TOP 10 FAVORITE KOREAN VARIETY SHOW JEPRETPRESS VERSION

Aku sudah menjadi fangirl semenjak 2009 akhir. Ini semua berawal dari doktrin teman smp dan sepupuku. Awalnya aku hanya sekedar tahu saja ada yang namanya kpop dan tidak tertarik terjun menjadi fangirl. Sampai akhirnya aku masuk SMA, dapet teman sebangku yang seorang kpopers. Ditambah saat lebaran aku menginap di sepupuku, makin saja ku teracun dan pada akhirnya aku terjerembap di lembah fangirl perkorean dan tidak pernah menemukan jalan keluar semenjak akhir 2009 itu hahaha.

Semenjak itu aku jadi menyukai segala hal berbau dengan industri hiburan korea, mulai dari musik, sampai drama. Sebenarnya kalau drama sih aku sudah suka dari jaman sd. Dari jaman drama korea di tv Indonesia. Aku enggak ingat drama korea yang pertama kali ku tonton apa. Enggak tahu Sassy Girl Chunyang, entah Jewel In The Palace, atau melodrama Endless Love. Cuman aku ingat drama korea yang bikin aku suka kdrama adalah Full House. Sampai keluargaku bela-belain beli vcdnya *saat itu masih jaman vcd*. Cuman saat itu sebagai anak sd yang tidak tahu apa-apa hanya menanti drama korea yang ada di tv saja, dan sialnya waktu itu banyak yang tayang malam. Sebagai anak baik, malam-malam aku tidur. Kalau sekarang sih nonton wkwkwk. Saat aku menjadi fangirl, aku jadi ngikutin lagi, tapi lewat dvd. Saat itu aku masih terlalu bodoh dan kurang pengetahuan bagaimana cara mendapatkan drama secara online. Enggak kayak sekarang drama yang lagi on going, pasti ada yang aku ikutin minimal 1 drama. Aku tuh sudah dianggap Senpai dalam korea karena aku tahu drama dan juga idolnya. Sampai tingkat ke koreaanku agak kalah semenjak munculnya Running Man.

Running Man merupakan variety show yang meledak diantara kpopers. Saat itu teman-temanku pada menonton. Aku pun enggak mau kalah dong. Aku ikut nonton juga, dan menyukainya juga. Cuman aku enggak se addict yang lain. Aku enggak begitu mengikuti setiap episodenya. Kalau temanku ada yang punya, aku tonton, kalau enggak aku enggak akan nonton. Begitu saja seterusnya. Walau aku sudah menyukai industri hiburan korea selama 6-7 tahun, tapi aku tidak begitu mengikuti dunia pertelevisiannya. Aku tidak begitu mau mengikuti variety shownya dengan alasan, ah enggak ada habisnya. Tiap minggu ada yang baru, Menuhin memori banget. Aku nonton variety show kalau ada artis yang aku suka saja. Paling RM yang cukup mengikuti. Itupun paling dalam berapa bulan sekali kalau enggak punya pemasok tetap.

Setelah aku lulus kuliah, aku punya banyak waktu luang alias enggak ada kerjaan. Nonton drama, sudah pada ditonton, film pun begitu. Aku butuh tontonan baru. Salah satu temanku ada yang mengikuti beberapa varshow korea. Aku meminta beberapa varshow yang ada bias akunya. Setelah ku coba tonton beberapa varshownya, lama-lama aku menyukai konsep acara tersebut dan pada akhirnya aku ketagihan. Aku pun memutuskan untuk mengikuti varshow-varshow tersebut. Aku jadi rela memboroskan uang untuk beli kuota, atau sekedar nongkrong di kafe agar dapat wifi buat donlot varshow. Aku pun harus merelakan memori laptopku penuh sesak dan menghapus file-file lama gara-gara varshow ini. Kini aku mau menyebarkan virus varrshow korea ini muahahaha. Aku mau memberi daftar TOP 10 FAVORITE KOREAN VARIETY SHOW JEPRETPRESS VERSION. Mengingat selera aku suka agak beda, jadi ya mungkin ada yang agak aneh atau tidak cocok, tapi aku jamin varshow yang masuk listku adalah varshow-varshow yang menarik.

Oke baiklah kita mulai yaaa. List ini berisikan varshow korea apa saja yang menjadi favoritku. Aku akan menyusun berdasarkan tingkat kesukaan mulai dari yang paling rendah ke yang paling tinggi. Semoga bisa menjadi acuan kalian dalam memilih tontonan. And the list is….

 

 

  1. PROBLEMATIC MEN FROM TVN

Posisi ke 10 adalah varshow dari stasiun tv kabel yang dramanya selalu menjadi favoritku TvN, Problematic Men. Varshow ini merupakan acara semacam acara kuis, dimana terdapat 6 panelis selebritis pria yang dianggap sebagai sexy brain karena kecerdasannya. Mereka adalah Jun Hyunmoo, Kim Jisuk, Ha Seokjin, Park Kyung Block B, Lee Jangwon, dan Tyler Rasch. Park Kyung sendiri bukanlah member asli. Dia menjadi member tetap menggantikan Rap Monster BTS yang terkenal memiliki IQ tinggi seperti Park Kyung juga. Disetiap episodenya akan dihadirkan seorang bintang tamu. Mereka akan diberi soal dan harus mendapatkan jawabannya dan memecahkan permasalahan yang ada, walaupun membutuhkan waktu yang lama. Soalnya bukan hanya soal pengetahuan biasa, tapi soal yang membutuhkan analisa, kreatifitas, kejelian yang bagus. Selain itu juga harus memiliki kemampuan Bahasa asing yang cukup, minimal inggris lah. Tipe-tipe soal untuk tes IQ atau mensa. Bintang tamunya sendiri pun biasanya dikenal dengan kemampuan otak yang bagus. Disini serunya kita bisa ikut berpikir memecahkan soal yang ada. Ada beberapa soal yang bisa kita ikut jawab, ada juga yang membutuhkan pengetahuan Bahasa korea. Serunya juga melihat interaksi antar member saat sedang pusing memecahkan masalah. Aku paling suka kalau Hyunmoo dan Jisuk sudah ribut masalah siapa yang paling bodoh.

Sebenarnya aku nonton varshow ini cuman 3 episode, karena susah banget eng sub nya. Enggak ada yang nge sub. Kalau ada yang nge sub paling fanbase dari bintang tamunya. Walau cuman nonton 3 episode aku udah merasa jatuh cinta dengan varshow ini. Kalau ada yang rutin nge sub, kemungkinan besar aku akan mengikuti varshow ini. Aku pertama kali menonton yang episode Wendy Red Velvet. Setelah menonton episode yang Wendy, aku menyukai konsep acaranya, dan mencoba mencari yang lain. Akhirnya aku menonton yang Suho EXO  dan Key SHINee. Aku rencananya mau nonton yang bintang tamunya Taemin SHINee, dan Kyuhyun Super Junior. Cuman berhubung penyedia videonya di Dailymotion, dan kalau ngedonlot dari Dailymotion suka lambreta morela morjana, jadi ku pending dulu, dan masih dalam batas wacana. Makanya aku letakkan varshow ini di posisi ke 10 karena aku baru nonton 3 episode doang hahaha.

  1. HELLO COUNSELOR FROM KBS

Aku enggak rutin sih nonton ini. Sesekali saja lewat Youtube KBSWORLD kalau muncul di suggestion aku. Varshow ini adalah acara yang dipandu oleh Shin Dongyup, Lee Youngja, Jung Chanwoo, Kim Taegyun, dan Choi Taejoon. Sebenarnya ini adalah acara sejenis talkshow, dimana akan ada seseorang yang menceritakan keresahannya terhadap seseorang, dan berusaha mengkomunikasikannya agar kedua belah pihak merasa nyaman dan kekhawatiran akan berkurang. Seperti misalnya ada seorang anak perempua yang masih smp mengeluhkan pada ibunya membuatnya bekerja terus di salon sehingga tidak mempunyai waktu untuk bermain dan belajar di tempat les. Disitu kita akan mendengarkan permasalahannya dari kedua belah pihak. Pada akhir cerita nanti akan divoting, apakah permasalahan tersebut adalah sebuah kekhawatiran atau bukan. Jika sebuah kekhawatiran, jelas pihak yang diprotes harus berusaha merubahnya. Jika bukan mereka harus asaling mengerti dan menghargai.

Aku menyukai acara ini karena acara ini cukup menghangatkan hati. Aku tipe yang suka dengerin curhatan orang, jadi senang saja mendengar permasalahan mereka. Ada yang bikin aku simpati, marah, frustasi, kecewa, tapi ada juga yang bikin aku ketawa karena permasalahan yang konyol, atau masalah yang mengherankan dimana enggak begitu mengkhawatirkan, namun dapat mengganggu. Aku suka dapat pelajaran sih dari acara ini. Ini acara yang bagus.

  1. LIPSTICK PRINCE FROM ONSTYLE

Posisi ke 8 ini diisi oleh acara kecantikkan dari Saluran kabel OnStyle. Acara yang dipandu oleh Kim Heechul Super Junior ini merupakan acara yang diperuntukkan para penyuka make up. Acara ini terdiri dari 7 idol pria dan Heechul. Mereka akan belajar cara memoles make up pada orang. Nanti akan ada selebritis wanita yang hadir untuk didandani oeh mereka dengan tema tertentu. Selebritis wanita ini alias princess akan memilih siapa yang akan mendapatkan gelar lipstick prince berdasarkan make up polesan siapa yang Ia sukai dan juga perlakuannya. Acara ini sudah berjalan 2 musim. Musim pertama terdiri dari Tony Ahn H.O.T, Eunkwang BTOB, Shownu Monsta X, Rowoon SF9, Doyoung NCT, P.O dan U-Kwon Block B. musim pertama terdiri dari 12 episode. Lalu musim kedua masih diisi dengan member yang sama hanya saja Doyoung dan U-Kwon digantikan oleh Johnny NCT dan N Vixx. Musim kedua terdiri dari 10 episode. Belum ada info sih bakalan ada musim ketiga apa enggaknya.

Lagi-lagi acara ini memiliki masalah yang sama seperti Problematic Men. Susah banget eng sub nya. Aku pun menonton hanya yang ada sub nya saja yaitu episode 1 dan 2 di kedua musim, serta episode 11 musim pertama. Paling aku hanya melihat cuplikan-cuplikannya saja di youtube.  Aku menyukai acara ini karena selain bisa mendapat tips dan belajar make up, aku menyukai sisi variety yang tetap muncul, apalagi membernya sebagian besar sengklek. Sebelum mereka mulai mendandani sang putri, mereka mengobrol-ngobrol dulu. Disini suka timbul keseruan saat maing-masing member sudah unjuk bakat atau berlomba-lomba make princess heart fluttering, dan itu jagonya Rowoon. Aku saja yang melihatnya merasa deg-deg an *sial bias aku nambah hahaha*. Lalu untuk menarik perhatian, saat member sedang mendandani mereka berlomba-lomba memberi service yang bagus seperti memberi selimut untuk menutupi rok pendek sang putri, atau memberinya minum. Disitu lah suak timbul kelucuan. Sisi varietynya tetap kuat, sehingga para cowok yang tidak tertarik dengan make up, mereka bisa menikmati acara ini.

  1. I CAN SEE YOUR VOICE FROM MNET

Lagi, di posisi selanjutnya acara varshow favoritku berasal dari saluran kabel yaitu MNET. Acara yang sudah berlangsung 4 musim ini dipandu oleh Leeteuk, Yoon Seyoon, Kim Bumsoo untuk musim 1 – 3, dan musim terbaru, musim 4 Kim Bumsoo digantikan oleh Kim Jongkook. Acara yang bertajuk mystery show ini memiliki konsep dimana yang bisa bernyanyi dan yang tidak bisa bernyanyi memiliki kesempatan menjadi pusat perhatian yang sama. Acara ini akan menampilkan Tamu selebritis penyanyi yang harus menebak sejumlah peserta yang hadir. Diantara peserta tersebut ada yang tergolong skilled vocalist dan ada yang tone deaf. Tugas penyanyi tersebut adalah menyingkirkan orang yang Ia kira sebagai tone deaf berdasarkan berbagai petunjuk yang ditampilkan dalam 3 segmen dengan bantuan penonton dan juga panelis Detektif yang terdiri dari selebritis berbagai kalangan. Diakhir acara penyanyi tamu harus menyisakan 1 orang yang akan Ia ajak duet dipanggung. Jika yang menang atau yang diajak duet adalah seorang tone deaf  makan peserta itu akan mendapatkan uang, jika yang menang adalah skilled vocalist, peserta tersebut akan merilis sebuah digital single.

Aku sebenarnya cuman nonton yang musim ke 4 saja, karena pemasoknya cuman punya musim terbaru ini saja. aku belum beres nonton semuanya sih, tapi aku mengikuti semua episodenya. Aku menyukainya karena aku bisa mendengarkan suara-suara orang yang skilled vocalist, tapi disisi lain aku juga dapat kelucuan dari para tone deaf. Kita juga bisa ikut menebak mana yang skilled vocalist mana yang tone deaf. Saran-saran dari panelis detektif dan kebingungan serta frustasi dari para bintang tamu menjadi keseruan tersendiri untuk ditonton. Oh iya acara ini pun sudah diadaptasi oleh Indonesia dengan dipandu oleh Raffi Ahmad dan Indra Herlambang ditayangkan di MNC TV. Kalau ingin tahu gambarannya, kalian bisa melihat yang versi Indonesia tersebut. Secara format sama kok, karena adaptasi yang memiiki lisensi resmi dari CJ E&M.

  1. KING OF MASKED SINGER FROM MBC

Varshow ini adalah salah satu varshow korea yang aku ingin ada versi Indonesianya. Acara yang tergolong music show ini memiliki konsep dimana terdapat beberapa penyanyi yang tidak diketahui identitasnya. Mereka akan memakai topeng dengan karate tertentu dan akan menunjukkan kemampuan vokal mereka. Masing-masing peserta akan devoting oleh panelis selebritis dan panelis penonton biasa. Peserta dengan voting terbesar akan menjadi king of masked singer. Acara ini terdiri dari 3 ronde dengan sistem gugur. Ronde pertama diisi oleh 4 pasangan duet. Masing-masing pasangan duet nantinya aka nada satu yang tersisih. Jika tersisih Ia harus mengungkap identitasnya. Identitas peserta biasanya dari orang terkenal dnegan berbagai profesi. Entah penyanyi, aktor, aktor musikal, penyiar, atlet, dan lain-lain. Peserta yang lanjut akan bernyanyi solo di ronde kedua dan akan diadu dengan peserta yang lolos dari ronde 1. Setelah itu yang lolos lagi akan masuk ronde 3. Jika Ia lolos ronde 3, Ia akan melawan king of masked singer sebelumnya untuk merebut gelar raja tersebut.

Aku menyukai acara ini karena aku bisa menemukan potensi-potensi yang memiliki vokal bagus. Banyak artis yang bukan penyanyi yang memiliki suara bagus. Sering juga acara ini menjadi ajang pembuktian para idol yang sering dianggap sebelah mata masalah vokal. Aku tidak mengikuti setiap episodenya sih, tapi kalau ada artis atau idol yang ingin kulihat, biasanya ku tonton. Aku ingin ada versi Indonesia, soalnya biar artis Indonesia itu enggak itu-itu saja. banyak yang bertalenta, apalagi yang jalur indie. Ya semoga ada yang mau beli lisensi resminya.s

  1. LAW OF THE JUNGLE FROM SBS

Posisi lima besar pertama diisi varshow dari salah satu tv broadcast umum. Awalnya aku enggak begitu tertarik sama acara ini. Aku mulai menonton ini karena ada Changsub saat ekspedisi (?) yang di Mongolia. Aku lagi suka-sukanya Changsub jadi ingin nonton acara yang ada dianya. Ternyata selain aku makin jatuh cinta sama Changsub, aku pun jatuh cinta dengan acara ini. Aku mulai rajin menonton semenjak yang episode di Indonesia, di Menado. Setelah itu, setiap ada artis yang aku suka, aku menonton acara ini.

Acara ini merupakan acara semi documenter. Acara yang diketuai oleh ketua suku Kim Byungman ini menyajikan beberapa selebritis korea menjelajahi hutan atau pendalaman disuatu negara dengan peralatan yang terbatas. Disana mereka akan berusaha untuk mengeksplor alamnya dan bertahan hidup ala primitif, seperti membuat api secara manual, membangun tempat tinggal dari daun-daunan dan juga kayu di hutan, berburu makanan apa saja yang ada di hutan. Pokoknya benar-benar memanfaatkan apa yang alam sajikan. Sejauh ini sudah 30 tempat dijelajahi oleh acara ini. Kita bisa tahu alam diberbagai belahan dunia, dan juga jelas akan timbul stuasi tidak terduga saat berhadapan dengan alam. Disitulah keseruannya. Ditambah dengan tingkah laku para selebritis saat harus bertahan hidup. Banyak kelucuan yang muncul. Acara yang tampak membosankan kalau kita tidak mencoba, tapi setelah menonton dijamin menghibur, dan tak berasa nagihnya.

  1. WEEKLY IDOL FROM MBC EVERY1

Para fangirl dan fanboy kalau kalian enggak tahu acara satu ini, tingkat fangirl dan fanboy kalian diragukan. Acara yang sudah berlangsung dari 2011 ini merupakan acara dimana idol dinistakan oleh mc nya yaitu Jung Hyungdon dan Deffcon alias doni coni. Tiap minggu aka nada 1 grup idol yang akan menjadi bintang tamu. Biasanya idol yang tampil adalah idol yang sedang dalam promosi lagu. Disana mereka akan melakukan berbagai macam kegiatan yang menghibur, seperti bermain random play dance, kalau gagal akan mendapat hukuman. Kalau baru pertama kali ke acara ini para idol akan melakukan rewritten profile. Mereka akan membuktikan bakat yang ditulis di profil adalah benar. Ada juga segmen meat grill dimana mc akan memberi tantangan pada idol. Jika memenangkan tantangan tersebut maka pemenangnya mendapatkan daging panggang sapi korea. Terdapat berbagai macam game dan segmen yang bisa dimainkan dan kita bisa melihat benar-benar di “bully” oleh duo mc kocak. Trademark acara ini adalah random play dance dan double speed dance.

Aku tidak selalu mengikuti acara ini tiap minggu sih, tapi kalau ada artis yang aku suka, apalagi bias, wajib banget nonton acara ini. Aku lupa pertama kali nonton acara ini pas bintang tamunya siapa. Enggak tahu Exo, enggak tahu yang Shinee.  Yang jelas semenjak aku pertama kali nonton ini, aku merasa, setiap ada bias, aku harus nonton acara ini. MC nya juara banget. Lawakan mereka lucu banget, dan kalau sudah membully para idol, idolnya bakalan nista banget. Acara ini acara wajib ditonton bagi kalian para kpopers. Disini juga kalian akan lebih mengenal bias kalian dan juga bisa melihat kegilaan mereka. Se no jaemnya grp, kalau tampil disini bakalan lucu.

  1. CRIME SCENE FROM JTBC

Bagi kalian yang ngaku pecinta cerita misteri, criminal, detective geeks, atau ingin menguji kemampuan deduksi kalian harus menonton acara satu ini. Aku sebagai penggemar Detektif Conan memiliki interest yang besar akan acara ini, karena kasus-kasusnya cukup mengingatkanku pada Conan. Acara ini sudah memasuki musim ketiga, dan satu-satunya varshow yang aku tonton semua musimnya. Saat memulai acara ini, awalnya aku butuh suatu tontonan. Lalu aku teringat acara ini, dan kebetulan di musim kedua Xiumin EXO pernah menjadi bintang tamu. Jadilah kku muai menonton dari musim kedua dulu, dari episode 1. Lalu ku tonton yang musim pertama, dan tak lama kemudian musim ketiga pun dimulai, dan aku ikuti terus tiap minggu. Tontonan wajib tiap minggu aku.

Dalam acara ini terdiri dari 5 member tetap dan 1 atau 2 bintang tamu, tergantung jumlah member yang ada. Mereka akan memeragakan sebuah sketsa kasus pembunuhan. Mereka memiliki peran masing-masing sebagai tersangka dan bersama-sama berusaha mencari pelaku pembunuhan diantara para tersangka tersebut. Diawal musim pertama semua member dan bintang tamu adalah peserta. Semenjak musim kedua, ditambahkan peran detektif yang akan diperankan oleh salah satu member. Dari musim pertama hingga musim ketiga ini tidak banyak perbedaan. Ada beberapa perkembangan saja dan perbaikan. Sseperti yang disebutkan sebelumnya, musim pertama tidak memiliki detektif, dari musim kedua ada detektif. Lalu di musim ketiga, peran asisten detektifnya lebih berasa dan ditingkatkan tidak seperti musim kedua. Asisten detektif ini diperankan oleh seorang aktor rookie. Musim kedua diperankan oleh Choi Wonmyung, sedangkan musim ketiga ini oleh Kim Mingyu *aaaak uri Mingyu!!*. juga dari segi kasus menurutku makin kesini makin susah sih. Acara ini seru banget karena kita selain bisa ikutan menebk siapa pelakunya, sisi varietynya juga tetap dapat. Erita dibalik kasus-kasus yang terjadi itu banyak yang kocak dan konyol, kayak yang terbaru nih di musim ketiga episode 9. Ceritanya super makjang, tapi malah jadi bumbu humor yang menyenangkan. Selain itu interaksi antar membernya juga seru banget untuk dinantikan aktingnya.

Dari segi cast member, Park Jiyoon selalu ada dari musim pertama hingga ketiga. Lalu Hong Jinho juga, namun diawal musim ketiga dia tidak menjadi member, semenjak episode 8 dia menjadi member tetap. Lalu ada Jangjin dari musim kedua hingga ketiga. Sisanya ada NS Yoonji, Jun Hyunmoo, Lim Banggeul, dan Kang Yongsuk di musim pertama. NS Yoonji pernah menjadi bintang tamu di musim kedua dan ketiga, sedangkan Jun Hyunmoo bintang tamu di musim kedua. Lalu di musim kedua ada Hani EXID, Jang Dongmin. Mereka juga pernah menjadi bintang tamu di musim ketiga. Musim terbaru ada Eunji Apink, Yang Sehyung, dan Kim Jihoon. Jihoon sendiri pernah menjadi bintang tamu di musim kedua. Dari semua musim, aku paling suka musim kedua, karena dari segi membernya mereka lebih dapat chemistrynya di awal episode. Deduksinya juga banyak yang jago, tapi tidak melupakan sisi varietynya. Untuk musim ketiga ini, awalnya terasa kurang nendang. Agak awkward. Untungnya semakin kesini mereka semakin bagus, dan chemistrynya dapat. Ditambah Kongnan alias Jinho kembali lagi, jadi mewarnai deduksi kasusnya. Di musim ketiga ini tapi pelakunya lebih mudah tertebak dibanding musim-musim sebelumnya.

  1. ABNORMAL SUMMIT FROM JTBC

Posisi kedua ini adalah sebuah acara yang cukup serius namun tetap fun. Acara yang sudah berlangsung 2 musim ini merupakan sebuah acara layaknya summit, conference internasional. Terdapat 10 – 12  panelis yang merupakan representatif dari berbagai negara untuk mendiskuskan berbagai macam persoalan yang disajikan. Acara yang memiliki judul lain Non Summit ini dipandu oleh 3 mc yaitu Jun Hyunmoo, Yang Seyoon, dan Sung Sikyung. Kita bisa melihat berbagai persoalan yang sedang ramai dikancah internasional, dan juga kita bisa tahu berbagai pemikiran berdasarkan sudut pandang negaranya masing-masing. Ini juga merupakan acara yang aku ingin ada versi Indonesianya. Kayaknya bakalan menarik melihat sudut pandang orang luar terhadap berbagai kebiasaan dan kejadian di Indonesia. Kayaknya bakalan cukup sukses, mengingat masyarakat kita cukup bule minded.

Acara ini termasuk acara wajib tonton tiap minggu. Awalnya aku menonton acara ini karena aku butuh tontonan, dan aku ingat akan acara ini. Ada sebuah episode yang ingin aku tonton karena tema yang didiskusikan menarik, tapi aku lupa episode yang mana. Jadi aku nonton yang ada Wendy dan Seulgi Red Velvet. Pertama kali aku menonton acara ini, aku langsung tertarik dan memutuskan untuk menonton episode yang lain. Lumayan lah semenjak aku nonton ini aku jadi agak aware sama isu internasional, dan juga nambah banyak pengetahuan sih. Acara ini juga lah berhasil aku tularkan ke temanku yang lain. Untuk musim kedua, aku sudah menonton semua episodenya dari 103 sampai yang terbaru (154, 155nya baru unduh tapi belum ditonton). Untuk musim pertama aku baru menonton yang episode 55 dan 80. Musim pertama ini cukup susah didapatkan, selain susah eng sub, banyak juga yang sudah dihapus videonya.  Episode 80 pun aku tonton tanpa sub, karena aku penasaran. Di episode itu ada representative dari Indonesia. Aku ingin tahu apa saja yang mereka bicarakan.

Menariknya juga karakter para representatifnya berbagai macam. Jadi kalau sudah debat atau diskusi suka lucu saja dengan cara berpikir mereka. Apalagi yang musim kedua ini akrena sudah ku tonton semua, aku mulai mengerti pola pikir mereka jadi suka menduga-duga reaksi mereka akan suatu isu. Untuk musim kedua ini panelisnya ada Mark Tetto dari Amerika, lalu Guillaume Patry dari Kanada, Alberto Mondi dari Italia, Niklas Klabunde dari Jerman, Alex Mazzucchelli dari Swiss, Aurélien Loubert dari Prancis, Zahid Hussain dari Pakistan, Oogi Hitoshi dari Jepang, Wang Xinlin dari China, Christian Burgos dari Meksiko, dan Lucky Abhisek Gupta Dari India. Sayang Lucky semenjak epsode 147, dia keluar karena urusan pribadi. Guillaume dan Albert sudah menjadi panelis semenjak musim pertama. Para panelis dari berbagai latar belakang, karakter, pekerjaan yang berbeda. Setiap debat mereka kerapkali dapat berbicara dengan baik, dan persuasi yang bagus. Menyenangkan sekali melihat mereka berinteraksi. Mereka diluar acara ini pun sering bertemu untuk sekedar hangout bareng. Kalau lihat IG masing-masing member, seru saja melihat persahabatan mereka.

  1. KNOWING BROTHER FROM JTBC

Jeng jeng…. Jawara untuk top 10 korean variety show adalah aneun hyungnim alias Knowing Brother! Acara ini juga di Koreanya semakin populer. Acara ini mengusung konsep sekolahan. Dimana para membernya yang terdiri dari 7 pria akan kedatangan bintang tamu alias murid pindahan. Nanti bersama murid pindahan, para member akan bermain games dan juga kegiatan lainnya. Konsep awal acara ini tak seperti ini. Acara yang disebut juga Ask Us Anything ini awalnya benar-benar random. Awal konsepnya adalah benar-benar bertanya segala hal. Setelah episode 17 mereka mengusung tema sekolah, dan itu dimanti oleh masyarakat korea

Acara ini memiliki beberapa segmen. Segmen yang selalu ada hingga episode terkini (83) adalah guess about me dimana murid pindahan akan melemparkan pertanyaan tentang tentang diri mereka, para member harus menebak jawaban tersebut. Biasanya dalam sesi ini juga akan diselingi sebuah game yang memang dijagokan oleh murid pindahan. Jika tim knowbro menang biasanya nanti mereka akan memiliki sebuah permintaan, apalagi kalau bintang tamunya bintang kelas A macam Rain, Kim Sunah mereka akan meminta mereka untuk tampil lagi dalam acara ini. Setelah itu di segmen kedua ada berbagai macam jenis. Episode 17 keatas hingga 50 mereka bermain Three no’s. sebuah segmen yang membutuhkan kemampuan adlib skit yang baik. Para member dan guest akan bermain sebuah sketsa dengan tema tertentu. Disinilah timbul kelucuan yang absurd. Karena tanpa skrip, tanpa konsep, dan tanpa dasar jadi suka ngaco ceritanya. Ini segmen favoritku, sayangnya sekarang sudah enggak dipakai lagi. Lalu ada juga segmen Songstragam. Disini murid pindahan memiliki sebuah playlist yang terdiri darri 5 lagu. Para member harus menebak lagu apa saja berdasarkan petunjuk yang diberikan dan juga Jonghyun’s game. Segmen ini kadang-kadang suka ada. Lalu segmen yang sekarang-sekarang sering ditampilkan adalah mereka akan diletakkan dalam sebuah sketsa. Nanti akan ada beberapa game atau tantangan yang harus dilakukan.

Acara ini benar-benar menghibur banget. Cast yang solid bikin acara ini kuat. Mereka adalah Kang Hodong si ketua kelas tapi kini digantikan oleh Seo Janghoon, lalu ada Lee Soogeun, Kim Youngchul, Heechul Super Junior, Min Kyunghoon Buzz, dan Lee Sangmin. Para membernya lucunya luar biasa, apalagi Soogeun dan Heechul. Mereka suka saling ledek, terutama Sangmin akan masalah hutangnya, dan juga Janghoon karena kekayaan dan kesendiriannya. Awalnya aku menonton acara ini karena SHINee bintang tamunya di episode 50. Setelah menonton episode tersebut aku mulai ketagihan, lalu lanjut di episode 21 karena ada Red Velvet. Semenjak itu aku jadi mulai menonton episode yang lain hingga sekarang mulai dari episode 50 keatas aku mengikuti acara ini setiap minggunya. Aku pernah bahas tentang acar ini di tumblr ku looh *promo*.

Ya itu tadi adalah TOP 10 FAVORITE KOREAN VARIETY SHOW JEPRETPRESS VERSION. Mungkin bagi yang enggak begitu mengikuti varshow, ada beberapa acara yang tidak familiar. Kalian yang ingin mencoba menonton varshow kusarankan mencoba salah duanya deh. Apalagi Knowing Brother. Itu seru abis. Eh iya sebelum penutupan aku mau honor mention dulu niih buat salah satu varshow melegenda di kalangan fans international.

Jika menyebut varshow yang melegenda, bagi orang korea mungkin jawabannya adalah Infinite Challenge dari MBC atau 2 Days & 1 Night dari KBS, tapi bagiku honor mention favorite Korean variety show adalah Running Man! *karena aku enggak menonton infinite Challenge dan juga 2 days & 1 night wkwkwkwk*.

HONOR MENTION : RUNNING MAN FROM SBS

Varshow inilah acara yang menjadi pintu masuk bagi orang-orang yang belum pernah menonton varshow. Bahkan yang enggak suka korea saja banyak yang menyukai acara ini. Gara-gara mereka menjadi runners, banyak juga yang menjadi fangirl dan fanboy grup idol. Banyak temanku yang jadi suka Korea karena RM. Kakak-kakakku pun yang enggak suka Korea, mereka menikmati acara ini. Bapakku pun ikut nonton acara ini kalau lagi diputer di RTV. Acara ini tuh memang acara pembuka jalan banget. Seperti yang kita ketahui acara ini acara yang mengandalkan fisik sekali. Ciri khas acara ini adalah berlari dan segmen ripped name tag. Banyak keseruan yang timbul. Sayangnya karena mengandalkan fisik dan seiring bertambah usianya para member, kegiatan yang mengandalkan fisik sudah tidak banyak dilakukan lagi. Aku semenjak ganti PD pun jadi enggak mengikuti lagi. Mungkin aku sudah mulai bosan dengan lawakan mereka yang begitu-begitu saja. Hanya saja, acara ini tetap punya tempat spesial di hatiku *ceilaaah*. Acara ini merupakan acara yang harus ditonton minimal 1 episode saja, baik bagi yang non kpopers dan yang kpopers.

Member dari acara ini ada Yoo Jaesuk, Ji Sukjin, Lee Kwangsoo, Kim Jongkook, Song Jihyo, Haha. Dul ada Kang Gary yang muncul dari episode pertama dan sudah bersama selama 6 tahun, tapi pada akhir 2016 dia keluar karena alasan ingin fokus bermusik. Lalu sebelumnya juga ada top star terkini korea, Song Joongki dari episode 1 – 41, lalu Lizzy After School dari 18-26. Lalu sempat ada konflik diawal tahun 2017, dan pada akhirnya mereka mengusung konsep baru dengan tambahan member Jun Somin dan Yang Sechan yang bergabung dari episode 346. Penambahan member ini memicu kontroversi dari fans. Namun ternyata pada akhirnya diterima juga. Aku belum nonton sih yang ada merekanya, tapi kata temanku, mereka menambah keseruan, karena mereka masuk ke jajaran unlucky member. Nanti kalau nyantai aku mau mencoba nonton 1 episode RM dengan member baru,

Korea sendiri banyak memiliki acara variety yang menarik yang tayangnya seminggu sekali. Jadi dalam seminggu banyak sekali acara yang bisa ditonton. Beragam pula. Enggak kayak dikita yang terus-terusan jadi sering kehabisan ide. Aku berharap suatu hari nanti industri pertelevisian Indonesia bisa maju kayak Korea gini.

Selain yang aku sebut diatas, ada juga acara yang aku suka, tapi enggak favorit banget seperti KBS Immortal Songs, KBS Yoo Heeyeol’s Skecthbook, Arirang After School Club *lumayan disini bisa ngasah listening inggris*, SBS Fantastic Duo, Mnet Produce 101 *wanna one… wanna one (pake nada Nayana)*, Mnet Hit The Stage, KBS Happy Together, Mnet New and Yang Nam Show, dan masih banyak lagi ah kalau disebut satu-satu.

Mungkin ke depannya juga, nanti list top 10 ini akan berubah lagi. Mungkin saja nanti ke depannya aku menjadi merasa bosan dengan knowing brother. Mungkin nanti ada acara baru yang bisa menggeser top 10 ini. Who knows? Aku berharap semoga list ini bisa membantu pilihan kalian, jika ingin mencoba menonton varshow. Gara-gara aku nonton kebanyakan varshow, aku sekarang kayaknya lebih tahu artis korea, dibanding artis Indonesia. Varshow kan dari berbagai macam kalangan selebritis. Aku jadi agak mengenal mereka. Setidaknya kalau aku enggak tahu nama, aku ingat mukanya hahaha,

Butuh dihibur kala sedih tapi enggak ada yang bisa menghibur? Korean variety show the answer! Happy laughing guys!

Iklan

4 thoughts on “TOP 10 FAVORITE KOREAN VARIETY SHOW JEPRETPRESS VERSION

  1. Sekedar info ya sis. Coba tonton Lets eat dinner together, Trio Islands sama Hyori bed and breakfast. 3 Varshow korea yg sekarang gw lagi demen. Tambah idol school dan suspicious singer. Selamat mencoba kalau senggang, semoga suka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s