JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2017 PART 2

PhotoGrid_1518242849621

PART 1 BACA DISINI

Selamat datang Kembali di JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2017 saat ini anda berada di part 2 awards ini. Setelah di part sebelumnya telah disebutkan banyak kategori. Di part 2 ini daku akan menyebutkan 8 kategori yang tersisa.

Mohon perhatian, JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2017 dimulai kembali. Kita akan membacakan kategori selanjutnya yaitu Joyfully Squad. Kategori ini diberikan kepada sekelompok orang yang menjalin persahabatan yang amat seru dan rasanya ingin jadi bagian mereka. Nominasi utnuk ketagori Joyfully Squad adalah…..

  1. Aliansi Pemuda Joseon on CT. Kelompok pertemanan yang amat solid. Demi kemerdekaan mereka berjuang bersama walau keadaan mendesak karena pihak Jepang, mereka tetap kuat dan saling melindungi. Pengkhianatanpun terjadi karena melindungi satu sama lain. Persahabatan yang bahkan terus terjalin hingga di kehidupan selanjutnya.
  2. Crude Play Band on TLAHL. Membangun karir bersama-sama dari masa sekolah hingga telah menjadi artis terkenal. Walau terdapat sedikit gesekan, tapi mereka selalu cepat berbaikan. Mereka juga belajar berkembang bersama.
  3. Mamang Delivery Squad on SD. Wah ini masalah solidaritas juara banget squad ini tuh. Setia kawannya benar-benar terlihat. Mereka percaya pada Choi Kangsoo dan rela menyisihkan uang mereka untuk berinvestasi di bisnis aplikasi Strongest Deliveryman.
  4. Belle Epoque Housemate. Walau ada orang baru, tapi tetap pertemanan dan ikatan mereka tetap kuat bahkan mereka jauh lebih mengerti satu sama lain dan saling membantu setiap penghuni dalam melewati masa sulit.
  5. Splash Team on Falsify. Walau penuh intrik di awal-awal dibangunnya kembali Splash team, tapi pada akhirnya mereka saling percaya dan berjuang demi kebenaran. Kalau punya tim kerja seperti mereka, enak sih, dapat saling mengandalkan dan membantu.
  6. Tim Operasi Bisnis on CK. Hampir sama dengan splash team, di awal-wal mereka enggak percaya dengan uri kim gwajang, tapi setelah tahu niat baiknya, mereka semua bersatu untuk membongkar korupsi di TQ group dengan cara tersendiri. Ini juga seru sih kalau rekan kerja kayak mereka.
  7. Bokja Club on ASC. Persahabatan yang dimulai cukup unik, yaitu bersatu untuk membalas dendam pada orang-orang yang menyakiti mereka. Sambil memikirkan rencana balas dendam, mereka malah jadi sering nongkrong bareng dan jadi saling memiliki satu sama lain.

Wah untuk Kategori ini banyak yang nominasinya. Jujur untuk memilih nominasinya saja sudah sulit karena banyak sekali drama yang memiliki squad yang menyenangkan, akhirnya setelah menyeleksi aku memilih 7 nominasi ini. Dari tujuh ini aku masih harus menyeleksi lagi pemenangnya. Setelah ku berpikir dengan matang dan pada akhirnya hatiku memilih Belle Epoque Housemate untuk mempertahankan gelar sebagai Joyfully Squad. Pesona squad mereka dari tahun kemaren belum luntur.

Selajutnya adalah salah satu kategori favoritku yaitu Second Lead Syndrome. Tahun ini aku enggak terjangkit SLS yang parah. Paling hanya sekedar aku enggak tega sama karakter dia. Tahun ini sedikit drama (yang aku tonton) yang menampilkan kisah cinta segitiga atau segiempat. Rata-rata second leadnya punya kisah sendiri. Awalnya aku ragu mau bikin nominasi ini, tapi tetap saja kategori ini harus ada dong, karena kategori ini harus kupersembahkan bagi second lead yang lebih menggoda, dan ini dialah para karakter yang telah membuatku nyaris kambuh…..

  1. Han Wootak (Jung Haein) on WYWS. Gemas banget sama dia. Enggak terang-terangan, tapi enggak sembunyi-sembunyi juga. Cari perhatiannya bisa banget, tapi walau tahu bertepuk sebelah tangan, dia enggak maksa. Dia itu pesonanya luar biasa.
  2. Seo Chanyoung (Lee Seowon) on TLAHL. Dia itu baik banget. Benar-benar memprioritaskan Sorim dan ingin terbaik untuk Sorim walau harus mengorbankan dirinya.
  3. Yoon Jinsook (Jung Hyesung) on Manhole. Semenjak kemunculan dia pertama kali, aku sudah merasa akan kena SLS. Sikap dia yang penuh perhatian pada Pil dan selalu membantunya. Ditambah cerita awalnya aku berpikir Pil memang akan berakhir dengan Jinsook. Dia karakter SLS yang loveable sampai akhirnya penulisnya menghancurkan karakternya menjadi second lead yang menyedihkan.
  4. Kim Hwagoon (Yoon Sohee) on RMOTM. Terlepas dari akting Yoon Sohee yang kurang, karakter dia merupakan karakter yang menarik. Cinta tanpa syaratnya benar-benar totalitas, dan membuatku merasa sedih.

Honorable Mention : Jung Namgil (Chang Kiyoung) on Go Back Couple. Aku cuman baca rekapannya saja sudah merasa SLS, apalagi kalau nonton melihat gerak-geriknya?? Makinlah aku SLS huhuhuhu.

Pilihan yang agak sulit. Bukan karena mereka semua bikin aku SLS parah, tapi karena enggak yang benar-benar berasa SLSnya. Walau begitu keempat karakter diatas plus karakter Namgil merupakan karakter second lead yang aku ingin mereka bahagia. Setelah ditimbang akhirnya aku memilih Second Lead Syndrome Jatuh kepada…… Selamat karakter Yoon Jinsook! Aku ingin dia berlabuh pada Pil diakhir cerita, tapi sayang penulisnya mengacaukan semuanya.

Sekarang Aku ingin mengajak kalian berdelusi hahahaha. Kategori ini merupakan kategori untuk para tokoh pria utama yang amat menggoda dan minta banget dipacarin *kalau mereka mau* sama para cewek-cewek jones dengan tingkat delusi akut. This is Boyfriend Material…

  1. Nam Sehee (Lee Minki) on BTLIOF. Karakter Tsunderenya benar-benar menarik perhatian wanita. Perhatian diam-diam yang diberikan sukses bikin kita para cewek kesengsem sendiri.
  2. Choi Kangsoo (Go Kyungpyo) on SD. Pekerja keras. Pantang menyerah. Benar-benar tipe cowok masa depan yang cerah. Ditambah kalau sudah cemburu lucu banget. Sekalinya jatuh cinta, benar-benar rela melakukan apapun.
  3. Ahn Minhyuk (Park Hyungsik) on SWDBS. Tipe cowok yang menerima ceweknya apa adanya. Enggak ragu untuk menunjukkan rasa cintanya walau kadang berlebihan. Walau begitu sikap manisnya ke Bongsoon pasti bikin kita para cewek iri.
  4. Im Sungmin (Son Seungwon) on AOY2. Dia juga termasuk cowok yang menerima apa adanya. Paling pengertian terhadap wanita yang Ia suka. Setiap diminta tolong pasti selalu mau, walau awalnya sulit. Kalau sudah khawatir, wah ratusan kilometer juga dijabani.
  5. Noh Jiwook (Ji Changwook) on SP. Dia juga tipe tsundere macam Sehee, tapi ga se tsundere Sehee. Sikap mau enggak maunya menggemaskan dan bikin pengen kita dekati. Perlindungannya pada wanita yang dia cintai sangat total, malah protektif hihihi.
  6. Han Sejoo/Seo Hwiyoung (Yoo Ahin) on CT. another tsundere man. Memang ya cowok-cowok tsundere itu punya pesona sendiri. Gemes sama cara dia kencan sebagai fanservice

Semuanya rasanya ingin aku jadikan pacar. Apalagi kalau ganteng macam mereka hahaha. Cuman aku ini wanita yang berpendirian dan bukan player hahaha jadi aku akan memilihi Im Sungmin sebagai Boyfriend Material. Enggak ada yang lebih baik jatuh cinta pada sahabat sendiri karena sudah saling mengenal. Ya Song Jiwon kamu beruntung memiliki Sungmin disisimu!

Next! Aku masih ingin mengajak kalian untuk berdelusi. Inilah surganya para shipper, yaitu Couple Should Dating in Real Life!!! Nominasi yang masuk kategori ini adalah pasangan-pasangan dalam drama yang memiliki chemistry yang aku sukai melihatnya dan jelas ikatannya amat kuat, saking kuat dan cocoknya membuat kita berharap jika mereka berkencan dalam kehidupan nyata. Untuk kategori ini nominasinya tampaknya akan banyak, karena banyak pasangan yang aku suka chemistrynya, dan nominasinya adalah…

  1. Lee Jongsuk & Suzy as Jung Jaechan & Nam Hongjoo on WYWS. Visual couple yang menarik perhatian kita, baik onscreen maupun offscreen. Jongsuk termasuk aktor yang jago bangun chemistry sama lawan mainnya. Tiap tahun dia masuk terus untuk kategori ini.
  2. Park Hyungsik & Park Boyoung as Ahn Minhyuk & Do Bongsoon on SWDBS. Gemes banget sama mereka, apalagi perbedaan tingginya. Tatapan Minhyuk ke Bongsoon itu bikin meleleh.
  3. Park Seojun & Kim Jiwon as Go Dongman & Choi Aera on FMW. Karena sahabatan jadi dari awal juga sudah berasa chemistry
  4. Yoo Ahin & Im Soojung as Han Sejoo & Jeon Seol on CT. Aku menikmati setiap detik yang mereka lewati bersama, apalagi pas jaman revolusi Jepang. Setiap detik yang mereka lewatkan terasa menyejukkan.
  5. Ji Changwook & Nam Jihyun as Noh Jiwook & Eun Bonghee on SP. Sama seperti visual couple interaksi onscreen dan offscreen mereka menyenangkan dan bikin jantung ikut berdegup kencang.
  6. Son Seungwon & Park Eunbin as Im Sungmin & Song Jiwon on AOY2. Walau mereka tidak menjadi official couple dan terus terjebak friendzone tapi chemistrynya berasa banget. Apalagi karena ini mereka kedua kalinya main bareng.
  7. Lee Minki & Jung Somin as Nam Sehee and Yoon Jiho on BTLIOF. Semua sikap manis mereka sukses bikin aku senyum-senyum sendiri dan deg-deg an.
  8. Lee Jehoon & Shin Minah as Yoon Sojoon & Song Marin on TWY. Chemistry pengantin barunya berasa bikin para jomblo ingin cepat menikah hahahaha. Ditambah iklan kamera mereka juga manis banget. Aku sampai lupa kalau Shin Minah aslinya punya pacar.

Honorable mention : Lee Joon & Jung Somin as Ahn Joonghee & Byun Miyoung on Father Is Strange. Aku cuman lihat mereka sebentar saja sudah berasa getaran asmaranya, apalagi pas lihat pictorial magazine, berasa banget chemistrynya. Tahunya mereka dating benaran hahaha. I’m happy for you, our oppa-dongsaeng couple.

Sebenarnya masih banyak juga sih chemistry yang bagus, tapi 8 pasangan ini lah yang menjadi favoritku. Pasangan yang harusnya kencan beneran karena saking berasanya getaran asmara mereka adalah….. selamat kepada Son Seungwon & Park Eunbin. Aku masih enggak mau move on dari Ssongsungmin couple. Dear dramagod….. please let them act in romcom drama as couple huhuhuhu sayang banget chemistry mereka terbuang percuma.

Selanjutnya kategori baru di tahun ini, yaitu Lovely Side Couple. Kategori ini aku buat karena drama tahun ini banyak menampilkan kisah pasangan karakter pendukung yang enggak kalah menarik dari karakter utama. Sama seperti kategori Couple Should Dating In Real Life, kategori ini akan menyajikan pasangan yang memiliki chemistry yang bagus. Penuh cinta, lovely. Nominee are…….

  1. Esom & Park Byungeun as Woo Sooji & Ma Sanggoo on BTIOFL. Seru melihat perkembangan hubungan mereka. Yang awalnya pakai kontrak, sebatas fisik dan butuh rasa kasih sayang tanpa mencampuri urusan pribadi, sampai akhirnya menjadi serius.
  2. Choi Ara & Kim Minseok as Jo Eun & Seo Janghoon on AOY2. Lucu sekali melihat mereka berdua. Perbedaan tinggi malah makin bikin gemas. Interaksi offscreen mereka juga berasa intens, saling komen IG hihihi.
  3. Go Wonhee & Kim Sunho as Lee Jiyoon & Oh Jingyu on SD. Pasangan chaebol yang amat menggemaskan. Berantem-berantem eh malah pacaran hahaha.
  4. Park Seyoung & Kwon Yool as Choi Sooyeon & Kang Jungil on Whisper. Evil couple yang sebenarnya enggak banyak momen, walau dari foto-foto mereka doang, chemistry tuh sudah kena banget.

Pemenang untuk kategori Lovely Side Couple adalah……. Park Seyoung & Kwon Yool Chukadeurimnida…. Walau mereka pecah kongsi, tapi aku merasakan sekali ketulusan mereka. Aku enggak keberatan kalau mereka nanti reunian di drama lain sebagai pasangan.

Soundtrack untuk sebuah drama merupakan komponen penting. Suatu adegan enggak ada musik yang melatari yang mendukung akan terasa hampa. Sebagai penikmat musik tentunya OST-OST drama enak untuk didengarkan, tapi hanya segelintir saja yang benar-benar aku sadari kehadiran nadanya dan juga keperhatiin dengan baik masuk telinga dan bahkan terngiang-ngiang. Makanya hanya yang benar-benar terpilih yang bisa masuk nominasi ini. Racun istilahnya untuk suatu lagu yang bikin nagih. The Most Poison OST, nominees are…..

  1. Min Kyunghoon Buzz – Here I Am (LUTYN OST). Musik rocknya yang amat ngebeat langsung nempel kalau dengar drama ini. Hampir setiap episode diputer terus dan aku amat menikmati juga suara Kyunghoon.
  2. Mamamoo – Double Trouble Couple (SWDBS OST). Seperti biasa kalau Mamamoo sudah ngisi OST suka berbau soul, Rnb, jenis musik yang kusukai.
  3. Kim Chungha – Pit a Pat (SWDBS OST). Lagunya lovely gitu enggak sih? Cocok mengiringi waktu kencannya Minhyuk dan Bongsoon.
  4. Eunkwang, Hyunsik, Sungjae BTOB – Ambiguous (FMW OST). Alasan bias sih aku menyukai OST ini, tapi masalahnya hampir semua scene manis drama ini lagu yang diputar adalah lagu ini, ya gimana enggak racun?
  5. John Park – Fateful Love (The Package OST). Lagu yang menenangkan untuk setiap adegan manis berlatar belakang landscape Cocok banget sama aura Prancis.
  6. Lim Jueun – Imagine (The Package OST). Ini lagunya ala seriosa jadi makin berasa drama dengan latar Prancisnya tuh.
  7. Joy Red Velvet – Shiny Boy (TLAHL OST) . Alasannya masih karena bias juga sih, Red Velvet gitu. Cuman suara dia yang memang menyegarkan bikin nagih sendiri.

Diantara keenam OST yang benar-benar racun lagunya sehingga terngiang-ngiang. Enggak bosen-bosen aku putar lagunya adalah Fateful Love by John Park! Lagunya enak banget. Sebelum tidur pasti kuputer lagu itu, selama 2 bulan kebelakang ini.

Wah semakin mendekat dengan akhir. Kali ini aku akan masuk ketagori yang aku peruntukkan untuk para senior. Berikut adalah kategori yang disuguhkan untuk para sesepuh peraktingan. Para senior yang berhak mendapatkan daesang dipenghargaan asli dengan pengalaman akting tak terhitung sehingga kemampuannya tak perlu diragukan. This is  Master of Acting, and nominee are….

  1. Jisung as Park Jungwoo on Defendant. Dia selalu totalitas dalam akting. Semua emosi dan ekspresi Jungwoo selama melawan kejahatan Cha Minho adalah milik Jisung, dan very very well done.
  2. Uhm Kijoon as Cha Minho on Defendant. Sama seperti Jisung, dia juga total. Aktingnya juara banget sih. Memerankan sosok kembar dan bisa amat begitu berbeda.
  3. Ra Miran as Hong Dohee on ASC. Kehebohan Ahjummanya keren banget. Komedi timingnya juga bagus banget. Emosi sebagai seorang ibu dan wanitanya di delivery dengan sangat baik.
  4. Kim Kangwoo as Kim Joonhyuk on Circle. Mantap sih akting dia sebagai saudara yang mencari kembarannya yang hilang. Aku tertipu dengan gerak-geriknya yang aku sangka kalau dia bukan lah orang yang kusangka.
  5. Lee Boyoung as Shin Youngjoon on Whisper. Comeback-nya Lee Boyoung setelah vakum ini sukses besar dan dia menunjukkan kalau kemampuannya enggak hilang.
  6. Kim Joohyuk (alm) as Kim Baekjin on Argon. Proyek terakhir almarhum sebelum pergi selamanya, benar-benar menunjukkan kepiawaiannya berakting. Perannya yang kompleks sebagai news anchor dan kepala Jurnalis dan juga seorang ayah.

 Ketebak ya dari deskripsiku diatas siapa Jawaranya. Yap, betul, Uhm Kijoon lah yang berhasil memenangkan Master Acting 2017. Akting dia juara banget banget banget. Ketika dia menjadi Cha Sunho, Cha Minho, dan juga Cha Minho yang berpura-pura menjadi Cha Sunho benar-benar beda dan keren abis. Sayang dia enggak dapat daesang. Padahal daesangnya bisa dua bareng sama Jisung.

Ini benar-benar menjelang akhir. Kategori kedua terakhir yaitu, Mini Drama 2017 Terciamik. Award  yang diberikan untuk drama spesial, webdrama, atau mini drama yang tayang di tahun 2016 dan jelas aku tonton dan ceritanya aku sukai. Drama-drama tersebut adalah….

  1. Individualist Miss Jiyoung. Drama 2 episode ini penuh makna. Kita jadi memahami untuk memahami berbagai macam orang, terutama orang-orang yang memiliki masalah trauma atau tekanan.
  2. If We Were In Love. Drama yang manis namun bikin baper karena endingnya yang bittersweet. Ya beginilah jadinya kalau cinta enggak ngomong huhuhuhu.
  3. Madame Jung’s Last Week. Drama singkat yang menyentuh dan heartwarming. Seburuk apapun orang tersebut pasti masih ada sisi kemanusiaannya dan juga yang disebut dan menjadi orang tua bisa jadi bukanlah karena hubungan darah.

Ya cuman segitu saja nominasinya karena aku cuman nonton 3 itu dan itu semua drama spesialnya KBS. Aku memang berencana untuk menonton semua drama spesial KBS tahun 2017, tapi belum ada waktu. Sudahlah mari kita kembali ke acara. And the winner goes to….. give congratulation to Individualist Miss Jiyoung. Drama yang tampak sederhana, padahal menyimpan makna yang mendalam.

Aaah..  setelah banyak kategori disebutkan, kita akhirnya sampai juga di kategori terakhir. Kategori yang bisa disebut Daesang mungkin kalau di award-award Korea sana. Drama Terciamik 2017. Drama yang masuk nominasi drama ini merupakan drama-drama favoritku. Drama-drama yang amat meninggalkan kesan bagiku,pokoknya drama yang sangat aku rekomendasikan untuk wajib tonton. Nominasi untuk Drama Terciamik 2017.

  1. Chief Kim. Cerita mengenai dunia kantor yang sedang membongkar korupsi yang terjadi diperusahaannya dengan cara gila yang mengocok perut. Tiada satu episode yang terlewatkan tanpa ketawa. Ide yang cukup segar dan eksekusi yang bagus.
  2. Chicago Typewriter. Kisah cinta yang memiliki magis tersendiri. Alur, jalan cerita, semuanya mengalir alami. Ditambah dengan kisah revolusi jepang yang bikin kita penasaran. Drama romantis terromantis di tahun 2017 ini.
  3. Circle. Drama yang memiliki cerita dan ide baru di dunia perdramaan. Jarang-jarang bawa genre science fiction ke layar kaca. Cerita yang rumit ini dapat dieksekusi dengan sangat baik. Kebayang kan kalau idenya bagus tapi eksekusinya buruk? Drama ini tuh termasuk yang seluruh aspeknya well done.
  4. Age of Youth 2. Seperti tahun kemaren, drama ini masih memiliki pesona yang sama, bahkan lebih mempesona dibanding seri sebelumnya. Kisah slice of lifenya yang kena banget.
  5. Because This Life Is Our First. Satu kalimat saja untuk menggambarkan drama ini. Drama komedi romantis terbaik tahun 2017. Sebuah oase ditengah drama-drama yang rumit. Drama ini membawa sesuatu yang sederhana menjadi sebuah keindahan.
  6. Avengers Social Club. Kisah Ahjumma-ahjumma yang mau balas dendam ini amat menarik. Jarang banget drama yang berpusar pada cewek dan dieksekusi dengan baik.

Honorable Mention : Father is Strange. Drama keluarga yang heartwarming banget dan walau makjang tapi enggak berlarut-larut. Alurnya cukup cepat untuk drama keluarga 50 episode. Kalau ada waktu asli deh aku ingin nonton drama ini.

Another Honorable mention : Solomon’s Perjury. Drama ini tuh underrated banget karena yang mainnya rookie semua. Di kalangan fans drama Indonesia juga enggak banyak yang nonton ini. Aku pun kalau ada waktu sebenarnya ingin nonton drama ini. Dramanya bagus, drama remaja yang beda dan juga melibatkan mengenai mental illness dimana orang-orang masih banyak yang enggak sadar.

Agak sulit loh memilih nominasi untuk kategori ini. Aku harus menyingkirkan satu drama dari nominasi ini. Mau masukin 7 nominator, terlalu banyak, karena aku ada rencana mau membuat Top 10 kdrama 2017. Nantikan yaaaa walau tampaknya agak butuh waktu untuk menulis itu wkwkwk. Seperti biasa untuk kategori ini tidak ada pemenangnya karena aku sulit memilih, tapi keenam drama ini adalah wajib untuk kalian coba tonton. Drama-drama diatas merupakan drama-drama yang bagus dan sayang jika dilewatkan.

Overall, tahun 2017 bukan tahun yang terlalu bagus untuk drama-drama korea, karena dari segi rating juga banyak yang kecil apalagi drama-drama di stasiun publik. Banyak cerita yang ditawarkan tapi eksekusinya kruang jadi rasanya biasa saja. Aku pun prefer ke drama-drama di tv kabel, karena mereka lebih “berani” masalah ide. Tahun ini Aku begitu tertarik dengan drama-drama JTBC. Hampir semua drama JTBC aku tonton, kalau enggak aku tonton pun aku membaca rekapannya seperti Man To Man, Solomon’s Perjury. Aku juga ada rencana untuk menonton Woman of Dignity *sudah ditangan, tinggal ditonton*. Ada niat untuk menonton Just Between Lovers, tapi lihat nanti deh.

Alhamdulilah, Kita sampai juga di penghujung acara. Terima kasih kepada yang sudah mengikuti blogku, yang sudah membaca review-review dramaku.. Dramabeans thanks a lot. My drama reference is really depend on your recap team and your readers. Terima kasih juga untuk blog-blog yang sudah menyediakan unduhan drama-drama dramakoreaindo dan kordramas, dan juga teteh-teteh di kotkem. Bagi kalian yang menanti review drama yang belum kutulis tapi sudah ku tonton, harap bersabar hahahaha.

Berakhir sudah acara JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2017, mohon maaf jika kalian tak suka dan tak setuju. Aku membuat ini hanya untuk iseng-iseng saja. Selera orang kan beda-beda, tapi aku akan seang sekali kalau ternyata ini bisa menjadi acuan kalian untuk memilih drama yang akan kalian tonton. Maafkan juga jika salah kata, inggris capruk, dan juga typo betebaran. Kesempurnaan milik Allah SWT, kekhliafan pada bunda dorce, dan Serba salah milik Raisa *apa siiih naaaan geje, garing banget wkwk*. Sampai berjumpa di JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2018 *semoga bisa tetep nulis walau aku sibuk* Annyeonghi gyeseyo~

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s