TOP 10 KDRAMA 2017 VERSI JEPRETPRESS

Seperti tahun kemaren, aku akan membuat daftar TOP 10 KDRAMA 2017 VERSI JEPRETPRESS. Untuk tahun 2017 ini agak sulit memilih mana drama yang yang masuk list, karena memang cuman sedikit yang mengena dihati drama 2017 yang ku tonton. Drama yang kutonton banyak dan banyak juga yang menarik, seru, tapi hanya sedikit yang tersimpan dihati yang meninggalkan bekas dan jejak di memoriku.

Perlu aku ingatkan kembali, daftar Top 10 ini merupakan drama-drama pilihanku yang aku pilih berdasarkan seleraku, jadi mungkin hasilnya akan berbeda dengan kalian. Jadi drama yang terpilih ini tak begitu berbicara kualitas, walau kualitas jelas memegang peranan. Drama yang masuk top 10 ini merupakan drama yang amat aku nikmati hingga tersimpan di hati *nae maeum soge jeojang!*. Bisa dikatakan drama yang masuk top 10 ini merupakan drama terrekomendasi dariku. Aku mencoba untuk menyebarkan “virus” drama favoritku kepada orang lain hehehehe. Intinya sih dengan list drama ini aku ingin berkata “Kalian harus mencoba tonton salah satu dari drama yang masuk top 10, kalau enggak rugi!” hahahahha.

Nah daftar drama yang masuk Top 10 ini tentunya adalah drama-drama yang sudah ku tonton. Jadi mungkin ada drama yang populer dan terkenal bagus tidak masuk. Hal itu bisa jadi karena aku belum menonton drama tersebut. Drama 2017 yang ku tonton di tahun 2017 ada sebanyak 27 yang terdiri dari 21 drama biasa, 3 drama special, 2 drama aku drop, dan 1 drama aku hold. Nah oleh karena itu, baiknya kita sedikit napak tilas apa saja sih drama yang sudah ku tonton? Dan bagaimana ratingnya? Let’s check it out!

  1. Defendant (4/5). Drama legal yang menarik, karena kita sudah tahu siapa yang membunuhnya, tapi kita enggak tahu kenapa si tokoh utama bisa lupa ingatan, lalu apa yang sebenarnya terjadi. Aku menikmati pertarungan antara Cha Minho dan Park Jungwoo
  2. Tomorrow With You (3,65/5). Sebuah drama time traveling yang penuh dengan romansa yang manis. Bawaannya pasti sirik setiap melihat pasangan pengantin baru Song Mari dan Yoon Sojoon. Walau agak ribet sih dengan urusan misteri menghilangnya Sojoon di masa depan, namun tetap menjadi drama yang manis dan hangat.
  3. Chief Kim (4/5). Komedinya juara bikin kita pegal rahang karena lucu banget. Banyak tingkah Kim Gwajang yang tidak terduga. Konflik kerja dan korupsi perusahaan yang dibalut dengan komedi yang sangat baik.
  4. Strong Woman Do Bongsoon (3,7/5). Drama komedi romantis yang penuh dengan komedi slapstick mengocok perut. Tingkat keromantisannya juga bikin diabetes karena interaksi pasangan yang manis.
  5. Voice (4/5). Drama kriminal yang unik karena mengandung sedikit fantasi mengenai kemampuan membedakan suara. Kalau haus drama yang sadis mungkin harus mencoba drama ini.
  6. The Liar and His Lover (3,5/5). Sebuah drama remaja yang penuh dengan musik yang enak. Kisah persahabatan dan percintaan yang tidak rumit selalu menjadi tontonan yang ringan.
  7. Whisper (3,85/5). Konflik dunia hukum yang rumit dan penuh intrik. Walau agak makjang anehnya ku menikmatinya walau ya agak berat sih.
  8. Chicago Typewriter (4/5). Sebuah drama yang menenangkan dan manis banget. Kisah cinta yang penuh perjuangan apalagi dalam masa lalu. Aku menikmati sekali kisah reinkarnasi mereka dan malah penasaran banget sama masa revolusi jepang di korea.
  9. Circle (4,3/5). Drama yang agak beda ceritanya dibanding dengan drama korea lainnya. Mengangkat cerita science fiction, kita akan penasaran dengan misteri hilangnya si kembar dan apa hubungannya dengan alien.
  10. Suspicious Partner (3,7/5). Ketika mantan terdakwa menjadi pacar mantan jaksa. Cukup lengkap sih drama ini ada komedinya, romantisnya, dan juga misterinya.
  11. Fight My Way (3,6/5). Drama mengenai friendzone selalu menjadi plot yang menarik perhatianku. Langsung berasa chemistrynya dan bikin senyum-senyum sendiri. Ditambah kehidupan realitas mereka yang biasa saja sehingga terasa relateable.
  12. Ruler : Master of The Mask (3,4/5). Drama sageuk yang mungkin sebagian orang menikmati konfliknya, tapi aku tidak. Aku merasa lelah dengan konflik mereka yang berputar-putar. Salah satu drama yang memiliki awal yang bagus, lalu pertengahan menjelang akhir menurun.
  13. My Sassy Girl (3,5/5). Kalau cuman butuh hiburan berupa cerita yang romantis dan lucu, lalu berlatar belakang zaman Joseon, mungkin bisa dicoba. Seperti drama romcom biasa namun dengan latar belakang zaman Joseon.
  14. Falsify (3,75/5). Dari drama ini kita mengerti bagaimana peran media dalam sudut pandang masyarakat dan dimanfaat oleh para politik baik untuk kebaikan ataupun kepicikan mereka.
  15. Strongest Deliveryman (3,55/5). Berasa baca buku motivasi dan dongeng saat nonton drama ini. Kita berasa bersemangat untuk tidak menyerah akan impian, tapi disaat yang sama merasa ah yang begini di drama doang, realita mana ada. Satu hal yang nempel banget adalah, perbanyak kenalan agar hidupmu lancar sentosa.
  16. Age of Youth 2 (4/5). The girls are back! Walau ada sedikit perubahan tapi tidak mengurangi dan aku tetap menikmati kisah kelima gadis ini, terutama the crazy girl Song Jiwon.
  17. Because This Life Is Our First (4/5). Drama romcom yang kisahnya sebenarnya klise, kawin kontrak. Entah kenapa dia punya magis sendiri sehingga cerita klisenya menyihirku.
  18. The Package (3,8/5). Cerita kehidupan yang terungkap melalui orang-orang yang traveling. Apa yang kita lihat belum tentu apa yang terjadi. Drama yang menyentuh. Pembelajaran hidup yang mengena dan bawaannya jadi ingin liburan.
  19. While You Were Sleeping (3,75/5). Drama dengan cerita agak segar dimana orang bermimpi akan masa depan. Romansa, komedi, dan misterinya menjadikan drama ini mengalir dengan baik.
  20. Live Up To Your Name (3,8/5). Kita jadi mengenal mengenai dunia kedokteran oriental. Aku menikmati konsep time travelingnya karena kedua tokoh utamanya bisa time travel dan juga romansa yang manis dan kuat.
  21. Avengers Social Club (4/5). Wah cerita female centristnya luar biasa. Cerita balas dendam yang tidak biasa dan penuh kelucuan tentunya. Banyak hal yang dapat kuambil dari drama ini.
  22. Individualist Miss Jiyoung (3,85/5). Walau singkat tapi benar-benar menarik. Heartwarming dan membuat kita memahami lagi orang-orang dengan mental disorder.
  23. If We Were In Love (3,7/5). Another friendzone story. Kalau kamu enggak bilang rasa sayangmu itu, bisa keburu diambil orang atau jadi tak peduli lagi.
  24. Madame Jung’s Last Week (3,9/5). Drama spesialnya KBS tuh ya banyak yang menarik. Ini juga, bagaimana hubungan antara seorang Ahjumma dan anak kecil bisa terjalin hanya dalam waktu beberapa hari menghabiskan waktu bersama. Drama yang lucu tapi juga bikin kita meneteskan air mata.

Ya itulah list drama 2017 yang telah kutonton. Aku memang banyak memberi rating tinggi, namun walau begitu tetap hanya sedikit yang berbekas dihati. Memang semakin besar ratingnya akan semakin besar kemungkinan masuk Top 10 versiku. Semua drama yang masuk nominasi Drama Terciamik 2017 di JEPRETPRESS DRAMA AWARDS 2017 sudah pasti masuk top 10. Jadi kita tentu sudah mengetahui 6 drama, nah 4 drama laginya apa sih? Daripada penasaran, mending kita langsung saja, mana drama yang nae maeum soge jeojang. Berikut adalah TOP 10 KDRAMA 2017 VERSI JEPRETPRESS. Untuk sekedar informasi, nomor  disini bukan sebagai urutan ya, melainkan sebuah penanda saja. Yuk cus cek apa saja listnya.

  1. Chief Kim. Drama yang mengangkat tema workplace ini memang juara kalau soal komedi. Kisah yang bisa jadi berat, karena bercerita mengenai bisnis dan korupsi perusahaan, bisa dibawakan dengan ringan karena berbalut dengan komedi yang cerdas. Akting para pemainnya juga solid.
  2. Chicago Typewriter. Kehidupan penulis yang tiba-tiba writer’s block ditambah unsure sedikit horror dan kisah cinta serta perjuangannya benar-benar menarik. Ditambah juga mengenai kehidupan reinkarnasi yang bikin kita kepo dengan kejadian di masa lalu. Drama yang unik.
  3. Circle. Cerita yang mantap benar. Jarang-jarang kdrama ngangkat science fiction. Alur yang cepat dan misteri yang bikin kepo luar biasa pasti langsung ingin menghabiskannya dengan cepat. Aku jamin sehari sampai dua hari kalian akan menghabiskan drama ini gara-gara penasaran. Ah aku butuh musim kedua untuk drama ini.
  4. Age of Youth 2. Cerita anak muda berusia 20an ini memang enggak ada habisnya. Pesona drama ini enggak ada habisnya. Aku benar-benar menikmati cerita kehidupan para penghuni Belle Epoque ini.
  5. Because This Life is Our First. Drama Romcom terbaik ditahun 2017. Drama ini memang oase banget ditengah gurun drama legal, drama intrik berat. Sesuatu yang sederhana itu memang selalu menjadi nilai tambah. Drama yang sanggup bikin aku kesengsem sendiri.
  6. Avengers Social Club. Aku menikmati sekali pertemanan Bokja Club dan rencana-rencana balas dendam mereka. Jarang-jarang drama korea yang menjadikan 3 ahjumma dengan usia diatas 35 tahun sebagai tokoh utama. Cara balas dendam mereka yang ajaib benar-benar menjadi keseruan tersendiri. Bokja club fighthing!
  7. Defendant. Drama legal di tahun 2017 yang sangat aku nikmati. Villainnya benar-benar berkesan dan tokohnya agak unik karena dia tetap sayang anak dan istri tanpa kepura-puraan. Pertarungan yang sengit.
  8. Voice. Drama kriminal termantap di 2017. Drama ini agak beda karena mengangkat cerita mengenai kepolisian layanan panggilan darurat. Sebuah layanan mungkin yang agak terlupakan oleh masyarakat apalagi di Indonesia. Cara kerja tim yang bagus dan tentu kerja tim impian di kepolisian. Tokoh antagonis yang sadis dan psikopat juga memiliki pesona tersendiri.
  9. The Package. Cerita mengenai sekumpul orang yang traveling dengan berbagai latar belakang, karakter berbeda dan berusaha memahami satu sama lain. Setiap peserta tur memiliki cerita tersendiri yang sederhana namun menyentuh. Kita juga jadi dapat merasakan tur di Perancis dan Perancis tak selalu tentang Paris. Side story, kisah para pesertanya menarik, walau aku enggak begitu tertarik dengan kisah percintaan tokoh utamanya.
  10. While You Were Sleeping. Aku selalu suka drama-drama yang ditulis Park Hyeryun. Walau banyak celahnya, tapi selalu saja menarik. Karakter dan cerita yang dibawanya selalu membawa pesan. Selain itu kisah cinta yang menggemaskannya bikin betah.

Ya itulah TOP 10 KDRAMA 2017 VERSI JEPRETPRESS. Aku akan honorable mention juga nih ke drama-drama special KBS yaitu If We Were In Love, Individualist Miss Jiyoung, Madame Jung’s Last Week. Ketiga drama tersebut harus dicoba ditonton apalagi buat yang enggak punya banyak waktu tapi tetap ingin menonton drama, karena singkatnya jumlah episode. Lalu honorable mention juga untuk Live Up To Your Name satu-satunya drama medis yang ku tonton. Drama yang well excecuted tapi belum bisa menggapai hatiku sehingga gagal masuk Top 10.

Sedikit kesimpulan dan rangkuman dariku. Di tahun 2017 ini banyak drama dengan plot yang menarik dan genre yang lebih beragam dan unik. Sayangnya tetap ada dominasi dari genre legal,kriminal *ehem SBS*. Jadi agak menyebabkan kebosanan. Aku harap, tolong ya SBS, stop membuat drama legal,kriminal terus menerus. Di tahun 2017 ini SBS tuh Begitu satu beres, ganti dengan drama legal,kriminal lainnya. SBS tetap menyajikan romcom tapi sayangnya tetap ada legalnya. Ah lelah rasanya. Di stasiun tv lainnya pun tetap ada yang menyajikan drama legal,kriminal, seperti OCN yang memang sudah ahlinya, TvN dengan Secret Forestnya, KBS dengan Mystery Queen dan Witch Courtnya. Lalu drama dari stasiun umum rasanya terlalu biasa dan kurang menarik, sehingga untuk tahun ini aku memang lebih banyak melirik drama dari stasiun kabel. Mungkin karena mereka stasiun kabel jadi lebih bebas ya, enggak terlalu ketat. Harapanku untuk drama korea di tahun 2018 adalah genrenya lebih beragam tidak didominasi satu genre saja. Lalu drama yang memiliki plot awal dan ide bagus tereksekusi dengan baik. Semoga juga enggak ada lagi drama yang bagus awalnya, pertengahan atau bahkan akhir ceritanya malah jadi menurun.

Aku harap kalian dapat lebih handal memilih kdrama yang akan kalian tonton dengan baik. Aku harap juga daftar Top 10 ku ini bisa menjadia acuan kalian untuk memilih drama yang ingin kalian tonton. Semoga bermanfaat…..

Sampai jumpa di reviewku selanjutnya. FYI lagi nih, aku enggak akan nulis review drama Live Up To Your Name, The Package, Avengers Social Club,  dan Because This Life is Our First. Aku sudah agak lupa detailnya karena sudah agak lama aku menonton keempat drama tersebut. Aku mencoba menulis review untuk The Package, tapi sayangnya aku stuck di halaman kedua. Kalau aku sudah tidak stuck mungkin akan aku lanjut.

Aku ada rencana untuk menonton drama yang sudah tamat yaitu Woman of Dignity, Secret Forest, Nothing To Lose, dan Wise Prison Life. Aku usahakan untuk mereview keempatnya, tapi kalau tidak ada waktu, mungkin satu atau dua drama dari empat drama tersebut akan kureview.

Akhir kata, *beneran ini mah* sampai jumpa di reviewku selanjutnya. Jangan bosan-bosan mampir ya.

Annyeonghi Gyeseyo~

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s