New Korean Variety Show in 2018 that I Watched

Haloooo, I’m back!!!

Enggak kerasa ya 2018 ini sudah sampai bulan Juli. Setengah tahun dari 2018 sudah dijalani. Selama 6 bulan ini banyak hal yang terjadi, ada kejadian yang berkesan buatku sampai bikin aku down dan jadi enggak mood ngedrama karena terkadang ada adegan yang mengingatkanku pada kejadian itu. Makanya aku belum posting-posting lagi tentang review drama, karena aku belum nonton drama lagi. Ditambah waktu juga sih, karena ku sekarang cuman bisa nonton drama ataupun variety di malam hari antara jam 8-10 malam. Kalau belum ngantuk bisa lanjut sampai jam 11 malam.

Sekarang aku masih proses healing dan sudah mulai terobati *halah bahasa mu nan!* mulai mencoba untuk mulai ngedrama lagi, tapi masalahnya aku sekarang tergoda untuk nonton variety terus. Aku bahkan ada beberapa variety yang belum sempat ku tonton karena masalah waktu. Aku jadi selalu mendahulukan variety akhir-akhir ini karena ya itu jadi penghiburku dan salah satu suplemen proses healingku. Aku diantara masa itu sempat nonton 2 drama sih, Nothing To Lose dan Secret Forest. Cuman enggak akan ku tulis reviewnya hehehehe. Kesanku pada kedua drama tersebut berbanding terbalik pokoknya. Cuman karena Secret Forest, mood ngedrama aku tumbuh lagi. Thanks Secret Forest!

Nah cuman kan aku belum nonton-nonton drama baru, jadi aku belum bisa menulis review apapun, sedangkan ini sudah hampir 2 bulan tidak ada tulisan baru di blog. Aku takut keburu jadi sarang cucunguk, yang asalnya memang sudah sepi, malah makin jadi sepi karena aku enggak posting-posting. Jadi ku berpikir untuk menulis tentang variety show saja. Ya setidaknya di blog ku yang sepi ini, enggak sepi banget lah.

Oke cukup ya intro berbau curcolnya. So, di paruh pertama 2018 ini ada beberapa acara ragam Korea yang baru. Baik acara yang benar-benar baru, maupun acara lama dengan musim yang baru. Dari sekian banyak acara, ada beberapa acara yang menarik perhatianku dan akhirnya ku tonton dan aku nikmati. Aku ingin berbagi dengan kalian Korean variety show 2018 apa saja sih yang aku tonton? Ya syukur-syukur bisa bikin kalian ikutan ingin menontonnya juga.  And they are……

  1. All The Butlers (Master In House)

Acara yang tayang di SBS ini merupakan acara baru di penghujung awal tahun 2018. All The Butlers ini diiisi oleh 4 member pria yang terdiri dari berbagai kalangan penghibur. Ada Lee Seunggi si serba bisa, lalu dari Idol ada Sungjae BTOB, komedian Yang Sehyung dan terakhir newbie acara ragam, aktor Lee Sangyoon. All The Butlers jadi penanda kembalinya Lee Seunggi ke dunia acara ragam setelah vakum 2 tahun karena wamil.

All The Butlers merupakan acara dimana para membernya akan menghabiskan waktu sehari semalam (Eu apa 2 hari 1 malam ya?) ya pokoknya mah selama 24 jam mereka akan bersama seorang Master yang biasanya merupakan tokoh terkenal dan berprestasi. Mereka akan mengikuti jadwal master mereka selama seharian bahkan tidur di rumah sang master. Jika master mereka harus semedi, mereka akan ikut semedi. Kalau masternya harus olahraga, mereka akan olahraga. Mereka akan menyesuaikan diri mereka terhadap kehidupan master.

Aku menonton ini karena membernya sih, Lee Seunggi dan Sungjae. Apalagi enggak lihat Seunggi setelah 2 tahun itu rasanya kangen berat, jadi dimanapun Seunggi muncul aku berusaha untuk menonton. Acara ini seru dan bagus sih. Kita sebagai penonton bisa belajar banyak dari para master. Mereka bisa sukses karena mereka punya mentalitas yang bagus dan pemikiran hebat. Tiap episode pasti dapat inspirasi dari para master. Selalu ada hal yang bisa dipetik dari mereka, walaupun para masternya masih muda seperti saat episode BoA dan Lee Seunghoon.

Selain itu, sisi varietynya juga lucu. Kombinasi dari ke empat member merupakan kombinasi yang pas banget. PD nya pinter nih cari cast. Seunggi dan Sehyung yang lawak dan cerewet, lalu Sungjae yang malu-malu tapi malu-maluin, dan Sangyoon yang kalem tapi enggak terduga. Sangyoon tuh baby variety tapi ternyata karakter dia pas untuk acara ragam. Ambisiusnya, walau kalem tapi ternyata cerewet abis, kepintarannya, dan yang paling epik ketahanan dia terhadap rasa sakit. Acara ini tampak serius, tapi sebenarnya lawak abis. Paling ngakak itu pas masternya Cha Inpyo karena dia secara karakter mirip banget sama Lee Seunggi. Chemistry para membernya juga kuat dan mereka cukup mengenali satu sama lain membuat semakin seru.

So far¸aku baru beres nonton sampai episode Lee Sunhee ep 22. Sampai aku membuat tulisan ini, acara ini sudah sampai ep 30. Sejujurnya aku lagi hold dulu acara ini, karena enggak sempat menonton. Nanti kalau aku ada waktu lagi, aku lanjut lagi.

  1. Hyori Homestay 2 (Hyori Bed & Breakfast 2)

Setelah sukses dengan musim pertamanya dimusim panas 2017 lalu, Hyori homestay kembali lagi dengan pembukaan di musim dingin selama 10 hari dan musim gugur selama 5 hari. Hyori homestay merupakan sebuah acara dimana penyanyi Lee Hyori bersama sang suami, Lee Sangsoon membuka rumah mereka yang terletak di pulau Jeju sebagai tempat penginapan bagi para wisatawan. Selama mengoperasikan homestay, untuk musim ini mereka dibantu oleh Yoona sebagai pegawai dan juga Park Bogum sebagai part timer selama 3 hari. Untuk musim lalu mereka dibantu IU. Dalam acara ini kita akan melihat keseruan mereka dalam menyiapkan pelayanan untuk para tamu dan juga interaksi antara pemilik dan sesama tamu.

Sebelumnya pernah ada yang komen di blogku dan merekomendasikan untuk menonton Hyori Homestay musim pertama. Cuman waktu itu aku walau punya banyak waktu luang, tapi aku enggak punya kuota untuk mengunduh acara ini dan aku sudah kebanyakan tontonan. Begitu musim keduanya muncul, ditempat biasa ku mengunduh ternyata menyediakannya. Langsung dong nonton begitu keluar sub nya.

Wah acara ini tuh menurutku punya magic tersendiri. Enggak tahu kenapa, setiap selesai nonton ini tuh rasanya langsung tenang, nyaman, bahagia. Lihat Hyori interaksi ama Sangsoon saja rasanya menyenangkan sekali. Lalu melihat Yoona masak, beberes saja seru. Aku juga menyukai interaksi antar tamu yang baru kenal terus akrab main bareng, atau juga Hyori dan Sangsoon yang baik hati meminjamkan barang ke para tamu. Seperti ada tamu pasangan yang berlibur ke Jeju untuk foto pra wedding. Hyori dan Sangsoon pun meminjamkan baju pernikahan mereka ke tamu tersebut. Serius deh acara ini heartwarming banget. Lalu dijamin juga bikin kita sirik sama pasangan ini. Sangsoon tuh suami idaman banget :””. Selain itu, pasti sirik juga sama Yoona, sudah cantik, serba bisa pula. Aku jadi ingin menonton yang musim pertamanya, tapi sial, linknya udah mati. Kalau ada yang tahu, dimana ku bisa menonton yang musim pertamanya dengan eng sub atau indo sub, tell me!!

Hyori Homestay 2 ini sudah tamat dan tayang sebanyak 16 episode. Ah aku akan merindukan sekali acara ini, karena ini adalah acara terfavoritku di paruh pertama 2018. Aku menantikan musim ketiganya, dan berharapnya sih pegawainya pria, karena melihat pegawai pria, macam Park Bogum menarik juga…. Apalagi karena Park Bogum wkwkwkwkwkwk.

  1. Little House In The Forest

Another show from PD Na. Acara ini dibintangi oleh So Jisub dan Park Shinhye serta tayang sebanyak 10 episode. Konsep dari acara ini adalah menemukan kebahagiaan dalam kesederhanaan. So Jisub dan Park Shinhye dijadikan “objek percobaan”. Mereka akan menempati sebuah rumah ditengah hutan dengan fasilitas seadanya, seperti jumlah air dibatasi. Nanti mereka akan diberi seperti misi percobaan untuk melakukan hal tertentu dan apakah kegiatan percobaan tersebut layak dicoba atau tidak.

Nonton ini tuh berasa nonton video ASMR. Mereka menggunakan mic yang biasanya digunakan untuk video ASMR sih, jadi setiap gerakan, setiap benda terdengar bebunyiaannya. Suara alam saja terdengar jelas. Setelah menonton ini rasanya enak banget, membantu tidur. Makanya aku nonton ini malam-malam sebelum tidur. Tidurku setelah nonton ini jadi lebih enak.

Selain efek ASMRnya juga, kita akan menyadari ternyata dengan keterbatasan tekhnologi, hidup kita enggak sesulit itu. Kita akan menemukan kebahagian lain yang belum pernah kita coba. Saat kita mematikan ponsel, ternyata kita jadi lebih konsen terhadap hal yang kita lakukan. Sinematografinya juga bagus banget. Mata rasanya segar banget melihat pemandangan sekitar rumah. Padang yang luas, lalu pepohonan yang lebat, dan awan yang terbentang lebar nan biru membuat kita melupakan kehidupan kota.

Acara ini sudah tamat dengan jumlah 10 episode. Aku sendiri sudah nonton sampai episode 79. Sisa 1 episode lagi,spesial potongan adegan dari sutradara, belum sempat ku tonton. Acara ini sangat ku rekomendasikan jika kalian ingin acara yang menenangkan,dan jangan lupa gunakan headset.

  1. Amazing Saturday

Boleh disebut kalau acara ini tuh versi Korea dari acara Berpacu Dalam Melodi. Ya acara ini merupakan acara tebak lirik lagu. Bedanya kalau Berpacu Dalam Melodi kita harus melanjutkan lirik yang kosong dan menyanyikannya, kalau di Amazing Saturday Liriknya akan diputar, dan para peserta harus menuliskan kembali lirik tersebut dengan benar. Peserta akan diberikan 3 kali kesempatan untuk menjawab yang benar. Jika mereka menjawab dengan benar, mereka akan mendapatkan hadiah berupa makanan yang sudah disiapkan. Setiap kali gagal menjawab, porsi makanan yang boleh mereka makan akan berkurang.

Kalau baca deskripsinya, terasa gampang ya? Padahal mah susah, karena kan kata Korea itu ada yang memiliki pengucapan yang sama, tapi penulisannya beda. Belum lagi diksi tiap penyanyi berbeda-beda karena style menyanyi mereka. Lebih sulit lagi kalau liriknya sebuah rap. Mampus lu! Bingung hahahahaha.

Aku nonton ini karena Key sih. Sudah lama enggak lihat anak SHINee jadi fixed cast di variety show. Member dari acara ini ada Shin Dongyup, Park Narae, Hyeri Girls Day, Key SHINee, Moon Seyoon, Kim Donghyun, Hanhae dan MC yang membimbing permainan Boom. Kocak banget ini tuh liat interaksi antar membernya dan mereka menebak-nebak lirik. Shin Dongyup selalu menyertakan konteks, Donghyun yang seenaknya, Hanhae Hyeri Key yang jago, terus kalau Boom sudah ngasih petunjuk tapi enggak ada yang sadar. Acara ini menghibur banget dan dijamin pasti lapar, kabita pengen makan juga.

Acara ini sudah berjalan hingga 13 episode, tapi aku baru nonton sampai episode 2 karena baru ada subnya cuman baru sampai 3 episode. Kalian kalau mau nonton, langsung dari sumbernya, tim yang sudah berbaik hati mau ngesub acara ini untuk mendukung Key. Kalian bisa cek update episodenya di twitter @AmaToSubs

  1. Life Bar (Tipsy Talk)

Ini bukan acara baru sih. Acara ini sudah tayang dari akhir 2016, tapi aku baru nonton di 2018. Itu pun juga cuman 4 episode yang bintang tamunya aku suka. Acara ini jarang ada yang nge sub, paling kalau bintang tamunya siapa, fansnya bakalan nge sub. Cuman, tampaknya semenjak episode  73, Viu sudah mulai nge sub acara ini. Cuman untuk episode sebelum 73, silahkan cari fansub sendiri.

Acara ini sekarang dipandu oleh Shin Dongyup, Heechul, Han Hyejin, Kim Junhyun. Acara ini memiliki tema ngobrol santai sambil minum alkohol. Nanti para tamu akan disajikan berbagai macam minuman berakohol dan makanan pendampingnya. Nanti para tamu dan mc akan berbincang-bincang santai. Acara ini ditayangkan di tv kabel dan konsepnya jelas dewasa karena sambil minum alkohol, jadi topik pembicaraannya juga menarik. Hal yang biasanya enggak dibahas, suka dibahas juga. Ditambah suasana yang santai, jadi berasa kayak lagi lihat teman curhat saja.

Di Indonesia kayaknya seru nih kalau ada talkshow konsepnya kayak gini, tapi kalau di kita mungkin jadinya Warkop Life hahahahaha.

  1. Super TV

Acara ini sebenarnya acara ragamnya Super Junior. Acara ini memiliki konsep ya seperti sebuah stasiun televisi, setiap episodenya akan hadir dengan format yang berbeda. Mereka akan mencoba semua konsep acara ragam yang tayang di Korea. Mulai dari mukbang, kuis, olahraga, sampai parodi dari acara We Got Married.

Setiap mulai syuting, member Suju tidak mengetahui apa konsep acara yang akan mereka jalankan. Makanya acara ini bisa dibilang reaksinya memang “Real”. Suju kan memang terkenal karena kemampuan variety mereka, sampai kadang orang-orang lupa kalau mereka tuh idol. Jadi sudah dapat dipastikan acara ini bikin ngakak banget. Apalagi Heechul kalau sudah bereaksi, hancur sudah. Sebagai fans, aku menikmati sekali interaksi mereka, dan bahkan bisa kembali mengenal mereka lebih dalam, apalagi pas yang parodi WGM. Kita bisa lihat betapa tertekannya hidup Leeteuk huhuhuhu. Yang jelas buat para ELF ini tontonan wajib.

Acara ini sudah tayang sebanyak 2 musim, cuman yang musim kedua, aku belum sempat nonton. Aku cuman baru menonton yang episode 3 yang ada SHINeenya. Musim pertama dan musim kedua memiliki konsep yang berbeda. Musim kedua ini lebih ke acara games show. Suju akan bertanding dengan grup bintang tamu, dan nanti akan ada hadiah diperebutkan.

  1. Idol Room

Setelah hengkang atau mungkin ditendang dari acara Weekly Idol, duo Doni Coni kembali membuat acara khusus para idol di saluran JTBC. Konsepnya mirip sih dengan Weekly Idol. Setiap episode akan kedatangan idol yang akan melakukan berbagai permainan. Ada Pick idol, dimana, nanti akan ada satu kamera khusus yang merekam satu anggota selama syuting. Nanti rekaman tersebut akan ditayangkan di naver. Dari kamera ini biasanya kita akan mendapatkan ekspresi yang dapat dijadikan meme. Setelah itu, seperti biasa akan berbicara mengenai lagu dan album baru mereka, lalu kegiatan mereka. Kemudian mereka akan menari. Kalau dulu di Weekly Idol, ada random dance play, diacara ini ada 357 dance. Lalu ada fact check yang sejenis rewritten profile kalau di Weekly Idol.

Ya, overall acara ini enggak jauh berbeda dengan Weekly Idol sih. Cuman aku merasa konsep yang 357 dance masih kurang seru jika dibandingkan dengan random play dance, karena 357 dance itu lebih mudah mengorganisirnya, ya tapi kalau idolnya dodol sih…. Tetap saja kacau wkwkwkwk.

Acara ini sudah jalan sampai 9 episode, dan aku sudah menonton sekitar 4 episode, yaitu Wanna One, Highlight, BTOB, dan Blackpink. Aku enggak akan rutin nonton acara ini sih, ya kalau ada artis yang aku suka, dan sempat nonton, akan ku tonton.

  1. Busted
Busted!

Acara punya Netflix ini memiliki konsep detektif dan terdiri dari 10 episode. Acara ini dibintangi oleh Yoo Jaesuk, Lee Kwangsoo, Park Minyoung, Kim Jongmin, Ahn Jaewook, Oh Sehun EXO, Kim Sejeong Gugudan. Acara ini seperti Crime Scene, para pemain akan memecahkan suatu kasus. Perbedaannya adalah Busted ini lebih niat dari segi set, kasusnya tidak selalu pembunuhan, dan pemainnya memerankan karakter mereka sendiri walau ada skripnya.

Mereka bertujuh berkonsep sebagai kelompok detektif yang terlibat dalam sebuah proyek D, dimana ketujuh orang tersebut ditanamkan sebuah chip yang berisikan DNA kemampuan detektif. Proyek ini diketuai oleh K yang diperankan Ahn Naesang. Setiap episode, K akan memberi tugas kepada mereka untuk memecahkan sebuah kasus, entah itu pembunuhan, pencurian, orang hilang, dll. Pada setiap kasus yang mereka pecahkan, selalu ada kaitannya dengan rahasia dibalik proyek D yang masih penuh misteri.

Acara ini seru, apalagi pemainnya memang sebagian besar veteran dibidang variety. Melihat kebodohan Jongmin dalam menganalisa, ditambah Kwangsoo yang suka seenaknya itu asli bikin ngakak. Sayangnya, aku kurang sreg sama acara ini dan karena memiliki konsep yang mirip dengan Crime Scene, mau enggak mau jadi agak membandingkan. Aku merasa acara ini tuh lebih ke Running Man versi detektif, karena setiap mereka memecahkan kasus, untuk mendapatkan petunjuk mereka harus menyelesaikan satu misi atau permainan. Kalau di Crime Scene, mereka mencari petunjuknya sendiri, dan petunjuknya terpecah-pecah, jadi mereka harus deduksi untuk menyelesaikan kasus. Kalau di acara ini, mereka dapat petunjuk lalu mengumpulkannya, dapatlah jawaban. Makanya kebanting banget pas mereka tanding sama tim detektif lain di episode 6. Cuman untungnya ada Minyoung sama Jaewook yang pintar, sehingga masih ada terasa detektifnya. Walau sisi detektifnya kurang, tapi sisi acara ragamnya seru banget kok.

Well, itulah 8 acara ragam baru yang ku tonton di paruh pertama 2018 ini. Sebagian besar memang tidak aku ikuti dengan khidmat, cuman acara-acara diatas telah mengisi kegabutanku dan menghiburku. Ya seperti yang telah aku sebut diatas, diantara 8 acara yang baru ku tonton tersebut, favoritku adalah Hyori Homestay <3. Acara ini memang punya sihir sendiri yang bikin kita betah banget untuk mantengin acara ini tiap minggunya. And for the least show that I enjoyed is Idol room, I think….. Mungkin karena image doni-coni sudah terlalu melekat dengan weekly idol, begitu juga sebaliknya. Saat ku nonton weekly idol musim baru yang bintang tamunya SHINee, aku enggak begitu menikmati lagi weekly idol, karena ya beda. Hm…. Tapi ya sudahlah kita harus move on dan ya kalau berkenan support keduanya.

Aku ada rencana untuk menonton acara lain, yaitu Borrow Trouble Season 2 karena ada Jonghyun Nu’est dan Eunhyuk Suju, dan yang terpenting, ada yang ngesub!!! Aku juga sebenarnya ingin menonton yang musim pertamanya, cuman sayang, enggak ada yang ngesub. Selain itu, aku masih galau untuk menonton Produce 48. Aku sudah menonton sampai episode ketiga, cuman entah kenapa aku lost interest saja. Ditambah belum ada trainee yang menarik perhatianku sih, tapi masalahnya MC nya Lee Seunggi, jadi saja galau huhuhuhu. Mungkin aku masih mau lihat nanti untuk memutuskan lanjut nonton atau tidak. Satu lagi, aku pun ada rencana nonton It’s Dangerous Outside The Blankets, tapi enggak semua episode sih, aku mau nonton yang ada Mark NCT nya. Ingin lihat interaksi dia dengan Daniel Wanna One hehehhe. Sebelumnya aku sudah pernah nonton episode pilot acara ini, dan seru sih. Pas dia jadi acara reguler, aku enggak ada waktu untuk mengikuti. Aku hanya nonton yang jadi prioritasku, dan acara ini tidak masuk dalam prioritasku sayangnya……

Well…. Sekian postinganku. Semoga bermanfaat ya bagi kalian yang ingin mencoba menonton acara ragam baru. Untuk drama, aku ini lagi nonton drama What’s Wrong With Secretary Kim, tapi baru sampai episode 4 sih hehehehe. Insya Allah, kalau sudah selesai akan ku buat reviewnya. *kalau sempat huhuhuhu*

Sampai Jumpa di postingan selanjutnya, annyeong!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s