Kpop Concert Experience : NCT Dream Concert, The Dream Show In Jakarta , 1st March 2020

Hanya selang 2 bulan dari konser kpop terakhirku, aku tidak menyangka kalau aku bisa mendapatkan kesempatan lagi untuk menonton konser kpop lagi, dan kali ini akhirnya aku bisa menonton grup yang memang aku purely bias banget, yaitu si dedek-dedek gemas dari NCT DREAM.

Rumor mereka mau datang ke Indonesia, sudah cukup kencang dari awal tahun ini. Sebenarnya dari Desember 2019 pun sudah ada kabar-kabar burung, cuman masih kayak test the water gitu. Aku sempat ah mereka ke Indo enggak ya?? Secara gitu fans mereka disini kan sudah sangat terlihat. Apalagi pas ulang tahun Trans TV mereka agak mengirim kode untuk segera bertemu lagi dengan Czenies Indonedia. Rumornya mereka akan tampil di akhir Februari. Ada yang bilang hari Minggu. Aku yang awalnya enggak yakin akan bisa nonton, Karena ya Sabtu aku kan kerja, dan konser biasanya sabtu. Lalu ada rumor kalau katanya hari Minggu. Aku langsung berpikir, wah kalau beneran minggu, aku beneran cus nonton mereka deh.

Ternyata doaku dikabulkan. Di akhir Januari, tanggal 22 Januari 2020, promotor Mecima Pro resmi mengumumkan kalau The Dream Show Tour akan mampir ke Jakarta di tanggal 1 Maret 2020. Wah, aku langsung cek kalender dong, dan Alhamdulillah Februari 29 hari, jadi 1 Maret 2020 itu hari Minggu!!! Yeah!! Aku pun langsung memutuskan, oke mari kita menonton ini. Setelah memberi kabar kalau NCT Dream akan konser kesini, kami menantikan dong tentunya pricelist, seat plan, dan tanggal ticketing. Biasanya, promotor akan merilis hal seperti itu maksimal setelah 1 minggu pengumuman. Cuman ini sudah lewat seminggu enggak ada kabar apa-apa lagi.

Situasi kesehatan dunia saat ini kan sedang kacau, tak jauh berbeda dengan akhir januari –  awal februari kemaren. Saat itu pemberitaan penyebaran virus corona memang sangat massif. Hal ini berakibat ke pemerintah Indonesia juga menutup akses bagi warga RRT ataupun siapapun yang memang dari Tiongkok. Di Korea sendiri pun, kasus ini mulai bermunculan. Jadi setelah mecima mengumumkan konser tds dan tidak ada kabar lain lagi, bikin was-was juga. Jadi apa enggak yaaa ini konsernya. Soalnya biasanya kan sebulan sebelum konser, sudah ticketing, cuman ini kurang dari sebulan belum ada kabar apa-apa. Ditambah fanmeet Lucas yang dari Neo Coffee disini saja dibatalkan. Makanya aku agak khawatir kalau konser ini batal.

Akhirnya setelah 2 minggu pengumuman dari TDS akan ke Indonesia, Mecima rilis mengenai pricelist dan seat plan. Kayaknya mecima lama pengumuman masalah seatplan, pricelist sedang proses make sure kalau NCT Dream dan stafnya memang bisa masuk Indonesia dan mengadakan konser disini ditengah situasi yang kacau ini. Harganya agak murah dibanding artis SM lainnya, tapi tetap lebih mahal daripada artis dari agensi lainnya, cuman ya enggak sadis kayak pas EXO. TDS Jakarta ini mengambil tempat di Istora Senayan, jadi untuk seat plan memang lebih banyak yang seating. Yang festival cuman 1 section, dan itu yang paling mahal yaitu Section Blue.

Melihat harga tiket, otomatis aku langsung melirik rekeningku. Ya Allah sedih banget… Hati ingin membeli yang Pink, harga kedua termahal, tapi tampaknya rekeningku berkata, “sudah yang paling murah saja, purple!”. Aku memutuskan untuk mengambil section purple. Namun setelah aku berpikir-pikir, berdasarkan pengalamanku ticketing Exo dan IU, section termurah itu pasti susah banget didapet. Aku memikirkan kembali sambil merenungi rekeningku. Lalu, aku memutuskan kayaknya kalau aku beli Yellow, masih sanggup. Masalah memilih section pun beres.

Nah, setelah itu muncul kebingungan lagi. Jastip apa war sendiri ya? Aku memiliki sedikit “traumatis” terhadap war karena sudah 2 kali war ticketing gagal terus. Cuman saat melihat harga fee jastipan, pada kencang juga yaaa. Rata-rata mulai dari harga 200-300. Sebagian besar mereka pasang Fee 250-300. Untuk Jastip aku memilih KetemuOppa, karena pas IU kemaren kan memakai KetemuOppa dan lancar jaya, dan aku punya masalah trust issue terhadap Jastip, jadi aku hanya percaya dengan KetemuOppa. Sayangnya, KetemuOppa hanya buka slot sedikit dan tidak membuka purple karena sudah habis slotnya oleh yang ikut tabungan di mereka. Untuk ikut slot jastipan KO saja, aku harus war dulu lewat google form KO pasang Fee nya 250 untuk Section Yellow, dan 300 untuk section lainnya.

Aku sempat ragu, apakah aku perlu jastip atau enggak? Masalahnya harga fee nya mahal, dan danaku terbatas. Mau cari jastip ditempat lain, tapi aku takut… aku sudah terlalu percaya dengan ketemuoppa =)). Apa aku war sendiri, tapi aku enggak pede…. Sempat terlintas untuk apa aku relakan saja tidak menonton anak-anak kesayanganku ini. Apa lebih baik uangnya aku gunakan untuk SMTOWN Jakarta nanti yang rumornya katanya si Mei 2020. Aku sempat ragu juga karena masalah kesehatan, si corona ini kan penyebarannya cepat, aku takut tertular juga dan tidak bisa kupingkiri ada ketakutan nanti dibatalkan. Cuman disaat yang sama, terlintas juga kalau aku enggak nonton, pasti aku bakalan lebih menyesal, dan ya ditengah ketidakpastian nasib dreamies, aku ada ketakutan mereka graduate.

Akhirnya aku, ya sudah pasrah saja. Kalau dapat tiket, ya nonton. Kalau enggak, ya sudah enggak apa-apa. Ternyata dari kepasrahanku dan berserahku kepada yang Maha kuasa berbuahkan hasil. Kepasrahan pertamaku adalah daftar dulu dijastip KO. Kalau dapat slot, ya syukur, kalau enggak ya sudah aku war sendiri saja. Ternyata memang rejeki aku, aku masih dapat slot untuk ikut jastip.

Hari ticketing pun tiba. Walau sudah jastip, tapi aku tetap akan usaha dengan war sendiri. Aku sudah siapkan 2 tab satu untuk purple. Ya aku masih mau usaha mendapatkan yang murah. Satu lagi untuk yellow. Ticketing mulai jam 15.00. Seperti biasa dari 5 menit sebelumnya, aku sudah standby di browser. Oh iya aku war lewat ponsel juga. Sebelum itu pun, aku sudah menyiapkan data diri untuk dicopas. Saat ticketing tiba aku ribet banget bolak-balik ngecek ponsel, dan browser. Enggak sampai semenit, purple habis. Aku coba di ponsel, lebih lamban ternyata. Jadi aku fokus saja dibrowser. Tidak seperti saat exo aku malah bengong begitu tidak dapat yang paling murah. Belajar dari pengalaman sebelumnya aku langsung gercep purchase yellow. Aku segera mengisi data diri. Belajar dari pengalaman juga, aku langsung copas-copas data diri. Yey, aku berhasil masuk untuk pilih kursi. Sayangnya persaingan memilih kursi ini sangat sengit. Aku berusaha mendapatkan row depan, tapi tak berhasil. Aku malah keluar lagi dari pemilihan kursi. Damn! Aku pun langsung buru-buru, isi lagi. Ada kali aku tiga kali gagal pilih kursi. Untung masih bisa membeli tiket, akhirnya aku berhasil mendapatkan kursi. Aku memilih K-17 di section Yellow B Front View. Ini aku sambil deg-deg an, dan deng akhirnya aku berhasil menuju pembayaran. Huaaaaa…. Langsung aku buru-buru mengakses m-bankingku. Pembayaran pun berhasil. Sayangnya, konfirmasi pembayaran dari tiket.com nya lama banget T_T. aku sampai sempat kahwatir, aku beneran dapat tiket atau enggak. Aku sampai ngetweet ke twitternya tiket.com. Soalnya pengalamanku dengan traveloka, itu cepat banget konfirmasi pembayarannya. Akhirnya sektiar 20-30 menit kemudian pembayranku terkonfirmasi. Yes, fix sudah aku akan menonton dreamies. Alhamdulillah masih rejeki.

Setelah mendapat tiket itu, aku teringat, mampuuus. Tiket dijastipanku gimana? Berharap enggak dapat, tapi ternyata dapat dong hahahaha. Harusnya aku berpikir, kalau aku dapat, jastip juga bisa dapat. Disitulah aku galau, duh gimana ya…. Akhirnya aku memutuskan untuk menjual slotku di KO ke orang lain. Kebetulan aku memang baru bayar DP saja. Cuman karena fee nya agak mahal, dan agar aku tidak rugi-rugi amat, aku memutuskan untuk menangggung fee nya 100, 150nya lagi ditanggung pembayar baru. Setelah menjual ditwitter, aku mendapatkan orang yang mau menggantikan slotku. Oke, masalah pertiketan beres.

Aku biasanya menyiapkan penstick untuk menonton konser, seperti saat exo dan iu aku membeli penstick. Aku berniat membeli. Sudah melihat harga-harganya di shopee, tapi kok enggak ada yang semurah kayak aku beli pas exo =)). Masalahnya aku demi menonton ini tuh berhemat segala, jadi mau beli penstick aku berpikir ulang ribuan kali. Lalu aku teringat kan aku dapat fingerlight dari konser IU kemaren, warna hijau. Ya warnanya enggak beda jauh lah, jadi akhirnya kau memutuskan untuk memakai itu saja =)). Lalu masalah baju. Awalnya fanproject Indonesia maupun mecima tidak menyebutkan masalah dresscode. Cuman seperti yang kita tahu, NCT itu warnanya hijau neon. Dreamies sendiri memang pernah mengunggah video tentang dresscode, walau tidak mesti. Aku awalnya sempat terpikir untuk beli juga, tapi tidak.. tidak… uangku pas-pas an. Lalu aku teringat kalau aku punya kaos tunik warna hijau. Wah nice! Walau enggak neon, tapi masih bisa masuk lah. Aku memutuskan untuk pakai baju itu. Tahunya di H-5 baru dirilis kalau ada dresscode kalau enggak hijau, biru bajunya. Anything green or blue sih katanya. Jadi ah cocok, bajuku masuk.

Aku tuh ngakunya enggak punya uang, tapi untuk nonton konser ini aku malah beli tas dan kacamata hitam =)). Tas nya bermotif daun, ya agak cocok lah dengan nctzen dengan istilah rumputnya. Aku beli tas yang kira-kira enggak gede, tapi muat untuk mukena, karena kalau pakai tote bag,agak ribet. Aku ingin pakai sling bag, cuman sling bag aku kecil. Tahunya sudah beli tas, di hari itu aku sedang datang bulan. Ah elah… Lalu kacamata hitam, mengingat jam antrian masuk venue tengah hari. Aku jaga-jaga bawa kacamata. Ya walau ujung-ujungnya kayak orang gila sih, karena ternyata cuacanya mendung =)). Cuman tetap aku pakai karena silau juga sih diam diluar ditengah hari.

Seminggu menjelang konser, wabah corona makin menyebar. Di Korea sendiri pun, jumlah korban terus bertambah setiap harinya. Muncul lagi lah kekhawatiran, gimana kalau ini dibatalkan? Karena enggak sedikit konser-konser di Indonesia yang dipostponed. Aku pun khawatir. Mengingat yang di Singapura juga di postponed. Walau dari H-6 mecima sudah menghitung mundur, tapi tetap kekhawatiran itu juga muncul. Ditambah aku sakit karena lelah bulan Februari kemaren cukup hectic. Awal bulan sibuk menyiapkan tes CPNS. Doakan aku yaaa maju ke tahap SKB bahkan bisa dapat NIP tahun ini aamiin. Lalu, menjelang akhir bulan aku lembur terus, bahkan bisa sampai jam 9 malam huhuhu. Ditambah cuaca memang tidak enak kan, hujan, lembap, tapi panas. Hal ini menyebakan flu ku kumat. Aku juga sempat berharap enggak jadi, tapi kok jahat banget. Egois sekali aku, hanya karena aku sakit dan takut tertular corona, masa aku mengharapkan seperti itu. Aku pun membentengi diriku dengan obat-obatan serta imun booster. Permasalahan sakit utamaku, batuk. Jadi ya wajar kan kalau aku agak parno hehehehe.

Sayangnya sampai h-2 aku enggak sembuh-sembuh. Padahal dari hari senin aku sudah minum obat batuk. Aku memutuskan untuk ke puskesmas. Dari puskesmas aku dapat obat. Aku berharap hari minggu aku sudah sembuh, tapi ternyata tidak. Aku masih batuk-batuk, tapi sudah tidak parah. Masih bisa diredam. Cuman aku agak khawatir, duh aku boleh masuk enggak ya??

Jadi mengingat penyebaran virus Covid19 yang sangat cepat ini, mecima sangat mengantisipasi dengan baik. Mereka membuat pengumuman untuk memprioritaskan kesehatan kami. Jika merasa tidak sehat, lebih baik jangan menonton, dan mecima berhak untuk mengusir jika suhu tubuh tinggi. Kan aku jadi takut yaaa. Makanya aku jaga-jaga minum paracetamol dan 2-3 jam sekali mengonsumsi strepsils agar tenggorakanku tidak gatal, sehingga tidak batuk. Selain itu mecima juga menganjurkan kami menggunakan masker dan membawa sanitizer sendiri atau tisu basah atau ya anything yang bisa menjaga kebersihan kita. Berhubung aku sedang sakit juga, jadi masker memang wajib sekali.

Hari H pun tiba. Aku pergi ikut tur bersama Nctzen Bandung. Sebenarnya pengennya naik kereta api saja sendiri, biar bebas mau datang jam berapa. Cuman karena aku mau PP, bingung simpan barang dimana, soalnya mecima enggak ngasih tahu akan ada tempat penitipan barang =(. Selain itu, dihitung-hitung memang lebih murah ikut trip. Seratus tujuh puluh ribu aku sudah mendapatkan ongkos pp, snack dan makan siang. Kalau kereta kan PP saja sudah habis 220 ribu. Belum makan dan jajan. Sudah kubilang aku sedang berhemat, jadi ya aku lebih memilih ikut tur, walau resikonya jadi sampai sana pagi banget dan gabut.

Kumpul jam empat pagi, tapi baru benar-benar masuk tol Pasteur jam lima lebih. Sempat berhenti dulu untuk solat subuh. Jam setengah delapan pagi sudah tiba di senayan. Benar-benar sampai Istoranya sekitar jam 8. Turun dari bis, aku langsung menukar etiket ku menjadi tiket fisik. Antrian untuk menukar tiket tidak sepanjang yang aku pikirkan. Untuk yellow cukup antri dibanding section lainnya. Aku mengantri sekitar 5 menit. Untuk wristband sendiri bagus sih enggak kayak pas IU. Bahannya kain, jadi wudhu friendly, walau aku tidak wudhu hahahaha.

Setelah antri aku bingung mau apa. Niat hati berburu freebies. Sudah aku RT-RT in cuitan bagi-bagi freebies, pas melihat venue penuh banget sama orang. Masalahnya enggak cuman sama nctzen, tapi di komplek GBK sendiri ini memang lagi ramai ada berbagai acara. Intinya pusing banget aku lihatnya. Sebagai seseorang yang tidak suka berada di keramaian, membuat moodku untuk berburu freebies malas. Aku akhirnya hanya diam bengong di elevated parking melihat orang berlalu-lalang dan berburu perintilan. Aku sebenarnya berniat mencari yang jual handbanner dan kipas. Cuman aku mager banget parah. Aku benar-benar menghemat tenaga untuk konser, karena kondisi tubuhku yang sedang tidak fit.

Aku sebenarnya inginnya mampir dulu ke kost an siapa gitu buat nebeng istirahat. Sayangnya temanku dan saudaraku yang kost-annya tidak jauh dari senayan, sedang berada di Bandung semua. Awalnya aku mau ke fx. Mau makan disana, dan solat disana. Cuman melihat cuaca yang mendung, sempat agak gerimis, ditambah akunya juga sedang tidak solat, membuatku semakin mager. Aku mager banget tuh karena itu hari pertamaku haid, jadi ya benar-benar mager ngapa-ngapain. Yang aku inginkan hanya cepat-cepat konser terus pulang. Cuman waktu baru menunjukkan jam 9.30. Ya Allah masih lama…. Masa aku harus diam terus disitu? Akhirnya aku memutuskan kembali ke Bis yang untungnya parkirnya enggak jauh dari istora. Aku diam disitu sampai sekitar 11.15. Aku makan siang dan minum obat. Sempat menonton nct daily JCC yang mampir ke pabrik album. Aku rencananya mau masuk venue jam 12 lebih. Aku keluar dari bus jam segitu karena aku mau ke toilet dulu, karena aku tahu antrian toiletnya akan sangat panjang. Lalu berburu handbanner dan Kipas. Intinya pasti membutuhkan waktu. Mecima sendiri bilang untuk memulai antrian jam 12. Cuman berhubung seating, jadi santai saja.

Jam 12 aku masih berburu perintilan. Aku muter-muter melihat apa saja yang dijual. Kalau aku punya banyak uang rasanya banyak yang ingin aku beli. Untung aku masih memiliki kesadaran, aku hanya beli yang aku perlukan saja yaitu handbanner dan kipas. Sempat mau beli lebih dari 1, tapi kayaknya sayang. Lalu mau beli stiker-stiker lucu, teringat, buat apa? Aku enggak tahu harus menempel stiker dimana. Aku keluar uang sekitar 35.000 untuk perintilan.

Gambar Gambar

Jam setengah 1 aku memutuskan untuk masuk gate awal. Aku berpikir mending masuk jam segitu, karena aku mau antri dulu di photowall dan menurut mecima antri masuk venue, gedung itu jam 13.00. berdasarkan pengalaman pas IU yang cukup tepat waktu, aku ingin segera masuk, biar teduh. Tidak kepanasan. Aku antri photowall dengan tampilan seperti penyusup yang kabur, yaitu dengan masker dan kacamata hitam karena walau mendung, tapi tetap menyilaukan dan panas. Orang-orang kayaknya memandangku aneh, tapi bodo amat ah. Yang penting diriku nyaman. Antrian photowall ini sebenarnya enggak terlalu panjang, tapi enggak tahu kenapa lama banget buseeet. Sejam dong aku antri biar bisa foto di photowall. Orang-orang pada foto berapa kali sih heuuu. Walau datang sendiri, tapi aku bisa minta tolong foto ke orang lain karena mereka juga minta tolong ke aku hehehehe.

Saat aku antri photowall, aku memerhatikan antrian masuk untuk blue. Mereka antriannya beda sendiri. Sampai jam 13.15 mereka masih belum bergerak. Sudah ada yang mulai masuk, tapi ternyata yang member dulu. Untuk antrian section lain, mereka sudah antri masuk, tapi mereka juga masih belum gerak. Setelah aku beres foto pun antrian masih belum jalan. Ya sudah karena akum alas dan menghemat tenaga, aku lebih memilih duduk dulu daripada ikut antri. Lagi-lagi karena seating number jadi ya sudah santai saja. Jam 2 siang, antrian masih belum bergerak dong. Untuk Blue sih sudah mulai gerak, tapi untuk section lain masih stuck. Disini aku dalam hati mulai sambat kesal. Please, ini panas. Aku ingin cepat-cepat masuk. Aku mulai ikut antri sekitar jam 14.40an deh. Lalu baru masuk venue jam 3 kurang ternyata. Heuuu. Lama banget asli. Cuman ternyata yang bikin lama adalah, kita kan harus diperiksa suhu dulu. Lalu cek tas, scan barcode, disemprot alkohol. Saat mendekati jam 3 pemeriksaan suhunya agar cepat, si orangnya bergerak mendekati kami. Saat pemeriksaan suhu aku agak deg-deg an, tapi ternyata aku fine. Pengecekkan tas tidak ketat, hanya dilihat sekilas. Lalu scan barcode, terakhir tanganku disemprot alkohol, tapi cuman sedikit banget sumpah.

Gambar

Gambar

Setelah itu mulai berjalan masuk ke istoranya. Sebelumnya kami dibagikan juga handbanner dari proyeknya nctzenunionina. Handbanner dua sisi itu bertuliskan “selamat ulang tahun Renjun,” dan disisi lainnya “Terima kasih sudah datang, mari bertemu lagi.” Oh tentunya keduanya dalam hangul yaaa. Aku baru benar-benar duduk di kursiku sekitar jam 3an deh. Selama menunggu diputar lagu-lagu NCT Dream. Disini kita rehearsal. Kami nyanyi-nyanyi bersama. Lalu sekitar jam 15.15 Indonesia Raya berkumandang. Yeey akhirnya dimulai. Aku menyanyikan dengan semangat lagu Indonesia Raya. Setelah itu, VCR pun mulai diputar, wah teriakkan kami makin kencang. Lalu saat member mulai muncul satu persatu, kami lebih menggila. Begitu tirai dibuka, pecah sudah.

Gambar Gambar

Lagu pertama yang dibawakan GO. Di lagu pertama fanchant kami sudah cukup kencang, sambil yaaa tipikal fans Indonesia, tidak bisa dipungkiri, pasti kami nyanyi bareng hahahaha. Di lagu GO ini mereka membawakan dance break yang parah sih keren parah huhuhuu. Dilanjut dengan drippin dan 119. Diawal juga sudah pecah sih. Kita menyanyi dan fanchant bareng. Apalagi pas killing part, kita teriak keras. Terutama aku pas killing partnya Renjun di 119.

Untuk konser ini, peraturannya sebenarnya sama seperti ime, tidak boleh merekam dan mengambil gambar, tapi tidak seketat ime. Kalau ime tuh, susah banget, kalau ini ah bisa lah… aku banyak fancam dan foto juga. Cuman itu dia kelemahannya, kita jadi pusing, atau ada momen yang terlewat. Padahal aku sudah nge-fancam nya enggak lihat hape. Aku lihat panggung atau enggak layar, tapi tetep aja ada yang terlewat. Di lagu Drippin aku merekam, tapi ga full kok, karena aku ingin menikmati konser.

Setelah 119 mereka melakukan ment. Berhubung mereka masih tergolong baru dan artis besutan SM, jadi memang pas ment nya saklek saja. Kata-katanya enggak jauh-jauh dari senang berada disini, akhirnya bisa ketemu fans Indonesia. Aku kangen kalian. Semangat kalian luar biasa. Cuman masalah semangat memang benar sih, kita benar-benar parah banget semangatnya hahahahaha. Mereka perkenalan satu-satu. Dimulai dari Renjun, Jeno, Jaemin, Jisung, Haechan, terakhir Chenle. Berhubung teriakkan kami keras, termasuk aku, jadi enggak begitu kedengeran mereka ngomong apa hahahaha. Mereka agak mayan ngomong Bahasa Indonesia, ya walau terpatah-patah, tapi mereka berusaha dan lucu banget gemeeees. Sayangnya di ment pertama ini ada audio problem. Beberapa omongan mereka tidak terdengar dari mic. Padahal ada omongan pakai Bahasa Indonesia yang lucu, tapi enggak kedengeran huhuhuhu.

Di perkenalan satu-satu member, mereka pada ngomong Bahasa Indonesia sih, walau cuman sedikit. Menurutku paling fasih, Jaemin dan Haechan. Jaemin parah sih lucu banget ngomong Bahasa indonesianya. Terus yang berkesan lagi adalah Haechan. Dia sempat menyanyikan lagu Cinta Luar Biasa sedikit, dan kita semua langsung heboh banget. Huwaaaaa. Yeoksi masalah kelokalan, Haechan memang juaranya.

Setelah perkenalan satu-satu. Lanjut ke salah satu lagui favoritku, 1,2,3. Disini aku tentu menyanyi bareng. Mereka juga kelihatan enjoy banget. Lanjut We Go Up, lalu diakhiri dengan Stronger. Pas Stronger juga pecah. Kita teriak, fanchant, sekaligus nyanyi bareng. Setelah itu VCR, mereka ganti baju. Kemudian mereka keluar lagi dengan cute style parah banget sih. Bener-bener lucu banget. Mereka bawain Dunk Shot dengan yeeesss full of aegyo, yang benar-benar bikin gemas. Dilanjut Chewing gum. Aku berharap mereka akan pakai hoverboard , tapi ternyata enggak. Cuman enggak apa-apa. Aku senang banget akhirnya bisa melihat secara langsung mereka perform chewing gum. Tetap imut tapi bikin ambyar. Lalu dilanjut ke lagu Dream Run. Di lagu ini juga kita menjalankan proyek handbanner yang bertuliskan “런쥔아 생일 축하해” yang berartikan Renjun Selamat Ulang Tahun. Cuman nah dilagu ini terjadi kerusuhan. Jadi dreamies kan lempar bola, ufo yang sudah mereka tanda tangani ke section blue. Jelas dong, pasti rusuh. Orang-orang di blue pada menggila semua. Saling dorong-dorongan. Proyek handbanner pun enggak terlalu ter-notice karena rusuh. Sampai lagunya dream run beres harus dihentikan sementara karena ada yang pingsan dan jatuh.

Dreamies minta untuk para penonton tenang dan mundur. Jangan maju terlalu ke depan. Mereka beneran terlihat khawatir banget melihat fans. Mereka nunjuk-nunjuk, itu ada yang pingsan, minta tolong staf mecima buat cepat handle. Untungnya dari mecimanya juga gercep menangani itu. Sudah ada yang pingsan, tapi tetep saja, mereka semua susah banget diatur untuk mundur. Sampai mereka dreamiesnya mencoba menggunakan Bahasa Indonesia. Kita yang section duduk pun teriak mundur, karena kalau enggak kondusif juga, konsernya belum bisa dilanjutkan. Disini kita benar-benar bisa melihat betapa tulusnya dreamies sama fans. Mereka bener-bener khawatir. Mereka semua soft, apalagi Nana sampai nanya, “Tadi yang jatuh gapapa kan?”. They’re so sweet.

Setelah cukup kondusif dan yang di blue mau mundur. Dreamies melanjutkan lagi konser. Mereka ganti baju tapi gentian. Jadi disini ment dulu. Awalnya yang ganti baju tuh Haechan, Chenle, Jisung. Norenmin ngajak kita ngobrol, tapi aku lupa mereka ngomong apa saja ya? Intinya sih, pas ment ini kita ngangkat handbanner yang ucapan ulang tahun buat Renjun. Akhirnya Dia sadar, awalnya dia bingung itu tulisannya apa, karena kecil. Pas lihat ada muka dia, dan tulisannya, Renjun seneng banget. Dreamies tuh memang ekspresif. Dia benar-benar senang dan terharu melihat itu. Kelihatan sih dia mau nangis karena tersentuh. Renjun bilang baru kali ini dia ulang tahun dirayakan oleh banyak orang sebanyak ini. Renjun bener-bener berterima kasih dan ya tersentuh. Aku juga ikut berkaca-kaca melihatnya huhuhuhu. My boy deserve all the love huhuhuhu. Untuk Jeno dan Jaemin ngomong apa ya… maafin aku lupa… tapi mereka juga mengapresiasi proyek kita sih.

Gambar

Haechan, Chenle, Jisung selesai ganti baju, giliran Renjun, Jeno, Jaemin yang ganti baju. Disini Haechan, Chenle, Jisung yang ngajak ngobrol kita. Haechan nanya ke yang daerah purple, kalian bisa lihat kami atau enggak? Haechan nyebutnya lantai 2. Terus Jisung protes, loh bukannya itu lantai 1,5 ya? Terus sama chenle akhirnya dilerai, sudah sebut saja dari yang paling bawah lantai 1,2,3,4.  Gemes banget mereka ngeributin kayak gitu. Full of uwuness. Haechan terus nyebut satu-satu “Lantai 1” , semuanya teriak. Beigtu terus sampai lantai 4. Cuman mau dilantai berapapun, semuanya teriak, Haechan sampai bilang, “Loh kok lantai 2 teriak lagi, kan sudah. Loh lantai 4 belum kalian.”. Parah sih ini gemas banget huhuhuhu.

Lalu Haechan nanya kan sama kita, “Sekarang kita lagi ada dimana sih?” Orang-orang jawabannya beda-beda. Ada yang bilang istora, ada yang bilang Jakarta, ada yang bilang Indonesia. Jisung sama chenle bingung, terus Haechan bilang, “kok beda-beda sih? Tahu enggak kalau kita sekarang lagi ada di mimpi. Jadi kita semua berada di mimpi yang sama. Kalian sedang masuk ke mimpi kami. Jadi tolong tetep stay terus dan berjalan bersama ya dimimpi ini.” MAMPUS!!! Gilaaa deep banget ini konsepnya huhuhuhu. Kita semua lagi ada dimimpi mereka, dan ya memang seperti mimpi, kita tidak tahu kapan akan bangun, dan kita takut dengan realitas yang dihadapi ketika kita terbangun, yaitu masalah graduation =((.

Norenmin beres ganti baju mereka siap untuk bawakan lagu selanjutnya. Masuklah sebuah keyboard waaaah kita teriak semua, karena ini salah satu yang paling banyak dinantikan sih. Mereka bawain lagu bestfriends dengan diawali chenle’s piano performance. Permainan pianonya Chenle jernih banget huhuhuhu. Kita semua diam namun ada sedikit suara waaaah. Kami ingin menikmati suara permainan pianonya yang Indah. Dilagu ini juga kita nyanyi bareng sekaligus menahan haru kalau aku pribadi, karena lagu ini kan deep ya tentang persahabatan, dan yang bawain tuh dreamies yang nasibnya masih belum jelas huhuhuhu.

Lalu lanjut ke walk you home. Di lagu ini enggak terlalu mellow sih, cukup bersenang-senang sambil tetap kami bernyanyi bersama, apalagi pas part uri dasi mannajaaaa. Wah pas part itu parah sih, pecah kayak OMG finally we meet up!. Nah sehabis itu lanjut ke my favorite, candle light Parah aku baper banget di lagu ini. Satu karena suasananya terbangun dengan baik dengan setelah layar penuh lilin, kedua karena suara mereka semua indah banget, ditambah ya seperti kita tahu lagu ini maknanya dalam buat kita huhuhuhu. Aku setiap dengar lagu candle light selalu mellow sendiri, ditambah sekarang bisa lihat langsung. Benar-benar merinding sih. Mataku berkaca-kaca karena baper dan indah banget sih performance ini. Suara mereka benar-benar nge-blend satu sama lain. Aku bener-bener pengen ngulang lagi performance ini. Semoga ada kesempatan lagi aku bisa melihat live performance ini.

Setelah lagu ini, muncullah VCR, dan VCR nya bikin baper parah. Bikin aku ingin memaki SM. Seperti yang sudah banyak beredar, VCRnya berisi kalau mereka 50 tahun lagi kondisi mereka akan seperti apa. Disini tuh sebenarnya lucu banget. Kita ngakak bareng-bareng, tapi akhirnya bikin lagi-lagi hati sijeuni diaduk-aduk. Diakhir VCR nya ada kata-kata, “Kita akan selalu bersama-sama seiring dengan berjalannya waktu, bisakan?”.  Kampret kau SM! Disini kita semua teriak sedih gitu karena benar kita semua takut dengan kemungkinan terburuk, tapi di VCR ini seolah mereka memberi kami harapan, tapi yah you know, SM always fucked up with fans. So the conclusion is fuck you sm!

Gambar

Gambar

Setelah VCR mereka membawakan lagu We Young. Bener-bener fresh banget melihat mereka membawakan lagu ini. Aku di lagu ini agak fokus ke biasku, Renjun karena dia kan pas reff lagu ini goyangannya mantap hahahaha. Lalu lanjut ke my first and last, dan wow keren banget sih dance mereka. Benar-benar powerfull dan on point. Lanjut ke lagu My Page. Disini juga kami agak loncat-loncat. Dreamies juga have fun banget. Terus ada momen Chenle digendong Jaemin. Parah sih gemas banget mereka huhuhuhu.

Gambar

Nah aku lupa sebelum We Young tuh kalau enggak salah ada ment membahas tentang VCR. Renjun gemes banget, dia bilang “ide siapa coba bikin VCR 50 tahun itu? That’s me!”. Sumpah aku tidak bohong, Renjun bilang that’s me nya gemes banget parah. Ya allah toloooong. Hatiku enggak kuat. Jadi untuk VCR yang gambaran mereka 50 tahun lagi kayak gimana tuh, Renjun kepikiran gara-gara liat Haechan. Dia penasaran, Haechan 50 tahun lagi kayak gimana ya? Terus Haechan jawab, “Aku 50 tahun lagi kayak gimana juga, akan tetep ganteng kok.” Iya Ecan… pasti Ecan 50 tahun lagi tetep kasep.

Sehabis My Page, dilanjut lagu Bye My First. Ada kejadian kocak nih disini. Jadi intro lagu ini tuh kan dipanjangin gitu, jadi kita salah masuk. Belum waktunya masuk, kita sudah keburu nyanyi “Love”. Renjun sama Haechan ketawa kenceng banget hahahaha. Haechan ngitung lah “one, two three… love!”. Walau salah, tapi enggak apa-apa, soalnya berhasil bikin mereka ketawa.

Nah setelah itu VCR. VCR nya pose-pose keren mereka. Performance yang ditunggu-tunggu juga nih, dance special stage Mereka dance solo satu-satu. Kita chanting their name when they solo dance. Disini benar-benr terlihat kalau mereka tuh benar-benar matang sebagai idol. They can do anything. Even yang bukan dance line pun kayak Chenle, Renjun, mereka keren banget. Disini juga aku sadar kalau Jeno dan Jisung dance-nya sebagus itu. Haechan dan Jaemin punya style sendiri yang enak banget dilihatnya, apalagi kalau personally Haechan sih memang luar biasa lekukan dancenya.

Setelah beres dance performance. Mereka ment lagi. Mereka nanya “gimana suka enggak sama penampilan spesial kita?”. Jeno bilang kalau solo dance ini tuh idenya Jisung. Kita semua tepuk tangan dong. Jisung seneng diapresiasi kayak gitu. Setelah itu mereka bilang kalau kita sudah mendekati akhir acara, maka dari itu mereka mau bikin bentuk symbol Love gede dari badan mereka.

Nah part lagu-lagu ini puncak dari konser sih. Parah pecahnya bener-bener pecah banget. Kita disini benar-benar nyanyi bareng, fanchant bareng ditambah, lompat-lompat juga. Berasa lagi party. Rangkaian pertama adalah Lagu Don’t Need Your Love, lalu dilanjut Fireflies, terakhir Trigger The Fever. Ketiga lagu itu kan banyak lirik berbahasa inggris, terutama Fireflies yang memang liriknya full English dan genrenya EDM, jadi memang asyik banget sih pas bagian ini. Ditambah lagi ada efek kembang api kan, jadi makin pecah. Semangat kita keluarnya benar-benar total. Sampai pas sudah beres ketiga lagu itu, dreamies bilang semangat kita luar biasa. Mereka seneng banget.

Lalu sampailah di akhir konser. Mereka bilang tolong keluarkan lagi semangat dan energinya sampai kita keluar dari venue tuh bener-bener lemes banget. Mereka memeragakan kalau kita harus sampai jatuh terseok-seok karena saking capeknya =)). Lagu terakhir yang mereka bawakan adalah lagu yang benar-benar paling ditunggu oleh semuanya, yaitu Boom. Di lagu ini kami benar-benar kerahkan energy, semangat, dan jelas suara untuk fanchant. Fanchant di lagu ini parah sih kenceng parah dan energi yang dikeluarkan benar-benar all out banget. Puncak dari puncaknya lagu ini tuh.

Sehabis lagu ini kan mereka bersiap-siap untuk encore. Saat biasanya kalau konser, penonton minta encore akan berteriak, “encore… encore.. encore…”. Dreamies stan memang beda. Terinspirasi dari hal yang dilakukan Filipina fans, kami Indonesia czenies melakukan hal yang sama yaitu berteriak, “FIXED UNIT! FIEXED UNIT! FIXED UNIT!”, Kami berusaha agar suara kami didengar SM huhuhu. Bahkan sebenarnya teriakan fixed unit ini sudah dilakukan dari luar venue, saat staf SM sedang membuat video, kita semua fans teriak, “FIXED UNIT!”. Kalian yang dreamies stan pasti sangat mengerti sekali kan perasaan kami huhuhu. Kita teriak fixed unit dari kencang sampai lemah sampai kencang lagi sampai muncul VCR encore lah.

Kemudian mereka kembali lagi ke panggung dengan kaos hitam bertuliskan The Dream Show. Lalu mereka menyanyikan lagu La la love dengan suara mereka yang jernih persis kayak di CD. Seharusnya dilagu ini kami mengangkat hanbanner yang satu lagi yang bertuliskan “와줘서 고마워, 우리 다시 만나자”, yang artinya, “Terima Kasih Sudah Datang, Mari bertemu Lagi”. Cuman kita keasyikan nyanyi, jadi enggak terlaksana. Diakhir lagu ditaburi confetti jadi indah banget kalau direkam atau difoto. Sayangnya posisiku yang jauh dan kamera kentangku, jadi hasil jepretanku tidak cantik.

Gambar

Gambar Gambar

Akhirnya tibalah di ment terakhir, closing dari satu-satu member. Sejujurnya aku lupa mereka ngomong apa saja. Tidak seperti saat perkenalan yang aku rekam satu-satu. Untuk closing aku hanya merekam 3 member saja yaitu Renjun karena bias, Jaemin karena aku oleng ke dia hari itu, dan Chenle karena dia enggak banyak ngomong hari itu. Jadi aku hanya akan menuliskan ketiga member tersebut saja yaaa.

Untuk Renjun dia bilang pakai Bahasa Indonesia, “Terima Kasih sudah datang Hari Ini.” Cuman dia bilang “ini” nya salah, dia malah bilang “Ina”, sama kita diteriakkin “INI!!”. Renjun bilang juga, kalau hari ini kita para fans kompakkan ya bajunya. Terlihat cantik banget jadinya. Huhuhu makasih anakku sayang, Injun. Renjun care banget sama fans, dia bilang kalau hari ini kita pulang capek, istirahat yang benar ya. Last, Renjun said “Terima kasih sudah memberikan teriakan luar biasa, senang bertemu kalian sekali lagi disini.” INJUNKU SAYAAANG AKU SAYANG KAMUUUU HUAAA.

Kalau Jaemin, dengan gaya nyerocosnya dia, dia bilang “Ada satu kalimat yang selalu saya ucapkan, terima kasih telah memenuhi tempat ini bersama kami. Kami kan sering melakukan tur dan Indonesia sijeuni tuh mantul sekali. Lagu kami kan bahasanya berbeda-beda ya, tapi makasih banyak kalian bisa mengikuti nyanyian kami dan bisa memberi dukungan yang luar biasa. Dan saya ingin sekali lagi kesini. Kalau ada kesempatan lagi, saya akan kesini lagi.” Pas bagian ini kita semua teriak FIXED UNIT!!. Jaemin melanjutkan closingnya, “Ada kata-kata yang selalu saya ucapkan.” Kalimat selanjutnya dia menggunakan Bahasa Indonesia. “Nana senang disamping Sijeuni. Aku cinta kamuuu.” Nana menutup dengan aegyo dia yang sangat gemas. OMG OMG OMG.

Nah Chenle ini terakhir kan ment-nya. Pas giliran dia, se istora itu teriak kenceng banget, banget. Dia teriakkannya paling kencang. Mungkin karena dia memang enggak banyak ngomong kan sebelumnya, terus kita semua mau memperlihatkan kalau kita semua support all members equally, include Chenle. Orang-orang pengen nunjukkin kita benar-benar sayang sama Chenle. Pas dapat teriakkan kenceng banget, semua member juga senang, apalagi Chenle dia langsung kaget sekaligus tersentuh, dan terharu. Dia kelihatan juga pengen nangis karena senang dapat teriakkan sebanyak itu. Personally, for me, chenle’s last ment is really touching. Dia bukan biasku, tapi kata-kata dia benar-benar menyentuh hatiku. Ketulusan dan rasa terima kasihnya tuh benar-benar berasa banget tulusnya. Bukan berarti member lain enggak tulus. Semua member juga sama kerasa tulus dan rasa terima kasih mereka kepada fans. Cuman, Chenle tuh benar-benar beda. Dia lebih berasa perasaan itu dalam kata-katanya. Aku benar-benar sampai berkaca-kaca lagi denger ment dari dia.

Chenle mengatakan, “Hari ini benar-benar aku yang terharu sekali karena kalian  dari awal sampai akhir bisa mengikuti nyanyian kami dengan baik. Aku sengaja melepaskan in-ear aku sebelah kanan karena ingin mendengar suara nyanyian kalian. Jadi rasanya saya bernyanyi bersama sijeuni disini. Perasaan saya senang sekali. Rasanya saya ingin balik lagi kesini untuk bernyanyi bersama kalian. Terima kasih banyak sudah mengikuti nyanyian kami dengan baik. Ayo tepuk tangan!!” Lalu dengan Bahasa Indonesia Chenle bilang, “Sampai bertemu lagi. Hati-hati dijalan! Terima Kasih!”

Setelah selesai satu-satu closing, dreamies mengambil foto bersama kami para fans. Nah disini kami melakukan hal yang benar-benar gila dan nekat sih. Enggak tahu siapa yang mulai, tapi akhirnya se istora teriak, “FIXED UNIT! FIXED UNIT! FIXED UNIT!” dihadapan para member dooong. Reaksi dreamies amat salah tingkah. Awkward, kelihatan bingung harus gimana hahahaha. Jisung akhirnya sampai ikutan “Yeeey!!!” tapi wajahnya bingung hahahaha. Kasihan sih sebenernya huhuhuhu. Setelah sadar apa yang kami teriakkan. Haechan menjawab dengan jawaban yang ambigu tapi bijaksana sih. “Kami memang belum tahu ke depannya akan seperti apa. Cuman, kalian tahu kan apa yang harus kalian lakukan untuk tetap mendukung kami?”.

Disini semuanya langsung “Aaaah….” Dengan nada sedih tapi sekaligus semangat karena kita pasti akan usaha maksimal buat dukung dreamies. Setelah itu mereka langsung ganti topik dengan sangat cepat. Mereka bilang ini benar-benar lagu terakhir, jadi tolong keluarkan secara maksimal energi kita. Lagu ini spesial dari segi arti dan tampilannya juga karena dreamies sendiri yang membuat fanchant. Beautiful Time.

Lagu ini sesuai judulnya, benar-benar menjadi beautiful time bagi kami. Lautan hijau neon dari lightstick yang berayun, ditambah dengan fanchant kami yang kencang dan suara merdu dreamies. Suasana yang sangat mendukung untuk terharu. Benar-benar waktu yang indah banget. Lagu yang ingin aku ulang kembali untuk dilihat. Indah banget serius. Terhanyut banget sama perasaan. Kita nyanyi bareng iya, fanchant juga jalan. Luar biasa sih. Momen yang tak terlupakan.

Ketika lagu berakhir kami benar-benar sedih. Mereka pun mengucapkan salam perpisahan terakhir dan salam membungkuk dari sebelah kanan, lalu ke kiri, dan terakhir ditengah sambil menguccapkan “Terima Kasih”. Sebagai penutup, ada video terakhir yang dibuat khusus oleh Nana untuk sijeuni. Jadi tolong jangan meninggalkan tempat ini dan jangan disebar luaskan yaa karena nana mengawasi hihihhi. Masalah mengawasi ya, tapi kayaknya emang anak-anak NCT tuh aktif di sosmed pribadi mereka untuk mengawasi fans di twitter ataupun Instagram. Jadi tolong ucapkan kata-kata yang baik untuk mereka yaaa.

Video terakhir buatan Nana ini benar-benar spesial sekali untuk kami. Isinya mengenai pandangan dreamies terhadap satu sama lain yang belum diketahuin fans. Misalnya, menurut Jaemin Renjun tuh suka pesan banyak banget makanan, tapi enggak dihabiskan. Lalu menurut Jisung, Chenle itu kalau mereka pesan makanan, kalau ditawarin enggak mau, tapi begitu makanannya datang, Chenle minta dengan porsi yang cukup banyak =)). Maafkan aku member lain aku lupa huhuhu. Cuman intinya video itu bikin kita ketawa sekaligus menangis. Ketawa karena tingkah dreamies yang benar-benar lucu, menggemaskan. Menangis karena mereka tuh sudah saling kenal satu sama lain banget, banget, banget. Dinamika mereka bagus banget, dan kita dapat vibes yang, please jangan pisahkan mereka. Mereka harus terus bareng. Melihat video buatan Nana benar-benar membuat kami berpikir, mereka harus bersama seterusnya. Video yang berisi kenangan indah banget tapi bisa menjadi kenangan sedih karena kita takut ini tidak akan long lasting moment. Disini kita tertawa sekaligus sedih bersama-sama. Selesai video itu diputar berasa hampa hati ini huhuhuhu.

Lampu istora pun menyala, dan resmi sudahlah konser dengan durasi kurang lebiih 2,5 jam ini berakhir. Konser selesai sekitar jam setengah 6 lebih. Ya sebenarnya, kalau dihitung  karena sempat terhenti konser berlangsung 2 jam 15 menit sih lebih tepatnya. Sumpah konsernya enggak berasa banget. Tahu-tahu sudah beres saja. Pas IU saja yang 3 jam 15 menit enggak berasa, ini apalagi cuman 2 jam 15 menit. Jauh lebih enggak berasa. Mana dreamies kan ment-nya sedikit banget, enggak kayak pas IU yang banyak banget ngajak komunikasi ke fans, jadi agak mayan gitu. Kalau dreamies ini, karena strict juga dari SM nya, jadi isi ment nya yang memang terpaku dengan yang sudah disusun. Makanya jadi kayak kurang berasa nendang, dan jadi kerasa bentar banget. Ini yang kusayangkan sebenarnya. Tempatnya padahal sudah enak, kecil jadi bisa intimate. Cuman interaksi mereka terbatas dalam hal obrolan yaa, jadi kurang intimate. Cuman kalau ngasih fanservice–nya mereka bagus kok. Berapa kali dadah-dadah ke fans yang manggil. Ya yang lebih banyak ter-notice sih yang di blue dan pink. Apalah aku yang hanya di yellow huhuhu.

Gambar Gambar

Oh iya aku mau halu lagi kayak pas IU, boleh ya? Wkwkwkwk jadi pas closing ment Renjun tuh memerhatikan semua section. Dia berusaha melambaikan tangan kesemuanya. Nah Pas banget dia melihat ke arah sectionku. Aku caper dong aku lambaikan tanganku, eh dibales dong. Terus aku enggak percaya gitu, aku lambaikan lagi. Dia bales lagi dooong T_T HUANG RENJUN BEST BOY!!. Sebenernya yang ini aku sadar sih aku halu, karena pasti enggak cuman aku yang dadah ke dia. Pasti yang lain juga. Timingnya pas saja kali yaaa. Aku lebih pede kalau aku ter-notice IU dibanding yang Renjun ini hahahaha.

Kesan-kesanku terhadap masing-masing member. Pertama Renjun dulu ya. Renjun literally, best boy. Kalau aku perhatikan, dia fanservicenya juara. Dia yang paling sering dadah-dadah ke fans. Dipanggil nengok. Selama member lain ment, dia sibuk noticing fans satu-satu. Dia bahkan sampai mau ngasih minum buat fans yang pingsan. Enggak paham lagi dia tuh seperhatian itu sama fans huhuhuhu. Dia gemesin banget. Sangat murah senyum. Memang sejenis sama “emaknya”, Wendy.

Gambar

Jeno juga sama dia murah senyum banget. Lalu aku semakin sadar kalau dia itu memang good dancer. Liukkan tubuh sama powernya tuh dapet banget. Jeno enggak berhenti senyum, cuman mohon maaf ya aku enggak terlalu merhatiin Jeno, jadi kesanku cuman gitu saja hahahaha.

Gambar

 Haechan memang tengil siih. Di hari itu yang lebih menjadi leader adalah Haechan. Sebenarnya Jeno juga sih. Jeno juga memimpin pembicaraan, cuman untuk di TDS Jakarta ini aku merasa Haechan lebih dapat sosok leadernya. Ditambah Haechan juga yang bijak jawabin permintaan fixed unit dari kami. Untuk suara, dia juga sama persis kayak di CD. Jernih banget. Suaranya unik banget. Dance dia juga bagus banget. Aku hari itu benar-benar menyadari Haechan tuh memang serba bisa sekali. Sebenarnya dari awal juga sadar, tapi setelah lihat performance di TDS semakin sadar gitu.

Gambar

Na Jaemin, wah parah. Sore itu dia merusak bias listku di dreamies Sore itu dia totally menjadi bias wreckerku. Nana tuh benar-benar penuh pesona. Aura charming dia benar-benar keluar banget. Ditambah cara dia natap fans tuh, benar-benar luar biasa sangat loveable matanya dia itu. Aku benar-benar terenyuh, deg-deg an karena tatapan mata Jaemin. Jaemin juga sama gemesin. Cara ngomong Bahasa Indonesia benar-benar gemesin. Dia juga berapa kali ngomong “Kyuuu”. Sayangnya Renjun enggak melakukan hal itu. Padahal aku pengen liat. Na Jaemin benar-benar tebar pesona sore itu.

Gambar

Chenle suaranya benar-benar bagus banget. Jernih banget suaranya. Sejernih-jernihnya mata air, masih lebih jernih suara Chenle. Enak banget ditelinga. Memang dia pantas menyandang main vocalist di NCT Dream. Dia juga sama lucu banget. Gemesin tapi bikin ambyar. Pusing aku sama puberty-nya Chenle. Diawal debut kan dia gemesin kayak anak kecil banget, lucu banget. Sekarang wah parah bikin jantung ketar-ketir pas dia ngibasin rambut. Sayangnya dia enggak banyak ngomong pas TDS Jakarta ini. Cuman seperi yang aku bilang sebelumnya. I’m so happy ina sijeuni show their support to our chenle, and he so happy about that. Dia juga pintar memilih kata dalam ment, sehingga aku tersentuh.

Gambar

Kemudian terakhir, our loveable maknae, Park Jisung. Aku sepanjang konser enggak berhenti ngomong kiyowo untuk Jisung. Jisung benar-benar semenggemaskan itu, sampai aku lupa kalau di Indonesia tuh dia sudah punya KTP. Sudah memasuki usia dewasa. Aku melihat disekelilingku, enggak ada anak yang seusia Jisung yang gemasnya kayak Jisung. Berasa dia itu kayak masih bocah, padahal dia sudah bertumbuh menuju pria dewasa. Apa yang dia lakukan tuh keluar, natural aegyonya. Dia benar-benar alami gemesnya. Seambyar-ambyarnya Jisung pakai kacamata, masih tetap gemesin. Pengen aku bungkus bawa pulang ke rumah hihihi.

Gambar

Setelah menonton konser ini, perasaanku campur aduk. Senang, bahagia akhirnya bisa melihat mereka langsung, tapi berasa sedih dan hampa mengingat ini bisa jadi konser terakhir mereka. Seharusnya kan Pertengahan Maret 2020 mereka konser di Jepang. Cuman karena penyebaran corona yang benar-benar gawat, konser mereka dibatalkan. Jadi terakhir yang di Indonesia. Kita fans benar-benar masih digantung akan nasib dreamies. SM sama sekali enggak ada official statement tentang mereka. Kita fans pengennya lanjut ya, karena sayang banget kalau mereka harus graduate. Dreamies tuh punya komposisi member yang sangat pas. Dinamika dan chemistry mereka benar-benar another level. Mereka disatukan dalam satu grup tuh benar-benar match made in heaven. Hasil penjualan album mereka juga bagus. Mereka masih belum punya full album. Jadi tidak ada alasan untuk graduate huhuhuhu. Walau iya sih ketika mereka makin dewasa, konsep utama dreamies akan sulit dibawakan lagi, dan jatuhnya jadi bersaing dengan 127. Cuman dari segi musik, 127 dan Dream tuh beda banget. Jadi aku rasa tetap bisa kok mereka masing-masing hehehe.

Kita fans Indonesia benar-benar beruntung. Konser TDS ini menjadi konser terakhir di Indonesia, karena setealh tanggal 1 Maret 2020, semua konser dibatalkan. Mau kpop, mau western, mau Indonesia. Semuanya batal. Ditengah wabah, kita masih bisa nonton konser, benar-benar sesuatu yang luar biasa. Cuman memang seperti yang aku bilang sebelumnya, aku cukup parno kan. Aku sering cuci tangan pakai sabun iya, hand sanitizer iya, tisu basah iya. Mana aku memang lagi flu kan, jadi memang ekstra hati-hati. Aku sehabis nonton konser, belum sembuh, yang ada tenggorkan makin sakit karena teriak-teriak. Akhirnya aku di hari Rabu, kembali ke Dokter, dan aku baru benar-benar sembuh H+6, H+7 dari konser. Sekarang sudah lebih dari H+14, Alhamdulillah aku sehat. Semoga kita semua juga sehat selalu yaaa.

Gambar

Gambar

Oh iya handbanner project kita di-notice member-member. Mereka memosting foto mereka dengan handbanner di LYSN. Mereka semua tersenyum senang, apalagi Renjun kelihatan banget kegirangan dirayain ulang tahun sama kita. Dreamies tuh benar-benar soft. Aku setelah nonton mereka, benar-benar makin jadi cinta sama mereka. Post concert syndrome nya juga luar biasa. Susah move on. Masih suka melihat fancam, bahkan hingga detik ini aku menulis ini di tanggal 16 Maret 2020. Melihat fancam dengan perasaan rindu, sedih, takut. Gini banget yaa nasib dream stan.

Gambar

Gambar

Well, aku rasa cukup sekian cerita concert experienceku. Aku berharap masih bisa menulis lagi cerita concert experience lainnya, walau tidak mungkin dalam waktu dekat sih karena situasi sekarang dan situasi dompetku juga hahahaha. Aku berharap juga aku bisa menonton Konser NCT Dream yang ke-2, ke-3, ke-4, dst nya. Mohon maaf kalau kurang detail dan ada yang ketukar-tukar urutannya, karena jujur aku lupa.

Pokoknya terima kasih banyak my lovely dreamies for the great concert experiencenya. Ya walaupun ada yang kurang dari segi promotor pas antri masuk, dan kurangnya intimate sama kalian karena kurangnya interaktif dari kalian, But well, SM is very strictedbut, i know your love for  us, for czenies is real. So much sincere…. i can feel it though not many words from you guys. though you guys feel tired, 2days in row concert, but thank you for giving us a great performance. Dreamies… uri dasi mannajaaaa~

Gambar 

See you on next update!

Yo  Dream!! JJeoreo juja fighting!

 

 

 

 

 

P.S : Kalian jadi tahu ya aku punya 2 akun twitter hahahaha. Iya yang satu khusus untuk NCT – WAYV., yang satu  memang PA yang merangkap fangirling account. Kalau mau melihat lebih banyak fancam enggak jelasku dan fantaken photo bisa dilihat di thread di akun @ambunct yang sudah kusematkan ditulisan ini yaaa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s