[REVIEW] STRONG WOMAN DO BONG SOON

Sekarang di zaman kekinian, sudah tidak musim dengan cewek lemah. Kini perempuan bisa jauh lebih kuat dibanding lelaki bahkan bisa sekuat superhero yang bisa menolong banyak orang. Sayangnya enggak semua perempuan bisa seperti itu. Perempuan yang memiliki keistimewaan seperti itu cuman ada satu, yaitu Do Bongsoon dalam drama Strong Woman Do Bongsoon.

Drama ini memiliki genre romance, comedy, dengsan sentuhan fantasy dan thriller. Strong Woman Do Bongsoon menceritakan seorang wanita bernama Do Bongsoon yang memiliki kekuatan super yang diturunkan pada anak perempuan dikeluarganya sejak jaman dahulu kala. Selama ini Ia berusahan menyembunyikan kekuatannya karena pria yang Ia sukai sekaligus teman lamanya In Gookdu menyukai wanita yang seperti bunga kosmos, kecil, lembut dan juga lemah. Pada suatu hari Bongsoon menolong rombongan anak TK dari sekelompok preman dengan kekuatan supernya. Kejadian itu dilihat oleh CEO Ainsoft, Ahn Minhyuk. Minhyuk sedang mencari pengawal karena selama ini diancam oleh orang tidak dikenal. Melihat kejadian itu, Minhyuk menawari pekerjaan pada Bongsoon dengan imbalan uang sangat tinggi dan dijanjikan untuk bergabung di departemen pengembangan Game, karena Bongsoon ingin mengembangkan game dimana karakter game tersebut adalah representasi dari dirinya. Bongsoon pun menyetujui kesepakatan itu. Ternyata selain bahaya dari stalker, ternyata ada bahaya lain yang mengancam di lingkungan rumah Bongsoon. Terjadi pembunuhan dan penculikan berantai yang mengintai wanita-wanita yang tinggal disana. Bongsoon, Minhyuk,, dan juga Gookdu berusaha untuk menangkap pelaku kejahatan tersebut.

Aku menonton drama ini karena Park Boyoung. Dia itu aktris yang hebat dan loveable banget. Ketagihan sama aktingnya dia. Ditambah plot awalnya tampak ringan. Aku butuh drama yang enggak ribet setelah banyak nonton drma yang rumit. Makanya ku memutuskan untuk menonton drama ini.

Buat yang jomblo siapkan hati. Dijamin kalian bakalan sirik, dan buat yang punya pacar siap-siap juga sirik dan berkata “kapan sih pacar gue kayak gitu?” karena manis banget lihat interaksi antara Bongsoon dan Ahn Minhyuk. Enggak bisa berhenti senyum sepanjang aku nonton ini berapa kali histeris sendiri gara-gara cheesy line dari mereka. Biasanya aku enggak terlalu suka dengan hal yang terlalu cheesy, tapi ini aku suka banget, malah ketagihan. Enggak kuat hamba lihatnya. Diabetes banget lihat ke sweet an mereka. Romansa drama ini tuh kental banget dan itu yang bikin aku betah sama drama ini. Gemas banget lihat Min min dan Bong bong pacaran tuh. Minhyuk yang dari awal sudah menunjukkan ketertarikannya pada Bongsoon dengan caranya yang gentle, sweet bikin kita pengen punya cowok kayak gitu. Greget sama Bongsoon yang enggak sadar-sadar kalau Minhyuk itu suka sama dia. Mana ada coba bos yang baik hati macam Minhyuk yang nyupirin sampai rumah. Memperlakukannya kayak teman bukan bawahan. Harusnya Bongsoon sadar, tapi dia waktu itu dibutakan oleh Gookdu sih. Hubungan Minhyuk Bongsoon tuh benar-benar layakya kisah cinta di dongeng. Indah dan manis banget, dan aku menyukai hal itu.

Komedi dari drama ini juga yang bikin drama ini jadi menyenangkan. Dari awal hingga akhir drama enggak ada satu pun adegan komedi yang terlewat. Aku ngakak parah karena komedi drama ini memang masuk sih sama selera komedinya orang Indonesia. Cukup slapstick sih tapi lucu banget. Cuman mungkin karena agak slapstick itu enggak semua orang suka humor yang ditampilin di drama ini. Aku juga ada beberapa humor yang kurang aku sukai, apalagi kalau sudah bawa-bawa wine kotoran. Cuman sejauh ini masih enggak masalah. Komedinya tetap bisa bikin ketawa lepas dan merasa bahagia dengan kelucuan yang ditampilkan di drama ini.

Selain itu, drama ini juga menampilkan sedikit misteri mengenai kasus penculikan yang bikin menambah keseruan tersendiri. Ada ketegangan yang memicu adrenalin sehingga menambah rasa drama ini. Aku sangat menikmati kasus penculikan ini. Gregetnya sama si penculik versus Bongsoon dan polisi yang kok polisinya bego banget sih enggak sadar kalau mereka disadap. Kan greget iya enggak? Walau drama ini dibumbui kisah misteri tapi enaknya kita enggak usah mikir sama kasus yang ada di drama ini. Kasus penculikan disini enggak bikin kita pusing. Enggak banyak misteri yang tersembunyi, jadi kita tetap bisa enjoy dan tetap terasa ringan. Tetap rasa drama romance comedynya enggak hilang.

Sayangnya drama ini tuh menurutku 16 episode itu kebanyakan. Soalnya drama ini banyak banget filler di setiap episodenya. Banyak banget tokoh yang sebenarnya enggak penting, enggak ngaruh ke cerita, atau malah sama sekali enggak ada hubungannya sama tokoh utama. Misal kayak muncul cameo biksu Nizamuddian. Serius itu enggak penting banget.. enggak ada hubungannya sama sekali dengan tokoh utama, cuman ngaruh ke Baek Tak doang. Itu tuh cuman buat nambah kelucuan doang. Lucu sih, cuman itu terlalu filler banget. Cuman buat manjangin cerita doang, nambah bumbu komedi. Sudah. Masih mending gitu kayak tokoh geng anak sma, walau enggak penting, tapi at least mereka masih berhubungan dengan Bongsoon, tapi kalau si biksu itu benar-benar keliatan fillernya banget. Awal-awal episode enggak terlalu banyak filler, tapi makin akhir aku merasa makin banyak filler. Adegan itu kalau diskip juga enggak masalah karena enggak ngaruh ke cerita. Cuman adegan lucu doang. Sudah weh.

Lalu seperti yang disinggung sebelumnya, komedinya ada beberapa yang enggak banget. Makanya banyak juga yang berhenti nonton ini karena enggak sesuai dengan selera humor mereka. Ada beberapa lawakan yang bikin aku agak cringe. Eu apa sih… ya reaksi semacam itu lah yang timbul. Kayak adegan orang yang mau ngancam Minhyuk, karena tidur dibawah selimut yang sudah diberi jimat, mereak bangun-bangun tiba-tiba merasa saling jatuh cinta. Aku enggak sreg dengan komedi bagian itu. lalu paling sebal kalau sudah bawa-bawa wine kotoran. Aku dari dulu enggak suka jokes yang bawa-bawa sex dan juga kotoran makhluk hidup. It’s disgusting for me. Oke kalian boleh bilang aku lebay, tapi buat aku itu big no. Aku enggak suka candaan kayak gitu. Untungnya candaan lainnya masih banyak yang menarik dan bikin ketawa lepas.

Aku juga dibuat bingung dengan aturan mengenai kekuatan super Bongsoon. Aturannya kan kalau disalah gunakan, dan juga menyakiti orang tak bersalah. Bongsoon berapa kali membuat orang tidak bersaah kesakitan, kayak Minhyuk diinjak, atau ini contoh paling parah deh, Bongsoon melukai sekretaris Gong samapi tulang ekornya patah dan dirawat rumah sakit. Kenapa disitu kekuatannya enggak hilang? Anehnya saat di episode Bongsoon menyelamatkan Kyungshim, dia melempar lift yang didalamnya Ia kira adalah si penculik, ternyata di dalam itu hanyalah orang lain yang sama sekali tak tahu apa-apa, sehingga orang itu terluka. Disitu Bongsoon enggak sengaja menyakiti orang tidak bersalah, terus disitu dia kehilangan kekuatannya. Kenapa? Kok bisa gitu? Rulesnya gimana sih yang sebenarnya? Apa dia jadi kehilangan karena berniat menyakiti sedangkan pada kasus sekretaris Gong, Bongsoon tidak berniat menyakiti sekretaris Gong makanya kekuatannya enggak hilang? Jadi tergantung niat gitu? Aku agak bingung sama rulesnya. Agak enggak konsisten sih kata aku.

Kasus penculikannya juga agak nanggung. Kenapa enggak ada latar belakang si penculik melakukan hal itu? kenapa juga penulik ittu bisa terobsesi dengan kisah 7 pengantin? Kurang dibahas juga karakter penculiknya. Greget banget pula kok dia pinter banget sih. Lebih pinter daripada polisi. Ya tapi psikopat memang gitu sih, suka lebih cerdik dari polisi. Cuman greget aja sama polisinya yang kecolongan berapa kali. Terus Bongsoon juga lagi, pas berhadapan dengan penculiknya, dia gegabah, malah manggil-manggil Kyungshim. Bukannya diam-diam gitu. Cuman wajar sih, aku ngerti, dia pasti panik, dan cewek itu lebih mendahulukan emosi daripada logika, jadi wajar Bongsoon emosi dan panik manggil Kyungshim, bukannya diam-diam masuk “penjara” dan berhadapan dengan penculik.

Hal tekhnis drama ini juga ada yang agak ganggu. Efeknya agak lebay kalau buatku. Dari awal lihat drama ini, aku merasa terasa lebay segalanya. Cuman mengingat drama ini berbudget rendah, jadi wajar efeknya enggak terlalu bagus. Ya tapi lumayan lah, enggak jelek macam efek di sinetron-sinteron kita. Jadi masih termaafkan. Lagipula low budget mereka balik modal, malah untung karena mereka menerima rating yang tinggi, hingga mencapai 9,5%. Itu merupakan prestasi bagi JTBC, karena drama JTBC jarang yang mencapai angka itu. episode perdananya saja sudah bisa mencapai 3,6%. Hal yang bagus untuk sebuah drama tv kabel.

Satu lagi yang bikin aku agak aneh sama drama ini. Kenapa pas nikahan Minhyuk Bongsoon keluarga Minhyuk enggak ada yang datang??? Apa karena Minhyuk benar-benar sudah memutus silahturahminya? Kalau kayak gitu, kenapa enggak diceritakan dari awal kalau Minhyuk yatim piatu saja. menurutku kasus teror Minhyuk itu, jadi terasa hal yang berbeda dari plot cerita Strong Woman ini. Kenapa kasus terror ini harus keluarga Minhyuk sendiri, kenapa enggak berhubungan dengan kasus penculikan kek. Soalnya kalau mau terornya menyangkut keluarga Minhyuk, aku rasa kurang eksplorasi mengenai keluarga Minhyuk. Konfliknya kurang berasa gitu. Daripada kebanyakan filler padahal mending bahas keluarga Minhyuk. Kalau enggak, ya sudah enggak usah diceritakan keluarga Minhyuknya.

Dibalik semua kekurangan itu, masih bisa tertutupi dengan akting dan chemistry para pemainnya. Akting Park Boyoung memang handal. Beda banget sama karakternyayang sebelumnya di Oh My Ghost. Dari Na Bongsoon ke Do Bongsoon itu beda banget, dan dia bisa masuk banget dan delivery karakterna dengan baik. Park Hyungsik juga sama. Transformasi dia dari idol ke actor sama suksesnya dengan teman segrupnya, Siwan. Aku terakhir lihat akting dia di The Heirs. Disitu dia cukup menarrik, cuman belum keluar auranya. Di drama ini, karena disini juga pertama kalinya dia jadi first lead, aura aktornya keluar banget. Dia keren banget memerankan Ahn Minhyuknya. He is my new actor crush. Dia memang sudah layak untuk jadi first lead. Minhyuk yang gentle,kekanakkan, sedikit kasar, tapi penuh aegyo ini tampak mudah diperankan Hyungsik apalagi saat aegyo. Mengingat dia idol, jadi enggak sulit untuk memperlihatkan aegyo. Setiap adegan manis, aku serius melelh banget sama Hyungsik. Tatapannya itu loooh. Berasa pengen punya pacar macam dia, walau itu enggak mungkin. Eh tapi Hyungsik itu menurut pengakuannya dia itu kalau pacaran tipe kayak Minhyuk yang bakalan ekspresif rasa cintanya. Bayangin dong, kalau jadi pacarnya Hyungsik, bahagia banget enggak sih? Hahaahahaha. Jisoo juga seperti biasa, kalau sudah patah hati bikin kita juga ikut merasa sedih. Aku terkadang masih suka agak terganggu dengan adegan emosi dia yang gitu-gitu saja, tapi overall dia itu bagus kok. Potensi jadi first lead banget. Tinggal nunggu naskah dan sutradara yang cocok dia tuh :” Pemain lainnya sama bagusnya. Apalagi para aktor yang harus berperan dalam komedinya. Mereka semua menanggung itu semua dengan baik. Jang Mikwan yang jadi penculik juga sudah sukses bikin aku ingin masukin dia ke list the most hated villain. Eksrepsi dia itu looooh ngeri dan kejamnya dapat banget.

Masalah chemistry merupakan salah satu kekuatan utama drama ini. Dari awal episode saja aku sudah dapat merasakan chemistry Minhyuk dan Bongsoon. Mereka itu sangat amat teramat menggemaskan sekali banget banget. Berlebihan sih ungkapan aku itu, tapi memang serius menggemaskan sekali interaksi mereka berdua itu. Sumpah deh, Hyungsik dan Boyoung kayak yang jatuh cinta beneran. Seolah mereka kencan di dunia nyata, karena setiap adegan manis mereka, alami sekali, dan ternyata banyak banget adegan mereka itu hasil dari adlib. Edan ga? Hasil dari adlib mereka bisa sebagus dan semanis itu. cheesynya dapat banget enggak sih? Aku enggak bisa berhenti senyum lihat adegan mereka. Aku suka histeris sendiri kalau sudah adegan yang mendebarkan hati. Baper sendiri lihatnya. Masa mereka enggak baper sih? Wkwkwk. Lihat BTS nya saja, sudah terasa chemistrynya mengingatkanku pada koala couple. *sudah karam huhuhuhu*. Saking bagusnya chemistry mereka aku jadi delu untuk ngeship mereka di real life. Park Hyungsik juga saat ditanya mengenai tipe ideal jawaban dia itu “Seseorang yang bisa aku lindungi, dan aku tertarik dengan mereka yang menyukai pekerjaan mereka dan menari apa yang mereka inginkan.”. Reporter yang nanya hal itu langsung nyindir kalau tipenya itu mirip Park Boyoung, Hyungsiknya langsung tersipu. OMG!!! BIARKAN AKU DELU HAL INI!!! Cuman Boyoung sudah menyangkal rumor ini sih, soalnya menurut Boyoung Hyungsik memang baik ke semua orang, dan tatapan hangat untuk semua orang uhuhuhuhu. Tapi enggak apa-apa aku tetap mau delu. Mereka cocok banget soalnya, moga bisa nyusul swag couple yaaa wkwkwkwk.

Alhamdulillah, aku tidak mengalami second lead syndrome. Sebenarnya agak rentan sih aku terkena ini, karena greget sama Gookdu yang enggak sadar kalau dia menyukai Bongsoon lebih dari teman. Sikapnya ke Bongson tuh sudah bukan sikap seorang teman lagi. Cuman karakter Minhyuk lebih menonjol dan lebih lovely dan lebih dapet chemistrynya. Jadi aku tidak mengalami SLS. Lagipula aku diawal-awal kurang suka dengan karakter Gookdu yang emosian. Dia terlalu sering gegabah dan cuek dengan perhatian dari Bongsoon, eu lebih tepatnya enggak peka, tapi perhatiannya dia ke Bongsoon itu luar biasa. Cuman kesini-sini aku mengerti sikap Gookdu. Dia itu saking enggak sadar dan menyukai Bongsoon, dia sampai enggak sadar kalau Bongsoon juga menyukainya. Padahal Bongsoon itu sangat jelas menunjukkan rasa sukanya pada Gookdu, cuman Gookdu seperti mengabaikan hal itu. Bagi Gookdu sikap Bongsoon itu hanyalah delusi di mata dia. Dia merasa berdelusi jika Bongsoon menyukai dirinya. Gookdu mengabaikan fakta itu, karena dia enggak mau berimajinasi, nanti kalau salah kan jatuhnya sakit. Aku bisa relate banget hal itu. Aku mengerti yang Gookdu rasakan. Gookdu mau maju juga takutnya malah merusak pertemanan mereka. Ya kalau Bongki ngasih tahu Gookdu hal itu sebelum Bongsoon ketemu Minhyuk, mungkin akan menghaslkan hal yang berbeda. Permasalahan Bongsoon dan Gookdu itu kaena diantara mereka enggak ada yang maju satu langkah. Berbeda dengan Minhyuk yang mengambil satu langkah sehingga bisa maju ke hubungan yang lebih lanjut, Gookdu itu tetap stay, makanya hubungan mereka enggak maju-maju.

Btw, selama Gookdu pacaran sama Heeji, hatinya selama ini untuk Bongsoon dong? Kurang ajar juga. Wajar saja mereka putus. Aku awalnya agak sebal dengan Heeji, karena dia cheating. Terang-terangan pula, dan agresif lagi. Cuman setelah aku pikir-pikir wajar sih, karena mereka berdua sama-sama sibuk, lalu Gookdunya juga perhatian ke Bongsoon, jadi wajar Heeji menyukai Bongki. Cuman aku enggak ridho kalau Bongki sama Heeji, dan untung mereka enggak jadian hahahahaha. Enggak dijelaskan kenapa Bongki memilih tidak bersama Heeji, cuman dari obrolannya dnegan Gookdu, Bongki merasa ada enggak enaknya juga dengan Gookdu karena Heeji selingkuh dengan dia. Aku lebih pengen Bongki sama Kyungshim. Enggak tahu sih, Bonggki sama Kyungshim apa enggaknya, karena enggak ada interaksi yang mengarah kesana. Cuman berdasarkan delusiku di episode akhir dimana Minhyuk dan keluarga Bongsoon barbeque bareng, disitu ada Kyungshim juga dan disuapin sama Bongki. Lalu pas nikahan Minhyuk dan Bongsoon juga , pas foto Kyungshim disebelah Bongki. Cuman ya Kyungshim juga sudah dianggap keluarga oleh keluarga Bongsoon, jadi waajr Bongki dan Kyungshim dekat. Untuk Gookdu, ya semoga akan mendapatkan wanita yang terbaik.

Ending drama ini memuaskan. Enggak ada pertanyaan tersisa selain kenapa penculik itu jadi psikopat. Penculiknya tertangkap akhirnya, walau butuh banyak perjuangan, yang bikin kesel karena greget. Kok susah banget sih mau nangkap dia tuh. Bongsoon dan Minhyuk menikah bahkan punya anak kembar perempuan HAHAHAHAHAHAHA POOR MINHYUK. Bongsoon pada akhirnya enggak menyembunyikan kekuatannya, dan memutuskan untuk jadi “pahlawan” membantu orang-orang dengan kekuatannya dan berhenti kerja. Lagipula ngapain juga dia kerja kalau suaminya saja sudah CEO wkwkwkwk. Cuman kenapa enggak ada adegan mereka merawat anak bareng-bareng. Kenapa Bongsoon malah sibuk menyelamatkan orang daripada ngurus anaknya. Kasian Minhyuk kan menghadapi dua bayi super wkwkwk. Secara keseluruhan akhir yang bahagia dan menetramkan lah.

Drama ini memang enggak sempurna, tapi drama ini merupakan drama yang harus ditonton karena menghibur banget. Kalau lagi stress dijamin terhibur dan merasa rileks dengan drama ini. Soundtrack dari drama ini juga enak-enak. Cocok banget disetiap adegannya. Wajib didengerin sih. Aku beri 3,7 poin dari 5 poin untuk drama satu ini. Siapkan otot perut untuk tertawa dan hati untuk melihat kemanisan puppy couple ini.

Hati-hati disangka orang gila gara-gara ketawa sendiri karena drama ini hihihihi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s