[REVIEW] CHIEF KIM

Sebuah perusahaan besar biasanya terlihat megah. Sukses, melayani masyarakat dengan baik, memiliki kesejahteraan karyawan yang bagus, dan jelas banyak laba. Hanya saja apa benar yang terlihat diluar seperti itu, terlihat sama jika dilihat dari dalam? Itu semua dikupas dalam drama Chief Kim.

Drama yang bergenre comedy, workplace, drama ini menceritakan mengenai Kim Sungryong seorang akuntan yang memberikan jasanya untuk para preman dan rentenir agak laporan keuangaan mereka tidak mencurigakan. Ia memiliki cita-cita untuk tinggal di Denmark karena negara itu terkenal damai dan aman dari penjahat. Untuk bisa pergi ke Denmark, Ia membutuhkan uang sebesar satu juta dollar, sedangkan tabungannya hanya ada sekitar 300ribu dollar saja. Lalu, bawahannya, Oh Gwangsook memberitahu kalau perusahaan besar TQ grup sedang mencari seorang kepala bagian untuk salah satu bagian departemen akuntasi yaitu tim operasi bisnis. Sungryong pun mencoba dengan harapan TQ grup adalah perusahaan bagus dan besar. Setelah diterima dan bekerja di perusahaan tersebut, ternyata TQ grup tidak sebagus yang Ia bayangkan. Perusahaan ini ternyata banyak bermasalah dengan laporan keuangannya karena terjadi korupsi yang dilakukan oleh petinggi perusahaan tersebut. Sungryong pun bersama Yoon Hakyung, Manager Choo Namho dan anggota tim operasi bisnis lainnya berusaha mengungkap kasus korupsi yang terjadi di TQ grup.

Awalnya enggak terlalu minat sama drama ini. Takut sedih, sirik lihat drama tema kantoran gini tuh. Hatinya lagi rentan wkwkwk. Enggak sih, aku ragu karena enggak yakin bakalan seru. Pemainnya sih jaminan banget ada Nam Goongmin. Untuk urusan komedia juga dia juara, macam di Beautiful Gongshim, cuman drama on going yang barengan ama Chief Kim banyak yang menarik, walau beda hari sih, tapi aku bingung mengelola unduhannya, karena kuota malamku terbatas. Sampai aku baca komenan Dramabeans, banyak yang bilang rame, lucu. Jadi akhirnya saat ku ke nangor, aku beli drama itu, saat itu baru sampai episode 6. Aku coba tonton dan aku enggak nyesel telah memilih drama ini ke dalam list tontonanku.

Kesanku pada drama 20 episode ini. Gila! Lucu banget! Karakter Chief Kim nya koplak abis. Aku baru lihat karakter segila dia. Ide-ide dan hal-hal yang dilakukan untuk melawan korupsi di TQ grup itu ajaib banget menurutku. Apalagi pas dia disuruh di ruang perenungan. Bisa saja ngambil celahnya dan membuat kepala divisi etika menyerah. Serius itu paling juara. Aku puas ngakak banget. Setelah sekian lama aku nonton drama yang serius, yang walaupun ada komedinya, tapi enggak akan bikin ngakak parah, akhirnya aku ketawa lepas dengan nonton drama ini. Lumayan mengurangi stres yang kuhadapi akhir-akhir ini. Aku terakhir ketawa lepas gara-gara drama, pas drama Jealously Incarnate.

Drama ini jelas banget ya kekuatannya itu komedinya. Setiap episode tuh pasti ada saja yang bikin ketawa. Benar-benar menghibur. Cerita dan temanya sendiri cukup serius gitu mengangkat pekerjaan, dunia bisnis dan juga korupsi, cuman membawakan ceritanya tuh ringan banget. Cerita beginian tuh bisa kita lihat dari sudut lucunya. Kelucuannya sih memang lebih karena karakter-karakter yang ada di dalam drama ini. Cuman karakter yang serius dan kalem saja bisa jadi lucu karena tingkah laku dan omongannya.

Perkembangan karakternya juga menarik. Kim Sungryong, sebenarnya dia bukan orang baik layaknya Tuan Pahlawan. Di Gunsannya sendiri dia seperti preman dan suka melanggar hukum. Saat di TQ grup lah, saat dia tidak sengaja menolong orang dan masyarakat menjulukinya tuan pahlawan, disitu jiwa pahlawan dan rasa kebaikkannya timbul. Disitulah dia merasa harus berbuat sesuatu saat Seo Yul menyuruhnya berbuat tidak-tidak dan berusaha menghancurkan Seo Yul. Dari sosok yang enggak peduli dengan masalh orang, hingga menjadi peduli. Dia memakai caranya sendiri untuk melawan itu semua. Cara-caranya itu loooh, aku enggak yakin di dunia nyata ada yang berani pakai cara Sungryong ini karena terlalu beresiko. Cara-cara itu mungkin berhasil di drama, tapi dunia nyata penuh resiko. Enggak yakin bakalan berhasil dan selancar di drama ini.

Paling menarik perkembangannya sih si Seo Yul. Aku thau dia bakalan jadi villain di drama ini, tapi saat dia muncul di awal-awal juga aku merasa kalau karakter dia enggak sepenuhnya hitam. Dia itu karakter abu-abu. Soalnya pas dia jadi jaksa, dia benar gitu. Dia bekerja dengan bagus dan mampu menangani pelaku. Cuman aku sempat ragu karena sampai episode belasan awal dia disitu kan parah banget cara menghancurkan Sungryongnya enggak banget. Disitu aku merasa, ah kayaknya dia beneran jahat banget. Cuman pandanganku berubah lagi saat dia menolong Sungryong. Disitu aku langsung merasa yakin kalau karakter dia itu abu-abu. Dia masih punya sisi baik, sampai akhirnya Sungryong “menolong”nya untuk kembali ke jalan yang benar. Yul awalnya merasa sudah terlalu jauh, tapi benar kata Sungryong enggak kata terlambat untuk berubah jadi baik. Kalau sudah terlalu jauh untuk belok, tinggal putar balik saja. Antara mau apa enggak. Perkembangan Yul tuh paling kerasa banget. Dari sosiopat serakah jadi seorang pembela umum. Berbanding terbalik banget kan. Lagipula dari awal juga dia enggak melakukan kejahatan macem penggelapan atau membunuh. Cara dia memang preman juga menyeret orang, tapi dia hanya sebatas mengancam. Tak lebih. Darri situ juga terlihat dia enggak sepenuhny hitam.

Karakter lainnya juga yang berkembang Park Myungsuk. Dia awalnya cuman karakter minor doang. Ya cuman sebagai contoh atasan kurang ajar enggak tahu sopan santun. Ternyata dia pada akhirnya memiliki andil besar dalam pengungkapan korupsi perusahaan yang melibatkan CEO Park Hyundo yang juga ayahnya sendiri. Ternyata selama ini dia anak baik sebenarnya. Dia mewarisi gen ibunya. Cuman selama ini dia polos, enggak tahu apa-apa karena dimanjakan oeh ayahnya. Dia diberi posisi tinggi juga karena ayahnya. Setelah turun jabatan dan bergabung di tim operasi bisnis, dia mengetahui dunia yang sebenarnya dan berubah menjadi orang yang lebih baik. Mantap banget pokoknya.

Karakter lainnya enggak jauh berbeda sih dari awal episode macem Manajer Choo, Hakyung, anggota tim operasi bisnis. Paling perkembangan hubungan saja. Awalnya mereka tak percaya ddengan Chief Kim, merendahkannya. Namun setelah mengenalnya, mereka jadi menghormati dan menyayangi. Aku suka banget mereka benar-benar percaya dengan apapun keputusan Chief Kim. Mereka mau kerjasama dan membantu Chief Kim dalam menghadapi Yul dan pimpinan TQ Grup walau jadi emnambah beban kerja mereka. Suka banget liat kekompakkan dan solidnya tim ini. Seru pasti nih kalau punya teman kerja dan tim yang kayak gini.

Sayangnya drama ini tuh menurutku terlalu indah. Rasanya terlalu gampang dan lancar gitu setiap menghadapi kasus. Suka sih saat mereka menemukan kesulitan dan hampir tertangkap ternyata itu twist dari rencana mereka cuman rasanya jadi kurang nendang deg-deg annya. Padahal aku sudah deg-deg an karena mereka ketahuan, eh tahunya itu bagian dan rencana mereka. Bakalan menarik sih kalau rencana mereka gagal jauh, terus mereka muter otak biar gimana cara mereka berhasil. Paling heran sih Hong Gaeun. Kenapa dia lancar banget nyamar dan nyadapnya. Dia lucknya bagus banget. Sudah nyaddap Yul yang mantan jaksa, tapi enggak ketahuan. Ketahuannya pas Yul nya keburu ketangkep, jadi enggak sempat bikin Gaeun jatuh. Aku merasa Gaeun tuh terlalu terbuka dan berani, cenderung nekat malah, tapi anehnya lancar-lancar saja. aku sudah khawatir dia ketahuan sebagai penyidik, tapi sampai akhir enggak ketahuan. Pada akhirnya yang tahu dan sadar Gaeun penyidik cuman Sungryong.

Lalu ada yang aku bingung juga. Kan Yul itu mantan jaksa. Berarti dia lulusan hukum dong, tapi kenapa dia bisa jadi direktur keuangan? Apa karena dia dulunya jaksa yang bergerak dikasus keuangan? Kalau cuman berbekal itu, tentu enggak cukup dong jadi direktur keuangaan. Dia butuh pengetahuan dasar ekonomi bisnis. Kalau dia sekolah hukum, aku enggak yakin dia mempunyai pengetahuan itu. apa dia mempelajari ilmu itu saat dia menjadi jaksa agar bisa menjerat pelaku. Eh atau malahan anak hukum memang mempelajari dasar ekonomi bisnis? Aku enggak tahu sih, tapi bisa saja, kayak aku perikanan, tapi aku juga belajar ekonomi walau cuman dasar dan sedikit. Bisa jadi anak hukum juga. Atau kemungkinan lainnya, Yul lulusan double degree hukum dan bisnis. Bisa jadi…. Tapi ya sudahlah enggak terlalu dipusingkan. Cuman pertanyaan selintas saja. Ah terus aku awalnya enggak ngerti kenapa Yul keluar dari kejaksaan dan jadi direktur. Cuman setelah aku pikir-pikir Yul gabung ke TQ karena Ia ingin mendapatkan uang lebih. Saat akan diberi posisi presdir disalah satu anak perusahaan TQ grup mereka, Yul kegirangan. Lagipula kan julukan dia Sosiopat serakah. Dia serakah ingin harta.

Ada yang mempermasalahkan kalau menuju akhir-akhir episode, cerita jadi berfokus pada orang jahat dan orang baik. Ada yang merasa terlalu mainstream, tapi kalau kata aku enggak. Soalnya dari awal juga sudah jelas sih kalau drama yang temanya ginian memang lebih ke pertarungan antagonis lawan protagonis. Cuman tokoh-tokoh utamanya enggak sepenuhnya protagonis maupun antagonis. Nah itu yag bikin menariknya kan. Perkembangan karakter merekanya. Cuman mungkin bagi beberapa orang merasa mainstream ketika pada akhirnya tokohnya jadi protagonis utuh dan harus melawan penjahat sesungguhnya. But for me, it’s okay. Still interesting.

Kalau ada yang mencari romansa dari drama ini, mending kalian pindah drama deh. Drama ini enggak ada romancenya, tapi serius tetap rame dan bagus. Malah kayaknya kalau ada konfik romance malah ganggu jalan cerita. Ceritanya sudah terlalu padat dengan usaha melawan korupsi. Cuman ada kok beberapa adegan yang bikin senyum-senyum atau geli sendiri, macem Seo Yul yang tertarik dengan Hakyung. Gemas rasanya melihat Yul salah tingkah ke Hakyung. Terus lucu juga melihat dia marah karena merasa dimanfaatkan oleh Hakyung tapi tetep masih ngarep wkwkwk. Kalau drama ini ada romansanya aku bakalan adda di kapal Hakyung dan Yul. Soalnya gemes lihatnya. Aku ingin Yul benar-benar berjuang merebut hati Hakyung, walau di drama diceritakan mereka jadi berteman baik, cuman aku masih berharap mereka mungkin bisa lebih hahahaha. Banyak juga yang tim Hakyung dan Sungryong. Mana beberapa kali Gwangsook mencoba menjodohkan mereka, disangka pacaran sama orang lain, dan juga tatap Hakyung yang kagum dengan sosok Sungryong. Cuman aku tetap di kapal Hayul. Tatap Hakyung ke Sungryong tuh seperti lebih ke tatapan kagum dengan sosok kepemimpinan dan carra Sungryong dalam mengatasi itu semua. Cuman ya bisa juga ada perasaan tertarik. Kalau buat aku mending Sungryong sama Gaeun saja hahahaha.

Enggak ada romansa mungkin buat sebagian orang merasa tidak menarik. Tenang saja, untuk emngobati itu, kita bisa menikmati bromance antara Kim Sungryong dan Seo Yul. Love-hate relationship mereka tuh seru banget. Mereka tidak suka jika orang lain menghancurkan lawannya. Mereka ingin pertarungan antara mereka hanya melibatkan diri mereka saja. pada akhirnya karena hal itu juga mereka jadi menolong satu sama lain. The real frenemy Sungryong dan Yul tuh. Musuh tapi temenan. Melihat mereka bersatu untuk melawan CEO Park itu keren banget, aslina. Gabungan psikopat dan sosiopat terbaik itu. Paling suka kalau Sungryong sudah becandain Yul dengan nyium pipi atau kaca dihadapan Yul. Yul benar-benar benci dan geli akan hal itu. terus pas akhirnya juga mereka saling berterima kasih, udah sweet gitu momennya, tapi pada dasarnya frenemy, jadi tetap saja mereka geli sendiri dan enggak suka akan hal itu hahahaha. Ngerusak momen banget itu sumpah hahahaha. Di drama ini juga masih ada bromance antara Sungryong dan Manajer Choo yang tinggal serumah, dan juga Sungryong dan Myungsuk dimana Sungryong mengajarkan banyak hal pada Myungsuk. Cuman tetap paling juara bromancenya Yul dan Sungryong. Chemistry Junho dan Nam Goongmin bagus banget. Mereka bakalan masuk list bromance terfavoritku.

Masalah akting totalitas semua apalagi Nam Goongmin. Nam Goongmin comical acting is the best. Lebih juara dibanding saat dia menjadi Ahn dante. Dia benar-benar totalitas banget merefleksikan karakter Kim Sungryong. Aku sudah enggak lihat dia sebagai Nam Gyuman, tapi lihat dia sebagai Kim Sungryong. Di IG dia saja, keliahatan dia belum move on dari drama Chief Kim ini. Aku berharap banget dia dapat penghargaan karena aktingnya disini. Mengingat drama ini juga sukses harusnya sih dia dapat. Lalu aku baru pertama kali lihat akting Junho di drama. Aku pernah lihat dia di film Twenty. Dia disitu bagus juga, karakternya agak introvert cuman waku itu aku lebih fokus ke Kang Haneul dan Kim Woobin ahahaha. Junho pernah main drama sebelumnya kan di Memory. Cuman aku enggak nonton. Banyak yang bilang akting dia bagus disitu. Lalu saat aku melihat dia d drama ini, wow dia masuk jajaran toplist idol aktor. Aku benar-benar suka akting dia saat menjadi Seo Yul ini. Dia natural banget. Aku benar-benar enggak sadar itu Junho 2PM. Benar-benar Seo Yul banget. Ekspresi, emosinya dapat banget, enggak berlebihan. Akting makan dia, bikin lapar. Setiap yang dia makan kelihatan banget enaknya, soalnya dia lahap banget, dan bunyi tap dia ngunyah itu looooh. Kalau lagi puasa cobaan banget. Akting dia bahkan lebih bagus dibanding teman segrupnya yang lebih dulu terjun ke akting. Aku senang dia aktingnya bagus, karena dia salah satu favoritku di 2PM. Semoga dia tetap bisa bermain bagus. Lalu Nam Sangmi juga aku baru pertama kali lihat aktingnya, cuman dia sudah punya banyak pengalaman. Dia terkahir main drama sebelum Chief Kim, tahun 2014. Aku berharap kedepannya dia lebih banyak main drama lagi. Jung Hyesung juga makin bagus, aku termasuk melihat perkembangan akting dia, karena kebetulan drama yang aku ikutin ada dianya. Dari yang masih agak canggung jadi makin natural. Berharap dia dapat peran lebih besar, second lead gitu. Paling rookie actor Dongha. Masih agak sedikit awkward, tapi overall masih bagus. So, enggak ada yang masalah sih.

Akhir dari cerita ini puas sih. Pelakunya ketangkap dan itu semua karena andil Myungsuk. TQ grup reformasi struktur perusahaannya, dan mencari yang kompeten dan jujur. TQ grup mencoba untuk bangkit dan meraih kejayaannya lagi. Manajer Choo tetap kerja bahkan naik jabatan jadi direktur. Hakyung jadi kepala bagian dan Kepala bagian Lee naik jabatan jadi Manajer. Semuanya menjadi lebih baik, Gaeun dan jaksa Han menangkap kasus lebih gede lagi. Yul kerja jadi pembela umum setahun, dan kembali mendaftar sebagai pegawai TQ. Sungryong? Kembali menjadi akuntan biasa dan menolong kejaksaan untuk menangkap kasus korupsi suatu perusahaan. Happy ending lah, sebagaimana dasarnya drama-drama jahat versus baik. Baik menang dan keadilan tercapai. Nice, enggak ada masalah.

Untuk drama ini ku beri poin 4 dari 5 poin, karena memang semenarik itu. worth to watch. Harusnya dulu aku juga ngasih Misaeng 4 sih, soalnya ternyata tanpa kisah cinta, sebuah drama tetap bagus dan menarik. Kalau kalian ingin nonton drama yang beda, terus butuh hiburan yang bikin ketawa lepas tapi ceritanya enggak biasa saja. Chief Kim pilihan yang patut dicoba.

Enggak terlambat untuk belok lihat drama ini kok! Happy watching!

Iklan

2 thoughts on “[REVIEW] CHIEF KIM

  1. aku termasuk orang yg lebih suka donlot n nonton serial yg ceritanya udah tamat. Jadi review seperti ini bener-bener ngebantu banget utk milih2 mana yg harus aku donlot. jujur aku tadinya gak mau download defendant, tp gara2 baca review disini jd penasaran deh. Khusus utk chief Kim sebenernya aku udah nunggu dari kemaren2 diulas disini dan akhirnya diulas jg, jadi kepengen nonton deh, hehehe. Thanks a lot utk reviewnya,, aku paling suka review disini karena ada bisa ngebantu memahami serial yg mau aku tonton (maklum aku orgnya rada2 telmi), n aku pikir sdikit spoiler bukan masalah karena toh ini khan review utk serial yg statusnya udah completed jg, jd kerasa ngebantu bange,, sorry kepanjangan komennya,, ditunggu review2 dari serial yg udah tamat lainnya.

    • terima kasih kalau review ku bisa membantu ^^ ditunggu aja yaa review dari drama yg baru tamat akhir-akhir ini, ada satu drama tapi aku belum beres nontonnya. tunggu aja hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s