. Kita juga akan mendapat pertanyaan, sebenarnya yang lebih jahat tuh yang mana sih… ya semacam itu. Lalu kasus-kasuny juga ada yang terkait dengan masa lalu dari anggota tim, seperti kasus HOME yang terkait masa lalu Seojoon. Diawal-awal sempat diperlihatkan tato dipunuk Seojoon, dan aku merasa da yang tidak beres, dan benar saja terungkap di kasus HOME. Masih banyak lagi kasus yang menarik pokoknya. Ah satu lagi, drama ini tuh detailnya bagus. Sadis dan berdarah-darahnya dilihatin parah apalagi pas yang mutilasi. Damn linu eneg aku lihatnya!! Tapi jadi terlihat lebih nyata.

The Bad Thing : Agak berat drama ini tuh jadi benar-benar perlu mikir untuk menyambung satu petunjuk ke petunjuk lainnya, walau pada akhirnya diejalsin sih hubungan antara petunjuk-petunjuk itu, tapi kalau aku pribadi saat sebelum dijelaskan suka agak pusing memikirkan hubungannya. Tahu petunjuk-petunjuk itu ada hubungannya, tapi bagamana cara menghubungkannya itu yang bikin bingung. Lalu jangan meleng saat menonton ini tuh, meleng sedikit dari percakapannya, djamin harus ngulang lagi biar mengerti. Masalah plot enggak ada masalah sih, rapi. Hanya saja masa lalu Soohyun dan Daeyoung enggak terlalu diceritakan. Masa lalu Soohyun sih sebenarnya yang penting karena ada beberapa yang mempengaruhi tindakan. Hanya diceritakan sekilas, ddan itu jadi menimbulkan pertanyaan baru.

Chemistry & Akting : Disini seperti drama diatas, kita berbicara chemistry kerjasama, dan aku suka kerjasama mereka bagus banget dan rasa percaya sebagai rekan satu tim bagus, walau sempat ragu tapi pada akhirnya mereka saling percaya. Chemistry sebagai timnya bagus. Masalah akting juga enggak ada masalah. Drama ini memakai aktor utamanya Kim Kangwoo sudah banyak bermain film jadi aktingnya pun bagus, dan yang lainnya pun merupakan yang sudah berpengalaman. Lalu untuk para korban/pelaku yang tampil satu-dua episode saja juga bermain bagus, dan ada Kang Haneul!!! Aku ingin melihat dia sebagai psikopat lagi. Disini singkat banget soalnya. Kalau dari aspek sini bagus semua sih. Almost perfect pokoknya.

Second lead syndrome : sebaiknya kalau aku bahas drama kriminal aku hapus, atau sebaiknya kita bicarakan masalah potensi romansa? Di drama ini benar-benar sama sekali enggak ada romance. Paling adegan manis hanya dari detektif Oh dan istrinya yang saling mencintai dan aku suka maniiiiis. Hubungan rumah tangga yang ideal terlihatnya. Palingan antara Soohyun dan Seojoon, ada sedikit atau sepercik benih doang. Soalnya setelah kasus HOME Seojoon sedikit beda melihat Soohyun mungkin dia respect atau kagum dengan cara pandang Soohyun. Lalu episode 10 saat berkunjung ke rumah jaksa Jin, Seojoon mengaku *berbohong tepatnya* Soohyun adalah pacarnya, dan Soohyun langsung merangkul Seojoon. Setelah keamanan apartemen pergi, Seojoon langsung biasa saja, tapi tidak dengan Soohyun yang nampa menikmati hahahaha. Kan menarik hahaha. Ya walau enggak ada romance tapi drama ini tetap menarik, atau bagus malah enggak ada romance jadi enggak menghancurkan isi drama hahaha.

Ending : Episode terakhirnya membahas suatu kasus dan sedikit mengungkapkan masa lalu Soohyun walau sedikit, tapi masih terasa janggal atau kosong dengan berakhirnya drama ini. Masih ada pertanyaan tersisa. Kasusnya tak benar-benar selesai karena melibatkan petinggi hukum, dan ya disinilah realitasnya, orang yang memiliki kekuataan dan kekuasaan lah yang menang. Sayangnya orang yang memiiki itu adalah orang jahat. Istri detektif Oh tak kita ketahui nasibnya. Nasib detektif Oh setelah diinvestigasi, dan tentu Soohyun apa yang dia cari? Bagaimana mengenai kasus pembunuhan kakaknya? Kasus didrama ini hanya terselesaikan sampai misteri siapa dalang dibalik itu semua. Kita sebagai penonton tahu hal itu, tapi dalam dunia drama ini masyarakat sana enggak tahu kebenarannya. Jadi kebenarrannya belum terungkap semua. Gantung pokoknya. Ya jadi jelas sih we need season 2.

Rate : 4,1 poin dari 5 poin

Verdict : season 2 juseyo… PD nim… SW nim… please…….

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s