Gomawo Wanna One, You Did Well

Wah… sudah lama tidak bersua dengan blog ku ini. Huhu maafkan ya worpress ku sayang, kau ku anggurkan….

Selamat tahun baru 2019 semuanya ^^. Semoga tahun ini kita semua bisa jadi lebih baik, lebih sehat, dan lebih bahagia dari tahun sebelumnya. Semoga segala kesulitan tahun 2018 tidak menghampiri kita lagi ya, dan ya berharapnya sih tahun 2019 ini tidak banyak kesulitan yang harus dijalani. Aamiin.

Postingan pertamaku di tahun 2019 ini ingin ku persembahkan untuk salah satu my baby yang harus disband yaitu Wanna One. Seperti yang kita ketahui bersama, Wanna One memiliki kontrak 1,5 tahun sejak Juli-Agustus 2016 (Aku enggak tahu tepatnya kapan) dan berakhir kemarin ditanggal 31 Desember 2018. Kalau dipikir-pikir kontrak segitu cukup lama jika dibandingkan dengan IOI yang hanya sekitar 7 bulan. Kita beruntung bisa bersama mereka lebih lama, tapi ternyata setelah dijalani waktu begitu saja berlalu. Tahu-tahu 2018 sudah habis saja, dan Wanna One sudah harus berakhir. Walau sebenernya mereka masih ada beberapa acara resmi sih untuk menghadiri acara penghargaan, dan terakhir dan konser terakhir mereka di tanggal 24-27 Januari 2019. Tiket konsernya saja langsung ledis hanya dalam beberapa detik padahal ada 4 hari konser coba. Apalagi kalau 2 hari doang.

Selama masa aktifnya Wanna One terus menjadi tren. Para anggotanya pun terus menjadi pembicaraan, terutama uri center Kang Daniel. Baru kali ini, ada artis yang selama 1 tahun, 12 bulan berturut-turut menduduki peringkat teratas dalam top brand. Hal ini menandakan dia terus menjadi bahan permbicaraan orang-orang. Walau setelah itu turun, tapi Daniel itu selalu top 5 brand name, Begitu juga dengan nama Wanna One yang selalu berada dijajaran top 5 brand group. Produk yang mereka iklankan saja bissa langsung laris. Wanna one bahkan sudah membintangi sekitar 16 iklan, dan itu belum termasuk iklan indvidu mereka, terutama Kang Daniel. Aku merasa sangat bangga melihat impact mereka yang besar.

Selalu menjadi trend an ternama juga diiringi dengan prestasi yang tercapai dengan baik. Untuk ukuran grup rookie capaian prestasi mereka bagus sekali. Setiap title track mereka bisa membawa piala di acara musik mingguan. Hampir disetiap ajang penghargaan, mereka selalu mendapat nominasi, dan dari nominasi tersebut setidaknya mereka dapat membawa piala satu buah. Bahkan mereka bisa dapat daesang dengan gelar Artist of The Year 2018 di acara Asia Artist Awards. Mau senyinyir apapun haters, mau bilang acara penghargaann tidaknya relevan, tapi ku hargai setiap acara penghargaan, karena itu menjadi sebuah pencapaian dan dapat menambah prestasi mereka. Setidaknya dengan mereka mendapatkan piala, mereka akan menjadi semangat lagi untuk lebih baik. Mereka hanyalah sebuah grup yang berusia 1,5 tahun tapi memiliki pencapaian yang luar biasa.Aku sebagai fans mereka dan tentu saja para wannable bangga sekali dengan mereka.

Setiap Wanna One atau salah satu membernya tampil di acara varshow, rating acara tersebut biasanya akan naik dari biasanya. Fandom mereka tuh sudah seperti general public. Hal ini wajar sih karena mereka dibentuk oleh general public, jadi sangat wajar sekali kalau fandom mereka besar dan impact mereka bisa sebesar itu. Aku pribadi hampir semua acara yang mereka  datangi sebagai grup. Acara yang didatangi member tertentu juga ada yang sudah kutonton, tapi banyak jguu yang belum kutonton karena faktor susah cari sub, susah mengunduhnya  atau kedua hal tersebut ada, tapi waktunya tidak ada hehehehe…. Sedih saya. Termasuk acara varshow mereka sendiri saja ada beberapa yang belum sempat aku tonton. Maafkan aku… huhuhuhu

Selama 1,5 tahun ini Wanna One sudah meluncurkan 5 album yang terdiri dari 1 full album untuk comeback terakhir mereka, 3 mini album dan 1 album repackaged dari mini album pertama mereka yang berjudul 1×1=1 (To Be One). Bicara soal judul album, aku ingin apresiasi tim kreatif yang bisa saja mendapatkan nama judul album yang bagus dan terkait dengan angka 1 dan wanna one. Setiap judul album terasa bermakna bagus dan dalam bagi wanna one dan wannable. Sebagai mengenang Wanna One aku ingin berbicara satu-satu mengenai album mereka. Check it out

  1. 1×1=1 (To Be One)

Album pertama mereka ini dirilis tanggal 7 Agutus 2018. Berisi 5 lagu yang terdiri dari intro yang berjudul To Be One, kemudian trek keduanya adalah Burn It Up, kemudian beralih ke title tracknya Energetic, Wanna Be (My Baby), Always (Accoustic Version) yang dinyanyikan juga saat final produce 101 musim kedua. Untuk versi album fisiknya ada tambahan bonus 2 lagi yaitu Nayana (Pick Me) Wanna One Version dan Never Wanna One version yang juga pernah dinyanyikan di produce 101 musim kedua saat seleksi konsep. Secara keseluruhan aku suka banget sama album ini. Semua lagunya enak-enak. So far, my favorite is Energetic and Wanna be (My Baby). Kalau boleh dimasukin juga nih, lagu Never juga masuk playlist favoritku hehehehe…..

  1. 1-1=0 (Nothing Without You)

Nah kalau album ini tuh merupakan repackaged album dari To Be One. Album ini dirilis 3 bulan setelah To Be One rilis yaitu 13 November 2017. Isi albumnya sama seperti album To Be One, cuman ada tambahan sebanyak 4 lagu yaitu Nothing Without You sebagai intro, kemuadian title tracknya adalah Beautiful, Lalu ada lagu Wanna dan Twilight. Aku paling suka sama lagu Nothing Without You dan Wanna. Untuk lagu Nothing Without You ini jujur vokal mereka keren banget, Setiap dengar llagu ini selalu bergetar hatiku hehehe. Album ini juga menjadi album favoritku dari semua album yang sudah dikeluarkan oleh Wanna One.

  1. 0+1=1 (I Promise You)

Memasuki 2018, mereka mulai disibukkan dengan kegiatan tur mereka keliling beberapa negara, sehingga mereka baru meluncurkan album selanjutnya di tanggal 19 Maret 2018. Album ini terdiri dari 7 lagu. Dibuka dengan lagu Gold, kemudian beralih pada lagu yang dipromokan juga saat masa promosi yaitu I.P.U (I Promise You), lalu dilanjut dengan title tracknya berjudul Boomerang. Selanjutnya merupakan Bside tracknya lagi yaitu ada We Are, Day By Day, I’ll Remember, dan bonus track yaitu I.P,U (Confession Ver) dimana perbedaannya dengan I.P.U adalah yang versi confession ini lebih kalem, enggak jedak jeduk ala EDM, dan kalau aku sih lebih menikmati versi ini, daripada aslinya. Sejujurnya, album ini adalah album yang tidak aku enjoy mendengarkannya dari Wanna One. Aku tidak begitu menyukai lagu-lagu dialbum ini. Enak-enak sih, tapi bagiku terasa plain, karena terlalu pop dan aku memang sedang muak dengan EDM jadi enggak nyantol. Ditambah menurutku Title tracknya juga enggak begitu bagus menurut seleraku. Maafkan aku ya wannable…. Walau begitu masih ada sih lagu favoritku yaitu I’ll Remember.

  1. 1÷x=1 (Undivided)

Album yang terdiri dari 5 lagu ini agak unik bagiku, karena isinya lagu-lagu yang dinyanyikan oleh “subgrup” Wanna One. Mereka dibagi menjadi empat grup dan diproduseri oleh musisi-musisi keren Korea. Album yang dirilis 4 Juni 2018 ini tetap ada satu lagu yang dinyanyikan bersama dan dipromosikan di acara musik yaitu berjudul Light. Title Tracknya juga cukup kental nuansa EDM nya cuman menurutku lebih kalem, jadi aku cukup menikmatinya. Sisanya adalah lagu dari subgroup mereka, Yaitu Kangaroo yang dinyanyikan oleh Daniel, Jaehwan, dan Woojin. Lalu ada lagu Forever And A Day yang dinyanyikan oleh Minhyun, Sungwoon, dan Jisung. Ong dan Daehwi menyannyikan lagu berjudul Sandglass, dan sebagai penutup ada Jihoon, Jinyoung, dan Guanlin yang menyanyikan lagu berjudul 11. Overall, album ini oke sih, dan favoritku adalah 11. Padahal disitu enggak ada biasku, dan aku biasanya enggak terlalu suka lagu yang rap based. Cuman mungkin karena ini diproduseri oleh Dynamic Duo, biasanya mereka ada sentuhan rnb nya, enggak pure hiphop jadi aku enjoy sekali dengan lagu ini.

  1. 111=1 (Power of Destiny)

Album terakhir mereka ini dirilis agak jauh ya dengan jarak album sebelumnya yaitu di tanggal 19 November 2018. Hal ini dikarenakan Wanna One sudah sibuk dengan tur konser mereka. Sebagai persembahan terakhir mereka merilis full album yang terdiri dari 11 lagu. Dibuka dengan intro berjudul Destiny, lalu diisi oleh title track Spring Breeze yang enak parah. Sebuah lagu perpisahan yang tidak mendayu-dayu. Lalu diisi dengan lagu One’s Place, Flowerbomb, One Love, Deeper, Hide and Seek, Awakem Pine Tree, dan dituutp dengan Beautiful (Part II). Untuk Beuatiful (Part II) ini hampir sama dengan beautiful yang di album Nothing Without You, hanya ada sedikit perbedaan dilirik dan melodi. Sejujurnya aku belum benar-benar khusyuk mendengarkan album ini, karena November-Desember banyak yang comeback kan, jadi agak keteteran wkwkwk. Walau begitu aku suka album ini, bagus-bagus lagunya, dan untukku favoritnya ada di Spring Breeze dan Deeper.

Kalau boleh mengurutkan nih dari yang paling kusukai sampai paling kurang kusukai yaitu Album Nothing Without You, To Be One, Power of Destiny, Undivided, dan terakhir I Promise You. Kalau Dari segi Title track dan pendampingnya yaitu Burn It Up dan I.P.U beda lagi sih. Sedikit berubah urutannya, tapi overall enggak jauh beda. My favorite title track is Energetic, and then Beautiful, Spring Breeze, Light, I.P.U, Burn IT Up, and the last is Boomerang. Wkwkwk enggak tahu kenapa aku semalas itu dengan lagu Boomerang.

Enggak bosan-bosannya lagi aku akan bilang, overall, aku menikmati sekali musik-musik yang dirilis oleh Wanna One. Aku menikmati sekali harmonisasi vokal mereka, sahutan Rap mereka, dan juga performance yang mereka sajikan setiap mereka tampil. Aku benar-benar menikmati apa  yang Wanna One berika untuk kita para fans.

Sedikit pengakuan “dosa” tapi sejujurnya di 2018 kemaren, aktivitasku mengikuti wanna one berkurang. Hal ini disebabkan karena mereka memang sibuk tur konser, jadi kurang asupan, kedua kisaran maret 2018 aku sedang dalam kondisi yang sangat tidak baik, yang bahkan kpop dan kdrama pun tidak bisa menolongku dan bertepatan dengan mereka rilis Boomerang, aku enggak enjoy sama lagunya jadi aku pun tidak memiliki minat fangirling. Aku mulai agak merhatiin mereka lagi saat mereka rilis Light. Cuman sayang mereka cuman promo sebentar karena sudah sibuk tur konser. Bahkan Wanna One Go 3 saja aku belum sempat nonton ep 4 dan 5 hahaha. Tapi walau begitu aku cinta mereka kok, dan pas mereka tampil  di acara varshow, selalu kuusahakan untuk tonton, dan aku tetap bersedih dengan bubarnya mereka huwaaa….. dan pas banget nih pas lagi nulis ini lagu yang keputer diplaylistku adalah lagu Always. Mendadak meloo hamba T___T

Resminya mereka bubar tentu akan membuat kitapara fans penasaran dengan aktivitas selanjutnya mereka. Gimana karir mereka. Dulu aku pernah bikin sedikit prediksi karir mereka akan seperti apa, dan sekarang sudah ada berita mengenai kelanjutan mereka. Jadi coba kita lihat yuk kelanjutan mereka seperti apa dan prediksiku gimana.

  1. Yoon Jisung. Aku memprediksi dia kalau enggak duo dengan Daniel, ya atau enggak solo menajdi mc dan entertainer, kemudia Wamil. Perkiraanku agak meleset sih, akrena ternyata Jisung akan debut solo, Yey, I’m so happy for him. Lalu dikabarkan juga dia akan akting di drama musikal. Aku lupa kalau dia itu jurusan teater, jadi pasti dia akan melakukan aktifitas akting. Setelah itu dipertengahan tahun ini dia akan wamil. Sebenarnya dnegan dia wamil ini aku agak khawatir ya, karena ditinggal 2 tahun kurang, pasti ada saja fans yang beralih. Hal yang wajr sih, aku cuman berharap dia tidak akan dilupakan. Aku masuh berharap dia akan tetap tampil di varshow dan melakukan beberapa kegiatan mc juga. Aku cukup yakin sih setelah wamil dia pasti akan lebih banyak berkatifitas di musikal. Tapi dimanapun dia berkarir, aku berharap kebahagian dan kesuksesan mengiringinya.
  2. Ha Sungwoo. Dari awal pun sudah dapat memprediksinya, kalau dia akan kembali berkarir dengan hotshot. Hal ini juga sudah dikonfirmasi kalau dia akan beraktifitas dengan hotshot dipertengahan tahun 2019. Berita mengejutkannya adalah Sungwoon dikabarkan akan debut solo juga yeeey. Katanya sih waktunya berdekatan dengan Jisung, cuman sayangnya belum dikonfirm. Aku pun menantikan debut solo dia. Aku bisa membayangkan dia akan sangat keren dipanggung dengan lagu solonya.
  3. Hwang Minhyun. Ya dia juga sama seperti Sungwoon, Minhyun akan kembali dengan Nu’est. Aku sempat khawatir akan kontrak nu’est yang akan berakhir di 2019 ini, tapi kelihatannya mereka lanjut sih karena portal berita korea mengabarkan kegiatan Minhyun selanjutnya bersama Nu’est dan juga pledis pun sudah bikin spoiler melalui video epilognya Nu’est W, dimana terdengar 5 langkah suara berjalan menuju pintu. Ditambah juga Jr sudah kode kalau mereka akan lanjut kegiatan berlima. Waaah Love pasti sudah enggak sabar banget melihat mereka berlima, termasuk akuuuu.
  4. Ong Seongwoo. Prediksiku kan mengatakan dia kalau enggak solo jadi aktor dan yap berdasarkan kabar yang ada Dia akan menjadi aktor. Katanya sih Ong bakalan jadi pemeran utama drama nih nanti kisaran mei 2019. Ong bakalan jadi artis serba bisa kayak Lee Seunggi sih. Semua dijalani. Ku juga berharap semoga Ong tetap tampil dipanggung. Fantagio,please make it happen. Enggak apa-apa fokus ke akting dulu, tapi jangan lupa tampilkan dia dipanggung juga ya…
  5. Kim Jaehwan. Sesuai prediksiku, dia akan berkarir sebagai soloi, tapi belum tahu kapan. Aku harap diparuh pertama 2019 dia sudah debut solo. Aku sangat menantikan hal itu Jaeehwaniiii. And I’m lowkey hoping he will collab with his friend, Sewoon.
  6. Kang Daniel. Aku awalnya memprediksinya bingung, apa yang akan dia lakukan selanjutnya. Mengingat para mmo boys sudah cabut dari mmo, dan Jisung going solo, and I see Somi will going Solo too, absolutely, 101% Daniel will debut as soloist.Hal ini juga sudah dikonfirm, Daniel juga pasti akan tetap muncul di acara-cara varshow, dan I dunoo, I have feeling, someday he will try acting. Aku bisa mencium kesuksesan dia sebagai solois. Kemampuan dia sebagai solois, bisa laaah….. Semoga lagunya bagus. Lagipula kebayang juga sih, kalau Daniel debut di grup selain Wanna One. His popularity will outshine other members, so Daniel going solo is the right choice, just like Chungha.
  7. Park Woojin and Lee Daehwi.I put them together coz it’s so freaking obvious they will be debut with Bnm boys, and Bnm was confirmed it too. Mereka juga sudah ikut konser Bnm kemaren pas malam natal. Semoga grup mereka bisa lancar terus ya.
  8. Park Jihoon. Aku sempat memprediksi dia sebagai aktor seperti Ong dan sudah dikonfirm juga dia akan fokus ke akting. Nah untuk karir musiknya dia, sudah enggak mungkin sih dia debut di grup. Sama seperti Daniel, kalau dia debut digrup, aura dan popularitas dia akan membayangi member lainnya. Jadi kemungkinan dia solo pun besar sekali. Toh Daniel, Jisung saja bisa solo. Selama pemilihan lagunya pas, Jihoon pun akan bisa menjadi solois yang oke.
  9. Lai Guanlin. Aku memperkirakan dia akan debut dengan Yoo Seonho dengan trainee cube lainnya tapi tidak dalam waktu dekat. Hal ini tampaknya benar, tapi yang aku enggak nyangka adalah dia dia dilaporkan akan berakting di cina sambil menunggu debutnya. Wow. I’m not expected this thing…. But it’s good for him. Dia bisa mengembangkan dirinya dan bisa berbahasa dengan Bahasa ibunya. Semangat Actor Lai!
  10. Bae Jinyoung. Sejujurnya dia yang paling ambigu sih. Dilaporkan dia katanya balik ke C9, tapi tampaknya agensi pun belum punya rencana untuk dia. Aku sebenarnya berharap dia tetap debut lagi sebagai idol dengan jumlah anggota grup yang tidak besar. Cuman masalahnya belum ada rumor kalau C9 punya trainee cowok lainnya. Atau Jinyoung akan menjadi aktor? Mengingat agensinya lebih banyak mengurusi aktor-aktris. Atau mejnadi solo? Ya walau sebenarnya dia lebih cocok di grup, tapi mengingat perkembangan dia selama di Wanna One begitu pesat, dia bisa sih solo. Aku harap agensinya bisa menentukan jalur karir yang tepat bagi Jinyoung dan tolong jangan dipendam kelamaan yaaa Jinyoungnya.

Apapun karir yang akan mereka tempuh pasca menjadi Wanna One,a ku berharap mereka akan terus bisa berkembang menjadi lebih baik, bahagia dan enjoy dengan jalan yang mereka tempuh, kesuksesan terus mengiringi mereka dalam waktu yang lama. Aku sangat berharap karir mereka bisa panjang. Kita para fans akan selalu dukung kalian dan berdoa yang terbaik untuk kalian. Semoga kalian tidak terkena skandal besar atau pun skandal kecil yang tidak penting. Kalau skandal kencan mah enggak apa-apa namanya juga anak muda, wajar wkwkwk. Cuman hati-hati saja nih Sungwoon kalau ketahuan pacaran sama public, disuruh langsung nikah sama kakeknya wkwkwk. Wannable, let’s support the members with their own path!

So for the last, I want to say….

Dear, Wanna One, terima kasih telah menghiasi hari-hariku selama 1,5 tahun ke belakang ini. Terima kasih sudah bisa bikin aku senang, tersenyum saat aku sedih, sudah membuatku tertawa dengan tingkah laku kalian. Terima kasih atas musiknya yang indah dan lirik yang luar biasa. Maaf kalau aku cuman fans modal kuota. Cuman bisa bantu streaming, vote, likes, share. Aku menyesal tidak menonton konser kalian, tapi ya gimana ya, ponselku rusak, uangnya ku belikan ponsel. Mau beli album terakhir kalian, uangnya harus kugunakan untuk yg lain. Maaf ya :”””

Wanna One, Terima kasih sudah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi para wannable Terima kasih telah menjadi Wanna One. Walau Wanna One sudah bubar, tapi kalian tetaplah Wanna One selamanya. Kalian akan selalu di hati kami para Wannable.

Thank you, gomawoyo Wanna One

You did well, sugohaesseoyo Wanna One

Forever, Yeongwonhee Wanna One

Saranghae Wanna One

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s